Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

Manfaat Kulit Buah Tanpa Dikupas untuk Kesehatan

30 Apr 2016

Fakta unik dari Buah-buahan yang dikenal sangat tinggi vitamin dan nutrisinya. Dan ternyata manfaat kulit buah tanpa dikupas sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, namun sayangnya hanya ada beberapa jenis buah yang boleh dimakan langsung bersama kulitnya. Seperti apel, wortel, semangka, jeruk dan lain-lain. Lalu bolehkah kulit duren dimakan juga? Silahkan saja kalau kamu memang sakti hahaha.


Ok sahabat kejadiananeh.com langsung saja kita garukk daftar 17 buah-buahan vitamin tinggi yang boleh dimakan langsung beserta kulitnya. 

Khasiat Buah Apel

Bagi kebanyakan orang mengkonsumsi buah apel masih banyak yang langsung memakannya tanpa harus membuang kulitnya termasuk juga saya hehehe. Toh kulit apel tidak terasa pahit atau aneh sedikitpun asalkan kita mencuci bersih terlebih dahulu. 

Sangat disayangkan jika kamu makan buah apel dan membuang kulitnya karena ini akan mengurangi keseluruhan kandungan vitamin C terutama di apel merah dan hijau. 

Dan ini juga menyebabkan kehilangan zat pektin yang kaya akan serat larut dan berguna untuk membantu menstabilkan serta menurunkan kadar LDL kolesterol dan mengontrol gula darah pada tubuh kita. 

Kegunaan lain dari zat Pektin sangat bagus untuk program diet karena bisa memperlambat proses pencernaan makanan, sehingga tidak mudah lapar karena lambung dirasakan masih terasa penuh.

Manfaat Kulit Buah Tanpa Dikupas untuk Kesehatan
Photo: Copyright healthglo.com
Manfaat Kulit Manggis

Manfaat kulit buah manggis untuk kesehatan sangat bagus untuk tubuh kita, konon kulit manggis juga sangat ampuh khasiatnya untuk mengatasi penyakit langka yang sulit untuk disembuhkan. Hal ini karena dalam kulit manggis terdapat kandungan Xanthone sebagai obat tradisional alami tanpa efek samping sama sekali. Mau tahu apa saja Manfaat Kulit Manggis lainnya?

Karena kandungan Xanthone di dalam kulit beserta buah Manggis memiliki anti Apoptosis dan Prolifera yang ampuh membasmi terhadap pertumbuhan penyakit kanker serta sangat efektif sebagai pencegahannya. 

Manfaat lainnya juga bisa sebagai pencegah serangan penyakit jantung, obat diare, anti aging untuk meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini, mengatasi gangguan haid wanita, dapat menurunkan kadar diabetes serta mampu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh kita.

Wortel

Sama halnya seperti Apel dan Manggis, pada wortel kulitnya sangat kaya akan polyacetylenes yaitu senyawa kimia yang berpotensi sebagai pembunuh sel kanker. Melalui penelitian medis Polyacetylenes juga dipercaya mengandung akti bakteri, anti jamur serta mempunyai efek anti-inflamasi yang sangat baik untuk kesehatan.

Timun

Tak hanya buah saja, kulit sayuran juga kaya akan manfaatnya seperti pada timun yang banyak mengandung magnesium, posfor, vitamin A, kalium serta Vitamin K. Sedangkan dagingnya sendiri hanya lebih banyak mengandung air. Jadi lebih bermanfaat kulitnya bila dibandingkan dengan daging timun.

Terong

Si panjang melengkung berwarna ungu kemerahan ini juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai Nasunin (bagian antioksidan flavanoid). Zat ini sangat diperlukan bagi kebaikan tubuh karena bisa membantu untuk menjaga jaringan otak tetap sehat sehingga bisa berfungsi secara maksimal. 

Kalau kamu mudah pelupa, susah kosentrasi saat belajar bisa jadi itu tanda-tanda peredaran darah dalam otak tidak lancar. Cobalah untuk mengkonsumsi terong mulai sekarang.
manfaat buah
Photo: Copyright pomada.ge
Anggur

Anggur merah dikatakan jauh lebih berkhasiat dibandingkan anggur hijau terutama untuk masalah kesehatan jantung serta otak. 

Karena kandungan dalam anggur merah terdapat zat resveratrol serta fitokimia. Selain mampu untuk meningkatkan kinerja organ dalam tubuh, zat ini juga bisa mencegah serta memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Kulit lemon

Makan kulit lemon pasti rasanya pahit, tapi tenang tak sepahit seperti kisah percintaan masa lalu kamu hehehe. Sahabat kejadiananeh.com, tahukah kamu jika kulit lemon sangat ampuh manfaatnya untuk melancarkan pencernaan bermasalah, meredakan rasa sakit akibat kram, meningkatkan sirkulasi darah dan yang tak kalah penting sangat berguna untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Kulit jeruk

Gara-gara kesurupan makan daging sekarang terkena penyakit kolesterol. Sebelum mencoba obat-obatan apotek ada baiknya kita melakukan pengobatan secara alami yakni dengan mengkonsumsi kulit jeruk. 

Manfaatnya sudah terbukti sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat serta memperbaiki pencernaan karena kulit jeruk sangat kaya akan flavonoid. Dan manfaat lainnya ampuh untuk mengusir nyamuk-nyamuk nakal.

Tomat

Vitamin A, C dan E serta kandungan Potasium dan Karotenoid dapat kita temukan pada buah tomat. Dan faktanya kandungan ini paling banyak terdapat di bagian kulit dibandingkan isi buahnya. Namun untuk buah satu ini sepertinya sangat jarang bagi kita untuk mengkonsumsinya dengan cara mengupasnya.

Pir

Buah Pir tentunya sudah kamu tahu paling banyak kandungan seratnya terutama dibagian kulitnya. Kita pun biasa memakannya tanpa harus dikupas dan bisa langsung dimakan begitu saja. 

Kulit pir memang sudah dipercaya banyak kandungan mineral (tembaga), Vitamin K dan Vitamin C yang sangat diperlukan fungsinya sebagai antioksidan tubuh.
Photo: Copyright abalancedlifeexpos.com
Plum

Untuk jenis buah Plum baik warna merah, ungu ataupun biru kehitaman sama-sama kaya akan kandungan Phytonutrient, yaitu senyawa yang sangat membantu tubuh kita untuk penyerapan zat besi. 

Selain itu kulit buah Plum juga lebih banyak seratnya dibandingkan dagingnya yang sangat berguna untuk melancarkan buang air besar (BAB).

Terung

Nasib terung seperti anak tiri saja, ia sering dijuluki sebagai kaum sayur-sayuran padahal ia sendiri masuk dalam golongan buah Berry. 

Ok masa bodo dengan asal-usulnya, yang pasti kulit Terung mengandung 300 mg senyawa nasunin, yakni turunan zat antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan otak terutama mencegah kerusakan sel otak. 

Kulit terung juga mengandung 13 mg magnesium, 3 mg serat serta 200 mg potasium. Mantab pisan bukan? 

Kacang Almond

Dari segala manfaat kulit buah dan sayur-sayuran, kacang juga tidak mau kalah menunjukkan eksistensinya. Melalui perwakilan Kacang Almond mempunyai manfaat untuk menstimulasi kinerja bakteri dalam usus yang membantu kesehatan pencernaan. 

Karena seperti kita tahu dalam usus ada bakteri baik dan bakteri merugikan yang harus terkontrol keseimbangannya. Manfaat Kacang Almond ini sendiri karena si doi mengandung Vitamin E serta Flavonoin yang berperan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan usus pencernaan.

Bawang

Ini bukanlah cerita si bawang putih dengan bawang merah. Tahu gak sih kalau ternyata bawang yang biasa sebagai bumbu dapur wajib ini sangat kaya akan kandungan anti Inflamasi, antioksidan serta flavonoid yang sangat penting peranannya untuk kesehatan tubuh kita.

Ubi jalar

Pada bagian kulit luar ubi jalar mengandung asam kafeik  yang memiliki sifat antioksidan tinggi. Zat ini sendiri sangat tangguh sebagai perisai kesehatan tubuh terhadap serangan virus penyakit, bakteri serta penyakit mengerikan kanker.
khasiat kulit buah
Photo: Copyright lypsso.com
Kulit kiwi

Ingin jantung sehat dan tetap bekerja secara optimal? Cobalah mulai saat ini untuk rutin mengkonsumsi kulit kiwi. Karena Kiwi sendiri sangat banyak akan kandungan vitamin, kaya mineral, nutrisi anti oksidan yang sudah lama dikenal bersahabat baik dengan kesehatan jantung kita.

Kulit semangka

Gak usah malu disangka kuda lumping gara-gara kulit semangka kok dimakan, kelaperan apa kesurupan! Yang penting kan demi kesehatan tubuh kita. Tahukah kamu jika kulit semangka sangat kaya akan vitamin C, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Kalsium, Zat Besi, Seng (bukan seng besi) serta beta-carotene. 

Luar biasa bukan segudang khasiat yang akan kita dapatkan dari kulit semangka ini. Sahabat kejadiananeh.com mungkin itu saja informasi tentang manfaat kulit buah yang boleh dimakan tanpa harus mengupasnya. 

Awas tidak semua jenis buah-buahan yang bisa dimakan buahnya, bukannya baik untuk kesehatan malah nanti jadi keracunan. Pastikan sebelum kamu mengkonsumsinya untuk mencuci terlebih dahulu sampai bersih dan mudah-mudahan tidak terkena pestisida hahaaha!

Related Article