Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

Mobil Mewah yang Memakai Nama Indonesia

15 Mar 2016

Nama besar Lamborghini, Wrangler, Porsche adalah beberapa contoh merek mobil yang sangat terkena di dunia dengan kemewahannya dan kita tentu sudah tidak asing untuk mendengarnya. 


Tapi tahukah kamu jika produsen mobil tersebut juga menggunakan istilah asli made in Indonesia untuk tipe  produknya seperti  5 mobil mewah yang memakai nama Indonesia ini, semua bukanlah terjadi secara kebetulan atau kemiripan frase kata. 

Melainkan para produsen mobil tersebut memang sengaja untuk menggunakan berbagai nama asli kepunyaan Indonesia sebagai inspirasi dalam ciptaan mobil-mobil terbaru mereka.

1. Lamborghini Madura

Rumor tentang mobil Lamborghini Madura ini sebenarnya sudah lama beredar sejak tahun 2010 lalu dan rencananya akan terealisasi pada tahun 2016 ini. Entah jadi atau enggak, yang pasti Mobil Lamborghini ini emang keren banget tongkrongannya, sudah mengusung teknologi hybrid, untuk masalah  desain pun sangat elegant.

Mobil Mewah yang Memakai Nama Indonesia
Photo: Copyright futurecarmodel.com
Tak kalah bonafid penampilannya dengan seri Gallardo, Aventador atau Veneno. Adapun yang jadi Inspirasi pemberian nama ‘Madura’ bermula ketika produsen mobil asal Italia tersebut mengagumi karapan sapi, yang khas dengan kebudayaan asli Madura. 

Meski konsep gambar sudah didapatkan, tak diketahui lebih pasti mesin dan spesifikasi dari Mobil Lamborghini Madura. Namun ada sedikit bocoran bahwa kemampuan supercar ini tidak jauh berbeda power dan kecanggihannya dengan seri Lamborghini-lamborghini yang lain. Kita tunggu saja, semoga di tahun 2016 akhir atau 2017 awal, akan benar-benar terwujud penjualannya.
2. Porsche Macan

Mobil mewah yang menggunakan nama Indonesia kedua adalah Porsche Macan, di konsep pada tahun 2012 silam. Entah kenapa baru resmi dijual bebas pada tahun 2014. Nama Macan sendiri menurut Produsen mobil asal Jerman tersebut diambil dari bahasa Indonesia yang melambangkan kuat, tangguh dan keberanian dari sosok hewan Macan.

Ada tiga tipe varian  dari Mobil Compact Luxury SUV kelas dunia ini, yaitu Porse Macan 2.0 (standart), Porsche Macan S 3.0 dan Porshe Macan Turbo. Untuk perbedaan dapur pacu pun tidak terlalu jauh berbeda dari ketiganya. Berikut spesifikasi singkat dan harga Porshe Macan :

Porse Macan 2.0 : mesin 2.0Litre 4-silinder dengan 233HP dan torsi 350Nm
Porsche Macan S 3.0 : 3.0Litre V6 berkekuatan 335HP serta torsi 460Nm
Porshe Macan Turbo : mesin 3.6Litre V6  yang sanggup meledakkan power 394HP dengan torsi puncak hingga 550Nm.

Photo: Copyright revistatenis.uol.com
Meski berbeda sedikit ketangguhan mesinnya, namun ketiga tipe mobil tersebut sudah menggunakan teknologi canggih sistem penggerak all-wheel drive, dengan sistem transmisi 7 percepatan PDK (Porsche Doppelkupplungsgetriebe).  

Untuk Interior sendiri sudah menggunakan on-board entertainment Porsche Communication Management (PCM) dan sistem audio BOSE 5.1 Surround Sound System, dan Burnmester High-End Surround System. 

Dan headlamp memakai sistem canggih Bi-Xenon dan Porsche Dynamics Lights System yang akan bergerak mengikuti arah gerakan setir si pengemudi.

Mantab pisan bukan! Tertarik untuk Membelinya?, murah kok harganya (ee dicelana) untuk Porshe Macan 2.0 hanya dibandrol sebesar  1.325.000.000 Milyar rupiah, Porsche Macan S 3.0 hanya 1.835.000.000 milyar, Porsche Macan Turbo lagi-lagi hanya sebesar  2.500.000.000 miyar.

3. Jeep Wrangler Mountain Jaya Wijaya

Sebagai mobil jenis off-road, Jeep Wrangler memang sudah terkenal ketangguhannya dalam melintasi jalan curam, bebatuan semua sanggup ia taklukkan. Sayangnya tak semua orang mampu untuk membeli mobil Wrangler. 

Sekalipun berkantong tebal, belum tentu juga mau membeli mobil ini kecuali orang tersebut memang hobi untuk berpetualangan di alam liar. 

Pada tahun 2012 produsen Wrangler asal Amerika Serikat mengeluarkan produk mobil terbarunya yang diberi nama Jeep Wrangler Mountain Jaya Wijaya, setelah mereka pulang berpetualangan dari Puncak Jaya Wijaya yang berada di Pulau Papua.

Photo: Copyright boldride.com
Dalam tampilan kap body samping pun terlihat jelas, merek Mountain disertai gambar dari Pegunungan Jaya Wijaya.  Mengusung mesin 3.6-liter, V6, PENTASTAR berdaya 285 tenaga kuda dan torsi 347 Nm, daya disalurkan transmisi otomatis 5-speed berfitur ERS (Electronic Range Selector). 

Teknologi canggih ini sangat mumpuni untuk menguasai dunia lintas off-road ,terpasang axle depan Dana 30 dan Dana 44 untuk axle belakang. Transfer case Command-Trac NV241, 2-speed selector adalah perlengkapan standar dengan rasio low-range 2.72:1.

Masuk ke Indonesia hanya dalam varian 4 pintu, Jeep Wrangler Mountain dibanderol dengan harga sekitar 760 juta itupun masih berstatus off the road. 

Sayangnya penjualan mobil Jeep Wrangler Mountain ini sudah tidak ada, bukannya tidak laku di pasaran. Tapi stock mobil ini sangat terbatas, hanya diciptakan sebanyak 54 unit saja untuk target pemasaran di seluruh dunia.

4. Jeep Wrangler Bromo 

Sama seperti Wrangler Mountain, mobil Jeep Wrangler Bromo ini juga terinspirasi dari keindahan alam Gunung Bromo yang berada di Jawa Timur. Memiliki spesifikasi dan harga yang sangat mirip dengan Wrangler Mountain.

Photo: Copyright dapurpacu.com
Sedangkan bagian bumpernya secara sengaja dipasang seperti versi Amerika atau bumper ala American Style yang terlihat terpisah, sehingga berbeda jauh dengan bumper standar yang menyatu ke bagian fender. 

Tapi untuk memiliki "mobil mewah Indonesia" yang super keren ini. sangat mustahil sebab jumlahnya jauh lebih terbatas, hanya dibuat sebanyak 24 unit saja dan diproduksi lebih dulu beberapa bulan dari Wrangler Mountain pada desember 2011 lalu, bersamaan dengan pembukaan Dealer Jeep di Surabaya.
5. BMW 760Li (Individual Fitur)

Tak hanya Jeep Wrangler saja yang terpikat dengan keindahan Gunung Bromo. Produsen mobil BWM asal jerman juga memproduksi salah satu varian sedan mewahnya yang diberikan nama BMW 760 Li yang memiliki Individual Fitur dimana pembelinya bisa menambahkan option-option pada tampilan desainnya.

mobil mewah indonesia
Photo: Copyright bimmertoday.de
Sang desainer mobil mewah kelas dunia sendiri, diketahui adalah orang asli Indonesia yang bernama Didit Hadiprasetyo anak dari Bapak Prabowo Subianto. Saking mewah dan terbatasnya, seri 7 yang dianggap terbaik ini, hanya tersedia 5 unit saja di seluruh dunia. Itupun harganya sekitar 3,3 milyar masih berstatus off the road, Wow! 

Sahabat kejadiananeh.com itulah 5 mobil mewah kelas dunia yang memakai nama asli dari Indonesia, meskipun sebenarnya masih ada lagi mobil yang berciri khas keindahan Indonesia beberapa contohnya adalah Toyota Kijang, Suzuki Ertiga, tapi ini bukanlah termasuk golongan mobil mewah, sebab harganya masih terjangkau alias gak terlalu kelewatan mahalnya dan semua orang bisa untuk memilikinya hehehe.

Related Article