9 Motor Antik Termahal di Dunia

Makin tua makin antik makin menarik, kira-kira itulah slogan yang cocok buat para penggemar motor antik. Tapi ini adalah realita, di tengah-tengah perkembangan otomotif yang makin berkembang justru masih banyak orang yang senang memburu motor-motor jadul alias keluaran tahun lama. 
Contohnya 5 motor antik termahal di dunia ini. Kehadiran ‘mereka’ yang bangkit dari kubur, seakan berbanding terbalik dengan kemajuan teknologi, terutama di bidang otomotif. Disaat para industri otomotif berlomba-lomba mengeluarkan produk terbarunya. Justru sosok mereka seakan tak pernah musnah ditelan waktu. 
Mereka selalu menjadi bahan perburuan orang-orang, tentunya dengan harga tebusan yang sangat mahal. Sahabat kejadiananeh.com, mari kita lihat penampakan para leluhur atau nenek moyang dari motor-motor yang kini kita kenal.
1. Harley Davidson Strap Tank 1907
Biarpun penampilannya kurus dan begeng, Harley Davidson Strap Tank adalah mbah buyut dari moge keren Harley yang kita kenal sekarang. Diproduksi secara massal pada tahun 1907, meskipun rancangannya sendiri sudah diuji coba pada tahun 1890 oleh William S Harley dan Arthur Davidson.

9 Motor Antik Termahal di Dunia
Photo: Copyright autoevolution.com

Berwujud seperti sepeda kumbang yang biasa disewakan di Taman Fatahillah, Kota Tua Jakarta. Namun soal harga, bikin kita mules untuk mendengarnya. Dijual dengan harga 895 ribu Euro atau sekitar 12 milyar bila dirupiahkan.

2. Winchester 1910
Inilah motor tua dengan harga termahal di dunia, pada tahun 2015 kemarin dua buah sepeda motor Winchester 1910 dalam proses lelang laku dengan harga yang sangat fantastis yakni 1,35 juta atau sekitar 16,9 milyar, harga yang cukup untuk membeli sebuah mobil balap Lamborghini seri Aventador, malahan masih banyak sisanya. Ingin tahu teknologi apa yang diterapkan pada motor tua Winchester 1910?

Photo: Copyright motorcycle-central.com

Mengusung Mesin Marsh-Metz yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 6 horse power dengan alat penggerak roda depan dan belakang menggunakan belt drive. Serta ada tenaga manual bila kehabisan bensin yaitu dengan mengayuh pedal pake KAKI.

3. Norton 
Motor produksi Inggris ini awalnya diproduksi untuk keperluan militer yaitu memenuhi kebutuhan para tentara pada saat perang, soal performa motor pun tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab sudah dapat dipastikan Norton adalah motor yang tangguh untuk melintasi medan jalan berat dan penuh rintangan. 
Meskipun awalnya Norton dikenal sebagai motor para tentara, lama-kelamaan beralih fungsi menjadi motor balap dan memberikan hasil memuaskan dengan spesifikasi mesin 500 cc, Norton terbukti dapat memberikan performa yang sangat luar biasa.

Photo: Copyright barrett-jackson

Di negeri kita sendiri, model Norton ES2 500 cc sudah  masuk ke Indonesia sekitar tahun 1952 untuk kebutuhan pemerintah. Oleh karena itu dapat dipastikan harga motor satu ini cukup mahal dan sangat sulit menemukannya. 

Sekalipun kita bisa mendapatkannya, kita juga butuh extra budget untuk melakukan perawatan rutin. Berminat untuk membeli motor tua tersebut? Cukup menebusnya dengan harga 85 juta rupiah.
4. Honda CB 
Salah satu motor antik yang paling banyak dicari orang adalah Honda CB, memiliki model klasik yang terlihat retro, desain dari setiap bagian memiliki keunikan sendiri, seperti lampu yang didesain berbentuk bulat, spatbor belakang yang dibuat dari plat kaleng dan lainnya membuat Honda CB memiliki ciri tersendiri yang unik. 
Pada tahun 1971 PT Federal Motor pertama kali mengeluarkan motor dengan nama Honda CB di Indonesia, bahkan hingga mengeluarkan dengan empat varian yang dibedakan dari mesin yaitu CB 100cc, 125cc, 175cc, dan 200cc. 
Penjualan Honda CB bisa dikatakan berhasil karena pada tahun 1981an motor ini sudah terjual hingga 600 ribu unit.

motor antik tua
Photo: Co
pyright wikimedia.org

Faktor keberhasilan ini dikarenakan oleh dua hal, yang pertama karena harga yang murah sehingga dapat dibeli oleh siapa saja, yang kedua adalah karena perawatan motor yang tidak sulit bila dibandingkan dengan motor Norton. 

Untuk mendapatkan motor ini pun tidaklah sulit, karena banyak digunakan oleh orang jaman dulu, kamu dapat mendapatkan Honda CB hanya dengan harga sekitar 3 jutaan, namun bila kamu ingin Honda CB yang dalam kondisi prima alias original kamu perlu merogoh kocek lebih dalam sekitar tujuh hingga sembilan juta rupiah.
5. Brough Superior SS100  
Brough Superior SS100 pernah menjadi motor klasik paling fenomenal di Inggris pada periode tahun 1924 sampai 1940. Yang menjadi keunikan motor klasik Brough Superior rancangan dari George Brough adalah, motor ini baru dibuat ketika ada orang yang memesannya, jadi tidak diproduksi massal.

Photo: Copyright motorcyclespecs.co.za

Saking istimewanya kehadiran Brough Superior, masyarakat di Inggris menjulukinya sebagai kendaraan mewah Rolls Royce versi roda dua. Biarpun buatan jadul, tapi soal adu kecepatan Brough Superior mungkin yang tercepat di jamannya. 

Mampu untuk berlari 160km/jam dengan kapasitas mesin 998 cc. Sampai kini, sangat jarang ditemukan orang yang masih memiliki motor tersebut. Terakhir dikabarkan, ada seorang kolektor motor tua yang menjual Brough Superior seharga 300 ribu dollar atau 3,7 milyar.

6. BMW Type 225 Kompressor
Siapa yang tak mengenal raksasa otomotif BMW. Sebagai masterpiece asal Jerman, produk-produk mewah dari BMW sudah banyak diminati orang. Diproduksi sejak tahun 1935 sampai 1939, Motor BWM Type 225 Kompressor dengan Mesin DOHC 492 cc, sudah menjadi salah satu motor paling terkenal dijamannya.

Photo: Copyright wikimedia.org

Ketenaran motor lawas itu bermula pada saat memenangkan Kejuaraan Senior Tourist Trophy di IOMTT. Tak tanggung-tanggung dalam balapan tersebut, peringkat pertama dan kedua berhasil direbut dari Tim Balap BMW. 

Ingin tahu berapa harga motor antik ini? Dalam penawaran lelang pada tahun 2010, seorang kolektor berhasil menjual motor tuanya dengan harga 400 ribu dollar, atau sekitar 4,9 milyar rupiah.
7. Indian 8-Valve Board 1915
Pernah melihat balapan motor dengan menggunakan trek jalan dari papan kayu? Di musim penghujung tahun 1910 sampai dengan 1920 balapan ini sangat populer di jaman tersebut.

Photo: Copyright dropbears.com

Salah satu “motor antik paling tua” di dunia yang mengikuti balapan tersebut adalah Indian 8-Valve Board, diproduksi oleh Indian Motor Company pada tahun 1915 dan harga terbarunya di era modern ini, diketahui sudah menembus angka penjualan sebesar 799 juta rupiah.

8. Honda C70
Salah satu motor antik keluaran Honda yang banyak dicari di Indonesia adalah Honda C70. Bukan seperti Honda CB yang terlihat besar dan gagah. Sedangkan Honda C70 adalah salah satu keluaran motor bebek yang memiliki bentuk ramping dan desain penampilan mungil. 
Namun dengan bentuk yang kecil, Honda C70 memiliki performa terbaik di eranya, dengan mesin kubikasi 71,8cc, motor satu ini dapat memberikan tenaga maksimum 6 Tk pada putaran mesin 900rpm.

Photo: Copyright classic-motorbikes.net

Sebab itu Honda C70 termaksud barang mewah pada jamannya karena tidak semua orang mampu untuk membeli motor istimewa yang satu ini. Diproduksi sejak tahun 1969 saat Honda C70 pertama kali dikeluarkan di Indonesia hingga terakhir kalinya diproduksi pada tahun 1980. 

Hingga saat ini Honda C70 menjadi salah satu motor antik yang paling banyak diburu orang dan siapa yang menyangka jika harga dari motor lawas tersebut nyaris menyamakan harga penjualan dari motor matic terbaru.

9. Cyclone 
Nama dari Perusahaan Otomotif  Joerns Motor Manufacturing Company mungkin kurang terkenal di dunia, tapi dinege
rinya sendiri Amerika Serikat, hampir menyaingi perusahaan motor Harley Davidson.

motor antik termahal
Photo: Copyright thevintagent.blogspot.com

Tapi itu dulu, sekarang perusahaan ini sudah punah, gulung tikar jualan cimol. Ok seriuss, jadi perusahaan tersebut pernah mengeluarkan produk motor klasik terbaiknya yang diberi nama Cyclone dengan mesin balap berkapasitas 996 cc SOHC V-Twin. Diciptakan oleh Andrew Strand dan diproduksi sejak tahun 1912 sampai 1917. 

Cylone tidak hanya dikenal sebagai motor dengan teknologi V-Twin pertama di dunia, tapi motor tua ini juga dikenal sebagai motor antik termahal di dunia yang berhasil terjual dengan harga selangit yakni 520 ribu dollar atau sekitar 6,3 milyar rupiah.