Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kelakuan Blogger Tukang Copas Artikel Paling Menyebalkan

01 Apr 2016

Sahabat kejadiananeh.com, artikel ini khusus saya persembahkan kepada para blogger tukang copas yang doyan copy paste artikel tanpa izin di Blog ini. Tapi selain curhat pribadi saya yang sudah emosi tingkat Dewa, ada berbagai trik/cara melaporkan, misalkan blog atau web kamu sering menjadi korban tabrak lari eh maaf tumbal para copaser juga. 


Saya bukanlah seorang master SEO, saya cuma Ikan Teri yang memiliki mimpi untuk punya Shelter (rumah penampungan) bagi anjing dan kucing yang terlantar di jalanan ataupun yang menjadi korban penyiksaan majikan kejam. Maybe My Boss alias Tuhan, suatu hari nanti mengizinkan blog ini menjadi BESAR, sehingga saya bisa mewujudkan mimpi aneh tersebut, atau mungkin dengan jalan lain. 

Sebab cara Tuhan sangat unik dan ajaib memberikan hadiah kepada semua hambanya. Dan apa yang kita minta terkadang tidak dikabulkan, bukannya Tuhan Pelit tapi bisa jadi keinginan kita itu bisa 'menjebak' hidup kita. Ah elah jadi curhat colongan gini hahaha, ayo kita kemon kembali ke topic pembahasan :)

Fakta Suram Blog yang jadi korban Copy Paste:

Bagi seorang blogger Newbie (termasuk saya) dampak dari artikel yang dicopy paste oleh serangan negara api, akan sangat terasa sekali. Jangan heran kalau traffic blog kamu sulit untuk meningkat, padahal sudah mencoba membuat banyak artikel original, kok Google masih cuek bebek gitu gak dikasih-kasih hadiah peningkatan visitor (pengunjung). 

Fakta bahwa google lebih melihat ke arah Blog Otoritas dalam arti lain Blog senior dengan DA PA tinggi (jaman dahulu PageRank). Ketika ada blog senior yang mengcopy paste seluruh/sebagian isi dalam artikel kamu, tanpa sertakan sumber link aktif dan dengan memberikan judul yang sama persis atau mirip. 

Percayalah cepat atau lambat artikel blog kamu yang sudah mendapat peringkat Page One akan ditendang jauh-jauh. Mungkin dia sedang beristirahat di page 10 ataukah 30? Apa mungkin masih ada orang yang mencari artikel dipage sejauh itu hehehe.

Kelakuan Blogger Tukang Copas Artikel Paling Menyebalkan

Tapi selama blog tersebut memberikan sumber link aktif gak usah khawatir meski terkadang suka tenggelam, tapi pada akhirnya artikel akan muncul kembali di Page One, selain itu semakin menambah reputasi blog kamu dan sedikit kebagian cipratan visitor dari blog tersebut serta dapat backlink gratis tanpa perlu auto-autoan :). 

Fakta bahwa 1 link dofollow yang diselipkan dalam artikel jauh lebih berkualitas dan paling dicintai google dibandingkan dengan ribuan backlink dari software ataupun ratusan link yang berasal dari komentar. 

Apalagi jika yang memberikan link aktif adalah blog yang nichenya kebetulan sama dengan blog kamu, Mantab pisan cuy, nampol benerr!

Jenis-jenis a.k.a Spesies Blogger Tukang Copy Paste Artikel

Ingat yah! jangan pernah menyamakan Share Artikel dengan Copy paste Artikel, meskipun sama-sama bersifat menyebarluaskan info. Tapi ada kepentingan pribadi yang terselubung bagi tukang copas. 

Contoh sederhana yang mudah dicerna, kamu menggunakan software bajakan untuk kepentingan pribadi komputer kamu. Mungkin itu tidak jadi masalah meskipun tetap ada 'perasaan bersalah'. Tapi kalau untuk diperbanyak dan dijual ulang kembali sudah tentu itu jadi masalah besar, bahkan termasuk tindak pidana. 

1. Tukang Copas Level Newbie

Menyalin artikel dimulai dari Judul, isi artikel dari titik koma lengkap alias sama persis gak ada yang dirubah. Begitupun fotonya, malas upload ulang, apa kehabisan kuota cuma numpang url gambar atau gak ngerti sama sekali cara kompres foto hahaha! Okeh, lalu bagaimana cara mengatasi copy paste level tersebut?

Sangat mudah melaporkannya, Silahkan isi formulir pengaduan melalui link dibawah ini, bisa menggunakan bahasa Indonesia juga kok, daripada menggunakan bahasa linggis kamu yang bikin gagal paham hasil dari translate google hehehe.

Melaporkan ke Google DMCA

Melaporkan ke DMCA Wordpress


2. AGC, Auto Generate Content 

Bagi kamu khususnya para blogger, pernahkah mendapati ketika kamu publish artikel gak ada hitungan jam, bahkan cuma 1 menit saja ada yang menyalin artikel bulat-bulat. Mulai dari Judul, isi artikel sampai foto yang sama persis, konyolnya semua link internal antar artikel juga ikut diangkut hahaha. 

Gak usah panik, itu namanya blog AGC yang menyalin otomatis dari API atau RSS Feed milik blog kita tanpa perlu repot-repot mempublish artikelnya. Ingat yah Blog AGC dengan Autoblog sedikit berbeda tapi menurut saya pribadi sama kejamnya hahaha. Yang berbeda tapi legal itu adalah User Generated Content (UGC). 

Sebenarnya untuk pencurian artikel dari jenis tukang copas seperti ini gak usah terlalu panik, tunggu saja 4 sampai 6 bulan kemudian, blog ini juga lama-lama hilang dari peredaran google. Tapi kalau buat blog kamu yang masih seumur jagung sangat mengerikan, bisa-bisa SERP blog tenggelam.

Lalu Bagaimana Mencegah pencurian artikel oleh Blog AGC ini?

Untuk mencegah, kebanyakan para pemilik blog mengubah setelan umpan blog didalam dashboard menjadi singkat yang awalnya full. Cara kedua mempersingkat karakter tulisan feed lewat FeedBurner. Contohnya 'baca artikel di sumber aslinya di blogkejadiananeh.com' yang muncul dalam tampilan di Blog AGC, padahal seharusnya kan isi semua artikel yang ditampilkan. 

Cara ini dulu sangat efektif, saya sendiri malahan menggunakan gambar-gambar konyol untuk mengganti karakter tulisan. Jadi ketika dipublish otomatis oleh AGC sudah dapat ditebak, tampilan layout blog nya tertutup semua oleh gambar super besar yang sudah saya setting hahaha. 

Tapi percayalah cara ini sudah ketinggalan jaman, kecanggihan blog AGC sudah jauh lebih hebat, wajar saja para pemilik blog tersebut bukan bocah kemarin sore, mereka jauh lebih senior. Dia bisa mengcopy paste tanpa bisa dicegah termasuk link-link aktif kamu dimatikan.

Cara terbaik dan paling ampuh satu-satunya hanya mengadukan ke Google DMCA kalau kamu udah merasa jengkel berat. Gak usah kirim semua link artikel yang dicopas, cukup 3 atau 5 saja, nanti juga semua artikel yang terkait akan dihapus total. 

Nasib suram untuk blog yang masih menggunakan blogspot tanpa domain, pasti akan langsung dihapus. Sedangkan sejenis Wordpress atau blogspot custom domain jarang dihapus palingan hanya terkena Deindex dari google. Mirip-miriplah penderitaannya :) 

3. Copaser Senior

Tipe plagiat yang cukup kreatif, merubah awal dan akhir paragraf saja, serta mencampurkan isi artikel dari beberapa sumber dan semua isi paragraf dibagian tengah-tengah masih utuh copasan. Dan ingat! jangan samakan dengan Artikel Rewrite yang mengubah isi artikel penuh ke gaya penulisan sendiri. Meskipun sebenarnya... ah sudahlah, nanti si komo lewat.

Dulu saya juga suka merasa kesulitan untuk mengadukan spesies tukang copas seperti itu, agak sedikit ribet bila mengadu ke google DMCA harus menyertakan bukti-bukti lebih akurat seperti Screen Capture dari beberapa paragraf/deskripsi yang sama persis.


Hingga pada hari minggu ku turut ayah ke kota, naik delman istimewa ku duduk di muka  kebetulan lagi punya uang lebih langsung langganan DMCA.com, emang berasa banget kemudahannya saat kita melaporkan perihal pencurian artikel. Dan gak cuma dipakai buat gaya-gayaan atau nakut-nakutin doang.

Hanya 1 paragraf saja ada kesamaan persis dari artikel milik kita, DMCA.com bisa melakukan Take Down. Tapi ya itu dia yang bikin gak nafsu makan, untuk langganan selama setahun dikenakan biaya sebesar 100 Dollar. Emakk...eee.

Cara saya bikin Blogger Copas jenis ini Kapok 

Terkadang saya memakai 'cara halus' gak harus bikin pengaduan. Misal berkali-kali ngambil artikel tanpa sertakan sumber dan edit sana edit sini biar gak kelihatan banget copasnya. Saya akan berbuat yang sama alias dendam nyi lepeet.

Kebetulan saya suka bantu-bantu nulis di blog teman-teman, nah saya akan ambil artikel populer di blog doi yang kebetulan sudah ngopas. Judulnya malahan saya bikin semirip mungkin dan bukan hanya 1 atau dua saja, bisa jadi kelipatan 3.

Ini masih mending loh. Salah satu orang yang saya anggap 'guru', malahan kalau lagi jengkel sama blog orang lain yang cari perkara sama dia. Pasti dibuatnya blog itu kebanjiran traffic, luar biasa bukan? Tapi sayangnya kebahagiaan ini hanya sesaat, endingnya **BOOM** blog tersebut Deindex hahaha.

4. Mengubah Artikel ke dalam bentuk Video Youtube

Sahabat kejadiananeh.com khususnya para pemilik blog newbie sama seperti saya. Kamu pernah melihat ada video Youtube yang menayangkan pembahasan artikel dengan suara wanita? 

Percayalah dengan saya itu suara cowok jantan, yang hanya menggunakan software/aplikasi pengubah suara. Tak hanya bisa merubah dari suara cowok ke cewek atau sebaliknya. Untuk merubah jadi suara kartun pun bisa seperti suara si tupai lucu Alvin and The Chipmunks.

Cara untuk mengadukan copy paste dari artikel ke video youtube sangat mudah. Dan perlu diketahui tentang pelanggaran Hak Cipta, Youtube sangat sekali cepat merespon perihal tersebut. Misalkan kamu membuat video pribadi dengan pacar kamu yang pasti bukan ogep dong hehehe. 

Trus latar belakang suaranya pakai musik terkenal milik penyanyi. Kalau suatu hari pemilik resmi atau produser tersebut mengetahui bisa jadi masalah besar, video pribadi kamu bisa langsung dihapus. Sampai 3 kali pengaduan akun youtube kamu langsung dibanned, tidak bisa upload video kembali. Suram bukan? Nah trus gimana caranya biar aman? Pake suara jangkrik aja cuy hahaha

Link Tempat lapor video bermasalah, tidak pantas ataupun video copas youtube!


Saya kasih contoh beberapa artikel saya yang sudah dicopas dengan merubah ke dalam bentuk video. Padahal dari gambar, judul dan isi artikel (suara) sudah dibedakan. Namun betapa bijaknya Youtube, hanya dalam 2 hari sejak pengaduan saya, video-video tersebut langsung dihapus. 

Jauh lebih cepat responnya dibandingkan dengan membuat laporan ke google DMCA. Dan enaknya mereka sangat lancar bahasa Indonesia, saya aja pakai bahasa gaul hahaha.


5. Copaser Terhormat yang layak diacungi jempol

Bagi saya pribadi adalah sebuah kehormatan besar jika ada blog yang mengcopas artikel saya dengan memberikan link sumbernya. Mereka secara tidak langsung menghargai eksistensi blog saya, dan jika saya pun mengambil artikel dari beberapa sumber. Tak perlu menautkan sumber blog dari saya, akan lebih baik jika mereka memberikan link aktif kepada sumbernya langsung. 

Saya pun pernah mendapatkan pengaduan email dari personal yang merasa keberatan fotonya ada dalam artikel saya. Dari mulai membuka email dan memastikan orang tersebut adalah pemilik sah dari foto tersebut. 

Saya langsung menghapus fotonya sembari mengucapkan permintaan maaf, 'mohon untuk dimaafkan atas perbuatan saya yang tidak pantas dan membuat mbak tidak nyaman, namanya juga makhluk halus manusia terkadang khilaf', hehehe.

Oh iya satu hal lagi, kalau copas meskipun sudah memberikan link sumber, jangan keterusan dari satu blog itu mah namanya ngerampok atuh, 11 12 sama kaya kelakuan blogger konyol diatas. Dan meskipun sudah mencantumkan link sumber bukan jaminan aman dari pengaduan, sebab gak semua pemilik blog ikhlas artikelnya di duplikat.

6. Spesies Blogger paling Langka dan paling Ngehek Sejagad Raya!

Inilah kelakuan blogger yang bikin perut mules gara-gara ketawa ngakak, udah copy paste mentah-mentah, diblognya ditempelin widget DMCA untuk proteksi semua artikelnya. hahaha Ngehek banget gak!.


Bagaimana Cara melindungi Artikel dari Tindakan Copy Paste Tanpa Izin?

Sahabat kejadiananeh.com setelah saya menjelaskan tentang cara pengaduan, jenis dan spesies tukang copas dimuka bumi. Kali ini saya akan memberikan fakta tentang perlindungan plugin/script Anti Copas artikel yang selama ini dianggap ampuh dan banyak diterapkan oleh para pemilik blog/website.

Mendisable atau Mematikan Fungsi Klik Kiri, Klik kanan, Select Text dan semua control keyboard untuk copy paste. Percayalah! semua trik ini hanya memperlambat proses pencurian copy paste saja, banyak cara untuk menjebol pertahanan tersebut, salah satunya dengan menonaktifkan/mendisable fungsi dari *a***c*ip* (sengaja saya gak kasih tahu nanti malah disangka ngajarin).

Dan sekalipun menggunakan plugin yang jauh lebih ampuh, jika fungsi pada browser sudah dimatikan tetap gak ngaruh. Masih bisa menggunakan pihak eksternal dari Jasa website lain. Konyol bukan? Selain itu kerugiannya banyak apalagi jika niche blog kamu tentang panduan membuat blog yang banyak memuat kode, script atau blog tentang resep-resep makanan. 

Pengunjung Asli dan bukan kaum tukang copas pasti kecewa berat karena artikel kamu cuma bisa diplototin, tanpa bisa di save untuk dijadikan catatan panduan. Jadi solusi terbaik ya hanya satu, mengadukan konten yang jadi korban copy paste melalui link-link yang sudah saya berikan diatas.


Fenomena menjadi seorang Blogger yang menjadi Korban Copas

Pepatah kuno bilang tak ada selulit yang tak retak, kalau gak mau jadi korban copy paste gak usah bikin blog atau share artikel ke media sosial, mendingan tulis di buku diary aja sekalian, Egois banget sih!......(Seseorang tanpa nama berkata, kita sebut saja Mawar).

Seringkali pemilik blog yang suka mengadu dianggap Raja Tega, padahal yang TEGA itu siapa sih sebenarnya?

Bagi saya itu adalah kebebasan seseorang untuk berpikir dan berpendapat, dan saya menghargai pemikiran tersebut. Begitupun sebaliknya, mereka harus menghargai pemikiran saya yang tentu saja berbeda 180 derajat! 

Kalau begitu buat apa kita mandi kalau nanti kotor juga? Dan jangan punya mobil atapun motor kalau takut dicuri! Hey bos jangan melakukan penggiringan opini, pemikiran tersebut sama saja pembunuhan karakter. Baik belum tentu benar, dan kebenaran itu rasanya Pedass Cuy! 

Kalau semua orang punya prinsip dan pemikiran seperti itu dijamin masuk surga semua. Misal saya korupsi 80 milyar, 30 milyarnya saya pakai untuk foya-foya, bersenang-senang. Dan sisanya 50 milyar saya sumbangkan untuk mendirikan rumah ibadah, memberi santunan kepada anak-anak yatim piatu sebagai bekal nanti di akhirat! 

Apa bisa Tuhan dikelecein dengan trik sampah seperti itu? Jangan tanya kenapa :)

blogger tukang copas

Cobalah untuk menghargai karya pemikiran orang lain, jangan semakin mengaburkan permasalahan yang seolah-olah membela secara tidak langsung perbuatan dari para tukang copas. Mengambil milik orang lain tanpa sepengetahuan dan seizin empunya, bukankah itu namanya Pencuri?. 

Adakah seseorang di dunia ini jika mendapati seseorang tak dikenal masuk ke dalam rumahnya dan ketangkap basah sedang menggendong TV. Apakah sang pemilik rumah akan mengajaknya kenalan atau mentraktir makan? 

Jawabannya cuma tiga, dipukuli seisi rumah, dibakar massa atau diserahkan ke Kantor Polisi. Lalu dapatkah si pencuri tersebut mengadukan balik ke Polisi ataupun Komnas HAM bahwa si pemilik rumah telah memukulinya sampai babak belur dan menjeratnya dengan Pasal Penganiayaan? Jangan tanya kenapa :)

Ingat juga tak ada niat saya memusuhi para tukang copas, kita semua pun 'mungkin' saat masih belajar Ngeblog pernah berbuat seperti itu. Dan saya cuma ingin sekedar berbagi Persepsi, bahwa menulis itu capek meskipun hanya rewrite, dalam tanda kutip rewrite yang merubah total isi artikel ke gaya bahasa sendiri, bukan yang cuma ganti kata penghubung.

Untuk rewrite ini sendiripun ada batasannya, misalkan Hak Cipta milik seorang musisi seperti lirik lagu. Kalau sampai ada seorang blogger merubah lirik lagu biar gak dianggap copas. Itu mah otaknya udah baret alias sakit jiwa hahaha.

Belum lagi seorang blogger yang membuat artikel hasil dari ide sendiri, atau mencari referensi dan terjemahin web luar, memilah-milah sumber, seharian begadang fantad sampe ngebul. Endingnya, beberapa hari kemudian dapat surprise artikel dicopas...Waahh Senangnya!!

Related Article