Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

Uniknya Kuil Tikus Karni Mata di India

26 Feb 2016

Keren, ini baru namanya pecinta tikus. Disaat keberadaan tikus selalu dibenci, dimusuhi oleh orang-orang karena dianggap sebagai hama perusak. Berbeda dengan Kuil Tikus Karni Mata di India, mereka hidup sangat bahagia bagaikan di surganya para tikus. 


Tak hanya bebas untuk bermain, berkeliaran bersama keluarga dan teman-temannya di dalam kuil karni mata, tikus-tikus ini juga hidupnya sangat 'glamour' selalu rutin disediakan makanan seperti biji-bijian, susu dan parutan kelapa dalam sebuah wadah/batok besar. 

Lebih dari 20 ribu tikus yang berada di Kuil/Candi Karni Mata bukanlah tanpa disengaja, mereka sudah sangat lama hidup didalam kuil tersebut, konon menurut cerita rakyat setempat, eksistensi tikus-tikus ini sudah ada sejak tahun 1400 (lebih dari 600 tahun).

Uniknya Kuil Tikus Karni Mata di India
Photo: Copyright fromottawa.com
Keberadaan mereka memang dianggap suci dan keramat oleh para Umat Hindu di India, khususnya bagi Kasta Charan (Keturunan Kasta Pendongeng). Mereka menjulukinya sebagai Kabbas yang berarti 'anak-anak kecil'. 

Sejarah dan Asal Usul Kuil Tikus Karni Mata di India

Dalam legenda diceritakan tentang asal usul Kabbas yang bermula dari Kisah Dewi Durga (Ibu Dewa Ganesha) dengan Dewa Yama (Dewa Kematian), ketika itu Dewi Durga meminta bantuan kepada Dewa Yama agar Laxman, anak tiri dari seorang Pemuja setianya yang bernama Karni Mata, jiwanya dapat lahir kembali ke dunia. 

Awalnya Dewa Yama menolak permintaannya, namun karena Dewi Durga berkali-kali mengulang permintaannya, Dewa Yama pun akhirnya mau mengabulkan dengan syarat, semua keturunan Laxman yang akan lahir kembali ke dunia harus bereinkarnasi menjadi seekor tikus, sebagai keturunan Kasta Charan (Pendongeng) dan bertempat di Candi Karni Mata.


Sebab itulah sampai saat ini, masyarakat disana meyakini bahwa semua tikus-tikus yang berada di kuil tikus tersebut adalah jelmaan keluarga dan keturunan nenek moyang mereka yang telah lama meninggal.

Dalam versi lain diceritakan juga, keberadaan tikus-tikus suci ini dianggap sebagai 'penjaga' untuk melindungi desa mereka. Sebab, pada tahun 1961 Desa yang berada di sekitar lokasi Kuil Candi Marta selamat dari Peristiwa Pemboman, padahal di desa-desa lain semuanya musnah terbakar. 

Fakta unik lainnya juga mengungkapkan, sampai saat ini tidak pernah ada dilaporkan satupun kasus manusia yang terjangkit penyakit, akibat ditularkan oleh tikus-tikus tersebut. Aneh tapi nyata bukan? 

kuil tikus karni mata

Padahal masyarakat disana sering mengambil sisa-sisa makanan dari Tikus-tikus tersebut, mereka percaya makanan yang sudah ditinggalkan oleh Tikus bisa membawa keberuntungan. Apalagi jika sampai bertemu dengan sosok tikus putih, yang sangat jarang sekali terlihat.

Konon katanya, seseorang yang tak sengaja bertemu dengan tikus putih tersebut dan berhasil memegang walaupun cuma sekedar menyolek, hidupnya dijamin akan bahagia, tercukupi materinya, diberikan kesehatan yang baik serta umur panjang. Wow luar biasa!

Video Kuil Tikus Karni Mata

Sahabat kejadiananeh.com, India memang dikenal banyak memiliki kebudayaan yang unik, bagi kalian yang tertarik untuk mengunjungi Kuil Tikus Karni Mata di India, sangat mudah untuk menemukannya. 

Terletak di Deshnoke, 30 km dari Binaker di Rajasthan, India. Jangan lupa juga untuk membawa susu dan makanan, siapa tahu aja nanti dicipok sama tikus putih jadi Hoki, hehehe. 

Tapi awas! jangan sampai membuat tikus-tikus suci itu mati, mau sengaja atau gak sengaja menginjaknya. Sebab, kamu wajib untuk membayar denda yang terbilang cukup mahal yakni memberikan patung emas atau perunggu berbentuk tikus sebagai 'penebus' nya. 

Related Article