9 Kopi Termahal di Dunia, Nikmat Pisan!

Temannya kopi apalagi kalau bukan singkong, mantab pisan cuy! hujan-hujan nyeruput kopi, apalagi boleh gratisan dibikinin sama tetangga, mungkinkah ini yang dinamakan kopi paling nikmat sedunia? Ngomong-ngomong soal kopi, tau gak sih apa yang membuat harga penjualan tiap merek kopi pasti berbeda. Konon ini semua disebabkan oleh kualitas biji kopi, cara pengolahan serta bahan yang sulit bahkan langka ditemukan.
Saat melihat kopi termahal di dunia ini, kita pasti tak menyangka jika kopi yang biasanya dibeli cuma harga ceban serenteng, tapi kalau udah naik pesawat kok jadi mahal banget yah. Bayangkan harga secangkir kopi, maaf maksudnya bercangkir-cangkir kopi kurang dari per setengah kilogram, bisa buat bayar kreditan mobil sebulan. 
Sahabat kejadiananeh.com, mau tahu? merek-merek kopi kelas papan atas mana saja yang masuk daftar 10 kopi termahal di dunia. Berikut selengkapnya;
1. Black Ivory Coffee di Thailand
Ingin menikmati sensasi minum kopi bekas olahan pencernaan dari Gajah? Black Ivory Coffe namanya, produksi asli dari Negeri Gajah Putih Thailand. Dijual seharga 500 dollar atau sekitar 6,6 juta rupiah untuk 1 pon (453 gram). 
9 Kopi Termahal di Dunia
Photo: Copyright telegraph.co.uk

Kopi berjenis arabika ini sendiri terinspirasi langsung dari Kopi Luwak kebanggaan Indonesia. Diproses melalui sistem pencernaan gajah dan rasa kopi yang dihasilkan merupakan hasil fermentasi dari selulosa yang sudah mengubah kadar kepahitan biji kopi, saat biji kopi dimakan, kandungan proteinnya telah dipecah oleh enzim gajah selama 15 sampai 70 jam. 

Photo: Copyright buzzworthy.com

Dan tak semuanya biji kopi dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi setelah keluar dari sistem pencernaan gajah. Inilah yang membedakan proses pembuatan kopi black Ivory dengan luwak. Karena luwak hewan omnivora sedangkan gajah herbivora. Harga yang melambung tinggi mungkin disebabkan juga, karena kelangkaan dari mendapatkan bahan biji kopi tersebut.

2. Hacienda La Esmeralda, Panama
Ada rasa yang sangat unik saat kita menikmati secangkir kopi Hacienda La Esmeralda yang hanya tumbuh di ketinggian 1850 m diatas permukaan laut, terletak di Boquete, bagian barat wilayah Panama. 
Hacienda La Esmeralda yang dikenal juga dengan sebutan Geisha Esmeralda memiliki aroma bunga bercampur dengan wangi jeruk dan jambu, sedangkan untuk rasanya sendiri seperti kopi yang di mix dengan madu.

Photo: Copyright singleoriginroasters.com

Untuk menikmatinya pun tidak harus mencampurkan gula, karena kopi ini sendiri sudah terasa manis. Tak salah jika kopi Hacienda milik keluarga Peterson mendapatkan penghargaan sebagai kopi dengan rasa terbaik di dunia selama 5 tahun berturut-turut. 

Dijual seharga 350 dollar atau 4,6 juta per 1 pon (453 gram). Ini pun tidak bisa membelinya langsung, harus melalui proses pelelangan. Dan hanya diproduksi sebanyak 6 ton untuk setiap tahunnya.
3. St. Helena (Saint Helena)
Salah satu harga kopi termahal di dunia adalah St. Helena yang berada di Pulau Saint Helena tempat Napoleon Bonaparte pernah diasingkan pada tahun 1816 sampai ia meninggal 1821. Semasa hidup Napoleon pernah berkata bahwa kopi St.Helena adalah kopi paling nikmat yang pernah ia rasakan dari berbagai macam jenis kopi yang terdapat di belahan dunia.

Photo: Copyright luxgram.com

Untuk rasa kopi ini sendiri mirip dengan Hacienda La Esmeralda, sama sama memiliki aroma bunga bercampur wangi jeruk sedangkan rasa manisnya seperti caramel. Harga kopi mewah St. Helena ini sendiri dibandrol 79 dollar atau sekitar 1,5 juta rupiah per 453 gramnya.

4. Jamaican Blue Mountain Coffee
Secangkir kopi Blue Mountain mengingatkan kita akan rasa kopi klasik tentunya dengan 10 kali lipat kenikmatan. Tumbuh dan dibudidayakan di Blue Mountains, pegunungan terpanjang di Jamaika, dengan ketinggian 7402 kaki diatas permukaan laut. Keunikan kopi ini sendiri rasanya yang kurang terasa pahit karena dipengaruhi dari manis bunga dengan aroma herbal dan wewangian rempah.

Photo: Copyright turystyka.cmielow.com

Selama beberapa tahun Kopi Blue Mountain telah mengembangkan reputasinya menjadi kopi paling mahal dan paling dicari di dunia. Kepopuleran kopi ini sendiri sangat diminati oleh negara Jepang, lebih dari 80 persen bahan kopi Blue Mountain telah diekspor ke negeri Yakuza Sakura tersebut. 

Untuk dapat menikmati sensasinya cukup membeli 50 dollar atau seharga 665 ribu rupiah per pon nya.
5. Fazenda Santa Ines, Brazil
Produk kopi asli buatan Minas Geraiz di Brazil ini juga menjadi salah satu kopi mewah termahal di dunia. Proses pembuatannya masih mempertahankan cara tradisional tanpa menggunakan mesin penggiling kopi sama sekali.

Photo: Copyright 078.com.ua

Ada nuansa manis buah dan karamel saat kita mencicipinya. Harga Kopi Fazenda Santa Ines ini sendiri dijual sekitar 50 dollar atau 665 ribu rupiah per pon. Berminat untuk membelinya?


6. Los Planes, Citala-El Salvador
Di ketinggian 1600 meter dari permukaan laut  perbatasan Pacamara-Citala, El Savador, ada sebuah perkebunan kopi arabika milik keluarga Sergio Yeyes Ticas yang sangat terkenal di dunia. Bermerek Los Planes, kopi ini sendiri merupakan perpaduan dari biji kopi jenis Pacamara dan Bourbon.

Photo: Copyright financesonline.com

Berbagai macam rasa akan kita nikmati saat meminumnya, ada nuansa buah, karamel, krim dan mint saat menempel di lidah. Penasaran ingin mencobanya? Kopi Los Planes dijual seharga 40 dollar per 453 gram atau 532 ribu rupiah.

7. Kona Coffee, Hawaii
Sebagai kopi terbaik di Amerika yang tumbuh di area lereng Hualalai dan Mauna Loa, Kepulauan Hawaii. Ada cita rasa yang berbeda meskipun Kona Coffee ini terbilang masih asli dari biji kopi arabika.

Mungkin karena perkebunan Kopi Kona ini yang berada di tanah vulkanik dan kaya mineral membuat rasanya sedikit berbeda. Untuk dapat menikmati sajian kopi khas Amerika ini kita cukup membelinya seharga 34 dollar atau 452 ribu rupiah per 0,5 kilogram (453 gram).
8. Starbucks Rwanda Blue Bourbon (Gatare/Karengera, Rwanda)
Bagi kamu para penggemar berat kopi Sianida, eh maaf Starbucks maksud saya. Mungkin belum pernah merasakan kenikmatan dari Starbucks Rwanda Blue Bourbon yang tak dijual bebas di kedai kafenya.

Photo: Copyright blogquizzle.com

Masih merupakan variasi dari biji kopi arabika namun ada sensasi nikmat aroma mentega, rasa asam bercampur kacang yang sulit untuk kita lupakan. 

Tak salah jika Kopi Starbucks Rwanda ini menjadi menu wajib para pecinta berat kopi di dunia. Dengan harga 24 dollar atau 319 ribu rupiah per 1 pon, rasanya sangat pantas mengingat kenikmatan cita rasa kopi tersebut.

9. Kopi Luwak, Kopi Terbaik Indonesia yang Mendunia
Sahabat kejadiananeh.com, pasti kamu penasaran negara mana yang menjadi penghasil kopi terbaik di dunia? Kita harus bangga jika Kopi Luwak asli produk anak Bangsa Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai kopi termahal di dunia. Untuk proses pembuatannya mungkin kamu sudah tahu, tapi bagi yang belum begini cerita singkatnya.

Photo: Copyright amusingp
lanet.com

Tahap pertama proses pembuatan kopi luwak akan mengumpulkan biji-biji kopi berkualitas dengan cara diseleksi sebelumnya. Cara mengenalinya cukup murah, biji kopi berkualitas biasanya ditandai dengan warna merah segar. Kemudian memasuki proses sortir melalui rendaman, jika biji kopi tersebut tenggelam itu tandanya bagus, kalau mengapung sudah mendekati ajal alias busuk. 

Kemudian biji-biji tersebut langsung ditempatkan dalam wadah makanan musang luwak, nah disinilah penentuan akhirnya. Meskipun sudah diseleksi oleh manusia, Musang Luwak akan menyortir kembali hidangannya. Ia hanya akan makan biji kopi yang dirasakan sudah matang sempurna.

Skip skip skip, biji kopi didalam lambung musang akan mengalami fermentasi dan endingnya dikeluarkan kembali bersama dengan kotoran musang. Taraaa jadilah kopi luwak dengan cita rasa kenikmatan yang tiada bandingnya.

kopi termahal di dunia

Harga terbaik dari kopi luwak yang pernah mencetak rekor sebagai kopi termahal di dunia pada tahun 2013 lalu, sempat terjual 500 ribu sampai 1 juta per cangkir. Dan untuk per 1 pon atau 453 gram dikenakan harga sekitar 2,1 juta sampai 7,9 juta. Gilakk mahal benerkan! 
Anehnya, banyak negara-negara luar yang keukeuh meminta kiriman kopi terbaik Indonesia tersebut. Gak tahu nasib kopi luwak di tahun 2016 ini, denger-dengar sudah jauh lebih murah itupun tergantung dari merek dan daerah asal pembuatannya.