6 Iklan Papan Reklame Paling Kontroversi di Dunia

Membuat iklan papan reklame yang unik, aneh dan kreatif memang suatu taktik promosi yang sangat ampuh untuk membuat laris suatu produk dagangan. Dan Advertisement tak hanya melalui media cetak ataupun media online saja. Cara konvesional yang terbilang lama pun masih laris digunakan dalam dunia marketing seperti penggunaan papan reklame, papan baliho yang banyak terpajang di jalan raya mulai dari perempatan lampu merah, jembatan sampai jalan tol.
Namun terkadang desain dari banner ataupun Billboard ini yang awalnya bertujuan untuk menarik minat masyarakat malahan menimbulkan masalah seperti 6 iklan papan reklame paling kontroversi di dunia ini. Materi dalam gambar yang diperlihatkan terlalu berani, seronok bahkan rasis. Ingin tahu seperti apakah penampakannya? berikut selengkapnya.

Pasang Baliho Besar Artis Cantik Thailand Berusia 45 Tahun Mencari Suami
Ada-ada saja cara yang dilakukan oleh Abg tua 45 tahun yang  dikenal sebagai artis Thailand ini. Mungkin di masa mudanya dia terlalu  sibuk dalam berkarir. Sampai-sampai ia lupa menikah dan kelewatan umur. Hingga membuat ia nekat mengiklankan dirinya pada papan reklame besar yang dipasang di jalan raya untuk melepas masa lajang.
Nama wanita itu adalah Aranya ‘Pui’ Pathumthong, entah benar atau tidak Aranya memastikan bahwa di usianya yang ke 45 tahun ia dijamin masih tetap perawan. Bagi siapa saja pria yang berminat sungguh-sungguh boleh untuk mendekatinya, tentu dengan syarat khusus darinya.

Iklan Papan Reklame Paling Kontroversi
Photo: Copyright bangkok.coconuts.co

Hingga akhirnya Aranya ‘Pui’ Pathumthong, menyewa sebuah iklan di papan reklame kontroversi berukuran besar di Bangkok, Thailand, dan berharap ada salah seorang lelaki yang mau menikahinya. Ia memasang foto seksi dengan belahan dada ayam serta keterangan yang begitu menggelora bertuliskan I Want You’ atau Aku menginginkanmu Hi Pria yang masih kesepian. 

Dan konyolnya tak hanya itu saja, ia juga mencantumkan nomer telepon seluler dan tulisan status berusia masih 40 tahun (dimudain umur 5 tahun) dan jaminan segel masih perawan ting tong.
Aranya sedang mencari suami!. ‘Biarkan aku mendapatkannya (kimpoi) sekali saja sebelum aku mati penasaran. Begitu tulis Aranya si gadis oneng dalam papan iklan kontroversi yang di pajangnya. Dan apesnya tak hanya menjadi gunjingan masyarakat.

Photo: Copyright bangkok.coconuts.co

Kepolisian juga memberikan sanksi denda sebesar 500 bath atau sekitar 200 ribu rupiah kepada Agency Advertisement tersebut karena telah melakukan pasal tindak pidana pornografi didepan umum.

Sebelumnya ia juga pernah memanfaatkan media online dan jasa pencarian jodoh untuk mendapatkan pasangan, namun cara tersebut gagal dan ia memutuskan untuk melakukan pendekatan secara konvensional. Hahaha konyol yah, coba di Indonesia sudah pasti banyak peminatnya nih dari kalangan aki-aki genit!

Billboard Restoran Pizza Pakai Bulu Kelinci Asli
Salah satu promosi iklan memang harus menarik perhatian masyarakat namun cara yang dilakukan ini benar-benar membuat shock mendengarnya. Bagaimana tidak? Hell Pizza menggunakan papan iklan berhiaskan dari kulit kelinci asli.  
Kisah ini bermula saat Hell Pizza  menambahkan menu baru awal tahun yakni pizza daging kelinci. Entah apa alasannya, Rupanya mereka menggunakan kelinci sungguhan di billboard untuk mempromosikan keaslian daging makanan yang mereka gunakan.
Hayooo dicoba  ‘Yang baru untuk Paskah. Pizza kelinci. Terbuat dari kelinci asli, seperti papan iklan ini’ demikian bunyi tulisan yang tertera di papan iklan tersebut.

Photo: Copyright dailymail.co.uk

Tak ayal, kritikan keras langsung datang dari warga lokal hingga netter di dunia maya. Namun jaringan pizza asal New Zealand itu ogah disalahkan dan membela diri. Mereka berdalih ikut mengendalikan hama yang disebabkan kelinci dengan menjadikannya bahan pizza.

Pizza kontroversial itu menggunakan bahan daging kelinci liar dari Southland dan Otago. Dagingnya yang diasap dicampur dengan kacang-kacangan, krim keju, rosemary dan bawang bombay.
Kontroversi ini sendiri bukan yang pertama kalinya dialami Hell Pizza. Mereka pernah jadi headline pada tahun 2006 karena menamai pizza dengan 7 dosa besar sebagai tanda raja iblis Lucifer, dengan mengirimkan kondom saat mempromosikan Lust Pizza. 
Pada tahun 2008 mereka juga harus meminta maaf karena beriklan menggunakan gambar almarhum
aktor Heath Ledger dan Ratu Inggris sedang menari di sebuah kuburan. Seperti gak kapok-kapok yah , entah kontroversi apalagi yang akan dibuatnya setelah ini.
Poster Reklame ini Tawarkan Cara Selingkuh
Salah satu iklan papan reklame yang  jadi kontroversi  juga pernah  diberitakan laman telegraph pada tanggal 25 Januari tahun 2010, Sebuah grup Facebook bernama ‘Stop marital affair.co.uk advertising publicly in the UK’, mendapat respon lebih dari 1000 anggota hanya dalam dua hari.

John Kuhrt yang bekerja untuk badan amal yayasan Kristen Protestan di Lindon, membuat grup protes tersebut usai Biro Standarisasi Periklanan (ASA) menolak aksi komplain terkait papan reklame di Merton yang bertuliskan ‘Halo para wanita, ayo dapatkan kegembiraan instan lewat situs paling menggembirakan di dunia yakni maritalaffair.co.uk.

Iklan aneh salah sasaran tersebut terang saja menuai protes keras karena menampilkan seorang pria bertelanjang dada dengan sebuah bra terlihat melingkar di pundak kanannya.

Gambar tersebut diklaim sebagai sebuah pesan yang menyampaikan kesenangan kelompok muda-mudi, maka disampaikanlah tulisan ‘untuk para ibu rumah tangga yang ‘bosan’ dan ingin mencari sisi lain. Siapa tahu berminat untuk mencoba kami, dan rasakan perbedaannya dengan yang dirumah!

Dalam situs website pribadinya, marital affair.co.uk mengatakan, masalah perkawinan mengantarkan sebuah area kencan untuk mereka yang mencari pasangan muda dan hubungan di luar pernikahan.

Terlepas dari isi web dan gambar, ASA belum mau menanggapi protes lewat FB ini lantaran gambar yang menurut mereka sendiri masih dalam batas kewajaran. Mungkin tujuan dari iklan terlarang tersebut yang harus lebih dikaji ulang.

Gambar Iklan Marinir AS dan Wanita Muslim yang Mengundang Kecaman
Kontroversi iklan papan reklame juga pernah terjadi pada bulan Oktober tahun 2013. Saat itu ada sebuah papan reklame di Amerika Serikat  yang mengejutkan dengan kehadiran gambar kontroversial di sepanjang jalan raya Camarillo, California.

Dalam iklan reklame tersebut terpampang jelas seorang pria tentara Amerika Serikat sedang memeluk mesra wanita muslim cantik berpakaian cadar hitam.

Berita heboh  ini sendiri  diberitakan langsung oleh portal Los Angeles, CBSLA.com, diketahui papan tersebut mempromosikan sebuah perusahaan obat anti mendengkur.

Melody Devemark selaku juru bicara perusahaan akhirnya menjelaskan, pemilihan model iklan tersebut adalah untuk menarik pasang mata yang tengah melewati jalan tersebut.

Terutama para pengemudi kendaraan bermotor. Dan tak ada maksud sedikitpun dari kami berbuat rasis apalagi menyinggung kepercayaan dari umat lain.

‘Produk ini memang awalnya ditujukan khusu bagi para pasangan muda yang memiliki masalah mendengkur atau ngorok saat tidur, oleh karena itu kami menggunakan model yang belum pernah terlihat sebelumnya, ide tentara AS dan wanita muslim bercadar ini lah yang terpilih dan kami anggap paling pantas, ungkap mereka.
Gambar Dada Ayam Super Jumbo Picu Ratusan Kecelakaan Dalam 24 jam di Jalan Moskow Rusia
Dari ketiga jenis iklan papan reklame yang menuai kontroversi  bermasalah, sepertinya yang satu ini jauh lebih berbahaya. Bagaimana tidak, sebuah iklan papan reklame unik salah sasaran di sebuah mobil bergambar dada ayam menjadi penyebab lebih dari 500 kecelakaan lalu lintas dalam sehari saja di Ibu Kota Moskow, Rusia. 
Iklan aneh dan nyeleneh itu terpasang di samping 30 unit truk dan memperlihatkan jelas buah dada ayam wanita. Tertulis di situ Menariknya dada ayam menutupi bagian puting beliung.
Berita yang dilansir langsung dari DailyMail.co.uk melaporkan, diketahui 30 buah mobil truk itu melintasi jalan padat kendaraan di Moskow. Para sopir juga terlihat dengan sengaja memarkir mobil truk tersebut di tempat-tempat strategis agar bisa dilihat mudah oleh semua orang.

Apesnya, seorang pengendara motor yang diketahui bernama Ildar Yuriev juga jadi korban perasaan iklan payudara tersebut. Menurutnya, ia tengah asyik mengendarai motor miliknya dan sedang menuju kantor untuk menghadiri rapat penting, namun apa yang terjadi sampai saya lihat sebuah mobil truk dengan iklan dada ayam super besar.

Endingnya kemudian, dalam hitungan detik saya ditabrak oleh mobil tepat di bagian belakang dan pengemudinya mengaku khilaf karena tergoda untuk melihat pemandangan menarik, ujar Yuriev. Yuriev pun seakan tak bisa menyalahkan pengendara yang menabraknya, sebab ia sendiri juga korban dari si gambar dada ayam besar tersebut.
Tak hanya  Yuriev  yang gagal untuk menghadiri rapat penting. Beberapa pengendara lain yang  juga ikut menjadi korban segera menelepon agen iklan dan meminta ganti rugi atau sekedar biaya perobatan sebagai kompensasi kecelakaan.

Pihak agen iklan pemasangan dari Agency Sarafan Advertising, mengatakan bahwa gambar seronok itu sebetulnya cuma contoh iklan dan bukan gambar aslinya. Agar pemilik perusahaan merasa tertarik dan bersedia untuk memasang materi iklan di Mobil Truk mereka. Dan mereka juga tidak menduga jika  iklan tersebut malahan memicu kecelakaan lalu lintas di jalanan padat Ibu Kota Rusia.

Untuk menebus kesalahan mereka, tim Sarafan pun berjanji akan segera memberikan ongkos ganti rugi yang tidak dibayarkan oleh asuransi para korban.

Sementara itu Kepolisian Lalu Lintas Moskow telah menyuruh mobil truk itu agar mencopot kain  yang bergambar  si dada ayam besar, hal ini harus dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan susulan.

Karena sudah banyak sek
ali yang menjadi korban, khususnya dari kaum pria. Terakhir polisi Moskow mencatat sudah terjadi 517 angka kecelakaan kendaraan dari pengemudi motor sampai mobil dan kesemuanya gara-gara disebabkan oleh  iklan nyeleneh tersebut.

Model Cantik Terlalu Tampil Berani di Billboard Kota Milan

Mirip seperti kasus papan reklame yang mengundang kontroversi Aranya ‘Pui’ Pathumthong. Kepolisian Milan juga pernah mencopot Billboard yang menampilkan pose seksi dari model cantik Argentina bernama Belen Rodriguez.

kontroversi iklan papan reklame

Pencopotan ini sendiri atas permintaan masyarakat kota Milan yang mengeluh mereka para pengemudi kendaraan bermotor khususnya para pria sering gagal fokus akibat melihat pose si model cantik yang hanya mengenakan underwear saja.

Dan tampaknya ‘ia ‘ sedang menggoda mereka. Takut menyebabkan kecelakaan akhirnya Polisi segera memerintahkan Agency reklame bermasalah tersebut untuk menurunkannya. 

Sahabat kejadiananeh.com itulah 6 pemasangan iklan papan reklame paling kontroversi di dunia yang benar-benar pernah dipasang di jalan raya. Memang tujuan dari iklan itu sendiri sebagai daya tarik masyarakat, tapi kalau tidak berkesan mendidik apalagi sampai menimbulkan kontroversial, masalah publik dan kecelakaan lalu lintas. Untuk apa lagi coba dipertahankan, bukankah begitu?