Uniknya Anjing Basenji yang Tak Bisa Menggonggong

Anjing Basenji mungkin menjadi satu-satunya jenis ras anjing paling unik di dunia. Pasalnya, anjing yang dikenal sebagai pemburu terbaik asal Kongo, Afrika Tengah ini tidak dapat mengeluarkan suara gonggongan atau menyalak sedikitpun, seperti yang biasa kita temui pada anjing-anjing lainnya. 
Bukannya gagu ataupun pelit, tapi memang bentuk laring tenggorokan pada Basenji berbeda. Ia hanya bisa mengeluarkan lolongan yang mirip sekali dengan bunyi suara cegukan, berbeda loh dengan lolongan Serigala ataupun Anjing Siberian Huskey. 
Namun bukan kata mutlak bahwa ia tak bisa menggonggong sama sekali. Bila beradaptasi sejak kecil dengan anjing lainnya, Anjing Basenji juga bisa meniru suara mereka, bahkan pandai juga meniru suara kucing dan manusia. Sahabat kejadiananeh.com, buat kamu yang ingin mengenal lebih jauh tentang Anjing Basenji silahkan simak penjelasan lebih lengkap berikut ini.
Fakta Unik Basenji Anjing yang Tak bisa Menggonggong
Pintar Meniru Banyak Suara
Anjing Basenji dijuluki sebagai barkless dog atau voiceless dog yang artinya anjing tanpa suara. Namun meski tidak bisa menggonggong, anjing basenji bisa menggeram dan ia pun bisa meniru suara dari ras anjing apa saja yang biasa kita jumpai. 
Dan yang paling luar biasa ia juga bisa meniru suara meong si kucing, orang sedang menangis atau tertawa, dan lolongan seperti Anjing Siberian Huskey.

Anjing Basenji yang Tak Bisa Menggonggong
Photo: Copyright basenji-sighthounds.blogspot.co.id
Namun ini semua tidak bisa dilakukan langsung secara instan. Mereka harus beradaptasi lama terlebih dahulu. Biasanya para pengembang biak (breeder) Anjing Basenji akan membesarkan mereka sejak masih kecil satu tempat dengan hewan lain yang ingin ditiru suaranya.

Terkenal sebagai Anjing Pemburu Terbaik
Tak seperti jenis Ras Anjing lainnya yang banyak menggonggong saat bertemu lawan atau mangsanya. Anjing Basenji ketika sedang melakukan perburuan, gaya berburunya mirip sekali dengan macan tutul, ia akan mengendap diam-diam mendekati mangsanya. Kemudian akan melompat dan menerkamnya. Untuk masalah lari pun kecepatan mereka luar biasa, meski tak sekencang anjing pelari Greyhound.
Karakter Anjing Basenji
Konon, karakter dan tingkah laku Anjing Basenji mirip sekali dengan Kucing, selain bisa meniru suara meong. Ia juga senang merawat dirinya sendiri dengan menjilati semua bagian tubuhnya. 
Dan sering terlihat termenung menyendiri sambil memandangi kaca pintu rumah persis banget seperti kucing. Namun kekurangannya ia hanya loyal kepada satu majikan saja, serta responnya tidak cepat tanggap alias begok ketika dilatih.
Photo: Copyright dogbreedinfo.com
Hiperaktif dan Pandai Kabur alias Meloloskan Diri
Jika kamu memiliki anjing peliharaan yang hiperaktif rasanya bikin pusing pala barbie bukan? Sebentar-sebentar lari-larian dengan temannya, berantem-beranteman atau yang paling parah merusak barang di rumah. Jadi bila suatu saat ingin memelihara Anjing Basenji jangan coba-coba untuk lengah sedikitpun. 
Karena ia dikenal tak hanya hiperaktif saja. Ia juga jago meloncat, memanjat pagar dan pandai melarikan diri. Sering ditemukan kasus orang memelihara anjing basenji, padahal mereka sudah memasang pagar tinggi, ternyata anjing tersebut bisa kabur meloloskan diri dengan cara membongkar tanah dibawah pagar. Solusinya taruh saja digarasi rumah dan jangan pernah ditaruh di halaman taman.
Anjing Spesies Tertua di Dunia (Ras Primitif Termurni)
Jauh sebelum keberadaan Anjing Basenji sangat populer di Amerika dan negara-negara wilayah Eropa. “Sejarah Anjing Basenji” mula-mula, dikatakan sebagai anjing suci dan paling dihormati oleh manusia. 
Dalam mitos Mesir kuno, Basenji dipercaya dapat mengusir roh-roh jahat serta penjaga desa mereka dari ancaman wabah tulah, santet serta bahaya. Dan tak sembarang orang bisa memelihara mereka, Anjing Basenji hanya diperbolehkan bagi para pahlawan Mesir saja, karena Basenji dianggap sebagai hadiah penghormatan tertinggi.

sejarah anjing basenji
Hal ini bukanlah rumor, karena gambar anjing Basenji ditemukan dalam salah satu makam Firaun di Mesir. Itulah sebabnya Anjing Basenji masuk dalam daftar spesies anjing tertua di dunia. 
Setelah peradaban mesir kuno berakhir, anjing Basenji tidak dianggap suci lagi. Dan dimasa kini, anjing basenji yang tak bisa menggonggong lebih banyak dipakai untuk keperluan berburu bagi masyarakat Sudan dan Kongo Afrika. 
Namun fenomena paling menyedihkan, beberapa suku primitif di pedalaman Afrika kerap kali membunuh Anjing Basenji untuk dijadikan tumbal dalam ritual aneh pemujaan mereka. Sedangkan di Negara Amerika Serikat sendiri, mereka dijadikan hewan peliharaan rumah dan sering diikutkan dalam kontes dog show, seperti halnya pemeran anjing trah di Indonesia.