Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

Tips Alami Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat

11 Mar 2016

Memiliki wajah berjerawat pastinya menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Jerawat merupakan kondisi dimana ketika kotoran berlebih atau minyak berlebih tersumbat dalam pori-pori kulit. Ketika muncul jerawat di wajah, bisa jadi membuat seseorang menjadi minder dan tidak percaya diri ketika keluar rumah. 


Apalagi jika muncul "jerawat batu" yang seringkali membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mengobatinya. Belum lagi dengan luka bekas jerawat yang membekas dan sulit hilang. 

Kini mungkin sudah banyak ditemui beragam jenis obat, dari mulai obat tradisional hingga obat canggih berbahan kimia yang menawarkan pengobatan jerawat dengan cepat. 

Namun tentunya kita tidak bisa sembarangan menggunakan obat jerawat, karena salah-salah justru bisa jadi jerawat di wajah semakin bertambah. 

Lalu, apa sih sebenarnya penyebab dari munculnya jerawat batu di wajah? Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya jerawat, mulai dari stress, faktor genetik atau keturunan, kurangnya asupan nutrisi, pengaruh obat, hormon, dan lain sebagainya. 

Ketika stress, metabolisme dalam tubuh menjadi menurun dan tidak berfungsi dengan optimal. Hal ini lah yang kemudian bisa menjadi faktor penyebab munculnya jerawat pada wajah. 

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat

Tak perlu khawatir jika kamu memiliki wajah yang rentan terkena jerawat, karena ada tips alami untuk menghilangkan jerawat batu. Bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu pengobatan jerawat batu diantaranya adalah: 

1. Menggunakan bantuan Kentang 

Salah satu bahan alami yang bisa membantu menghilangkan jerawat batu pada wajah adalah dengan menggunakan kentang. Kentang memang merupakan produk alam yang memiliki kandungan karbohidrat dan alkali yang cukup tinggi, dimana kandungan ini bisa membantu memecahkan jerawat batu pada  wajah. 

Cara untuk mengobatinya adalah dengan membuat masker wajah dari kentang. Cukup tumbuk kentang dengan tambahan sedikit air, lalu oleskan secara merata pada wajah berjerawat. Tunggu selama kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan. 

2. Lidah Buaya

Seperti yang sudah kita ketahui, lidah buaya biasanya identik dengan rambut karena khasiatnya yang bisa membuat rambut menjadi lebih tebal dan sehat. Namun siapa sangka ternyata lidah buaya juga bisa loh digunakan untuk obat penghilang jerawat. Caranya? 

Cukup ambil daging atau buah dari lidah buaya, kemudian oleskan pada wajah yang terkena jerawat. Cara penggunaannnya sama dengan cara masker wajah, jadi tidak sulit untuk dilakukan. 

Tunggu selama beberapa menit, kemudian bersihkan. Jika cara ini dilakukan dengan rutin setiap hari, maka jerawat akan mengering dan mengelupas seketika tanpa bekas dalam kurun waktu kurang lebih tiga hari.

3. Masker Telur dan Madu

Selain lidah buaya, bahan alami lainnya yang ampuh mengobati wajah berjerawat adalah telur dan madu. Dengan membuat masker dari campuran telur ayam dan madu, maka jerawat di wajah akan hilang dengan cepat. 

Cara untuk membuat masker telur dan madu pertama-tama adalah, siapkan telur (yang sudah dipisahkan dari kuning telurnya). Setelah putih telur sudah tersedia, tambahkan madu alami sebanyak kurang lebih satu sendok makan, aduk merata. 

Selanjutnya, oleskan adonan masker telur dan madu tadi pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama kurang lebih lima belas menit, kemudian bersihkan dengan air. 

4. Masker madu, kunyit, jeruk nipis

Satu lagi tips alami dari bahan-bahan dapur yang ampuh hilangkan "jerawat batu" pada wajah, yakni campuran dari madu, kunyit, dan jeruk nipis. Bahan-bahan alami tersebut memang memiliki banyak kandungan dan zat baik yang bisa berkhasiat untuk membantu mempercepat matangnya jerawat, sekaligus menghilangkan bekas jerawat. 

Cara membuat masker madu, kunyit, dan jeruk nipis pertama-tama adalah potong dan haluskan kunyit terlebih dahulu. 

Setelah itu, campurkan madu sebanyak kurang lebih satu sendok, dan tambahkan air perasan jeruk nipis. Aduk merata dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggu selama 15 menit, lalu bersihkan wajah dengan menggunakan air bersih. 

Itulah beberapa jenis masker alami dari bahan-bahan dapur yang ampuh menghilangkan jerawat batu di wajah. Membuat maskernya pun tidaklah sulit, karena bahan-bahan yang dibutuhkan bisa anda dapatkan dengan mudah. 

Selain itu, proses pengobatannya pun tak perlu memakan waktu yang lama sehingga jerawat batu di wajah akan hilang dengan lebih cepat.
jerawat batu

Jika jerawat di wajah sudah hilang, tidak ada salahnya kamu menggunakan masker alami ini secara rutin setiap hari. Karena selain mampu menghilangkan jerawat, bahan-bahan alami tersebut juga berkhasiat untuk membuat kulit wajah lebih cerah, sehat, dan segar. 

Selain menggunakan masker dengan bahan-bahan dari alam, menghilangkan jerawat yang membandel juga butuh tips ekstra yang wajib untuk dilakukan. Tak hanya rutin menggunakan masker alami saja, karena kulit yang bersih dan sehat juga memerlukan tips pola hidup yang sehat. 

Salah satu faktor munculnya jerawat adalah faktor stress. Untuk mengurangi stress, tentunya tubuh memerlukan waktu beristirahat yang cukup. Jangan biarkan tubuh terlalu lama begadang, karena akan berdampak pada sistem imun tubuh yang menurun. 

Belum lagi dengan resiko munculnya jerawat, tentunya kita dituntut untuk menerapkan pola istirahat yang cukup dan teratur. Dengan istirahat yang cukup, maka hal ini bisa membantu proses regenerasi sel kulit pada wajah, sehingga terhindar dari jerawat. 


Selain istirahat yang cukup, jangan lupa juga untuk membersihkan wajah kamu minimal 2 kali sehari selain mandi tentunya. Ketika beraktivitas di luar ruangan, seringkali kotoran mudah masuk ke pori-pori kulit dan tersumbat di dalamnya sehingga menyebabkan munculnya jerawat batu. 

Untuk mengurangi resiko ini, sebaiknya bersihkan wajah kamu dengan sabun pembersih wajah secara rutin untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Pilihlah sabun pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit kamu, karena jika tidak cocok maka justru akan memicu munculnya jerawat. 

Tips selanjutnya adalah perbanyak konsumsi air putih. Air putih memiliki manfaat untuk membantu kelancaran proses metabolisme tubuh, serta membantu membuang toksin atau racun pada tubuh. Dengan perbanyak konsumsi air mineral, hal ini bisa membantu mengurangi resiko munculnya jerawat pada wajah.
mengobati jerawat batu

Yang terpenting dari semua jenis tips tersebut diatas adalah, mulailah pola hidup sehat dari sekarang. Pola hidup yang baik dan sehat, tentunya akan bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai virus penyebab penyakit. Salah satu penyakit kulit yang paling dihindari terutama oleh kaum hawa adalah jerawat di wajah. 

Jika kamu ingin memiliki wajah yang bersih, sehat, tanpa jerawat, untuk itu kamu juga harus berani memulai pola hidup yang baik, makan teratur, olahraga, jangan begadang dan melakukan rutinitas sehat lainnya agar virus penyebab jerawat pun tidak mendekati kamu. 

Meskipun memang tidak semua orang memiliki resiko terkena jerawat ketika mengalami stress, atau faktor penyebab jerawat yang lainnya, namun menghindari tentu lebih baik daripada mengobati, bukan? Maka, mulailah pola hidup yang lebih sehat dari sekarang. 

Related Article