13 Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi biar Kapok Gak Kambuh Lagi

Mending Sakit Gigi atau Sakit Perasaan? Dua-duanya tetap aja gak ada yang enak, benar Gak? Tapi tenang saja ada cara ampuh mengobati sakit gigi biar kapok gak kambuh-kambuh lagi. Tapi sebelumnya kita cari tahu kenapa sih bisa terjadi fenomena sakit gigi, apakah penyebabnya, dan jangan-jangan ini ada campur tangan dari Mamarika, Mamahyudi, Zionis dan antek-anteknya. 
Sahabat kejadiananeh.com Gigi adalah salah satu organ penting dalam sistem pencernaan kita. Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan diolah terlebih dahulu di dalam mulut tentunya dengan menggunakan gigi, masa iya pakai jempol kaki :). 
Ok lanjut, kemudian diteruskan ke organ pencernaan lainnya. Namun apa jadinya jika gigi kita tidak bisa digunakan untuk mengunyah makanan dikarenakan sakit? Ini adalah salah satu hal yang paling merugikan di dunia, apalagi saat berada di momen gratis, seperti sedang ditraktir teman, heem.
Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi
Sakit pada gigi bisa timbul karena apa saja, seperti gigi yang berlubang, gusi yang bengkak, hingga iritasi pada akar gigi. Penyebabnya bisa karena malas membersihkan gigi sehingga sisa makanan yang menempel akan membuat gigi berlubang, atau karena asupan makanan yang masuk ke dalam mulut yang terlalu panas, terlalu dingin, atau terlalu keras. 
Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa menderita sakit gigi. Akibatnya, selain tidak bisa menikmati makanan dengan baik, aktivitas sehari-hari juga akan terganggu karena rasa nyeri yang dirasakan. 
Pergi ke Dokter Gigi bisa menjadi solusi terbaik untuk menyembuhkan sakit pada gigi kita. Tetapi ada juga cara ampuh mengobati sakit gigi dengan cepat dan alami  yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan bahan alami yang banyak terdapat di sekitar lingkungan kita. 
Pengobatan yang secara rutin dilakukan dengan memakai bahan alami ini bisa mempercepat proses penyembuhan sakit gigi. (udah ah ngebacodnya dibolak balik terus, hehehe) Sahabat kejadiananeh.com, berikut beberapa resep obat penyembuh sakit gigi dengan bahan alami yang bisa dicoba baik untuk anak-anak, orang dewasa ataupun pacar teman kamu ):
1. Menggunakan Bawang Putih
Untuk dijadikan resep penyembuh sakit gigi yaitu dengan cara memotong bawang putih sebanyak satu siung menjadi bagian kecil dan dicampur dengan garam, lalu kemudian dikunyah pada bagian gigi yang terasa sakit. Bawang putih dipercaya memiliki sifat anti bakteri dan dapat membunuh kuman yang betah tinggal pada gigi berlubang. 
2. Jeruk Nipis
Kandungan vitamin C pada jeruk nipis bisa dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan sakit dan nyeri pada gigi juga gusi bengkak. Caranya yaitu dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis pada bagian gigi yang sakit atau digunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan sebanyak dua kali sehari sampai nyeri pada gigi hilang. Kalau gak hilang itu namanya apes juragan!
3. Daun Sirih dan Cengkeh
Gunakan air hasil rebusan daun sirih yang dicampur dengan cengkeh untuk berkumur-kumur. Resep obat ini bisa menjadi cara ampuh mengobati sakit gigi dengan cepat jika dilakukan secara rutin, yaitu dua kali dalam sehari dengan berkumur beberapa kali hingga rasa nyeri pada gigi perlahan menjadi hilang.
4. Belimbing Wuluh
Selain digunakan sebagai campuran sayur, belimbing wuluh juga dapat dijadikan sebagai resep penghilang sakit gigi. Kunyah belimbing wuluh yang telah dicampur dengan garam pada bagian gigi yang sakit. Lalu setelahnya berkumurlah dengan menggunakan air hangat. Belimbing wuluh ini juga bisa digantikan dengan tomat jika susah untuk mendapatkannya.
5. Garam
Menggunakan garam sebagai resep obat penghilang rasa nyeri pada gigi yang berlubang memang sudah banyak yang mengetahuinya. Garam dipercaya dapat membunuh kuman yang menyebabkan gigi berlubang. Cukup dengan berkumut-kumur menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam secara rutin, maka rasa nyeri dan ngilu pada gigi menghilang perlahan.
mengobati sakit gigi
6. Daun Kembang Sore
Kembang Sore atau kembang pukul empat merupakan sebuah tanaman yang hanya mekar pada saat sore hari tiba. Kembang sore ini pun bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami, caranya yaitu dengan merebus beberapa helai daun kembang sore dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur-kumur secara rutin.
7. Minyak Cengkeh
Kandungan anti bakteri dan anestesi yang terdapat dalam minyak cengkeh bisa mengurangi gigi dari rasa nyeri. Untuk menggunakannya sebagai resep obat penyembuh sakit gigi, kamu cukup meneteskan sedikit saja (3-5 tetes) minyak cengkeh pada kapas dan kemudian ditempelkan beberapa lama pada bagian gigi yang mengalami rasa sak
it.
8. Asam Jawa
Karang gigi yang menempel bisa jadi salah satu penyebab timbulnya rasa sakit pada gigi. Untuk menghilangkannya, anda bisa menggunakan asam jawa yang di goreng bijinya tanpa menggunakan minyak. Setelah itu, tumbuk biji asam jawa hingga lembut dan gosok pada bagian yang terdapat karang gigi hingga terlihat bersih.
9. Serai
Selain digunakan untuk memasak, serai juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan sakit gigi. Cara membuatnya yaitu rebus serai dengan menggunakan takaran 2 gelas hingga mendidih dan tersisa untuk 1 gelas saja. Gunakan air rebusan untuk berkumur-kumur setiap hari secara rutin hingga rasa sakit pada gigi menghilang.

10. Es Batu
Sakit gigi biasanya disertai dengan pembengkakan pada gusi, dan juga disertai dengan rasa nyeri. Untuk meredakannya, anda bisa menggunakan es batu yang dimasukkan ke dalam kantong kain dan tempelkan ke bagian gusi yang bengkak atau di pipi. Es batu akan membantu mengecilkan bengkak pada gusi secara perlahan.
11. Bawang Merah
Selain bawang putih, bawang merah juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Kandungan anti mikroba yang terdapat di dalamnya bisa membunuh kuman yang menyebabkan infeksi pada gigi. Kunyah satu siung bawang merah atau tempelkan potongan bawang merah yang telah dihaluskan pada bagian gigi yang mengalami rasa sakit.

12. Minyak Kelapa
Cara ampuh mengobati sakit gigi dengan cepat juga bisa dilakukan dengan menggunakan minyak kelapa. Teteskan sekitar 3 sampai 5 tetes minyak kelapa pada kapas, lalu kemudian tempelkan kapas pada bagian gigi yang sakit dan tunggu hingga beberapa saat. Setelah itu, kumur dengan air hangat yang dicampur garam.
13. Biji Jarak Cina
Cara membuat resep obat penyembuh sakit gigi dari bahan alami yang satu ini adalah dengan menumbuk biji jarak Cina hingga halus dan menjadi bubuk. Kemudian seduh dengan menggunakan air hangat, dan kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin agar sakit gigi anda sudah tak lagi terasa.
Mungkin itu saja beberapa bahan alami yang bisa menjadi alternatif untuk meredakan rasa sakit pada gigi kita, selain pergi memeriksakan ke Dokter Gigi tentunya, yaiyalah masak dokter kandungan. 
Namun sebelum kamu merasakan langsung sakit gigi, ada baiknya melakukan tindakan pencegahan terlebih dahulu agar tidak mengalami kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang, karang gigi, hingga infeksi. 
13 Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi biar Kapok Gak Kambuh Lagi
Tindakan pencegahan tersebut mudah sekali untuk dilakukan, yaitu dengan menggosok gigi setelah makan pagi dan sebelum tidur. Terdengar sepele dan klise, namun sangat berdampak pada kesehatan gigi kita. Sisa makanan yang menempel dan tidak dibersihkan itulah yang menjadi sumber utama munculnya kuman dan bakteri yang akan menyebabkan gigi berlubang. 
Makanan yang masuk ke dalam mulut kita juga perlu untuk diperhatikan. Usahakan makan dengan suhu makanan yang tidak terlalu panas atau dingin, juga menghindari makan makanan yang terlalu keras. 
Tenang saja, kamu masih bisa menikmati makanan manis, asalkan setelahnya menggosok gigi. Jadi, pastikan kamu melakukan hal tersebut untuk menghindari munculnya sakit gigi, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.