Cara Mengobati Hernia atau Turun Berok Tanpa Urut

Ingin sembuh dari Hernia? Namun, takut untuk membayangkannya, kalau saja langkah untuk mengambil tindakan operasi bedah terpaksa harus dilakukan. Tapi ada baiknya untuk mencoba cara mengobati hernia yang satu ini, siapa tahu saja cocok dan benar-benar terbukti ampuh. Sahabat kejadiananeh.com Hernia atau lebih dikenal dengan turun berok adalah penyakit turunnya buah zakar seiring dengan melemahnya lapisan dinding otot perut (abdomen). 
Biasanya ini terjadi ketika kita melakukan aktivitas berat/mengangkat beban berlebihan seperti latihan Fitnes tanpa menggunakan celana pengaman perut supporter/ power belt (sabuk Fitness). Tak hanya pria saja yang bisa menderita penyakit turun berok ini, wanita sampai anak-anak kecil pun bisa mengalaminya. 
Penyakit hernia bukanlah penyakit yang dapat disepelekan begitu saja, kalau dibiarkan terus lama-lama kelamaan bisa berbahaya, disamping itu penyakit ini sangat mengganggu bagi si penderita, tidak bisa melakukan aktivitas harian secara normal. Bagi kamu atau siapapun yang menginginkan kesembuhan dengan aman tanpa operasi, berikut beberapa cara menyembuhkan hernia atau turun berok tanpa urut

1. Menggunakan Ramuan Telur Ayam Kampung
Yang pertama, siapkan bahan-bahan seperti 1 telur ayam kampung, 3 sendok makan madu asli, 3 sendok makan minyak samin dan air putih panas secukupnya.

cara mengobati hernia

Cara membuatnya: Masukkan kuning telur serta madu ke dalam gelas, dan berikutnya tambahkan sedikit air panas kira-kira sampai setengah gelas. Aduk campuran dengan sendok hingga tercampur rata. Setelah itu minumlah minuman ini pada setiap pagi secara rutin setiap hari, boleh diminum sebelum waktunya makan pagi. Rasa sakit di perut bisa dipastikan akan perlahan-lahan berkurang.
Sebab kandungan nutrisi pada ramuan yang kaya protein, akan memperbaiki jaringan otot yang melemah, terutama otot perut dengan membuatnya ternutrisi dengan gizi yang dibutuhkan oleh jaringan otot, termasuk jaringan otot yang rusak pada tempat dimana hernia terasa sakit.
2. Dengan Pijat Tradisional
Jika cara mengobati hernia secara alami gagal, mau tak mau harus mencoba untuk melakukan pijat turun berok. Sebab pijat pada bagian perut dapat mengurangi rasa sakit pada perut akibat tekanan turun berok (hernia). 
Meskipun cara menyembuhkan hernia yang satu ini memang belum sepenuhnya terbukti mampu mengobati turun berok. Akan tetapi dengan melakukan langkah yang benar, otot-otot yang kaku pada bagian perut akan merileks saat dipijat. Sebagai hasilnya, rasa sakit pada perut dapat berkurang dengan cepat.

Namun pijat tradisional ini harus dilakukan oleh seorang yang memang ahli di bidang ini. Apalagi jika objek pijat merupakan perut, maka gerakan pijat tidak boleh salah atau gangguan-gangguan pada tubuh dapat terjadi jika ada organ yang salah bekerja akibat urutan yang salah pada bagian perut. 
Awas loh ususnya pada melilit gara-gara sembarangan mijit. Ingat! tidak semua tukang urut bisa melakukan pijat turun berok/hernia. 
Tanyakanlah kepada tetangga kamu, biasanya tukang urut yang benar-benar memahami gangguan hernia ini sering melakukan pemijatan terhadap wanita yang habis melahirkan atau turun kandungan (rahim turun).

3. Dengan Melakukan Latihan Fisik Ringan
Latihan fisik juga dianggap sebagai solusi pengobatan hernia atau turun berok, sudah pasti latihan fisik disini bukanlah mengangkat barbel/beban berat. 
Langkah-langkahnya  cukup sederhana. Yang pertama, angkat kaki ke atas dengan bagian belakang kaki hingga pinggang menempel pada dinding seperti posisi lilin (boleh mengganjal pantat dengan bantal yang tipis).
Sandarkan kaki pada tembok agar kaki tidak terasa pegal. Setelah itu, Gunakan kedua ujung telapak tangan (4 jari tanpa jempol) untuk mengurut perut ke arah sebelum pusar secara perlahan dan hati-hati. Rasakan pelan-pelan gelembung tempat hernia mulai terasa bergeser, hingga berada kembali ke jalurnya.

pengobatan hernia

Mengapa latihan ini dianggap ampuh  untuk meringankan turun berok? Gerakan mengurut perut ke atas hingga sebelum batas bawah pusar membantu menaikkan kembali jaringan otot yang menurun dan juga memperkuat otot pada bagian perut. 
Lakukan latihan ini secara perlahan. Apabila perut terasa sangat sakit, sebaiknya jangan lakukan latihan fisik yang satu ini. 
Kalau kamu sulit untuk melakukan hal ini ada cara yang lebih mudah dan lebih aman untuk mengatasi turun berok. Yaitu ketika kamu mau beranjak tidur, usahakan kaki sedikit terangkat ke atas alias diganjal dengan bantal. Sehingga posisi kaki lebih tinggi dari kepala.

4. Memasukkan Jari ke dalam Mulut
Meski cara ini tidak seefektif seperti diatas, namun sangat berguna dalam keadaan terdesak. Bila hernia kamu sedang kambuh dan perut terasa sakit sekali. Langsung saja masukkan jari ke mulut kamu, agar terjadi reaksi seperti mau muntah. Ingat jangan melakukannya sehabis makan, bisa-bisa nanti isi makanan dalam perut keluar semua.

Kembali ke topik sebelumnya, jadi sahabat kejadiananeh.com dengan membuat efek seperti mau muntah membuat bagian organ lambung naik ke atas sehingga melegakan perut dan menghilangkan rasa nyeri yang ditimbulkan dari Hernia.
5. Mengkonsumsi Kulit Manggis dan Rebusan Daun Sirsak
Kulit Manggis memang sudah terkenal dengan khasiatnya yang tinggi untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Dan ternyata Kulit manggis juga ampuh digunakan dalam pengobatan Hernia kronis. 
Caranya, ambil kulit manggis yang telah dipisahkan dari daging buahnya. Cuci bersih kulit manggis tersebut untuk menghilangkan getah. Setelah itu, rebus kulit manggis sampai matang. Setelah matang, saring dan ambil airnya.
Minum air hasil rebusan kulit manggis setiap hari secara teratur. Perlahan-lahan rasa sakit pada bagian perut atau bagian lain yang terkena hernia akan berkurang. 
Gunakan kulit manggis yang masih segar yang baru dikupas dari buah manggis. Jika tidak memungkinkan untuk langsung membuat ramuan, simpanlah kulit manggis di dalam kulkas.
Jika tak mau mengkonsumsi Kulit Manggis, Daun sirsak juga bisa dijadikan solusi sebagai “pengobatan hernia”. Selain terkenal dengan manfaatnya yang mampu sebagai anti kanker (membunuh sel kanker sebagai Fisioterapi) juga diyakini bisa menyembuhkan penyakit hernia. 
Cara membuatnya cukup mudah, ambil sekitar 20 helai daun sirsak, kemudian masukkan ke dalam panci. Rebuslah air beserta daun sirsak, tunggulah sampai kira-kira air rebusan berkurang menjadi setengah panci dan tidak usah disaring lagi, biarkan saja daunnya mengendap di dalam panci. 
Untuk masalah rasa, enak sekali mirip dengan meminum teh rebusan tapi tanpa gula hehehe, apalagi jika dimasukkan kedalam kulkas. Air setengah panci ini bisa dipakai dalam waktu 4 sampai 5 hari dengan aturan pemakaian 3 kali sehari, pagi siang dan malam. 
Tapi awas jangan berlebihan, nanti bisa keracunan loh. Tapi ini juga katanya orang loh hehehe, pengalaman saya sendiri dulu sangat rajin mengkonsumsi rebusan daun sirsak untuk mengobati penyakit asam lambung. Sampai kini perut saya pun bebas dari gangguan asam lambung.

6. Dengan Mengkonsumsi Yoghurt
Yoghurt merupakan produk olahan susu yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Cara menyembuhkan turun berok (hernia) dengan menggunakan yoghurt cukup mudah. 
Cukup dengan konsumsi yoghurt secara rutin setiap hari. Kandungan protein susu pada yoghurt yang telah diolah mampu menguatkan otot pada jaringan yang lemah yang disebabkan oleh hernia.
Tidak disarankan bagi penderita alergi atau intoleran terhadap laktosa karena yoghurt terbuat dari susu sapi dan biasanya mengandung laktosa di dalamnya. 
Penderita dengan perut sensitif yang tidak tahan dengan rasa yoghurt sebaiknya tidak menggunakan cara ini. Untuk hasil terbaik, gunakan yoghurt plain atau tanpa rasa.

7. Dengan Menggunakan Akar Manis
Akar manis mampu membantu mengurangi nyeri pada hernia dan menguatkan otot yang melemah. Untuk bisa menggunakan ramuan ini, ambil akar manis dan cuci hingga bersih. Setelah itu, tumbuk dan haluskan akar manis. Campur tumbukan halus akar manis ke dalam susus lalu minum ramuan tersebut.
Susu yang digunakan sebaiknya susu dairy dan bukan susu khusus untuk kebutuhan tertentu. Apabila alergi terhadap laktosa maka bisa diganti dengan merebus akar manis, saring air rebusan dan minum air rebusan secara teratur.
8. Melakukan Pijat Refleksi secara Rutin dan Teratur

Banyak sekali manfaat yang diberikan dari pijat refleksi untuk kesehatan tubuh. Salah satunya terbukti ampuh untuk menyembuhkan hernia secara alami dan tanpa operasi. 
Sebab, bagian telapak kaki merupakan titik pusat urat-urat syaraf. Dan setiap titik syaraf itu sudah pasti berhubungan dengan organ/anatomi tubuh.
9. Dengan Mengkonsumsi Teh Herbal (Teh Chamomile)
Teh dengan campuran rempah-rempah sehat atau teh herbal mampu membantu menyembuhkan turun hernia (turun berok). Konsumsi teh herbal setiap hari setelah diseduh dengan air hangat minimal 2 kali sehari. Apabila teh herbal yang dikonsumsi membutuhkan untuk direbus dahulu maka rebuslah ramuan teh herbal dan minum air rebusan.
Pilihlah teh herbal terpercaya yang khasiatnya memang sudah terbukti. Jangan asal sembarang memilih teh herbal apalagi jika ditawarkan pada harga yang sangat miring. Bisa saja teh herbal yang palsu justru memperburuk kondisi tubuh.
Cara menyembuhkan turun berok (hernia) selain dengan ramuan dan teknik tradisional di atas, bagaimanapun hernia atau turun berok dapat sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Oleh karena itu sebaiknya lakukan pencegahan dini, mumpung gejalanya masih terasa ringan lakukan langkah seperti berikut ini:
  • Minum air putih minimal 8 liter sehari (secukupnya saja, gak baik juga kebanyakan apalagi boleh minta hehehe)
  • Turunkan berat badan yang berlebih dengan olahraga dan diet teratur
  • Pakai celana dalam dengan ukuran yang pas, jangan kendor apalagi robek-robek
  • Hindari terlalu sering mengangkat beban-beban berat, jika terpaksa harus melakukannya, tekuk lutut agar berat tidak terlalu membebani bagian sekitar perut.
    Dan angkat pelan-pelan saat memulainya, jangan digentak atau dikagetkan ketika pertama mengangkatnya.
  • Hindari stres dan buat tubuh rileks sehabis bekerja atau sehabis melakukan aktivitas berat.
  • Kurangi merokok apabila sudah terbiasa merokok. Meskipun rokok memberikan stimulan, namun itu hanya sementara, seterusnya justru akan mengakibatkan organ reproduksi melemah. Sebab rokok salah satu penyebab asam lambung. Dengan kambuhnya asam lambung tersebut akan semakin menjepit hernia, sehingga terasa turun.
  • Sering makan sayuran dan buah-buahan. Makan atau meminum jus dari buah apel, manggis dan sirsak mampu mencegah dan mengurangi gejala turun berok.
Cara Mengobati Hernia atau Turun Berok
Cara alami bisa saja tidak sepenuhnya menyembuhkan hernia, untuk itu prosedur medis kedokteran sangat diperlukan dalam penanganannya. Langkah-langkah yang ditempuh pada cara menyembuhkan hernia/turun berok secara medis adalah:
Lakukan pemeriksaan pada tubuh yang mengalami gejala-gejala turun berok
  • Gejala-gejala Hernia atau turun berok antara lain: Nyeri di perut bagian bawah, benjolan di daerah selangkangan atau perut, rasa sakit yang disertai demam, serta mual dan muntah.

Operasi Bedah Perut untuk Pengobatan Hernia

  • Tindakan medis yang sudah secara umum dijalani oleh para penderita turun berok. Operasi bedah perut harus dilakukan jika usus yang keluar sudah parah dan sudah terjebak di luar jalur. Operasi bedah menjadi satu-satunya jalan terbaik untuk mengembalikan posisi usus dan juga otot yang melemah. Bagian jaringan perut yang sudah robek akan dijahit kembali oleh dokter, sehingga tidak akan keluar lagi dari jalurnya.
Sahabat kejadiananeh.com itulah 9 cara mengobati penyakit hernia atau turun berok dengan cepat dan tepat dengan menggunakan ramuan serta teknik pijat tradisional. Tapi jika sudah merasakan gejala hernia yang cukup parah, jangan dibiarkan saja, segera lakukan pemeriksaan medis ke Dokter. 
Gak usah malu apalagi takut dioperasi. Yang pentingkan sembuh, dan tidak bakal tersiksa lagi seumur hidup. Sumber artikel ini saya dapatkan dari pengalaman teman-teman saya, admin kejadiananeh.com yang pernah mengalami penyakit hernia, semoga cukup bermanfaat!