13 Ikan Raksasa Berwajah Paling Seram

Terdapat banyak spesies ikan di dunia ini, di perairan tawar saja baru ditemukan 27 ribu spesies sedangkan di perairan laut menurut Census of Marine Life mencapai 950 ribu spesies itupun hanya sebagian kecil saja yang baru berhasil dikelompokkan oleh para Ilmuwan biologi laut. 
Antara satu spesies dengan lainnya memiliki ciri masing-masing,  mulai dari  yang berbentuk unik, lucu sampai yang mendapatkan label berbahaya sebagai predator seperti 13 ikan raksasa berwajah paling seram di dunia ini, mereka bukan hanya memiliki karakter ganas seperti ikan hiu tapi melihat wajahnya yang super jelek  saja sudah bisa membuat kita merinding ketakutan dan bikin gak nafsu makan. Sahabat kejadiananeh.com, seperti apakah tampang seram ikan-ikan berukuran raksasa ini, apakah lebih seram dari mantan kamu? Mari kita lihat.
1. Ikan raksasa Goliath Tigerfish

13 Ikan Raksasa Berwajah Paling Seram

Dari namanya saja kita sudah tahu ikan ini bukanlah jenis ikan yang bersahabat dengan manusia. Memiliki ukuran tubuh yang terbilang cukup besar bisa mencapai panjang lebih dari 1,8 meter dan memiliki desain rahang yang sangat menyeramkan, 32 gigi besar beruncing tajam. Habitat aslinya berada di perairan sungai Afrika. 
Ikan yang masih besanan dengan spesies Tigerfish ini dikenal sebagai predator dan petarung hebat. Terkenal akan kekuatan dan kecepatannya, tak hanya ditakuti oleh para nelayan saja, Ikan Goliath juga seringkali membunuh hewan predator lainnya yakni Buaya. Di afrika sendiri, dia mendapat julukan sebagai ikan piranha raksasa si pemakan buaya.
2. Payara (Vampire Fish)

Ikan raksasa berwajah paling seram kedua adalah Paraya bentuk tubuhnya mirip dengan ikan piranha versi besar, begitupun soal giginya. Namun anatomi gigi dari ikan Paraya ini jauh lebih berbahaya, sebab pada bagian bawah mulutnya terdapat taring gigi yang dapat mencapai  4 sampai 6 inci. Ukuran tubuhnya pun terbilang cukup besar, rata-rata bisa mencapai  1,17 m dengan berat  minimal 18 kg.
Ikan Payara menjadi salah satu predator paling menakutkan di Sungai Amazon, ia mampu melahap mangsanya meskipun ukuran tubuhnya sama dengannya. Ikan Payara pun termasuk ke kelompok Vampire Fish (ikan Vampir), bersama dengan Ikan Candiru dan Lamprey. Dimana kelompok ikan ini paling banyak menyebabkan kematian bagi para nelayan dan penyelam.

3. African Lungfish and Australian Lungfish

Meski African Lungfish dan Australian Lungfish wajahnya lebih menyeramkan daripada Ikan Payara dan Goliath Tigerfish tapi dia sama sekali tidak berbahaya. Habitat aslinya diperairan tawar air sungai yang keruh dan kurang oksigen. Sehingga jarang sekali penampakan dirinya terlihat oleh manusia.
4. Mekong Giant Catfish

Ini bukanlah Ikan hiu paus yang sering kita lihat di lautan tetapi jenis Mekong Giant Catfish yang tinggal diperairan tawar. Berasal dari Cina, untuk ukuran tubuh raksasa yang ia miliki hampir sama besarnya dengan ikan hiu paus menjadikan dia sebagai salah satu ikan terbesar dibandingkan spesies-spesies ikan air tawar lainnya. 
5. Bagarius Yarelli
Ikan berwajah seram yang mirip dengan lele ini juga ada di Indonesia dan dikenal dengan nama Ikan Dalum. Kalau di jawa lain lagi sebutannya, mereka mengenalnya sebagai ikan kelaling, tapi ikan ini tidak laku untuk dimakan sebab dagingnya mudah sekali membusuk dan bisa menyebabkan penyakit.

Bagarius Yarelli adalah jenis ikan catfish yang memiliki nama lain Sand Shark, Giant Devil Catfish, Goonch, habitat aslinya berada di asia selatan dan asia tenggara seperti perairan sungai Pharaya Thailand, Sungai merah Vietnam, Sungai gangga India termasuk juga Indonesia. Mereka  umumnya menyukai perairan sungai yang agak dingin dan ber arus kencang,  pH kisaran (7,2-7,6). Rentang suhu 18,0-23,0 ° C (64,4-73,4 ° F).Dengan struktur dasar sungai berbatu-batuan.
Standarisasi pada Ikan Bagarius yarrelli mempunyai gigi gigi caling mencapai 1 inci dan untuk jenisnya terbagi lagi menjadi empat, yaitu Bagarius bagarius dapat tumbuh mencapai 20 cm,Bagarius suchus 70 cm, Bagarius rutilus 1 Meter, dan Bagarius gigas 1,15. Namun, dari semua jenis itu, Bagarius yarrelli berukuran tubuh paling extra jumbo, tubuhnya dapat mencapai panjang 2 meter lebih.
Mitosnya Ikan Bagarius yang terkenal cukup jinak ini bisa menjadi kanibal seperti rumor yang beredar di sungai gangga India, akibat sering memakan jasad manusia  di Sungai Kali, tempat ritual pembakaran mayat penganut Hindu. Ikan Bagarius yang tinggal di sungai tersebut lama kelamaan menjadi ketagihan dengan daging manusia. Hingga pernah dikabarkan beberapa remaja hilang ketika sedang mandi di sungai Kali.
Saksi mata yang melihat katanya Ikan Bagariuslah yang menyeret para remaja tersebut.
6. Wajah Seram Ikan Alligator Gar

Saat melihatnya kita bisa salah menebak ini ikan apa alligator (buaya kecil) Sebab tubuhnya setengah buaya dan setengah ikan. Alligator Gar dikenal sebagai predator yang tidak agresif alias malas. Ia jarang sekali berburu, hanya menunggu mangsa yang lewat didepan teritorialnya kemudian  akan menerkamnya dengan kecepatan yang sangat luar biasa.

7. Pirarucu, Ikan Raksasa Penguasa Amazon

Di Sungai Amazon, menemukan ikan berukuran raksasa bukanlah hal yang aneh. Rata-rata ukuran tubuh yang mendiami sungai tersebut memang benar-benar super jumbo. Seperti Ikan Arapaima atau Ikan Pirarucu sebagai salah satu ikan penguasa sungai Amazon. Perawakannya mirip sekali dengan ikan arwana (tapi ini versi besarnya ) dan sama-sama karnivora.  
Gemar menyantap ikan-ikan dan burung, kok bisa burung ditangkap? Sebab ikan ini juga bisa senang melompat mirip sekalikan dengan ikan arwana. Tubuh mereka dapat mencapai lebih dari 2,7 meter dengan berat tubuh melebihi 100 kg. Soal tampang ya gak kalah menyeramkan dengan teman-temannya diatas.
Tapi untungnya Ikan Pirarucu ini belum pernah dilaporkan menyerang manusia. Dan meskipun tidak berbahaya, bila keadaan terancam ikan Pirarucu tak segan-segan akan menanduk dengan kepalanya sebagai senjata pertahanan diri. Nah bisa kebayang kan kalau kita nangkap trus diseruduk bisa bocor alus tuh kepala. 
8. Chinese Paddle Fish

Ini baru unik dan konyol, ikan dengan bibir super memble dan hidung panjang menyerupai sendok dari ikan bernama Chinese Paddle Fish.
Dijuluki sebagai raja sungai Yangtze, tapi sayangnya sudah sangat sulit untuk menemukan keberadaan ikan Chinese Paddle ini sejak tahun 1983. Tapi untungnya, sebelum mendekati ajang kepunahan para pelestari alam telah menangkar beberapa pasang ikan Chinese  Paddle tersebut.
9. Piraiba Catfish

Piraiba Catfish menjadi ikan paling disegani sekaligus menyebalkan. Para nelayan seringkali dibuat tenggelam perahunya. Ini terjadi ketika para nelayan tak sengaja pancingnya terkena Piraiba Catfish. Dengan berat rata-rata 272  kg dan panjang tubuh lebih dari 3 meter bukan hal yang sulit bagi Piraiba Catfish untuk menyeret para nelayan beserta perahunya sampai terbalik kedalam sungai. Bukan hanya bikin sebal pernah beberapa kali kejadian, ikan ini menelan seorang nelayan seperti pada foto diatas.
10. Hiu Goblin

Ikan Hiu Goblin bisa mencapai ukuran tubuh lebih dari 1,26 meter dan masalah tampang sudah tentu terlihat sangat menakutkan karena mempunyai gigi-gigi runcing yang menonjol ke depan. Apalagi, di kepalanya terdapat tanduk bak ujung tombak penusuk.
Menariknya, menurut penelitian, ‘tombak’ hiu Goblin dipakai untuk mendeteksi aliran listrik yang dibuat oleh mangsanya, yakni kepiting, cumi-cumi, dan udang kecil. Bisa dikatakan tombak itu berfungsi bagaikan sebuah detektor metal.
Perbedaan Hiu Goblin dengan  hiu kebanyakan yang mempunyai sisik keras, hiu Goblin mempunyai kulit yang cukup lembut berwarna merah muda. Insangnya pun tidak berwarna merah, melainkan biru. Membuat ikan ini semakin membuat orang yang melihatnya merinding. Ikan Hiu Goblin tergolong sebagai hiu prasejarah karena diperkirakan keberadaannya sudah ada sejak 125 juta tahun silam, jauh sebelum manusia prasejarah.
11. Fanfin Seadevil

Mendengatr akhiran namanya saja ‘devil’, pasti sudah terasa spesies keluarga ikan ‘pemancing’ anglerfish ini bukan hewan yang kita mau lihat setiap hari, lebih baik menghindar aja deh cari aman. Fanfin Seadevil atau Caulophryne jordani adalah jenis anglerfish rupa paling menakutkan di perairan lautan.
Yang membuat berbeda dengan jenis anglerfish lainnya, Fanfin Seadevil tidak mempunyai lampu di ujung sungutnya untuk memancing ikan kecil. Tubuh ikan ini berwarna hitam dengan sirip bak sungut kucing berbentuk kipas yang tidak beraturan. Wajah Fanfin Seadevil sering terlihat mirip mayat yang sudah membusuk beberapa hari dengan sungut antena yang keluar dari berbagai bagian tubuhnya.
Habitat asli ikan Fanfin Seadevil bisa ditemukan di laut dalam, dan karena tubuh tidak mempunyai zat warna terang, ikan ini nyaris mustahil dilihat di habitatnya. Dan satu lagi, ikan ini juga hidup di laut Indonesia yang berbatasan dengan Australia. Hati-hati jika kamu
sedang menyelam disana ketemu dengan ikan berwajah seram yang bikin BT BT ahh ini.
12. Fangtooth

ikan raksasa berwajah seram

Pertama kali melihat foto Ikan Fangtooth pasti terpikir oleh kamu wajah buruknya seperti tak asing lagi.Yups bener, Fangtooth sering eksis di permainan game Feeding Frenzy. Lain halnya dengan dunia nyata, Mimpi buruk para nelayan mungkin bisa dilihat dari ikan Fangtooth (Anoplogastridae). Ikan ini mempunyai wajah bak tengkorak namun dihiasi dengan gigi-gigi runcing yang berjajar di mulut lebarnya.
Rupa Fangtooth terasa lebih menakutkan dengan warna hitam pekatnya dan mata segelap langit malam. Intinya, Fangtooth lebih terlihat seperti ikan zombie hiduo yang bakal dijauhi manusia.
Untungnya, sampai saat ini Fangtooth terbesar yang ditemukan ukurannya tak sampai 20 sentimeter. Ikan dengan tubuh bersisik bak duri ini juga hanya ditemukan di laut kedalaman 500-2000 meter, dengan batas cahaya yang gelap. Tak dapat dibayangkan, betapa seramnya bukan jika Ikan Fangtooth bisa berevolusi ukuran tubuhnya menjadi raksasa.
13. Sarcastic Fringehead

wajah ikan paling seram di dunia

Pertama kali kita melihat sosok Ikan Sarcastic Frigehead bagaikan jelmaan aneh antara Hewan Komodo dengan Ular Berbisa. Yang lebih menakutkan lagi, mulut ikan ini bisa terbuka lebar seperti kedok ular kobra sambil memamerkan deretan gigi taringnya untuk menggertak hewan-hewan predator yang mendekatinya. Meski tampangnya sangar untungnya ukuran tubuh Ikan Sarcastic bukanlah raksasa, hanya 30 cm saja. 
Dan dibalik tampang jeleknya yang mirip zombie, ikan Sarcastic justru menjadi inspirasi dalam pembuatan film vampire Blade. Dimana para vampire akan membuka lebar mulutnya untuk menggertak dan mempertahankan wilayah mereka dari musuh. Sahabat kejadiananeh.com semoga artikel 13 ikan raksasa berwajah paling seram di dunia ini cukup menghibur kamu, menemani di waktu senggang.