13 Kisah Kesetiaan Anjing yang Dijamin Bikin Nangis

13 kisah kesetiaan anjing yang dijamin bikin nangis ini mungkin tak akan menyentuh hati ‘seseorang’ yang masih gemar makan jaing alias doyan makan guguk..hehehe. Sahabat kejadiananeh.com mungkin kalian sudah sering mendengar ataupun membaca kisah-kisah sedih mengharukan tentang kesetiaan anjing, seperti cerita legendaris anjing setia Hachiko yang selama 10 tahun tetap setia menanti kepulangan Profesor Ueno, majikannya. Setiap hari ia terus menunggu di depan stasiun kereta api Shibuya, padahal sang majikan sudah lama meninggal. Hachiko terus melakukan hal itu sampai akhir hayat hidupnya. Nah, 13 Kisah kesetiaan anjing dan pengorbanannya yang dijamin bikin kamu menangis dibawah ini tak kalah sedih dan mengharukannya seperti apa yang dilakukan oleh Hachiko. Biar gak penasaran simak berikut ini:
 
1. Pengorbanan Anjing Golden yang menjual Anak-anaknya Sendiri

13 Kisah Kesetiaan Anjing yang Dijamin Bikin Nangis
Hati Ibu mana yang tak hancur bila harus kehilangan anak-anaknya, tak hanya manusia hewan pun bisa merasakan kesedihan yang sama. Anjing memang selalu setia, patuh, dan loyal kepada majikannya, namun arti kesetiaan ini sering disalah artikan. Demi mendapatkan segelintir uang, sang majikan anjing golden yang berprofesi sebagai breeder ini dengan tega menyuruh anjingnya sendiri untuk menjual anak-anaknya. Lihatlah foto dibawah ini, anak-anaknya tampak bingung kemana induknya membawa mereka pergi. Mungkin mereka mengira hanya sekedar berjalan-jalan saja, padahal hari itu menjadi hari terakhir, hari dimana mereka melihat sang ibunda untuk terakhir kalinya. Sang ibu Golden tampak sedih dan terus menciumi anak-anaknya sebelum akhirnya mereka laku terjual.

 

Pesan: Jika kamu memang seorang breeder (Peternak) jadilah breeder Anjing yang baik, berikan makanan, tempat, kasih sayang dan kesehatan yang layak, dan jangan jadikan mereka mesin pencetak uang “Puppy Mills”, tiap tahun bahkan setahun 2x dipacak. Juallah anakannya hanya kepada orang yang benar-benar pecinta anjing alias dog lovers sejati, jangan kecilnya saja dipelihara, sudah besar tidak lucu lagi, malah dibuang. Ketika indukan kamu sudah mulai tua jangan kamu jual dengan alasan tidak produktif lagi, Ingatlah mereka juga makhluk hidup, punya perasaan. Ingat juga kalau selama ini kamu sudah mendapatkan banyak uang hasil pengorbanan mereka, kamu yang berhutang budi BUKAN MEREKA!

 
2. Kesetiaan Anjing jantan yang menunggu mayat pasangannya yang mati Ditabrak Mobil

Berharap pasangannya hanya tertidur pingsan, Anjing jantan ini mencoba terus untuk membangunkannya, padahal sang betina sudah tewas akibat ditabrak mobil. Peristiwa ini terjadi di jalan raya Zhangzhou, Cina. Lebih dari 6 jam lamanya ia terus mencium, memeluk, berharap pasangannya dapat hidup kembali. Namun apa daya sang betina sudah terbujur kaku, ia hanya bisa menatap sedih dan tak mau memalingkan pandangannya dari pasangannya.

Meski dirinya sudah mati, namun anjing jantan ini tak beranjak pergi untuk meninggalkan jasad pasangannya. Mirisnya tak ada orang satu pun yang terketuk hatinya untuk memindahkan mayat anjing ini ketempat yang lebih aman. Akhirnya, anjing jantan ini hanya sendirian menyeret tubuh sang betina ke pinggir jalan. Lihat juga 10 Pengorbanan Induk Hewan yang Menakjubkan.

 
3. Anjing Dibuang di Jalanan dan menanti selama berbulan-bulan, berharap majikannya datang kembali.

Kesalahan apakah yang telah diperbuatnya? Hingga ia dibuang dan dicampakkan seperti sampah, kelaparan, dan tanpa tempat berlindung dari dinginnya hujan. Hari demi hari ia selalu memandang ke arah jalanan, tempat pertama kali ia dilemparkan dan ditinggal pergi oleh majikannya. Akankah sang majikan mau datang kembali untuk menjemput dirinya kembali?

Sebuah kisah kesetiaan anjing yang menguras air mata ini terjadi di Thailand, banyak saksi mata pengendara motor dan mobil yang melihat anjing malang ini tak pernah beranjak pergi dari tempat ia berada, entah apa yang sedang dicari olehnya. Akhirnya beberapa orang memberinya makan dan meninggalkan payung buat anjing itu berteduh dari kehujanan. Begitu setianya menanti, anjing tersebut tak pernah meninggalkan tempatnya selama lebih 2 bulan. Sepertinya ia takut dan menyangka kalau meninggalkan tempat itu, pemiliknya tak bisa melihat dan menemukannya.

Kesetiaan anjing ini lebih membuat banyak orang yang melihatnya sedih dibanding terharu. Beberapa foto bahkan menunjukkan kalau anjing itu makin kurus dari waktu ke waktu. Namun akhirnya sebuah kabar menggembirakan datang saat Soi Dog Rescue datang untuk menyelamatkannya. Beberapa waktu setelah itu, anjing tersebut juga dikabarkan sudah menemukan pemilik baru yang mengadopsinya. Semoga pemiliknya kali ini tak akan meninggalkan anjing setia itu lagi.

 
4. Kisah Pengorbanan Anjing Pitt Bull yang mati digigit Ular Cobra karena lindungi majikannya

Seekor anjing American Pitt Bull Terrier berlari kencang ke arah teras halaman rumah saat ia mendengar majikannya berteriak histeris. Saat itu Nenek Liberata la Victoria (87 tahun) bersama cucunya Maria terlihat sangat ketakutan, karena seekor Ular Kobra sedang mendongakkan kepalanya bersiap untuk mematuk mereka. Tanpa ragu dan rasa takut sedikit pun, anjing sang nenek melompat dan menangkap ular itu demi menyelamatkan majikannya. Ia pun berhasil membunuh Ular Kobra, namun ketika pertarungan terjadi sempat beberapa kali ia tergigit taring sang ular.

kisah pengorbanan anjing

Racun pun terus menjalar ke tubuhnya dan tak sampai 30 menit anjing pitbull itu lemas dan terjatuh sambil mulutnya terus berbusa. Nenek Liberata yang melihat keadaan anjingnya menjerit histeris dan meminta tolong kepada para tetangganya agar segera membawanya ke dokter hewan. Ketika menunggu datangnya pertolongan, anjing Pit Bull ini terus memandang wajah Nenek dan cucunya Maria sambil ia mengibaskan ekornya. Sayangnya, tidak sampai 1 menit ia pun mati sebelum mendapatkan pertolongan, sebuah kisah pengorbanan anjing yang menyayat hati.

 
5. Menyedihkan! Anjing Huskey menangis sesenggukan karena ditinggal mati nenek Gladys

Seakan tak dapat menerima kenyataan, seekor anjing huskey bernama Wiley terus menangis sesenggukan di batu nisan makan tuannya. Ia sangat terpukul akan kematian nenek Gladys, majikan yang sangat menyayanginya. Kerabat dan keluarga nenek Gladys terus berusaha menenangkan Wiley agar tidak terus menangis. Saat video anjing huskey yang menyayat hati ini diunggah ke laman youtube pertama kali, mendapat respon jutaan view dari para pengunjung dan ribuan komentar simpatik pun diberikan. Baca juga Anjing Ini Tak Makan Minum Selama 7 Hari Demi Menjaga Sahabatnya.

6. Kisah Heroik Anjing Petarung Bull Terrier

Perlu diketahui, Anjing Bull Terrier berbeda dengan Anjing American Pit Bull Terrier atau yang lebih akrab dengan sebutan Pit Bull. Namun keduanya sama-sama dikenal sebagai Anjing Petarung Terbaik Dunia dibawah Dogo Argentino dan Turkish Kangal. Genetik keluarga Terrier ini dikenal tak pernah takut meski ukuran tubuh lawannya 10x lebih besar, tak pernah kabur meski ia kalah dalam pertarungan, dan akan terus melawan sampai ia mati.

Dalam tayangan video yang berlokasi di Spanyol ini, terlihat seekor anjing Bull Terrier menyerang Banteng yang sedang menyeruduk seorang Matador. Entah anjing bull terrier itu sedang berusaha menyelamatkan sang matador tersebut atau memang dirinya dipersiapkan untuk diadu. Karena di Spanyol sendiri, anjing Bull Terrier sering diadu dengan Banteng dan sanggup untuk menjatuhkannya, tapi untungnya tradisi kejam ini kini sudah dilarang dan dianggap illegal oleh pemerintah Spanyol.

 
7. Kisah mengharukan Anjing yang menunggu makam Tuannya selama 15 hari

Tanpa makan dan minum, anjing ini terus berada disamping makam tuannya. Mungkin ia menganggap sang majikan hanya sedang tertidur lelap. Anjing setia ini bernama Tommy milik Bhaskar Sri majikannya, seorang perantauan yang tewas akibat kecelakaan mobil. Hati Tommy benar-benar hancur ia terus menangisi makam tuannya tanpa makan dan minum selama 15 hari. Beruntung, seorang pria bernama Dawn Williams yang juga anggota organisasi penyelamat hewan Blue Cross of India, menyadari kejanggalan ini. Pertama ia melihat Tommy disamping gundukan tanah ia menganggap biasa saja, namun ketika 2 minggu kemudian lewat kembali ia masih saja melihat Tommy berada disana dan tubuhnya terlihat semakin kurus.

Dawns menanyakan perihal ini kepada penduduk setempat, mereka hanya berkata bahwa Tommy dibawa oleh majikannya yang sedang merantau kerja di kampung ini. Mereka pun pernah mencoba membujuk Tommy agar mau dibawa kerumah mereka, namun ia marah dan menolaknya. Setelah mengetahui hal ini Dawns tak tinggal diam, ia berusaha mencari alamat keluarga Bhaskar dan akhirnya berhasil menemukannya. Dawns bersama teman-teman organisasi Blue Cross membawa paksa Tommy untuk dibawa pulang ke rumah keluarga almarhum. Sesampainya disana, Ibu Bhaskar keluar rumah dan terlihat betapa bahagia dirinya saat melihat kembali anjing kesayangan anaknya. Begitupun halnya Tommy, tanpa henti ia terus menjilati kaki sang Ibu.

 
8. Demi keluarga miskin, anjing ini rela berjalan 4 mil untuk mencarikan mereka makanan

Sebuah kisah menyentuh hati dari seekor anjing yang dipelihara oleh keluarga miskin. Anjing ini bernama Lilica, ketika masih kecil ia hidup terlantar di jalanan sampai Neile Vania Antonio, seorang wanita miskin memungut dirinya dan membawa pulang kerumahnya. Lilica tumbuh semakin dewasa dan ia sangat bahagia dengan Neile, walaupun majikannya sangat miskin. Mereka tinggal berdua di gubuk reot bersama hewan peliharaan lainnya yaitu 1 ekor anjing lainnya, beberapa kucing, ayam dan sepasang keledai.

Menyadari majikannya yang tak mampu membelikan makanan untuk semua hewan peliharaannya, Membuat Lilica terdorong untuk mencarikan makan bagi mereka termasuk untuk majikannya sendiri. Setiap malam Lilica rela berjalan pulang pergi melewati jalan raya sejauh 4 mil (6,43 km) untuk meminta makanan kepada Lucia Helena de Souza, sahabat majikannya yang memiliki tempat penampungan hewan.

Sudah menjadi rutinitas bagi Lucia untuk mempersiapkan sekantong makanan dan kemudian menunggu Lilica datang tepat pukul 21.30 malam. Lilica akan makan beberapa potong makanan yang diberikan kepadanya, lalu membawa sisanya pulang ke rumah. Dengan menggigit kantong itu di mulutnya, dia pun segera beranjak pulang untuk menemui keluarga besarnya. Sesampainya di rumah, sisa makanan itu dibagikannya kepada seluruh keluarganya yang telah menunggu dengan perut keroncongan.

‘Saya menyadari hal itu ketika melihat Lilica terus menatap ke sisa makanan yang ada di dalam kantong. Seorang tetangga kemudian mengatakan bahwa mungkin anjing itu ingin membawa sisa makanan itu bersamanya,’ ungkap Lucia. Melihat itu, Lucia yakin bahwa anjing betina yang sering diberinya makan itu adalah hewan yang sangat istimewa. Lucia bahkan sempat menyindir perilaku manusia yang suka menyembunyikan apa yang mereka miliki dan tidak ingin berbagi dengan manusia lain. Sementara Lilica yang notabenenya hanyalah seekor hewan, justru punya empati yang besar bagi sesamanya. Penting! Belajar Kesetiaan dari Cinta Sepasang Cicak.
 
9. Anjing Herder yang selalu datang setiap hari ke gereja hanya untuk mengenang majikannya

Tommy, seekor anjing German Shepherd (di Indonesia dikenal dengan nama herder) selalu datang setiap hari ke gereja untuk mengenang majikannya yang telah meninggal. Sebab semasa hidup Maria Margherita Lochi (majikannya) Tommy selalu rutin diajak untuk menemaninya beribadah ke gereja. Namun gereja itu juga menjadi tempat peristirahatan terakhir Maria dan sebenarnya saat itu pulalah Tommy terakhir kali melihat Maria. Sejak ia meninggal Tommy yang tak bertuan ini selalu datang sendirian, Tommy menunggu dengan sabar dan dengan wajah yang sedih, entah sampai kapan ia akan terus menanti. Beruntung, Pastur dan jemaat lainnya tak pernah merasa terganggu dengan kehadiran Tommy. Ia tak pernah berisik sedikit pun apalagi menggonggong.

Berikut komentar Pastur Donata Panna, pengurus Gereja yang berada di Italia tersebut. Tommy selalu berada di sana setiap kali saya merayakan misa dan ia selalu berperilaku baik, tak pernah berisik. Saya tidak mendengar sekali pun anjing itu mengonggong sepanjang ia berada di dalam gereja. Dia dulu memang biasa datang misa bersama almarhum Maria dan anjing itu jelas berbakti padanya. Saya membolehkannya masuk ke dalam gereja karena anjing itu selalu berperilaku sangat baik dan tidak ada umat lain yang mengeluh kepada saya.

Baca juga  Penguin Ini Berenang 8000 km Demi Bertemu Pria Tua yang Pernah Menyelamatkannya

Anjing itu masih datang misa bahkan setelah pemakaman Maria, anjing tersebut menunggu dengan sabar di sisi altar dan hanya duduk tenang di sana. Saya tidak tega untuk mengusirnya. ‘Sekarang Tommy sudah diadopsi oleh semua orang di desa dan anjing itu menjadi teman semua orang. Semua orang memperhatikan anjing itu dan memberi makanan untuknya, meskipun akan lebih bagus baginya jika menemukan sebuah rumah yang tepat.

 
10. Anjing Great Dane Lily dan Madison, yang menuntun saudaranya yang buta

Lily dan Madison adalah dua bersaudara jenis ras Greatdane, Anjing Tertinggi Di Dunia. Mereka berdua dititipkan ke shelter penampungan Dogs Trust Shrewbury di Kota Roden, Inggris. Majikan yang ‘bego’ ini beralasan tubuh mereka semakin hari semakin besar dan rumahnya tak cukup untuk menampungnya. Lily yang berwarna Harlequin (putih) tak dapat melihat sejak ia berusia 18 bulan.

Kemana pun ia pergi, Madison (warna merle) akan selalu berada disampingnya sebagai pemandu jalan agat Lily tak kehilangan arah. Untungnya, Tuhan mengirimkan Sepasang suami istri yang baik. Kini mereka berdua sudah diadopsi dan sangat disayang oleh mereka. Baca juga Hewan Ini Buktikan Cinta Memang Buta.

 
11. Anjing Labrador yang Berduka di Peti Mati Jenazah Majikannya

Hawkeye seekor anjing jenis labrador retriever merasakan kesedihan yang teramat dalam, ia menjatuhkan tubuhnya didepan peti jenazah sang majikan sambil nafasnya terengah-engah. Anjing labrador berwarna hitam ini milik Jon Tumilson, anggota militer US yang tewas karna tabrakan pesawat di Afghanistan.

Hawkeye terus berbaring didepan peti mayat majikannya dengan tatapan sedih, teman-teman Jon berusaha memindahkan Hawkeye, namun ia menolak sampai majikannya selesai dimakamkan. 

 
12. Anjing K9 Kepolisian menangisi Rekannya yang mati terbunuh

Kematian Jason Ellis, seorang anggota Kepolisian Kentucky ditangisi oleh rekannya Figo (Anjing Herder) yang sama-sama bertugas di kesatuan unit K9. Jason Ellis tewas terbunuh oleh penjahat saat ia sedang melaksanakan tugasnya.

Ketika acara pemakaman dirinya, suasananya sangat mengharukan. Tak hanya istri, keluarga dan anggota Polisi lainnya yang menangisi kematiannya. Figo patner tugas Jason yang selalu bersamanya setiap hari juga turut meratapi sambil berusaha memeluk peti jenazahnya. Setelah kepergian Jason, Kepala Kepolisian pun memutuskan agar Figo dipensiunkan dini dan boleh dirawat oleh keluarga sang almarhum.

 
13. Kisah Nyata Kesetiaan Anjing Penjaga Badai Tsunami

Kedua anjing yang bertahan hidup dari gempa dan badai Tsunami ini menjadi simbol kesetiaan bagi masyarakat jepang. Dalam keadaan gemetar dan kotor salah satu anjing ini tetap menjaga temanya yang terluka dan tak bisa bangun akibat tertimpa runtuhan puing-puing rumah. Meskipun kesetiaan anjing ini sangat protektif menjaga temannya, namun tim penyelamat berhasil membujuknya untuk membawa mereka ke rumah sakit.  Setelah itu mereka dititipkan di penampungan hewan, dan tak lama ada orang yang bersedia untuk mengadopsi serta merawat mereka sepenuh hati.

Kisah Kesetiaan Anjing yang Bikin Nangis

Sahabat kejadiananeh.com sebenarnya masih banyak lagi kisah-kisah sedih mengharukan tentang pengabdian anjing. Namun 13 kisah nyata kesetiaan dan pengorbanan anjing yang dijamin bikin kamu menangis ini semoga bisa membuat kita lebih menyayangi anjing peliharaan kita sendiri. Luangkan waktu sebentar untuk bermain dengan mereka, ingatlah mereka selalu menunggu dari pagi sampai sore hanya untuk menantikan kita pulang bekerja ataupun bersekolah. Jangan sampai kita sia-siakan penantian mereka.

Aksi Solidaritas Hewan yang Menakjubkan
13 Mitos Aneh Memelihara Anjing Raksasa Di Indonesia
Persahabatan Raja Muslim dengan Anjing