Masjid Kucing di Turki, Jamaah Ibadah Bareng dengan Kucing

Masjid Aziz Mahmud Hudayi yang terletak di Instanbul Turki mungkin menjadi satu-satunya Masjid di dunia yang memperbolehkan kucing untuk tinggal dan bermain di dalamnya. Tak hanya satu dua yang dapat kita jumpai disana, lebih dari puluhan kucing liar dibiarkan bebas berkeliaran. 
 
Mereka tidak hanya bisa mondar mandir di sekitar area luar masjid saja, di dalam ruangan sampai di tempat Imam berkhotbah kita juga dapat melihat beberapa kucing sedang asik tertidur. Luar biasa bukan, sebuah pemandangan unik dan menarik yang tak mungkin bisa kita dapati di Masjid-masjid lainnya. 
 
Terlepas dari permasalahan boleh atau tidaknya kucing tinggal di dalam masjid, nampaknya para jamaah yang sedang khusyuk melakukan sholat tidak merasa terganggu sama sekali dengan kehadiran mereka. Bahkan setelah usai sholat mereka menyempatkan diri untuk bermain dengan kucing-kucing lucu tersebut. 
 
Masjid Kucing di Turki
Photo: Copyright Mohammed Matter
Mengutip dari Metro.co.uk, Asal muasal kenapa kucing-kucing liar itu bisa tinggal di dalam masjid ternyata bermula dari saran Imam besar Masjid tersebut yang bernama Mustafa Efe. Ia menginginkan agar Masjid bisa jadi rumah bagi siapapun yang membutuhkan naungan dan kehangatan tempat tinggal, termasuk juga makhluk ciptaan Tuhan lainnya, yakni kucing-kucing malang tersebut. 
 
Dan ia berkata kepada setiap pengurus masjid dan para jamaah agar tidak ada satupun yang mengusir kehadiran kucing-kucing itu. Begitu welas asih dan pedulinya Imam Mustafa Efe terhadap makhluk ciptaan Tuhan bertampang imut ini. Menurutnya ia tidak tega melihat kucing-kucing itu sering merasakan kedinginan diluar tanpa memiliki tempat tinggal. 
 
Sudah lebih 1 tahun lamanya, kucing-kucing itu berlindung dan hidup dengan nyamannya di dalam Masjid. Saban hari, dari siang hingga malam, pintu-pintu Masjid pun tidak pernah ditutup agar mereka bisa bebas keluar untuk mencari makan dan pulang kembali untuk tidur bersama anak-anaknya.  
 
Sahabat kejadiananeh.com, luar biasa bukan kepedulian Imam Mustafa terhadap nasib kucing-kucing liar tersebut, bahkan saking sayangnya Imam Mustafa terhadap mereka, ia tidak pernah marah meskipun ada induk kucing yang membawa masuk semua anak-anaknya ke tempat Imam Mustafa ber khotbah. Lihat juga Sejarah Maine Coon, Kucing Terbesar di Dunia
 
Photo: Copyright metro.co.uk
Banyak pujian yang diucapkan untuknya baik dari para jamaah ataupun netizen di media sosial, mereka salut dengan tindakan sang Imam yang tidak membiarkan kucing-kucing malang tersebut terlantar di jalanan. Lagian berbuat baik kepada setiap makhluk hidup bukankah itu salah satu bentuk pengamalan dalam agama. 
 
Dan sebisa mungkin Imam Mustafa beserta para pengurus Masjid, senantiasa mengganti karpet dan menjaga kebersihannya. Bagi kalian yang tertarik untuk mengunjungi Masjid Aziz Mahmud Hudayi, dapat menemukannya di daerah Uskudar, distrik terbesar di Instanbul. Rasakan sensasi unik ketika berada di “Masjid Kucing” ini, kita serasa kembali ke dimensi jaman dahulu. 
 
Sebab Masjid Aziz Mahmud Hudayi adalah salah satu situs bangunan bersejarah di Turki yang sudah berdiri sejak tahun 1549 oleh Ayse Hanim Sultan, di jaman kepemimpinan Utsmaniyah Turki. Bentuk bangunannya pun masih seperti kastil-kastil kuno di Eropa. Dan yang tak kalah unik, saat kita beribadah akan ada selalu kucing-kucing yang selalu setia menemani. Mau lihat gimana serunya? Simak video berikut ini!