9 Teknologi Otomotif Terbaru dan Pertama di Dunia

Seiring dengan perkembangan pesat teknologi terbaru, dunia otomotif  pun juga turut mengalami kemajuan drastis. Setiap tahun, selalu saja ditemukan inovasi-inovasi baru yang dikeluarkan dalam industri otomotif. Misalnya salah satu teknologi canggih mobil masa depan yang bisa berjalan sendiri tanpa supir, mobil bisa berganti warna, hingga wacana mobil terbang yang katanya akan segera hadir pada tahun 2017 nanti. Keren banget bukan? 
teknologi otomotif terbaru dan pertama di dunia ini tentu tidak terlepas dari jasa para penemu di era puluhan bahkan beratus tahun silam sebagai pionir yang membuka jalan bagi para penemu produk-produk otomotif generasi selanjutnya hingga saat ini. 
Lantas, siapa saja mereka para penemu mobil dan motor pertama di dunia? Dan teknologi terbaru apa saja yang sudah diciptakan oleh para ilmuwan otomotif ini.

1. Motorwagen, Mobil Pertama di Dunia
Peristiwa otomotif pertama diawali pada tahun 1885, Karl Benz menciptakan sebuah mobil bermesin beneran untuk yang pertama kalinya di dunia dan dinamakan dengan Benz Patent-Motorwagen. Motorwagen ini memiliki mesin 4 langkah dan merupakan kendaraan berbahan bakar minyak pertama. 
9 Teknologi Otomotif Terbaru dan Pertama di Dunia
Photo: Copyright n-tv.de
Selain itu, Karl Benz  sekaligus menjadi penemu dari komponen-komponen dunia otomotif, seperti busi, sistem transmisi, pengapian mobil, karburator, dan radiator air. Menurut catatan sejarah, mobil berbahan bakar minyak juga tak hanya berhasil diciptakan Karl Benz. 
Photo: Copyright wikimedia.org
Dalam kurun waktu yang hampir berdekatan Maybach dan Gottlieb Daimier juga membuat mobil dengan kemampuan yang sama dan berbahan bakar bensin pertama. Hanya saja, Karl Benz lebih dulu mematenkan karya inovatifnya di tahun 1886.

2. Sepeda Motor pertama di dunia 
Selain penemuan mobil berbahan bakar minyak pertama di dunia, Gottlieb Daimier dan Wilhelm Maybach pada tahun 1885 juga berhasil meninggalkan sejarah di dunia otomotif yakni jasanya dalam penemuan sepeda motor pertama di dunia. 
Dua pakar mesin dari Jerman ini menamai penemuan mereka dengan nama Reitwagen. Tapi ternyata motor pertama di dunia ini tidak diperjual belikan loh. 
Setelah beberapa tahun berlalu tepatnya pada tahun 1893, Wilhelm Hildebrand dan Henry mengembangkan penemuan Reitwagen dan kemudian barulah motor yang ini nih yang kemudian bisa dipasarkan dan dijual untuk umum. 
Photo: Copyright wikimedia.org
Dalam pengerjaannya, Henry dan Wilhelm Hildebrand bekerja sama dengan Alois Wolfmuller dan Hans Geisenhof. Teknologi mesin yang diterapkan dalam Reitwagen ini ternyata masih digunakan lho hingga saat ini, yakni twin silinder berpendingin air, 4 langkah 1.488 cc. 
Kecepatan maksimal yang bisa ditempuh Reitwagen hanya berada di sekitar 48 km/jam. Karena Reitwagen adalah motor pertama di dunia, ya tentu wajar saja jika kecepatannya tidak terlalu tinggi.

3. Mobil Terbang Pertama di Dunia
Apa mungkin ada mobil bisa terbang? sahabat kejadiananeh.com, dijaman canggih era martabak pelangi, segala sesuatu tidak ada yang mustahil, khususnya seputar dunia otomotif. 
Salah satu teknologi otomotif terbaru  yang sudah berhasil diciptakan adalah mobil terbang pertama di dunia yang diberi nama merek Aeromobil. Diproduksi oleh Perusahaan asal Slovakia yang dipamerkan dalam auto show di Sourtwes Interactive yang berada di kota Austin, Texas Amerika Serikat.
Dengan berbahan bakar bensin premium, Aeromobile memiliki kecepatan yang luar biasa, sanggup melaju di jalanan sampai 100 mil/per jam ketika di darat.
Photo: Copyright aeromobil
.com
Sedangkan jika dipakai untuk terbang di atas udara, Aeromobil bisa melaju dengan kecepatan 124 mil/jam dengan ketinggian maksimal sampai 9800 kaki, meskipun masih bisa untuk terbang lebih tinggi namun angka ini demi untuk menghindari tekanan dalam kabin, sehingga jauh dari beresiko.
Dan untuk kemampuan daya menjelajah Aeromobil sebagai mobil terbang yang mendunia mampu mencapai 430 mil. Luar biasa bukan, dengan jarak yang begitu jauhnya membuat pengendara bisa menikmati pemandangan dari atas langit.
Tapi kekurangan dari Aeromobil s.r.o ini sendiri muncul saat melakukan Take Off, sebab membutuhkan lalu lintas yang steril tanpa terganggu dengan kendaraan lainnya. Harus berjalan lurus sepanjang 228 meter sedangkan untuk melakukan pendaratan selepas terbang mobil ini tidak merepotkan dan tak harus memiliki landasan penerbangan.
Dilapangan berumput saja dengan ketinggian 50 meter Aeromobil bisa mendarat dengan mulus. Lalu bagaimana soal desain tampilan? Dijamin sangat keren dan elegant tentunya dengan nuansa mobil sport masa depan.
Photo: Copyright geeksmagazine.org
Untuk tempat duduk sendiri mobil terbang ini mirip seperti kokpit dalam pesawat Jet dan sama sekali bukan seperti bangku jok mobil yang biasa kita temui. 
Begitupun halnya dengan dashboard pengemudi, banyak terdapat tombol-tombol pengaturan yang mengontrol suasana sekeliling, mulai dari mengarahkan lebar sayap, sampai memonitor arah dan ukuran batas tinggi terbang.
Sedangkan desain eksterior bagian luar mirip sekali dengan mobil balap formula 1 berpadu dengan buntut pesawat jet. 
Namun untuk velg mobil sendiri tidak begitu mewah, standar seperti mobil pabrikan pada umumnya. Keren banget bukan, kira-kira kapan penjualan Aeromobil sebagai mobil yang bisa terbang pertama kali di dunia?
Photo: Copyright gearheads.com
Menurut Juraj Vaculik sebagai CEO AeroMobil yang berbasis di Slovakia. Rencana penjualan mobil terbang Aeromobil sendiri katanya akan siap beredar untuk dimiliki publik pada 2017 nanti. 
Namun angka penjualan mobil ini sendiri masih terbilang sangat mahal, untuk kedepannya kami akan lebih memodifikasi bahan-bahan yang digunakan.
Agar biaya produksi bisa ditekan lebih murah dan tentunya market penjualan bisa dibeli oleh masyarakat dari berbagai lapisan, ungkap Juraj Vaculik. 
4. Produksi Mobil secara massal yang pertama kali di dunia
Kapan sih mobil secara massal dijual untuk umum? Produksi mobil pertama kalinya diproduksi massal pada tahun 1901 di Amerika Serikat. Perusahaan Oldsmobile merupakan produsen dari mobil yang diproduksi massal ini, dimana mobil yang diproduksi dinamakan dengan Curved Dash. 
Photo: Copyright carstyling.ru
Dalam kurun waktu satu minggu saja, 10 unit mobil Curved Dash lebih berhasil diproduksi. Pada akhir tahun 1901, total mobil Curved Dash yang diproduksi mencapai empat ratus tiga unit mobil, dan lalu terus meningkat hingga 5000 an unit pada 3 tahun berikutnya. 
Harganya? Per unit Curved Dash diperjualkan dengan kisaran harga 650 dollar Amerika.

5. Fitur entertainment yang dibuat pertama kali pada mobil
Penemuan teknologi pertama dalam dunia otomotif  pertama selanjutnya fitur entertainment (hiburan). Seperti yang sudah kita ketahui, mobil kini tak hanya memiliki fungsi untuk menjadi kendaraan transportasi saja. 
Sudah banyak fitur hiburan yang disematkan dalam mobil sehingga membuat pengendara akan tetap merasa nyaman ketika bepergian. Fitur entertainment yang banyak digunakan dalam mobil pribadi diantaranya seperti tv, radio, mp3 dan mp4 player, game, bahkan ada pula yang memasang lemari es di dalam mobil, Luar biasa yah! 
Photo: Copyright wikimedia.org
Tapi tahukah kamu fitur entertaintment seperti apa yang pertama kalinya disematkan dalam mobil? George Frost merupakan orang pertama yang memasang radio transistor dalam mobil miliknya, yakni mobil Ford Model-T pada tahun 1922.
Dengan kata lain, fitur hiburan yang pertama dipasang dalam mobil adalah radio transistor oleh George Frost, yang merupakan seorang ketua pecinta radio di SMAnya pada masa itu.
6. Plat nomor mobil pertama dalam Sejarah
Kepolisian di kota Paris, Prancis pada Agustus 1893 pertama kalinya mengenalkan plat nomor ke dunia. Hal ini tercantum dalam aturan yang dibuat oleh mereka yang berisi kewajiban untuk memasang plat besi dalam kendaraan pribadi. 
teknologi baru otomotif
Photo: Copyright smashingyolo.com
Plat pribadi ini berisi nama pemilik kendaraan dan nomor khusus dari kepolisian. Jika sekarang plat nomor terpasang di bagian depan dan belakang mobil, dulu awalnya plat nomor wajib dipasang di bagian kiri mobil. 
Peraturan ini diberlakukan untuk seluruh kendaraan di Prancis, dan kemudian negara lain ikut menerapkan peraturan yang serupa.
7. Diciptakannya Traffic light, Lampu lalu lintas pertama di dunia
Penasaran gak sih kapan pertama kali ditemukannya lampu lalu lintas atau traffic light? Traffic light pertama kali diciptakan di Inggris oleh kepolisian kota London pada tahun 1868. Tujuan dari dibuatnya lampu lalu lintas ini awalnya hanya untuk memudahkan anggota parlemen yang memasuki gedung kantor. 
Photo: Copyright sroulnas.com
Awal mula dibuatnya traffic light, bentuknya cukup unik dimana serupa dengan lentera yang hanya terdiri dari dua warna yakni merah dan warna hijau. 
Namun, traffic light pertama di dunia ini ternyata justru sempat mendapatkan cibiran dari masyarakat. Sejak saat itu hingga tahun 1872, traffic light hanya satu-satunya di Inggris, kemudian sempat ditiadakan dan baru dikenalkan kembali pada sekitar lima puluh tahun kemudian.
8. Peristiwa Kecelakaan mobil pertama di dunia
Hingga saat ini, mungkin jumlah korban meninggal akibat kecelakaan di jalan raya sudah tak terhitung jumlahnya. Namun, tahukah kamu seperti apa kecelakaan kendaraan motor pertama di dunia?

Peristiwa pertama dalam dunia otomotif  yang menyebabkan kecelakaan ini terjadi pada 17 Agustus tahun 1896, dimana saat itu seseorang bernama Bridget Driscoll of Croydon sedang menyebrang di Crystal Palace di London Inggris. 
Saat tengah menyebrang, tiba-tiba datang mobil Roger-Benz yang dikendarai oleh Arthur Edsell dengan kecepatan 6,4km per jam. Karena panik, Driscoll tak bisa berkutik dari tempatnya berdiri, dan kecelakaan pun tak dapat dihindari.

9. Balapan Mobil pertama di dunia
Dulu, lomba berkuda merupakan lomba paling populer dan paling disegani di dunia. Namun pada tahun 1894, Le Petit Journal kemudian menyelenggarakan balapan mobil pertama di dunia dengan nama Competition for Horseless Carriages atau kompetisi kendaraan tanpa kuda.

teknologi otomotif terbaru

Para peserta yang mengikuti kompetisi ini pertama-tama mengikuti kualifikasi terlebih dahulu dengan jarak 50 km, dimana yang lolos hanya sekitar 25 mobil saja. Selanjutnya baru masuk ke lomba utama dengan jarak tempuh mencapai 127 km. 
Start dimulai dari kota Paris, dan garis finishnya berada di kota Rouen Prancis. Pemenang resmi dari kontes balap mobil pertama ini dimenangkan oleh Mobil Peugeot dan Panhard. Sahabat kejadiananeh.com itulah 9 penemuan teknologi mobil dan motor terbaru yang didokumentasikan dalam sejarah industri otomotif.