Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

13 Legenda Hantu Mengerikan Asli Made In Indonesia

31 Mar 2016

Setiap daerah di Indonesia mempunyai berbagai cerita rakyat, dongeng, mistis, mitos-mitos, termasuk legenda hantu mengerikan asli made in Indonesia ini. Mungkin, beberapa dianntara kisahnya pernah kamu dengar atau bahkan melihatnya sendiri? Hii.. dengan menulis artikel ini saja saya merinding disko rasanya seperti kebelet boker (lol). 


Hantu, setan atau Jin biasanya menyukai tempat yang sepi, bangunan tua, kuburan, kamar mandi, di atas pohon, atau bahkan di masa lalu kamu #eh jangan samakan mantan atau gebetan dengan hantu ya, karena bisa tiba-tiba datang lalu pergi lagi. Hehehe. 

Okee kembali ke topik bahasan kita, hantu atau makhluk halus sebenarnya selalu ada, mungkin sebagian dari kita yang memiliki kemampuan supranatural bisa merasakan kehadiran sosok mereka. 

Dan yang jadi pertanyaan, bagaimana bisa ya hantu-hantu tersebut bisa eksis disana? Apa sih penyebab dan asal mulanya? Sahabat kejadiananeh.com berikut 13 legenda hantu menyeramkan dari berbagai daerah di Indonesia. Ayo kita Kemon!

1. Beju Ganjang, Hantu Panjang Pencabut nyawa dari Tanah Batak

Sosok Penampakan Hantu Beju Ganjang sangat ditakuti bagi etnis suku batak toba dan suku karo, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah sekitar Tapanuli Utara. Dijuluki Beju Ganjang karena burungnya panjang ukuran tubuhnya yang sangat tinggi atau panjang menyerupai raksasa. 

Konon makhluk mistis ini suka bersembunyi dipohon-pohon tinggi seperti kelapa. Bagi siapapun yang apes bertemu dengannya, ia akan merubah wujudnya semakin lama semakin memanjang, kemudian mencekik dan mencabut nyawa orang tersebut.

 Legenda Hantu Mengerikan dari Indonesia

Menurut cerita masyarakat asli Batak, kehadiran Beju Ganjang memang sengaja dipelihara oleh Dukun sakti, untuk menjaga rumah dan sawahnya dari para pencuri. Entah kenapa lama kelamaan, Beju Ganjang digunakan sebagai sarana santet, untuk menghilangkan nyawa dari para pesaing dukun sakti tersebut. 

Tak diketahui dengan pasti siapa pemilik/pemelihara Beju Ganjang yang disebut sebagai Sigumoang, setelah si dukun sakti tersebut meninggal dunia. Namun jika di salah satu desa ada wabah penyakit atau masyarakatnya tiba-tiba meninggal secara bersamaan, mereka masih meyakini bahwa itu adalah perbuatan dari si roh jahat Beju Ganjang. 

Selain Beju Ganjang, diyakini ada Begu Antuk, Begu Nurnur dan Begu Turtur yang sama-sama menyeramkannya.

2. Reng Tua Malem

Kalau kamu lagi berjalan di malam hari dan kebetulan sedang apes ketemu hantu yang satu ini, kamu mungkin bakal menyangka sosok hantu ini seperti abang-abang yang lagi ngeronda, berjalan sambil menghisap sebatang rokok. Tapi baiknya jangan buru-buru kamu nyamperin deh.


Bisa-bisa itu adalah sosok hantu Reng Tua Malem ini, karena sosoknya terlihat seperti selulit siluet dengan bara apinya yang tersulut api dan tak pernah lepas dari mulutnya. 

Katanya sih hantu ini bisa muncul karena wujud ilmu hitam yang sulit dilepas atau dibuang gitu deh, makanya kalau ada yang bisa mengambil rokoknya maka orang itu akan jadi sakti mandraguna. Hmmm, mau coba?

3. Hantu Rabing

Satu lagi hantu indonesia paling mengerikan yaitu Hantu Rabing, konon ia menempati danau atau sungai yang ada di Kalimantan nih. Jadi, hantu tersebut bersinggah di dalam air dan sesekali muncul ke permukaan. Untuk apa? Bukan karena dia tidak cocok hidup di air atau bosan dan pengen coba mengadu nasib di daratan.


Tetapi untuk menggulung mangsanya yakni manusia, karena sosoknya yang seperti tikar gulung yang dapat menenggelamkan mangsa yang diinginkannya. So, hati-hati ya guys!
4. Hantu Ilung Lanjang (Bawean)

Sosoknya seperti kakek-kakek tua yang renta, ia bertubuh bungkuk seperti udang dan juga berambut putih. Nama Ilung Ranjang Lanjang ini juga diambil berdasarkan sosok tubuhnya yang memiliki hidung yang panjang dan menyeret ke tanah saat berjalan. Tapi bukan Pinokio, hidungnya yang panjang, bisa ia gunakan juga sebagai tongkat.

Oh iya, hantu ini digambarkan sebagai hantu paling senior yang berada di Pulau Bawean. Dia hanya akan datang untuk menghampiri adik-adik kecilmu yang masih terbangun saat malam hari, dengan suara gaduh yang berasal dari hentakan hidungnya.


Konon, hantu ini juga menyukai jasad anak kecil karena ia akan menyedot sari pati milik jasad anak tersebut. Tapi ada kisah sedih juga yang dialami oleh Hantu Ilung Lanjang, dimasa lalu sosok penampakannya tak hanya ampuh untuk menakuti-nakuti anak kecil yang susah tidur. 

Kehadiran Ilung Lanjang juga bisa menjaga desa dan mengusir para kawanan perampok yang berbuat jahat di daerahnya. Namun karena ia sudah tua, hidung panjangnya pernah patah gara-gara kalah berantem dengan segerombolan pemuda yang sedang mabuk. 

Dan semenjak jalan desa di Bawean sudah beraspal, ia tidak berani melintasinya karena hidungnya takut lecet atau patah :)

5. Hantu Kisut

Hantu ini berasal dari jawa Timur, tepatnya daerah Pacitan. Dia akan senang apabila ada pendatang baru yang akan tinggal di Pacitan. Kenapa disebut hantu Kisut? Karena hantu ini akan berubah ukurannya sesuai dengan bayangan tubuh yang diikutinya.


Uniknya, hantu ini juga akan mengikuti gaya dan gerak-gerik orang tersebut. Waspada saja, siapa tahu bayanganmu yang kamu lihat itu ialah bukan bayangan kamu sendiri, melainkan bayangannya. Tapi tenang saja, selama kamu nggak punya niat jahat, hantu bol kisut ini nggak akan mengganggumu kok.

6. Hantu Jaring

Kalau kamu mendengar hantu jaring ini mungkin kamu bakal menyangka kalau bentuk hantu ini seperti jaring-jaring atau jaring nelayan yang biasa dipakai mencari ikan? Hmm bukan-bukan. Hantu jaring ini kegemarannya menjaring atau membawa anak kecil di saat hujan panas, kemudian anak kecil tersebut akan disembunyikan olehya.


Kalau dengar cerita hantu ini persis sama dengan hantu Wewe Gombel yang suka menyembunyikan anak kecil. Jadi, jaga adik-adikmu ya agar tidak bermain saat hujan. 

Menurut masyarakat Kalimantan Barat, hantu ini bisa dihindari dengan cara memakaikan atau menyelipkan rumput atau daun di telinga. Hantu ini juga senang mendiami sawah, lapangan, atau daerah belakang rumah yang kotor.

7. Hantu Kambe

Hantu ini juga berasal dari daerah Kalimantan. Perwujudan hantu ini banyak yang bilang sih mirip perpaduan manusia dengan kambing. Jadi, bisa saja berwujud setengah manusia dan setengah kambing tapi bukan sate kambing. Dan ada juga yang bilang kalau pun berbadan manusia, hantu ini berkaki layaknya kambing dan memiliki rambut yang panjang.


Selain itu, ia memiliki surai seperti kambing dengan berukuran panjang juga. Sebenarnya, hantu ini tidak mengganggu manusia, melainkan hantu ini suka menyelinap di kumpulan kambing-kambing yang sedang menyusu pada induknya dan ikut meminum susu dari induk kambing tersebut loh. Ah elah, mungkin dia haus cuy..

8. Jin Kemangmang

Kalau di daerah Jawa Barat Indramayu ada legenda tentang Jin/hantu Kemangmang. Dimana sosok Jin ini berbentuk seperti katak air namun berukuran sangaaat besar. Nah, di bagian tengkuk hantu tersebut terdapat api yang berkobar sangat besar sehingga mampu menghanguskan pepohonan yang ada di sekitarnya.


Buat kamu yang pernah melewati rawa-rawa, mungkin kamu tidak menyadari keberadaan hantu ini, tetapi mereka ada di sana guys. Walaupun begitu, tetap saja masyarakat di sana ada yang percaya dan ada juga yang menganggap ini hanya tahayul.

9. Wewe Gombel

Sosok Wewe Gombel ini merupakan roh jahat menurut tradisi Jawa, tepatnya di daerah Gombel, Semarang. Tidak jauh berbeda dengan hantu Jaring, hantu ini menyukai anak-anak yang diterlantarkan oleh orangtuanya. Mungkin, karena ia merupakan sosok hantu wanita yang bernaluri layaknya seorang ibu. Ia akan membawa anak kecil tersebut bersamanya, entah kemana.


Konon, Wewe gombel ini berasal dari roh manusia yang meninggal karena bunuh diri. Ia tidak tahan karena selalu dituduh masyarakat karena telah membunuh suaminya yang tega menduakannya.

Karena hantu ini berwujud seorang wanita, katanya hantu ini menyembunyikan anak kecil tersebut diantara kedua ‘dadanya’. Hmm, you know what I mean?

10. Tuyul

Siapa orang yang tidak tahu sosok bocah tua nakal alias tuyul ini? Tuyul memang termasuk hantu paling terkenal di Indonesia sampai diangkat ke dalam film layar lebar. Kamu pasti mengenal sosok tuyul ini sebagai anak kecil yang suka mencuri uang.

Biasanya, ia mencuri uang karena disuruh oleh majikannya. Tubuh tuyul ini kerdil, berkepala botak dengan warna keperakkan dan bersuara layaknya anak ayam tapi bukan ayam kampus :)


Mungkin, kamu pernah mendengar cerita dari temanmu yang kehilangan uang secara ghaib? Berdoa saja, semoga uang yang hilang tersebut sebenarnya sudah terpakai, hanya saja temanmu lupa, Hehehe. Konon, sosok tuyul ini tercipta dari janin yang keguguran ataupun bayi yang mati saat lahir.
11. Leak Bali

Leak pada dasarnya adalah ilmu kuno kerohanian yang diwariskan para leluhur Hindu di Bali dengan tujuan baik dan mencari pencerahan lewat aksara suci. Namun ilmu putih bisa menjadi hitam tergantung niat orang yang memilikinya. 

Seperti halnya Ilmu Hitam Leak Desti yang dipengaruhi oleh siluman jahat (setan). Desti adalah perwujudan binatang siluman manusia dalam bentuk binatang yang aneh dan seram.

tingkatan kesaktian ilmu leak ini sebenarnya paling rendah yakni pemiliknya hanya bisa merubah wujudnya dalam bentuk binatang yang aneh dan seram seperti:


Menjadi Lelakut yaitu sejenis kadal yang besar berbadan hitam loreng-loreng, berkepala manusia berwajah seram dan hitam, rambutnya terurai, taringnya panjang, giginya runcing, matanya lebar dan menyala keluar api berwarna hijau, mempunyai ekor panjang warnanya loreng hitam putih.

Menjadi Bebae yaitu sejenis binatang kambing berbulu putih mulus, mempunyai telinga panjang menjulur kebawah sampai menyentuh tanah. Wujud yang lebih sakti terbang diatas langit seperti gumpalan Api ataupun kepala manusia tanpa tubuh. Dan masih banyak lagi jenis perwujudan Leak.

Ketika siang hari, Leak akan berubah wujud menjadi manusia biasa. Sementara ketika malam hari ia akan bergentayangan di sekitaran kuburan untuk mencari organ tubuh manusia yang akan ia gunakan untuk membuat ramuan berbau sihir.

12. Kuyang (Palasik)

Sosok Kuyang adalah siluman jahat berwujud kepala manusia tanpa memiliki kulit dan organ-organ bagian tubuh bawah. Dari usus, paru-paru, jantung, sayap termasuk ceker akan terlihat jelas isi tubuh didalamnya. Mahkluk siluman jejadian ini dikenal oleh penduduk Kalimantan, dan juga di daerah Minangkabau Sumatera Barat dengan sebutan sebagai Palasik. 

Konon menurut cerita warisan dari para leluhur, Sosok kuyang atau palasik ini dulunya ia semasa hidup dikenal sebagai manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi.


Dalam melancarkan aksi jahatnya, ia akan melepas bagian kepalanya untuk memangsa mayat bayi yang sudah meninggal, menghisap darah persalinan dan tak jarang ia juga akan memakan isi bayi dalam kandungan seorang wanita. 

Janin yang sudah digerogoti tersebut bisa dipastikan akan mengalami keguguran ataupun mati selepas dilahirkan. Semua ini dilakukan oleh pemuja ritual tersebut untuk menambah kesaktiannya. 

13. Jenglot, Bethara Karang

Kehadiran Jenglot ataupun Bethara Karang bisa sebagai pertanda datangnya musibah yang akan melanda suatu wilayah. Sosok mereka sendiri dipercaya sebagian orang khususnya masyarakat asli Pulau Jawa, Kalimantan dan Bali. 

Fakta mengejutkan tentang Makhluk Jenglot ini setelah diteliti oleh para Dokter Forensik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo Jakarta, bahwa melalui pemeriksaan Sinar Rontgen ia memang tidak punya unsur tulang seperti manusia namun ia memiliki DNA dari lapisan kulit yang mengelupas. 

Apakah dengan bukti tersebut sosok Jenglot diyakini benar-benar ada dan bukan buatan manusia? Entalah coba kita tanyakan pada bulu kalong yang bergoyang. Namun dikatakan asal usul Jenglot dulunya seorang Pertapa Hebat yang mempelajari Ilmu Bethara Karang, diyakini siapapun yang menguasai ilmu sakti tingkat tinggi tersebut hidupnya akan abadi dan tak pernah bisa mati.

13 Legenda Hantu Mengerikan Asli Made In Indonesia

Sayangnya karena ilmu sakti tersebut juga seolah-olah  membawa kutukan, tubuh sang empunya akan terus menyusut menjadi kecil dengan bentuk wajah bertaring panjang. Konon siapapun orang yang ingin memelihara Jenglot diharuskan untuk memberikan sesaji berupa tetesan darah manusia. 

Kegunaan Jenglot ini sendiri dikatakan dapat menjaga nyawa sang Pemilik dari mara bahaya dan memudahkan segala maksud dan keinginannya di dunia.  

Sahabat kejadiananeh.com itulah 13 legenda hantu mengerikan di Indonesia yang setiap daerahnya memiliki cerita mistis masing-masing yang berbeda. Percaya atau tidak percaya, kembali menurut keyakinan kita. Tapi awas, bisa jadi salah satu dari makhluk halus tersebut sedang mengintai gerak-gerik kamu saat ini!

Related Article