Asal Usul Jelangkung, Genderuwo, Sundel Bolong dan Sejarah Hantu di Indonesia

Berbicara mengenai makhluk halus memang menjadi hal yang cukup seru dan menantang jika diperbincangkan. 
Jenis-jenis hantu yang ada di tiap negara bahkan bervariasi. Jika di Amerika terdapat hantu jenis drakula, monster, hingga vampir, di Indonesia jenisnya lebih banyak lagi, seperti pocong, genderuwo, suster ngesot, kuntilanak, sundel bolong, tuyul, kolor ijo, dan masih banyak lagi jenis lainnya. 
Tapi tau gak sih asal usul dan sejarah hantu di Indonesia. Kok bisa yah jenis hantu-hantu yang ada di negeri kita ini banyak banget dibandingkan dengan negara lain?
Seperti yang sudah kita tahu, masyarakat Indonesia masih banyak yang mempercayai mitos, cerita mistis dan hal-hal ghaib. Misalnya, seorang wanita yang meninggal ketika hamil, maka ia akan menjadi sundel bolong, hingga suster yang tewas mengenaskan akan menjadi suster ngesot.
Percaya atau tidak, hantu apakah memang benar ada di sekitar kita atau itu hanya perasaan kita saja? Untuk mitos itu sendiri, semua tentu bisa jadi benar atau tidak tergantung dari sudut kacamata mana kita memandangnya. Kamu tentu penasaran kan sebenarnya seperti apa sih hantu-hantu yang ada di Indonesia? Untuk itu, simak ulasan dibawah ini.
Sejarah dan Fenomena Leak di Bali
Jenis hantu satu ini mungkin belum terlalu familiar di dengar, namun Leak sangat dikenal di Bali. Menurut mitologi orang Bali, hantu Leak merupakan sosok dari penyihir jahat yang menakutkan. Kata Leak sendiri berasal dari kata Le, yang dalam bahasa Bali berarti jahat. 
Jenis hantu satu ini sangat jarang muncul, dimana hanya bisa dilihat oleh dukun pemburu leak di malam hari.

Asal Usul Jelangkung, Genderuwo, Sundel Bolong
Photo: Copyright kokecit via deviantart.com

Ketika siang hari, Leak akan berubah wujud menjadi manusia biasa. Sementara ketika malam hari ia akan bergentayangan di sekitaran kuburan untuk mencari organ tubuh manusia yang akan ia gunakan untuk membuat ramuan berbau sihir. 

Tak hanya organ tubuh orang meninggal, Leak juga bahkan dipercaya bisa mengambil organ tubuh dari orang yang masih hidup. Mengerikan sekali ya? Tapi faktanya,  ini ‘kurang benar’, mau tahu cerita sebenarnya?
Fakta sebenarnya tentang Leak
Ilmu Leak pada dasarnya adalah ilmu kuno kerohanian yang diwariskan para leluhur Hindu di Bali dengan tujuan baik dan mencari pencerahan lewat aksara suci. Namun ilmu putih bisa menjadi hitam tergantung niat orang yang memilikinya. 
Seperti halnya Ilmu Hitam Leak Desti yang dipengaruhi oleh siluman jahat (setan). Desti adalah perwujudan binatang siluman manusia dalam bentuk binatang yang aneh dan seram.

Photo: Copyright photobucket.com

Tingkatan kesaktian ilmu leak ini sebenarnya paling rendah yakni pemiliknya hanya bisa merubah wujudnya dalam bentuk binatang yang aneh dan seram seperti:

Menjadi Lelakut yaitu sejenis kadal yang besar berbadan hitam loreng-loreng, berkepala manusia berwajah seram dan hitam, rambutnya terurai, taringnya panjang, giginya runcing, matanya lebar dan menyala keluar api berwarna hijau, mempunyai ekor panjang warnanya loreng hitam putih.
Menjadi Bebae yaitu sejenis binatang kambing berbulu putih mulus, mempunyai telinga panjang menjulur kebawah sampai menyentuh tanah. Dan masih banyak lagi jenis perwujudan Leak tingkat bawah ini. Nah sahabat kejadiananeh.com biar lebih jelas dan lebih akurat ceritanya, kamu tanya saja sendiri ke teman kamu yang asli orang bali, hehehe.
•  Asal Usul Genderuwo
Mendengar kata genderuwo (genderuwa), kita mungkin langsung membayangkan sesosok tubuh tinggi besar seperti mike tyson Gorila dengan kulit hitam legam kemerahan seperti arang. Menyeramkan ya? 
Genderuwo adalah salah satu jenis makhlus halus yang berwujud manusia, namun dengan perawakan raksasa dan rambut tebal gimbal menutupi tubuh besarnya.

Doi juga dipercaya menyukai tempat-tempat gelap, lembab, hingga pohon-pohon lebat teduh. Konon, Genderuwo ini sangat menyukai manusia dalam tanda kutip, dan bahkan bisa berubah wujud menjadi manusia untuk melancarkan modusnya.

Katanya Genderuwo berasal dari roh orang mati yang penasaran, alias meninggalnya tidak sehat sempurna. Ada beberapa cara ritual untuk memanggil Genderuwo salah satunya dengan menggunakan mediasi sate gagak sebagai makanan kesukaannya.

Sebab gendurowo ini katanya ahli dalam menebak nomor buntut (togel). Selain jago soal judi, genderuwo ini juga dikenal jago kimpoi, seringkali ia ‘menyamar’ jadi suami orang kemudian ia akan menja
di stuntman, memberikan servis gratis kepada istri dari suami malang tersebut. 

Sundel Bolong
Kamu tentu tahu aktris kawakan Suzzana? Karakter sundel bolong sangat kuat digambarkan oleh Suzzana dalam film-film horor di sekitar tahun 80-90an. Sundel bolong adalah jenis makhluk halus berwujud seperti wanita, berambut panjang dengan gaun putih, jangan tanya kenapa sundal bolong gak pernah pakai rok mini.

Uniknya, hantu sundal bolong ini memiliki ciri khas yakni bagian punuknya punggungnya yang bolong, dimana organ perutnya bisa terlihat. Menurut mitos masyarakat, asal mula Sundel Bolong yang bergentayangan adalah karena ia belum tenang dalam kematiannya. 
Hantu ini dipercaya meninggal karena ketika masih hidup ia pernah diperkosa dan melahirkan anaknya ketika berada dalam kubur. Masih menurut mitos masyarakat, makhluk halus yang satu ini katanya sangat suka menculik bayi-bayi manusia yang baru lahir.
Permainan Jelangkung (Jailangkung)
Datang tak dijemput, pulang tak diantar apalagi makan minta ditraktir. Kalimat ini pasti sudah tidak asing lagi di dengar bukan? Kalimat tersebut merupakan bait yang terdapat dalam lirik lagu yang dipercaya sebagai lagu pemanggil arwah atau Jelangkung.

Photo: Copyright ifknews.com

Jelangkung merupakan salah satu cara permainan tradisional nusantara untuk memanggil arwah yang cukup fenomenal, dimana jelangkung ini merupakan nama dari sebuah boneka yang terbentuk dari batok kelapa sebagai kepalanya, dan kayu yang berbentuk huruf T. 

Ketika arwah datang, prosesi jalangkung ditandai dengan adanya salah satu anggota yang memainkan jalangkung yang kerasukan arah. Prosesi jelangkung biasanya dilakukan untuk melakukan tanya jawab atau berinteraksi langsung dengan makhluk halus.
Wewe Gombel
Menurut cerita dan mitos masyarakat, Wewe gombel merupakan makhluk halus yang berwujud wanita yang meninggal bunuh diri karena tuduhan orang yang menuduhnya sudah membunuh suaminya sendiri. 
Peristiwa ini bermula ketika sang suami diduga berselingkuh dengan wanita lain, karena sang istri tidak bisa memberikan anak kepada suaminya. Setelah itu suaminya kemudian ia bunuh, lalu sang istri menjadi gila seperti gembel. Lalu mengapa dinamakan wewe gombel?

Dalam tradisi jawa, wewe gombel berarti roh jahat atau makhluk halus yang suka menculik anak-anak. Sementara itu, cerita lain mengatakan bahwa nama wewe gombel berasal dari daerah tempat kisah wewe gombel mencuat, yakni di wilayah Gombel kota Semarang.

Versi lain juga mengatakan Wewe Gembel masih besanan dengan Genderuwo, bila Wewe Gembel berjenis betina sedangkan Genderuwo adalah pejantan. Wewe Gembel tak hanya dikenal suka mengencingi mata manusia, konon dia juga suka ‘ngumpetin’ anak-anak kecil yang masih berkeliaran di malam hari.

Pocong
Siapa sih yang tidak tahu dengan jenis makhluk halus di Indonesia yang satu ini? Pocong adalah salah satu jenis hantu yang paling eksis di Indonesia. Ada banyak versi yang menggambarkan wujud pocong itu seperti apa. Yang pertama, ada yang mengatakan bahwa pocong memiliki wajah yang hijau bermata kosong.

Yang kedua, pocong memiliki muka rata, berwajah pucat, dengan hidung tertutup kapas dan mata berongga. Ciri khas pasti yang dimiliki pocong adalah tubuhnya yang dilapisi kain kafan dan ia bergentayangan dengan sambil melompat-lompat. Namun ada pula yang percaya bahwa pocong ini justru bisa terbang seperti Superman, cuma bedanya gak pakai kolor kebalik. 
Menurut cerita mitos, asal mula dari pocong yang bergentayangan adalah karena jasad yang sudah mati lupa dibukakan ikatan kain kafan ketika dikebumikan. Jenis hantu satu ini sangat dipercaya oleh masyarakat di Jawa dan Sumatera.
Kuntilanak
Satu lagi hantu hits yang mendapatkan penghargaan bergengsi dari Indonesia yakni Kuntilanak. Jenis makhluk halus satu ini cukup populer, dimana kuntilanak memiliki wujud seorang wanita berbaju putih dengan rambut panjang tergerai hingga kakinya.

Photo: Copyright hasnulyakin.blogspot.com

Menurut mitosnya, kuntilanak bergentayangan karena ia belum tenang dalam kematiannya. Untuk itulah ia bergentayangan dengan tujuan menuntut balas dendam kepada orang yang telah berbuat jahat kepadanya. Kuntilanak biasanya suka berada di pohon rindang yang besar. Gelantungan gitu deh kaya ayam.

Ia sangat hoby bernyanyi dan mengeluarkan tangisan yang pastinya bikin merinding. Tapi menurut versi cerita orang melayu, Kuntilanak ini digambarkan seperti vampir, dimana ia bisa membunuh manusia dengan cara menghisap darah manusia di bagian bokongnya tengkuknya.
Tuyul
Tuyul merupakan sesosok makhluk berwujud bocah/anak kecil dengan kepala gundul. Menurut mitos orang Jawa, tuyul ini dipercaya memiliki kulit dengan warna keperakan, dan memiliki suara cempreng seperti anak ayam. 
Beberapa cerita mitologi dari masyarakat mengatakan bahwa tuyul ini bisa dipelihara, dimana ia bahkan dapat dipekerjakan oleh manusia sebagai alat untuk mencuri. Tak sedikit contoh kasus pencurian yang diduga dilakukan oleh tuyul untuk memperkaya majikannya.

sejarah hantu Indonesia
Photo: Copyright dunia7misteri.com

Asal muasal munculnya hantu ini diduga merupakan bayi yang meninggal ketika ia lahir. Melihat asal mulanya adalah bayi, maka hantu satu ini juga memiliki karakter yang mirip dengan bayi dan anak-anak yang bandel dan suka bermain. 

Tuyul biasanya muncul di tengah malam, dimana ia sering muncul sambil berlari-lari mengeluarkan tawa cekikikan seperti suara keledai yang menakutkan. 
Sahabat kejadiananeh.com, asal usul jelangkung, genderuwo, sundel bolong serta sejarah hantu-hantu terkenal di Indonesia lainnya ini bersumber dari katanya, alias cerita yang sudah beredar di masyarakat sejak jaman dahulu kala. Percaya atau enggaknya kembali ke diri kita masing-masing!