14 Cara Aneh Mengobati Penyakit Alergi Biar Sembuh Maksimal

Dapatkah Penyakit Alergi disembuhkan? Kalau mau jujur jawabannya sudah pasti gak enak didengar. Untuk jenis penyakit ini memang paling bandel untuk pengobatannya. Makan udang bentol, makan cumi gatel-gatel, kena udara dingin atau alergi dari bulu binatang bisa biduran (urtikaria). Kebayang bukan penderitaannya? 
Dan kasus yang paling parah, selain muka hancur bentol-bentol, si penderita juga bisa mengalami flu, sesak nafas sampai asma.
Sahabat kejadiananeh.com, fakta bahwa obat-obatan anti alergi hanya berfungsi untuk meredakan penyebab yang memicu timbulnya alergi tersebut dan bukan menyembuhkan total. Namun ada 14 cara aneh mengobati penyakit alergi biar sembuh maksimal, agar kamu gak bosen garuk-garuk terus sampai ledess, siapa tahu saja cocok. Dan bahan-bahan ini terbilang alami, aman digunakan dan tentunya rendah kalori alias murah!
1. Quercetin
Salah satu jenis antioksidan ini bisa ditemukan dalam beberapa jenis buah seperti buah berry dan apel, teh hitam dan juga bawang. Kamu bisa mengkonsumsi makanan alami tersebut saat terjadi alergi untuk mengurangi gejalanya.
2. Madu
Selain rasanya yang manis, madu juga sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengurangi alergi. 
Pilih jenis madu lokal untuk mengurangi gejala alergi karena di dalamnya terkandung serbuk sari yang mampu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh sehingga gejala alergi dapat dikurangi dan diatasi.

Cara Aneh Mengobati Penyakit Alergi Biar Sembuh Maksimal

3. Antioksidan
Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan antioksidan karena di pasaran banyak sekali produk kesehatan maupun kecantikan yang diklaim memiliki antioksidan tinggi. Akan tetapi, antioksidan sebenarnya dapat ditemukan dari makanan alami seperti sayur dan buah. 
Jadi kamu tidak perlu mengkonsumsi supplemen yang mengandung bahan kimia, cukup makan makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti apel, pisang, tomat, wortel, bawang dan masih banyak lainnya. 
Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga sistem imun dapat meningkat dan reaksi alergi dapat dikurangi. Cara alami untuk mengatasi alergi ini juga bisa digunakan sebagai cara pencegahan. Jadi pastikan untuk selalu konsumsi buah dan sayur setiap hari untuk menjaga kesehatan.

4. Antihistamin
Cara menyembuhkan alergi yang ke empat dengan mengkonsumsi Anthistamin. Zat ini bisa didapatkan dari buah yang mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C dalam buah dapat membantu mengurangi dan menyembuhkan alergi. 
Jika mau kamu juga bisa menggunakan obat yang mengandung antihistamin yang banyak dijual bebas di apotik, namun tentu saja yang alami yang lebih aman. Selain murah dan gak bikin dompet kurusss!
5. Omega 3
Manfaat omega 3 memang cukup banyak untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah mengurangi dan mengobati alergi.
Omega 3 mampu membuat sintesis bahan kimia terhambat dimana sintesis tersebut merupakan pemicu timbulnya alergi pada tubuh kamu. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti minyak ikan atau kenari dapat menjadi solusi untuk memberikan asupan omega 3 ke dalam tubuh.

6. Air Garam
Jika kamu mengalami alergi yang terjadi di dalam mulut, kumurlah dengan air garam untuk mengurangi reaksi tersebut.Campur garam dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur. Cara alami untuk mengatasi alergi ini sangat mudah karena garam bisa ditemukan di dapur kamu.

7. Cuka Apel
Penggunaan cuka apel bisa dimakan atau dioleskan sesuai dengan kebutuhan. Jika alergi terjadi pada area kulit maka kamu bisa mengencerkannya dengan air untuk dioleskan ke area kulit. 
Kandungan di dalam cuka apel dapat membantu menghilangkan kuman penyebab alergi sehingga kulit bisa sehat kembali. Kamu pun bisa mencampurkannya dengan makanan untuk dikonsumsi sebagai alternative lainnya.
8. Bawang Putih
Bumbu masak yang satu ini tidak pernah ketinggalan dalam berbagai masakan. Selain dapat menambah citarasa masakan, bawang putih juga bermanfaat untuk menyembuhkan alergi. 
Cara alami untuk mengatasi alergi menggunakan bawang putih adalah dengan mengkonsumsinya. Campur bawang putih dengan madu dan konsumsi selama masa pengobatan alergi. Kandungan antivirus di dalamnya dapat membantu mengatasi alergi cukup dengan tiga siung setiap hari.

penyakit alergi

9. Teh Hijau
Bagi kamu para pecinta teh, cara alami untuk mengatasi “penyakit alergi” yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena selain dapat mengkonsumsi minuman kesukaan kamu, ada manfaat yang bisa didapatkan untuk menyembuhkan alergi yang kamu alami. 
Cukup dengan satu hingga dua cangkir teh setiap hari alergi bisa secara perlahan-lahan dikurangi karena di dalam teh terdapat kandungan antihistamin.
10. Peppermint
Peppermint mampu mengobati alergi dengan cara menangkal virus penyebabnya. Jika kamu kesulitan mengkonsumsinya, pilih teh peppermint sebagai salah satu solusinya agar peppermint dan teh bekerja bersama di dalam tubuh mengurangi gejala alergi. Minum teh ini juga sangat baik untuk mengobati batuk secara alami.
11. Jahe
Jahe memang sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan herbal berkhasiat. Di dalam jahe terdapat dekongesten, sama seperti yang terkandung di dalam peppermint, serta antihistamin. Kamu dapat mencampur jahe dengan teh untuk mengkonsumsinya. 
Cukup gunakan jahe setengah iris saja untuk mengobati alergi kemudian dicampur dengan makanan atau minuman lain yang juga berkhasiat. Madu bisa menjadi pilihan lain selain teh untuk dicampur dengan jahe.

12. Kunyit
Penggunaan kulit untuk mengatasi alergi biasanya diaplikasikan sebagai obat luar yaitu untuk alergi yang terjadi pada kulit. Jika kamu mengalami gejala alergi seperti gatal, kunyit bisa menjadi solusi yang tepat. 
Pilih kunyit yang sudah tua dan tumbuk bersama daun sambiloto beberapa lembar. Lakukan sampai kedua bahan tersebut halus dan oleskan diatas kulit yang gatal. Pastikan sebelum kunyit dan daun ditumbuh, cuci terlebih dahulu agar tidak ada kuman yang menempel dan menambah alergi pada kulit menjadi semakin parah.

13. Lidah Buaya
Ada kalanya gejala alergi pada kulit tidak hanya sekedar gatal biasa saja melainkan diikuti dengan gejala lain yaitu bentol yang di dalamnya ada cairan. Hal ini tentu akan sangat menggangu aktivitas kamu. 
Gunakan lidah buaya untuk mengatasi bentol tersebut sebagai obat alami. Cukup potong lidah buaya untuk mengambil lendir di dalamnya dan oleskan ke bagian kulit yang alergi. Cara alami untuk mengatasi alergi ini sangat mudah karena tidak membutuhkan bahan lain, hanya lidah buaya saja. 
Sisa lidah buaya bisa disimpan di dalam kulkas dan nantinya bisa digunakan kembali. Bukan hanya jenis gatal dengan bentol, namun gatal kering juga bisa diatasi dengan lidah buaya.

cara mengobati alergi

14. VCO
VCO atau Virgin Coconut Oil memiliki banyak manfaat salah satunya adalah mengatasi gatal karena alergi. Untuk hasil yang maksimal, VCO bisa dicampur dengan lemon sebagai campuran untuk olesan. 
Lemon diambil airnya terlebih dahulu kemudian dicampur dengan VCO sebagai obat oles. Ramuan ini bisa digunakan selama satu minggu untuk mengurangi dan mengobati gatal kulit karena alergi.
Sahabat kejadiananeh.com sebenarnya ada metode baru medis kedokteran di Indonesia yang benar-benar bisa menyembuhkan penyakit alergi biar sembuh maksimal. Tapi saya lupa namanya hahaha, nanti saya tanyakan teman saya deh. 
Jadi metode yang dipakai ini mirip seperti rehabilitasi narkoba. Si penderita penyakit alergi akan diberikan dosis dari makanan/penyebab lain yang menimbulkan alerginya, dosis ini akan sedikit demi sedikit dikurangi, sampai tubuhnya benar-benar bisa beradaptasi dan kebal dengan ‘penyebab alergi’ tersebut.