Mengenal Ikan Mola Mola (Sunfish), Raksasa Laut Tanpa Ekor

Buat penyelam laut Newbie, pasti akan kabur terkaing-kaing bila berpapasan dengan ikan mola-mola atau yang dikenal juga dengan nama ikan matahari ini. Ya tentu saja dengan ukuran super jumbo lebih dari 5 meter dengan berat tubuh bisa mencapai 2,25 ton ditambah tampangnya yang aneh, siapapun akan berpikiran sama, mending kabur daripada jadi bahan cemilan. 
Padahal sunfish, ikan mola-mola si raksasa laut tanpa ekor ini tidaklah bengis dan berbahaya seperti ikan predator laut lainnya. Ia sama sekali tidak doyan makan manusia, makanan pokoknya hanyalah ubur-ubur. Meski begitu, ikan mola-mola terkenal sebagai ikan penasaran, rasa pengen tahunya tinggi. Sering mendekati manusia khususnya para Snorkeling dan Diving. Tahu gak bedanya Snorkeling dan Diving? hehehe. 
Yang pasti sama-sama penyelam tapi bedanya Snorkeling hanya menggunakan kacamata renang dan sebuah tube, pipa pernafasan khusus yang bisa menghirup udara melalui mulut. Biasanya snorkerling ini hanya untuk penyelaman dangkal. Sedangkan Diving berenang di kedalaman laut dengan menggunakan peralatan lengkap seperti wetsuit (baju selam) dan bernafas menggunakan tabung oksigen SCUBA. 
Oke cukup penjelasannya dari saya yang sok tahu hehehe. Kita kembali ke topik Ikan mola-mola (Ocean Sunfish). Sahabat kejadiananeh.com ada hal menarik tentang ikan mola-mola yang penting gak penting kamu harus tahu, karena udah terlanjur baca yah udah terusin aja.
Fakta Unik Sunfish, Ikan Mola Mola atau Ikan Matahari 

Mengenal Ikan Mola Mola Raksasa Laut Tanpa Ekor
Photo: Copyright reddit.com

1. Hobi Berjemur


Bahwa ikan mola-mola mempunyai hobi yang unik yaitu berjemur ke permukaan laut, itulah sebabnya ia dijuluki dengan nama Sunfish. Hampir setiap hari ia lakukan mondar mandir untuk sekedar berjemur saja. Kamu juga bisa melihat penampakannya di Indonesia, ia sangat sering memunculkan dirinya untuk berjemur di pantai Penida, Bali.

Baca juga  Video Anjing Menggendong Kucing ini Lucu Banget
2. Bentuk Tubuh Aneh pada Ikan Mola Mola 

Pada umumnya semua jenis ikan selalu mempunyai sirip ekor. Berbeda dengan mola-mola ia nyaris gak punya sirip ekor. Dan biasanya sirip (sayap) ikan lain terletak di samping kira dan kanan, sedangkan mola mola siripnya berada vertikal diatas dan dibawah (punggung dan perut) yang disebut calvus. 
Akibat bentuk siripnya yang aneh ditambah tubuhnya yang bulat dan gemuk membuat Ikan mola mola sangat lambat untuk berenang dan untuk melawan arus ombak pun ia tidak bisa, memilih pasrah mengikuti arus air yang membawanya.

ikan mola mola
Photo: Copyright Basri Marzuki via dailymail.uk

3. Sunfish, Ikan Mola Mola yang Terancam Punah 

Karena keadaan bentuk tubuhnya yang aneh, membuat ikan mola mola terancam punah, ia sering menjadi korban kecelakaan dalam lalu lintas perairan laut seperti tersangkut di baling-baling kapal perahu dan sering menjadi korban tabrakan dari kapal-kapal besar yang sedang melaju ke arahnya. Begitu lamban gerakannya membuat ia tak dapat menghindar dari kecepatan kapal tersebut. 
Selain itu sampah-sampah laut juga menjadi salah satu penyebab kematiannya. Ia sering tersedak akibat menelan sampah plastik yang disangkanya adalah ubur-ubur. Belum lagi ia terdampar di tepi pantai akibat terseret ombak dan mati sendiri akibat dehidrasi. Tapi penyebab kematiannya paling tinggi adalah akibat perburuan illegal seperti yang dilakukan oleh para nelayan jahat di jepang. Mereka memang sengaja ditangkap untuk dijual dagingnya ke restoran. 
Sahabat kejadiananeh.com semoga saja “ikan mola mola si raksasa laut tanpa ekor” ini tidak sampai punah dan hanya menjadi sebuah kisah sejarah saja. Untungnya di Indonesia, ikan mola mola ini termasuk satwa yang dilindungi salah satu contohnya dilakukan oleh pemerintah bali tepatnya di Nusa Penida, ikan tersebut hanya sebagai objek wisata para penyelam dan dibiarkan hidup bebas di habitatnya.

Baca juga  Ajaib! Gajah ini Langsung Tidur ketika dinyanyikan Lagu Nina Bobo
sunfish
Photo: Copyright sunfishresearch.wordpress.com