Aturan Mengemudi Paling Nyeleneh di Dunia

Kamu tau aturan apa aja sih yang harus dipatuhi sama seorang pengemudi kendaraan seperti mobil? Nomer satu ya tentu saja kelengkapan surat atau administrasi seperti Surat Izin Mengemudi dan STNK. 
Aturan kedua yang harus kamu turuti ya seperti memakai sabuk pengaman saat menyetir mobil, mengikuti petunjuk rambu-rambu lalu lintas, dan menyalakan lampu kalau sudah malam. Pengemudi di seluruh dunia juga sepertinya sudah paham di luar kepala tentang aturan berkendara dan peraturan lalu lintas tersebut tersebut. 
Tapi ternyata ada beberapa negara di dunia yang punya aturan mengemudi paling nyeleneh bin ajaib yang bisa bikin geleng-geleng kepala kalau kamu ngeliatnya di jalanan. Bayangkan kalau peraturan-peraturan aneh tersebut dibuat dan diberlakukan di Indonesia, siap-siap aja kamu bakal jadi langganan tilang di jalan sama Pak Polisi!
Di Republik Kroasia, Nggak Boleh Isi Bahan Bakar Bensin Full
Biasanya, sebelum pergi dengan jarak tempuh yang jauh pasti kamu bakal mengisi tangki bensin sampai penuh supaya tidak repot kalau nanti kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan. 
Kalau di Indonesia petugas atau operator SPBU mengisi bensin sampai meluber dari tangki, lain halnya jika di negara Kroasia. Ada aturan wajib yang melarang kamu untuk mengisi bahan bakar sampai full. 
Aturan Mengemudi Paling Nyeleneh di Dunia
Alasannya sederhana aja kok, demi keselamatan kamu selama di perjalanan. Bukan hal yang ngga mungkin bensin yang tumpah dan menetes di sekitar tangki bisa menyebabkan kecelakaan. Nggak cuma itu, polisi lalu lintas Kroasia juga mewajibkan seluruh pengemudi mobil untuk menyediakan satu set lampu cadangan. 
Kalau kamu kebetulan sedang liburan di Kroasia dan pengen mencoba melanggar aturan itu, siap-siap aja kena tilang atau bahkan dikenakan denda berat! 
Peraturan itu emang dibuat bukan tanpa alasan lho. Bayangkan saja ketika lampu mobil kamu mati di tengah jalan dan tidak membawa cadangan. Selain bikin kamu repot juga bisa membahayakan keselamatan pengemudi lain di jalanan.

Gak Boleh Menyetir Mobil dalam Keadaan Tertutup Mata
Ada-ada saja Negara yang menerapkan aturan mengemudi mobil paling aneh dan nyeleneh ini, dari orang sehat sampai orang gilak juga tahu kalau nyetir mobil sambil mata ketutup sama aja bunuh diri. Tapi ini sebuah realita jika pemerintah di Alama menerapkan aturan lalu lintas tersebut. 
Photo: Copyright youtube.com
Bagi siapa saja para pengemudi mobil yang berani melanggar aturan tersebut akan dikenakan sanksi berat sampai kurungan pidana. 
Dan yang gak kalah konyolnya, disana juga boleh melawan arah arus jalanan dengan syarat harus menyalakan lampu mobil. Lalu bagaimana kalau terjadi kecelakaan?, itu mah namanya apes juragan 🙂

Di Islandia, Bisa Minta Asuransi Karena Bencana Alam
Asuransi emang diperlukan banget buat proteksi kendaraan pribadi kamu kalau suatu saat ada kejadian misalnya kaya kecelakaan atau pencurian. Kalau mobil udah punya asuransi, maka kamu ngga perlu khawatir karena nanti kamu bakal dapet uang jaminan dari asuransi tersebut. 
Di Indonesia sendiri biasanya asuransi cuma sebatas dikasih kalau mobil kamu mengalami kecelakaan atau pencurian. Sedangkan di Islandia, asuransi bisa dikasih untuk mobil yang mengalami bencana alam. Alasannya karena letak Islandia yang emang daerahnya dikelilingi sama gunung api yang masih aktif.
Selama beberapa periode, gunung itu bakal ngalamin erupsi dan juga menimbulkan badai. Makanya, pihak asuransi disana mewajibkan para pengguna kendaraan khususnya mobil untuk punya asuransi bencana alam. 
Jadi, kalau sewaktu-waktu dan mudah-mudahan jangan sampai terjadi, ada gunung api yang meletus kamu ngga perlu khawatir karena kamu tetep bisa dapet uang jaminan asuransi. Keren kan? Semoga aja di Indonesia juga menerapkan sistem asuransi canggih tersebut.
Tidak Boleh Satu tangan apalagi Lepas tangan saat Nyetir Mobil
Gak kalah aneh dengan Islandia, sepertinya Undang-undang Lalu Lintas yang berlaku di Cyprus merupakan pelanggaran HAM paling berat, bagaimana tidak jika kita menyetir mobil disana jangankan untuk lepas kedua tangan, satu tangan aja beristirahat bisa jadi masalah besar.

Photo: Copyright blogcdn.com

Lalu gimana cara oper giginya atuh, ya gapapa kalau cuma itu
. Yang gak boleh misalkan menyetir mobil sambil merokok, nyetir sambil baca koran, chat atau teleponan dan menyetir hanya dengan satu tangan sambil menyenderkan tangan lainnya dibangku jok atau bersandar di pintu mobil.

Dilarang Keras Kehabisan Bensin
Sahabat kejadiananeh.com, jika di Negara Krosia tidak boleh mengisi bahan bakar sampai luber. Di negara Jerman justru sebaliknya, para pemilik mobil diwajibkan agar mengisi bahan bakarnya cukup atau full selama dalam perjalanan.

Dan bila ada mobil yang berhenti dijalanan tanpa alasan mogok atau rusak yang ternyata karena kehabisan bensin, tanpa tedeng aling-aling Polisi Lalu Lintas di Jerman akan memberikan surat tilang kepada pengemudinya. Walah sudah kesusahan malah ditambah tilang hahaha.

Gak Boleh Nyipratin para Pejalan Kaki 
Gak kalah unik dengan aturan aneh mengemudi di negara lainnya. Di negeri Sakura Jepang, juga banyak peraturan aneh yang harus ditaati. Jika kamu seorang pengendara mobil dan sedang melewati jalan berair alis becek dan berlumpur. Dilarang keras sengaja atau tidak sengaja menyipratkan/ mengotori para pejalan kaki yang sedang berada di trotoar atau dipinggir jalanan. 
Perbuatan tersebut termasuk dalam tindakan pidana ringan yang dianggap merugikan orang lain. Dan jika kartu SIM kamu memakai kacamata, maka saat mengendarai mobil/ motor diharuskan juga untuk memakai kacamata, kalau sampai kedapatan kamu melepas kacamata bisa ditilang oleh pak Polisi.

Photo: Copyright theatlantic.com

Kemudian khusus para pengemudi sepeda motor yang akan melakukan touring/perjalanan jauh diwajibkan untuk istirahat setiap 2 jam sekali. Tentunya demi kesehatan fisik si pengemudi agar tidak membahayakan pengemudi kendaraan lainnya dijalanan, akibat lelah atau mengantuk. 

Lah emangnya ketahuan? Ya jelas saat ingin Touring, sang pengemudi motor harus menyiapkan kartu rencana perjalanan ditempat-tempat mana saja ia harus bersinggah untuk beristirahat setiap 2 jam.
Penerapan Plat Nomor Ganjil Genap
Program pengurangan kemacetan di Jakarta yang ingin menerapkan sistem plat nomor ganjil dan genap sepertinya terinspirasi dari Manila, Ibu Kota dari Filipina. 
Di negeri tersebut memakai mobil dengan plat nomor akhiran 1 dan 2 dianggap perbuatan Ilegal jika digunakan hari Senin. Begitupun untuk aturan di hari yang berbeda. Penggunaan angka Plat nomor mobil harus menyesuaikan.
Di Italia, Anjing Juga Wajib Pake Sabuk Pengaman
Sebagian besar atau malah seluruh keluarga di luar negeri punya anjing buat jadi hewan peliharaan. Disana makhluk yang jadi sahabat terbaik manusia ini sudah dianggap seperti bagian keluarga sendiri. Jadi bukan hal yang aneh kalau ngeliat ada orang yang bawa anjingnya buat ikutan kemanapun mereka pergi. 
Entah cuma sekedar jalan-jalan naik mobil atau bahkan sampai travelling ke tempat-tempat jauh. Nah, kalau kamu ada rencana buat ajakin hewan kesayanganmu itu ikutan berlibur ke Italia, ada satu aturan yang harus kamu tau nih. Anjing yang ikut serta di dalam mobil juga wajib pake sabuk pengaman. Jadi ngga cuma manusianya aja, ya!

Karena menurut mereka, khususnya para polisi lalu lintas, hewan peliharaan seperti anjing juga punya hak buat mendapatkan keselamatan di jalan raya. Sahabat kejadiananeh.com, kalau dipikir-pikir, aturan ini ada benarnya juga sih. Kan, kasian kalau kamu lagi jalan-jalan sama anjing kesayanganmu dan tiba-tiba kamu ngerem mendadak. 
Kamu sih, selamat karena udah pake sabuk pengaman. Nah, gimana dengan nasib anjingmu yang ngga tau apa-apa, palanya benjol gara-gara punya majikan super Oon hehehe.
Di Amerika, Seorang Pengemudi Boleh Pake Bikini bahkan Bawa Seekor Gorila
Peraturan lalu lintas aneh yang satu ini emang keliatannya susah atau bahkan ngga bisa diterapkan. Masalahnya, siapa sih yang mau bawa-bawa gorila untuk jalan-jalan atau pamer bikini seksi yang baru kamu beli pas lagi nyetir? 
Tapi untuk dua wilayah di Amerika, Minnesota dan Kentucky ini nampaknya peraturan aneh lalu lintas dan berkendaraan itu bisa diterapkan.

Misalnya aja, kebetulan kamu adalah seorang penjaga kebun binatang dan diharuskan ngajak gorila jalan-jalan biar ngga penat. Asalkan si gorila duduk di samping kusir supir, kamu aman dari tilangan pak polisi kok. 
Beda daerah sudah pasti beda budaya lalu lintas. Kalau di Kentucky sendiri, kamu bisa ngajakin seluruh anggota keluarga perempuan kamu untuk jalan-jalan cuma pake bikini! Tapi ada syaratnya, yaitu harus dilengkapi sama alat perlindungan diri jika nantinya terjadi kejadian hal
-hal yang nggak kamu inginkan. 

Wajib membawa kacamata cadangan saat Nyetir Mobil di Spanyol
Ingin mengendarai mobil di Spanyol? Sebaiknya kamu menyiapkan sebuah kacamata cadangan yang harus diletakkan di atas dashboard. Sebab jika pak Polisi tak sengaja melihat Dashboard mobil kamu tanpa kacamata cadangan, ia akan langsung memberhentikan mobil yang kamu kemudikan dan memberikan surat tilang. 
Disana para pengemudi selain wajib untuk memakai kacamata meskipun matanya Gak Eror, juga harus menyediakan kacamata cadangan. Hal ini agar berjaga-jaga jika kacamata utama tersebut tak sengaja rusak dan ada persediaan cadangannya.
Memiliki Alat Tes Mabuk (pendeteksi ukur nafas Alkohol) 
Di New South Wales, salah satu negara bagian Australia ada peraturan khusus yang memaksa para pengemudi kendaraan bermotor. Yaitu mereka diharuskan memasang alat interlock senilai ribuan dollar yang dipasang lewat kunci kontak mobil. 
Sebelum menyalakan mobil, pengemudi diharuskan menghembuskan nafasnya terlebih dahulu ke alat interlock tersebut. Jika alat interlock menunjukkan angka Nol maka mesin kendaraan tersebut bisa menyala. Hal ini mengingat angka kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi akibat para pengemudi mobil yang senang mabuk-mabukan.

aturan aneh mengemudi

Dengan alat tersebut terbukti efektif mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Selain New South Wales, alat pendeteksi mabuk serupa juga diterapkan di Negara Perancis, namun tak secanggih untuk mematikan mesin mobil secara otomatis. 
Saat berlangsungnya razia atau pelanggaran lalu lintas, jika sang pengemudi tak bisa menunjukkan alat pendeteksi mabuk selain SIM dan STNK, maka ia akan langsung diberikan sanksi tilang oleh Polisi.

Boleh Berhubungan Oh ya Oh yee didalam Mobil
Peraturan berkendara paling nyeleneh berikutnya paling enak didengar khususnya buat kamu yang suka kebablasan saat berbuat kimpoi didalam mobil tanpa harus takut ditangkap oleh Pak Polisi. Ada tiga negara yang memberbolehkan para pengemudinya untuk berbuat hooh hooh oh yess ono telo telo opo!

Peraturan lalu lintas aneh

Yang pertama di New Mexico, adalah perbuatan yang dianggap Legal alias tidak melanggar hukum jika sepasang manusia melakukan hubungan kimpoi didalam mobil dengan syarat, mobil tersebut harus dalam keadaan di parkir dan tentunya bukan dijalan raya yang ada larangan berhenti atau parkirnya. 
Peraturan konyol ini sama berlakunya untuk di dua negara selanjutnya yaitu di Idaho dan Massachusetts yang sama-sama merupakan negara bagian Amerika Serikat.
Di Uni Emirat Arab, Unta Lebih Utama Daripada Manusia
Kamu pastinya udah tau dong kalau di negara federasi yang satu ini punya hewan yang bisa hidup di kondisi dan cuaca dengan panas yang bisa dibilang sangat ekstrim. Yap, betul banget Uni Emirat Arab atau Arab dengan hewan khasnya yaitu Unta si Punuk bertingkat.

Negara yang memiliki kota yang paling terkenal dengan segala kemewahannya yakni Dubai dan Abu Dhabi ternyata punya aturan khusus nih buat para unta-untanya. Jadi kalau ada pribumi alias warga asli Arab atau wisatawan asing yang lagi jalan-jalan di kota tersebut, mereka harus memprioritaskan unta di atas segalanya. 
Jadi ketika ada unta yang lewat di jalan raya, karena memang unta disana dibiarkan bebas berkeliaran, kamu harus berhati-hati ketika lagi nyetir mobil. Begitu pula kalau ada unta yang lagi nyebrang jalan, mau ngga mau kamu harus berhenti dulu menunggu. Di sepanjang jalan kamu juga bakal nemuin plang rambu lalu lintas kok, dengan simbol unta.
Rusia Memberlakukan Mobil wajib Bersih
Bagi kamu yang malas untuk mencuci mobil pribadi sendiri. Jangan pernah berharap gaya hidup jorok kamu dapat diterima di Negara Rusia. Disana ada aturan nyeleneh yang mengharuskan mobil-mobil yang akan dibawa keluar jalan raya, wajib dalam keadaan bersih. 
Jika sampai ketahuan mobil kamu kotor padahal tidak dalam keadaan hujan atau jalanan berlumpur. Bersiap-siap saja untuk menerima surat cinta alias tilang dari Pak Polisi.
Di Jerman, Boleh Kok Nyetir Nggak Pake Baju
Dari sekian banyak aturan mengemudi di berbagai negara maju, kayaknya ini emang yang paling aneh dan nyeleneh. Pake bikini aja udah bikin kamu geleng-geleng kepala kan? Apalagi telanjang! Ada-ada aja emang aturan yang dibuat sama negara yang satu ini. Yap, betul banget. Jerman emang ngebolehin pengendara mobil membawa mobilnya dengan keadaan telanjang.

Pemerintah disana menganggap kalau mobil itu juga te
rmasuk salah satu ruang pribadi yang artinya si pemilik mobil bebas melakukan apa aja, termasuk lepasin bajunya pas lagi nyetir. Tapi ada satu hal nih yang harus kamu perhatikan. Meskipun telanjang, tapi jangan lupa untuk tetap mengenakan alas kaki atau kaus kaki. 
Soalnya, kalau kamu lagi nyetir terus tiba-tiba mengalami kecelakaan tapi kamu ngga pake alas kaki, maka kamu ngga akan dapet uang asuransi. Nah loh! Dimana hubungannya ya? Tapi yang pasti, mau di negara manapun, menyetir mobil emang harus hati-hati ya, demi keselamatan orang banyak. 
Ok sahabat kejadiananeh.com itulah beberapa negara di dunia yang menerapkan aturan mengemudi paling nyeleneh. Tak dapat dibayangkan, jika peraturan lalu lintas aneh tersebut juga diterapkan di negeri kita Indonesia.