Misteri Sungai Mendidih di Peru

Fenomena aneh apakah ini? Sungai di Peru yang berada di pedalaman Hutan Amazon tiba-tiba suhu airnya meningkat tinggi dan mendidih panas layaknya air yang sedang direbus. Sepanjang 4 mil atau lebih dari 6 km, sungai yang dijuluki Mayantuyacu ini memiliki kedalaman 6 meter dan lebar 25 meter. Dan sudah banyak hewan yang mati tercebur ke dalam sungai tersebut. 
Mengutip dari dailymail.co.uk, sebenarnya banyak legenda penduduk asli Peru yang mengisahkan tentang misteri air sungai mendidih di Peru. Dikatakan bahwa sumber air yang mendidih itu memang berasal dari bagian paling dalam bumi. 
Konon katanya, pada jaman dahulu kala, waktu para Penjajah Spanyol mencari emas, merekalah yang pertama kali menemukan keberadaan sungai mendidih tersebut setelah mereka membunuh Kaisar Inca, sang penguasa terakhir suku Inca (bangsa kuno Peru). 
Photo: Copyright dailymail.co.uk
Mendengar fenomena air sungai mendidih, sampai membuat Andres Ruzo, mahasiswa doktoral geofisika dari Universitas Southern Methodist tertarik untuk menyelidiki kebenarannya. Pasalnya menurut Ruzo, keberadaan sungai mendidih tersebut yang berada di hutan amazon sangat jauh letaknya dari kawasan gunung berapi. 
Meski terasa aneh dan masih menyimpan teka-teki misteri sampai sekarang, apa penyebab air sungai tersebut bisa sampai panas mendidih. Yang ia tahu dari cerita para penduduk asli, dulunya sungai ini memang sering dijadikan terapi pengobatan. Tapi itu pun tak masuk logika menurut Ruzo, sebab hewan-hewan saja bisa mati, bila kecebur ke dalam sungai tersebut apalagi manusia.

Photo: Copyright dailymail.co.uk
Ruzo hanya bisa menyimpulkan sementara, bahwa suhu panas yang menyebabkan air sungai tersebut bisa mendidih mungkin berasal dari retakan/ patahan dasar bumi. Namun ia pun masih meragukan sendiri pendapatnya. Sahabat kejadiananeh.com berikut dokumentasi Video “The Boiling River” yang sempat diabadikan oleh Andres Ruzo.
Video Sungai Mendidih di Peru Hutan Amazon