12 Band Rock Legendaris Dunia Dalam Sejarah Musik

Kiprah perjalanan karir 12 band rock legendaris dunia dalam sejarah musik yang takkan pernah dilupakan ini  mungkin tidak semua kamu tahu, khususnya bagi yang masih kecil di era 80 sampai 90an seperti halnya saya sendiri. Eksistansi grup band mereka dijamannya menjadi inspirasi dan arah kiblat semua musisi di sepanjang masa. Musik rock dikenal sebagai salah satu genre terpopuler yang mampu memberikan semangat kepada pendengarnya. Label Rocker seakan menjadi gaya hidup bergengsi para remaja tahun 80 dan 90an.

Akar musik rock dikenal sejak tahun 1950 yang berpondasi dari Rhytm N Blues. Dari waktu ke waktu perkembangan genre musik ini pun semakin melejit pesat dengan melahirkan warna-warna baru musik rock yang berpadu dengan aliran musik lainya seperti jazz dan pop. Meski masa puncak keemasan musik rock sudah tak sejaya jaman dulu. Namun Musik Rock akan selalu abadi, Rock Never Dies, Hail To The Rock!!

11 Band Rock Legendaris Dunia Dalam Sejarah Musik
12 Grup Band Rock Legendaris Terbaik Dunia Dalam Sejarah Musik
 
1. Deep Purple
 
Meski Chris Curtis sebagai pendiri Deep Purple namun sosok dibalik ketenaran band ini sebenarnya adalah John Lord yang sebagian besar lagu-lagu dalam Deep Purple merupakan hasil ciptaanya. Bersama dengan Ritchie Blackmore, Roger Glover dan Ian Gillan yang menggantikan personil sebelumnya, Deep Purple dalam album ketiga mereka menjadi terkenal di publik Inggris dan menjadi Hard Rock papan atas setingkat dengan Led Zeppelin dan Black Sabbath. Deep Purple juga pernah tercatat oleh Guinnes World of Records sebagai The World’s Loudest Band yang berhasil menjual lebih dari 100 juta copy penjualan album mereka.

Banyak para musisi yang mengawali karirnya dari “band rock legendaris” Deep Purpple ini seperti Glenn Hughes, Tommy Bollin dan Joe Satriani yang dikenal sebagai 3 besar gitaris terbaik dunia. Lebih dari 40 tahun lamanya Band Deep Purple masih tetap eksis dan pada 2005 kemarin mengeluarkan album terbarunya Rapture Of The Deep dengan formasi band terakhir Ian Gillan (Vocal), Roger Glover (Bassist), Ian Paice (Drummer) dan Don Airey sebagai keyboard. 

 
2. Van Halen

Kakak beradik bersaudara Eddie Van Halen dan Alex Van Halen adalah cikal bakal nama yang diambil buat Band Hard Rock asal Amerika ini. Micheal Anthony dan David Lee Roth yang kemudian bergabung dalam band Van Halen berhasil menjadikan band ini menjadi paling populer di Amerika di Era Tahun 70 s/d 80 an.

Kesuksesan dan ketenaran Band Fenomenal Van Halen tak lepas dari kehebatan dua bersaudara ini dalam menyajikan aransemen lagu yang menarik dengan skill keahlian bermain gitar Eddie. Mungkin hanya penampilan dan suara dari Vokalis David Lee yang mampu mengimbangi kehebatan permainan gitar Eddie.

 
3. Dream Theater 

Performa kehebatan para personil Band Dream Theater ini mungkin belum ada yang menandingi, dimulai dari gitaris John Petrucci yang terpilih sebagai gitaris metal terbaik no 2 dari Top 10 Fastest Shredders of all Time, Jordan Rudess sebagai salah satu pemain keyboard terbaik sepanjang masa, John Myung sang bassis fenomenal dan Mike Mangini sang drummer yang mencetak rekor 5 WFD sebagai pemain drummer tercepat di dunia.

Dream Theater dibentuk pada tahun 1985 yang awalnya band ini bernama Majesty. Awal ketenaran dan menjadi populer pertama kali Band ini adalah di kota New York sebagai band Metal Progresif. Meski sering berganti para personil band sampai kini Dream Theater terbukti masih tetap eksis dengan album lagu terakhir kalinya yang dikeluarkan pada 2014, Breaking The Fourth Wall.

 
4. Scorpions
 
Siapa yang tak mengenal akan suara emas Klaus Meine sang vokalis Band Heavy Metal Scorpions. Band ini dibentuk pertama kali pada tahun 1965 oleh Gitaris Rudolf Schenker. Lagu Still Loving You, Rock You Like a Hurricane menjadikan Band Scorpions mulai dikenal oleh dunia dengan penjualan album lebih dari 120 juta copy rekaman.

Lebih dari 15 mantan personil yang pernah bergabung dalam Grup Band Scorpion dan formasi yang masih tetap berkiprah sampai sekarang adalah Klaus Meine sebagai Vokalis, Rudolf Schenker sebagai rhythm, lead gitar dan backing vocal, Matthias Jabs, lead dan rhythm guitars serta backing vocals, James Kottak sebagai drummer dan Pawel Maciwoda sebagai bass.

 
5. Black Sabbath

Band Rock Terbaik Dunia
Black Sabbath merupakan sebuah komunitas musik rock di Inggris yang dianggap sebagai salah satu pendiri/pencetus aliran hard rock pertama kalinya berbarengan dengan Led Zeppelind dan Deep Purple. Band rock satu ini didirikan pertama kalinya oleh Ozzy Osbourne (vokalis), Tony Lommi (gitaris), Greezer Butler (bass), dan Bill Ward (drum). Band rock legendaris satu ini telah mengalami banyak sekali pergantian personil, hingga terakhir yang diketahui masih tersisa hanyalah Tony Lommi sebagai gitaris. 
 
6. Def Leppard 
 
Kecelakaan Mobil yang terjadi pada Rick Allen sang drummer Def Leppard tak mematahkan semangatnya untuk tetap eksis dalam Group Band Ini. Meski harus kehilangan tangan sebelah performa kehebatan Rick Allen bermain drum seakan tak berkurang.

Bersama dengan Joe Elliot (vokal), Rick Savage (bass), Phil Collen (gitar), Almarhum Steve Clark (gitaris), dan Pete Willis (rythem), ‘Vivian Campbell belum masuk’ berhasil membuat Def Leppard band asal Sheffield, Inggris ini sejajar ketenarannya dengan Band Rock Legendaris Sepanjang Masa Guns N’ Roses, Motley Crue dan Bon Jovi. 

 
7. StellHeart, Penyanyi Rock Dengan Suara Oktaf  Tertinggi Dunia

 
 
Munkin hanya Mariah Carey, Rob Halford (Judas Priest), Freddie Mercury (Queen), Michael Kiske (Hellowen) dan Russel Hitchcok vokalis Air Supply yang dapat menandingi lengkingan suara tinggi dari Miljenko Matijevic sang vokalis Band Steelheart. Tapi sepertinya Miljenko Matijevic belum dapat disejajarkan dengan Georgia Brown penyanyi wanita yang mencatat rekor Guinnes World of Record sebagai pemilik suara yang mencapai tinggi 8 oktaf. 
 
8. White Lion

 
Grup musik heavy metal yang berasal dari New York, Amerika Serikat ini dibentuk oleh Mike Tramp dan Vito Bratta pada pada tahun 1983. Puncak emas karir musik mereka terkenal dari lagu When the Children Cry yang berada di album kedua mereka menyusul lagu populer lainnya You’re all I Need, dan Till Death Do Us Part. Di Indonesia sendiri Band Rock White Lion sudah sangat dikenal terlebih sang vokalis Mike Tramp telah menjadi suami dari artis Ayu Azhari.
 
9. Europe

Awalnya format lagu Band Hard Rock asal Stockholm, Swedia ini beraliran Progressive Metal, namun berubah setelah menambahkan unsur musik keyboards didalam lagunya. The Final Countdown lagu yang didominasi dengan unsur keyboardis menjadikan Band Europe melejit menjadi Band Rock Papan Atas Dunia. 
 
10. Iron Maiden

Band Rock Legendaris Dunia
Iron Maiden merupakan salah satu band rock yang didirikan pada tahun 1975 di London, Britania Raya oleh Steve Harris. Mereka telah banyak sekali memberikan kontribusi dan pengaruh besar terhadap perkembangan musik metal dan rock di London. Vocal dari Bruce Dickinson lah yang membuat band rock satu ini menginspirasi banyak orang. Adapun band-band  yang terinspirasi dari mereka antara lain seperti Bullet for My Valentine, Children of Bodom, dan masih banyak lagi.
 
11. Fire House, Best Heavy Metal Terpopuler 

Cewek mana di Era 90an yang tak luluh hatinya mendengar merdunya lagu-lagu dari Firehouse . Band yang terbentuk pada tahun 1989 di North California ini mencapai kejayaan karirnya pada tahun 1990. Don’t treat me bad, when i look into your eyes, dan Love A Life Time, dan I Live My Life for You“All membuat band mereka pada penghargaan American Music Awards tahun 1992 sebagai Best Heavy Metal terpopuler mengalahkan band-band dengan genre lainnya seperti Nirvana dan Alice in Chains.

12. Skid Row

Skid Row dibentuk pertama kali oleh Dave Sabo, Steve Brotherton, Rachel Bolan dan Matt Fallon pada tahun 1986. Skid Row menjadi salah satu generasi Glam Metal terakhir setelah kepopulerannya digeser oleh aliran musik Grunge pada awal era 90an. Sahabat kejadiananeh.com Grup band rock legendaris terbaik dunia dalam sejarah musik berikutnya seperti Guns N’ Roses, Mr Big, Bon Jovi dan Metallica yang fenomenal ada dalam artikel saya sebelumnya, Vokalis Rocker yang Buat Ribuan Wanita Histeris Pingsan.

Mengenang Masa Emas Rocker Indonesia
Sejarah Musik Reggae Pertama Kali Dikenal