Cara Menyembuhkan Batuk Menahun Biar Gak Bosan Hidup

Ngak ngok ngakngok, tiap hari batuk bunyinya sudah kaya orang bengek. Jangan sampai gara-gara penyakit batuk yang sudah terlanjur kronis/parah ini membuat kamu merasa bosan hidup. Pada dasarnya batuk normal hanya bertahan tidak lebih dari seminggu. 
Akan tetapi ada kasus dimana batuk tidak dapat disembuhkan dengan mudah yang biasa dikenal dengan istilah batuk kronis atau batuk menahun. Faktanya, jenis batuk yang satu ini bisa jadi berhubungan atau akibat komplikasi dengan penyakit lainnya. 
Memang harus diakui, cara menyembuhkan batuk menahun atau “batuk kronis” membutuhkan ketelatenan dan tekad yang besar mengingat batuk ini bisa sangat menyiksa diri. Lalu apa saja metode yang dianggap ampuh dan efektif untuk membantu mengobati batuk menahun yang sulit untuk diatasi? Dan apa saja penyebab dan pencegahannya yang harus kita ketahui? Sahabat kejadiananeh.com, simak penjelasan berikut ini. 
1. Sirup Madu untuk Mengobati Batuk Kronis
Madu ternyata memiliki khasiat untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan jika dikonsumsi dengan rutin. Rasa manis madu berbeda dengan rasa manis sukrosa pada gula sehingga aman bagi kesehatan. Tekstur madu yang lembut dapat meredakan tenggorokan kering dan gatal. 
Untuk bisa menyembuhkan batuk menahun (kronis), cukup dengan konsumsi satu sendok teh madu setiap pagi dan malam. Untuk menambah khasiat madu, dapat ditambahkan perasan jeruk lemon atau dicampur dengan minyak kelapa. Gunakan madu murni yang belum dicampur dengan bahan tambahan lainnya. 
Cara Menyembuhkan Batuk Menahun
2. Menggunakan Teh Mint untuk Melegakan Tenggorokan
Cara mengobati batuk yang gak sembuh-sembuh kedua adalah menggunakan sensasi segar dan dingin pada mint yang sangat bermanfaat untuk meredakan tenggorokan yang gatal atau terasa mengganjal akibat lendir. 
Selain itu, mint mengandung senyawa yang mampu membantu dalam penyembuhan infeksi saluran pernapasan atas seperti bronkitis. Daun mint mampu membantu otot trakeal dan ileal menjadi lebih relaks sehingga frekuensi batuk akan berkurang. 
Cara menyembuhkan batuk menahun (batuk Kronis) menggunakan teh mint cukup simpel. Seduh 2 sendok daun mint dengan secangkir air hangat atau rebus dalam air mendidih selama 10 menit. Saring sisa daun dan teh mint siap untuk diminum. Jika ingin menambahkan rasa,  bisa ditambahkan perasan jeruk lemon atau madu. 
3. Campuran Merica Hitam dengan Madu untuk Batuk Berdahak
Jika batuk menahun disertai dahak, maka ada cara alami untuk memecah dahak dan membantu mengeluarkannya dari tenggorokan. Cara ini ialah dengan menggunakan kombinasi merica hitam dengan madu. 
Untuk membuat ramuan ini,  tumbuk satu sendok makan merica hitam, lalu tambahkan 2 sendok makan madu ke dalam cangkir berisi air panas. Rasa pedas pada merica hitam akan menstimulasi dahak untuk keluar dan madu berfungsi untuk memuluskan jalan dahak dari tenggorokan. 
Madu juga membantu menambah rasa pada ramuan. Karena sifat merica yang sedikit menyengat, cukup konsumsi ramuan ini satu hari sekali secara rutin. Perlahan, batuk menahun (kronis) akan berkurang.

4. Jahe untuk Membuat Tenggorokan terasa Nyaman
Batuk yang disertai dengan rasa gatal dan kurang nyaman pada tenggorokan dapat diredakan dengan ramuan jahe. Rasa hangat dari jahe membantu tenggorokan terasa nyaman. 
Cara menyembuhkan batuk menahun (batuk Kronis) dengan jahe ialah dengan mencampur 12 iris jahe ke dalam panci kecil berisi 3 gelas air. Rebus air dan jahe selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, matikan api dan saring ramuan. Tambahkan satu sendok madu atau perasan jeruk lemon untuk rasa ramuan yang lebih baik. 

5. Lemon sebagai Pemecah Dahak dan Pelega Tenggorokan
Jeruk lemon sudah tidak diragukan lagi efektif dalam membantu meringankan batuk. Vitamin C dalam lemon membantu memecah dahak dan melegakan tenggorokan. Untuk menggunakan lemon sebagai obat batuk kronis, cukup isap buah jeruk lemon atau jadikan sirup dengan madu atau bahan pelega tenggorokan lainnya. 
Lemon memang efektif meredakan batuk, namun bagi penderita dengan lambung sensitif,  disarankan untuk tidak mengkonsumsi jeruk lemon setiap hari dan menggunakan mint yang lebih ramah dengan lambung. 
batuk kronis
Pengobatan batuk menahun, batuk Kronis biar tidak kambuh lagi secara domestik:
1. Permen Licorice
Permen Licorice terbuat dari Licorice yang ternyata berkhasiat untuk meredakan inflamasi pada tenggorokan saat batuk. Selain itu, Licorice asli juga biasa dijadikan obat batuk oleh nenek m
oyang. 
Pada jaman modern, hal itu digantikan dengan adanya permen Licorice yang terbuat dari Licorice asli. Dengan menelan permen Licorice, tenggorokan akan terasa lebih adem dan menimbulkan sensasi sedikit pedas yang melegakan tenggorokan. 
2. Permen Obat Batuk dan Obat Komersil
Permen obat batuk dan juga obat batuk pada umumnya dapat juga digunakan untuk meredakan batuk untuk sementara. Cara menyembuhkan batuk menahun (batuk Kronis) dengan obat ini bukan obat permanen saat melihat menggunakan obat dan permen obat ternyata hanya ampuh untuk meredakan sementara pada penderita batuk kronis namun cocok untuk meringankan gejala.  
Selain itu, ukuran dosis untuk kaum anak-anak dan orang dewasa tidak selalu sama sehingga penggunaannya tidak boleh berlebihan. 
Obat-obat diatas tentu saja masih mengundang pesimisme dari kalangan yang mendukung penyakit medis lainnya sebagai dasar munculnya batuk menahun. Batuk menahun (kronis) bisa saja merupakan pertanda gangguan kesehatan lain seperti bronkitis, asma, radang paru-paru, dan yang terparah kanker paru-paru. 
Oleh karena itu, jika batuk tidak juga kunjung sembuh, menghubungi Dokter merupakan pilihan terbaik untuk pemeriksaan lanjut, apabila tindakan medis memang sangat diperlukan sebagai cara menyembuhkan batuk menahun (batuk Kronis). 
Ada banyak dugaan yang dijadikan dasar sebagai faktor yang mampu menimbulkan batuk menahun (kronis). Penyebab terbesar ialah kebiasaan merokok yang tidak juga dihilangkan oleh penggunanya. Rokok mengandung zat-zat beracun yang tidak hanya berbahaya bagi paru-paru namun juga untuk organ tubuh lainnya. 
Penyebab munculnya batuk menahun ini juga karena asma dan alergi. Penderita asma yang tinggal di lingkungan yang dapat memicu kambuhnya asma dapat mengalami batuk menahun. Ada juga yang pada awalnya dikira tidak berhubungan, namun kenyataan menunjukkan sebaliknya. 
GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan penyakit aliran asam lambung yang naik ke bagian saluran pencernaan atas. Ada juga penyebab umum yaitu infeksi saluran pernapasan atas akut seperti bronkitis dan masalah pada sinus juga infeksi bakteri dan jamur yang sangat berbahaya pada paru-paru.

mengobati batuk menahun
Untuk bisa terhindar dari penyakit ini, cara ampuh menyembuhkan batuk menahun (batuk Kronis) terbaik tentunya dengan melakukan pencegahan seperti berhenti merokok, sering mengkonsumsi makanan sehat, menghindari area yang mampu memicu kambuhnya asma, menjaga paru-paru dengan selalu memeriksakan diri untuk general check up selama 6 bulan sekali. 
Untuk bisa menghindari penyakit batuk biasa berkembang menjadi batuk menahun, begitu mengalami batuk yang tak kunjung sembuh selama 2 minggu maka segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut. 
Itulah berbagai cara alami menyembuhkan batuk menahun (batuk Kronis) baik dengan menggunakan bahan bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar atau dengan produk domestik yang ada dipasaran. 
Cara-cara tersebut tentu saja hanya berfungsi untuk meredakan atau sebagai pengobatan alternatif. Karena batuk menahun bisa menjadi ciri dari penyakit lain, maka janganlah segan untuk mengunjungi Dokter dan menjalani Medical Check-Up agar tahu penyakit mana yang telah menjadi pelaku sesungguhnya dari batuk menahun pada kesehatan kita.