Pantangan Ibu Hamil Fakta dan Mitos Gak Masuk Akal

Kehamilan adalah kado terindah yang diberikan Tuhan kepada seorang wanita. Terlebih jika kehadiran sang buah hati telah lama dinanti-nantikan. Dan bagi seorang suami, menjaga kesehatan istri dan calon bayinya menjadi hal paling prioritas begitupun soal mencukupi kebutuhan mereka. 
Tapi anehnya, selama masa-masa kehamilan banyak sekali pantangan ibu hamil fakta dan mitos gak masuk akal namun masih tetap dipertahankan kepercayaannya sampai kini, khususnya di masyarakat Indonesia seperti hal-hal tentang makanan, perilaku sosial, penampilan dan masih banyak lagi yang bikin pusing pala barbie. 
Dan konon katanya jika berani melanggar, nyawa sang bayi akan dipertaruhkan. Sahabat kejadiananeh.com, khususnya buat kamu para Ibu hamil ada baiknya menyimak artikel ini biar gak salah kaprah lagi!
Menghindari bertatapan dengan orang cacat atau membenci seseorang
Seringkali kita lihat apabila ada seorang ibu hamil yang melihat seseorang memiliki keadaan fisik cacat ataupun mentalnya tidak sempurna, maka sang ibu akan langsung mengalihkan pandangan mata dan mengusap-usap perutnya sambil mengatakan kalimat seperti ‘amit-amit jabang bayi’. Hal ini dilakukan untuk menghindari calon bayi menjadi mirip seperti orang tersebut.
Tapi curangnya, kalau lihat artis ganteng atau cantik juga mengucapkan ajian aneh tersebut berharap anaknya nanti bisa mirip alias menular ketampanannya. Walah, ada-ada saja yah! Pertanyaannya ini fakta atau mitos seputar kehamilan?
Mitos ini bukan lagi aneh tapi konyol banget, baik dari segi ilmiah ataupun medis, keadaan seorang bayi yang nanti lahir hanya akan mengikuti genetik dari kedua orang tuanya, gak mungkin banget ngikutin gen tetangga apalagi orang lain. 
Jadi kalau ayah ibunya asli orang Indo gak mungkin banget anaknya mirip orang bule kecuali sang Ibu dapat donasi bantuan hehehehe.

Pantangan Ibu Hamil Fakta dan Mitos
Photo: Copyright pregnancyandmedicine.org

Tapi dilain kasus juga sering ditemukan, seorang anak mukanya mirip bule dan gak mirip sama sekali dengan orang tuanya, namun sebelum berprasangka buruk coba cari-cari dulu silsilah keturunan siapa tahu kakek, atau bapaknya kakek masih ada yang keturunan orang bule. 

Dan satu hal lagi, jika bayi lahir dalam keadaan cacat itu semua disebabkan oleh kekurangan gizi saat masih dalam kandungan, infeksi penyakit, penyalahgunaan obat-obatan, kelainan cacat genetik, kromosom gagal seperti sindrom down, sindrom patau, sindrom edwards dan komplikasi mutasi gen dan kromosom. Penjelasan lebih lengkap, tanya Dokter Kandungan aja cuy 🙂
Bayi Ngeces karena Ngidam tidak kesampaian
Nah ini dia pantangan ibu hamil paling populer yang sampai sekarang mitosnya masih dipercaya banget. Saat seorang wanita mengalami ngidam, itu loh minta yang aneh-aneh dan suaminya dibikin repot hehehe. Biasanya terjadi di awal-awal kehamilan kurang lebih 3 bulan pertama dan itu bukanlah permintaan dari si janin alias bayi dalam kandungannya. 
Ini semua akibat perubahan hormonal dalam tubuh ibu hamil, maka dari itu si ibu terlihat ingin makan ini dan itu. Perubahan hormonal ini juga membuat ibu lebih sensitif terhadap bau dan rasa makanan sehingga terkesan anti dengan makanan tertentu. 
Imbasnya, saat mengalami kelebihan berat badan gara-gara kebanyakan cemilan bisa memicu banyak komplikasi jika nanti melahirkan. Dan gak usah takut semua bayi ngeces atau ngiler hanya terjadi pada usia-usia tertentu, saat gigi mereka sedang mengalami pertumbuhan
Larangan Makan nanas, tape dan durian bisa membahayakan kandungan
Beberapa orang mengatakan bahwa memakan nanas bisa berbahaya bagi keselamatan bayi karena bisa terjadi keguguran. 
Faktanya, nanas muda memang mengandung kandungan asam yang sangat tinggi sehingga jika dikonsumsi oleh ibu hamil maka berpontensi akan memicu kontraksi dan kelahiran prematur yang ujung-ujungnya keguguran. 
Hal ini disebabkan karena nanas mengandung zat bromelain yang bersifat bisa membantu kontraksi leher rahim dan membantu induksi persalinan lebih cepat dari jadwalnya. 
Serta kandungan Enzim protease bromelain pada buah nanas yang berpotensi menyebabkan gangguan pada pencernaan, nyeri pada otot, sakit kepala hebat, nafsu makan, diare dan pada ibu yang hamil muda dapat menyebabkan pendarahan yang akan berakhir dengan keguguran. Tapi semua ini berlaku jika usia janin masih terbilang sangat dini alias hamil muda.
Begitu pun dengan durian dan tape yang memiliki kandungan alkohol. Meskipun kadar alkohol yang tidak terbilang tinggi, namun tetap saja berbahaya bagi tumbuh kembang janin. Daya tahan tubuh janin masih sangat rentan untuk menerima makanan yang menimbulkan hawa panas tersebut. 
Intinya boleh-boleh saja kalau mengkonsumsi ketiga jenis makanan tersebut selama tidak berlebihan dan kalau usia kandungan tidak muda. Tapi kalau mau lebih aman mendingan gak usah aja sekalian hehehe.
Makan Buah Pepaya Belum Matang
Ingat yah ini pepaya belum mateng alias pepaya muda (mentah) bukan yang sudah matang itu sih malah bagus untuk kesehatan ibu dan janinnya tapi juga gak boleh berlebihan. 
Sahabat kejadiananeh.com khususnya bagi kamu wanita yang
sedang hamil hentikan kebiasaan merujak dengan menggunakan bahan dari buah pepaya yang belum mateng karena bisa menimbulkan efek buruk bagi kehamilan. Mau tahu kenapa gak boleh?
Buah pepaya yang masih mentah atau setengah matang mengandung lateks tinggi yang dapat mengaktifkan kontraksi rahim. Pepaya umumnya digunakan untuk mengobati siklus menstruasi yang tidak teratur. Pepaya dapat menyebabkan kontraksi rahim dan menginduksi persalinan, hal ini mengarah ke keguguran. 
Getah pepaya memiliki enzim yang disebut papain yang mengaktifkan hormon prostaglandin dan oksitosin yang memperkuat kontraksi persalinan sebelum waktunya. Jadi harus dipastikan kalau memang pengen banget pepaya harus benar-benar matang karena konsentrasi lateksnya sudah banyak berkarang. 
Ya tapi kalau biar hati lebih tenang, mendingan gak usah makan buah pepaya aja, soalnya makan buah pepaya ini masih jadi kontroversi penggunaannya untuk wanita hamil.
Makan sambal bisa membuat rambut bayi botak
Sambal bisa dipastikan menjadi kesukaan hampir semua orang. Namun bagaimana dengan perempuan yang sedang mengandung? Ada mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil dilarang memakan makanan pedas seperti sambal karena dikhawatirkan akan membuat rambut bayi menjadi mudah rontok. 
Jika dilihat dari segi medis hal ini tentunya tidaklah benar, karena keadaan rambut bayi tergantung dengan genetik yang diturunkan dari orang tuanya. Sehingga tidak ada hubungan antara konsumsi sambal dengan rambut rontok. 
Namun memang ada baiknya jika ibu hamil tidak mengkonsumsi sambal atau makanan pedas lainnya secara berlebihan karena bisa mengganggu sistem pencernaan sang ibu. Emangnya mau mencret seharian?

mitos kehamilan
Photo: Copyright babygaga.com

Larangan Merendam cucian terlalu lama bisa menyebabkan kudisan

Sebagai ibu rumah tangga tentunya banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Begitu juga dengan ibu hamil yang masih tetap harus melakukan pekerjaan rumah meski tidak sebanyak sebelum mengandung, karena tentunya ibu hamil tidak boleh terlalu lelah dan harus menjaga kondisi kesehatan kandungannya.
Oleh karena itu, ibu yang sedang mengandung tidak boleh membiarkan pakaian kotor direndam terlalu lama karena mitos mengatakan air cucian tersebut bisa menyebabkan bayi kudisan. 
Mitos ini tentu saja tidak dapat dibenarkan oleh siapa saja, karena sama sekali tak ada pengaruh antara air cucian dengan penyakit yang akan dialami oleh bayi yang akan lahir. Fakta sebenarnya, nanti pakaiannya bisa cepat rusak.
Memakan jeruk dan meminum kopi membuat kulit bayi berwarna
Jeruk bisa menyebabkan bayi menderita penyakit hati dan membuat warna kulitnya menjadi kekuningan, sedangkan meminum kopi membuat kulit bayi hitam dan memiliki tanda lahir berwarna cokelat. Begitulah mitos yang beredar sebagai pantangan ibu hamil mengenai jeruk dan kopi. 
Sama sekali tidak ada hubungan antara memakan jeruk dengan kulit bayi, begitu pun dengan meminum kopi. Tidak ada hasil medis yang menunjukkan keterkaitan antara dua hal tersebut. 
Justru jeruk mengandung vitamin C yang bagus untuk kandungan, dengan catatan mengkonsumsinya tidak berlebihan. Sedangkan kopi, ibu hamil juga masih boleh meminumnya meski hanya sesekali alias jarang banget.
Minum air kelapa bisa menjernihkan air ketuban
Air kelapa dipercaya sebagai minuman dari alam yang bisa menghilangkan racun dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, minum air kelapa dengan takaran yang tidak terlalu berlebihan oleh para ibu hamil diyakini bisa membuat air ketuban menjadi jernih dan bersih. 
Jika dilihat dari kacamata medis, fakta ini bisa dipercayai kebenarannya karena kandungan yang terdapat di dalam air kelapa memang memiliki banyak manfaat. 
Namun jika ada pendapat bahwa air kelapa bisa menyuburkan rambut bayi, tentu tidak ada bukti ilmiahnya karena sekali lagi fisik bayi diwariskan oleh sebagian besar gen yang mengikuti dari kedua orang tuanya.
Memotong rambut berpengaruh terhadap persalinan
Mitos mengatakan jika ada ibu yang sedang mengandung memotong rambutnya maka jalan lahir sang bayi juga akan ikut terpotong. Oleh karena itu, ibu yang sedang hamil tidak boleh memotong rambut selama masa kehamilan. Jika tetap dilakukan maka akan berpengaruh terhadap proses persalinan ibu, yaitu bayi akan kesulitan keluar karena terhalang oleh plasenta. 
Tentu saja hal ini merupakan mitos konyol yang tidak terbukti sama sekali kebenarannya, karena memotong rambut sama sekali tidak memiliki hubungannya dengan proses persalinan. 
Lagipula, seorang ibu hamil tentunya akan merasa risih jika rambut dibiarkan panjang selama kurang lebih sembilan bulan tanpa dibuat menjadi lebih pendek. Gerah cuy, belum lagi kalau digangguin sama papanya ketika di malam hari hehehe.
Selama kehamilan Gak boleh makan daging banyak
Kata siapa? Kata mang Dadang? Justru ibu hamil disarankan mencukupi kebutuhan daging karena butuh ekstra zat besi dan protein yang berfungsi mengalirkan oksigen ke jaringan tubuh, termasuk janin dan menyempurnakan pembentukan jaringan pada janin. 
Tapi juga gak boleh kesurupa
n makannya, selama kehamilan dianjurkan mengkonsumsi daging harus diimbangi dengan makanan sehat lainnya untuk memberi nutrisi yang baik pada janin seperti buah-buahan, susu dan makanan kaya serat.
Jangan Makan buah Strawberry nanti kulit bayi bisa bercak-bercak
Ini lagi pantangan wanita hamil yang aneh dan gak masuk akal, memangnya ayah si jabang bayi Cicak apa kok nanti bisa bercak-bercak kulitnya. 
Justru buah Strawberry sangat kaya akan kandungan vitamin C, Mineral dan antioksidan yang ampuh menurunkan kolesterol dalam darah dan terbukti baik bagi saluran pencernaan. Tapi dengan tanda kutip untuk mengkonsumsinya dalam batas kewajaran alias gak berlebihan.
Hindari makan ikan mentah biar nanti bayi lahir tidak bau amis
Walah kelewatan banget ini mah pitnahnya, kalau begitu nanti sebelum lahiran makan parfum aja biar bayinya wangi hahaha. Jadi begini sebenarnya, gak ada hubungannya ikan mentah dengan bayi berbau amis, itu semua disebabkan oleh bau dari air ketuban. 
Sedangkan untuk mengkonsumsi ikan mentah adalah fakta bahwa sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya sebab makanan yang masih mentah harus dihindari agar tidak terkena parasit toksoplasmosis, listeria dan bakteri salmonela yang bisa menimbulkan infeksi penyakit, keracunan dan ujung-ujungnya memicu keguguran. 
Ini juga berlaku untuk telur mentah dan jika ingin makan buah-buahan pastikan mencucinya sampai bersih terlebih dahulu agar terhindar dari resiko bakteri toksoplasmosis dan salmonela.

pantangan ibu hamil
Photo: Copyright youqueen.com

Mempercepat Proses persalinan dengan Mengkonsumsi Banyak Makanan Pedas

Menurut gosip yang beredar katanya kalau mengkonsumsi banyak makanan pedas saat hamil tua atau menjelang detik-detik hari perkiraan kelahiran bayi, akan mempercepat proses persalinan. 
Faktanya, dijamin bikin si ibu hamil makin panjang penderitaannya. Udah nahan mulas menjelang kelahiran ditambah lagi sering bolak balik buang air, itu belum seberapa jika sampai kena diare malah bisa membahayakan kesehatan kandungan.
Sahabat kejadiananeh.com, hal-hal di atas adalah mitos dan fakta terkait pantangan yang tidak boleh dilanggar oleh Ibu hamil. Sebenarnya, hal yang harus diperhatikan oleh ibu selama mengandung adalah jangan terlalu mempercayai banyaknya mitos yang beredar yang tidak ada penjelasan ilmiah secara logis dan belum terbukti kebenarannya. 
Jika seorang ibu hamil terlalu percaya dengan banyaknya mitos-mitos aneh tersebut, justru akan mengalami stres dan mengganggu kesehatan serta keselamatan ibu bahkan kandungannya sendiri. Memang kita harus akui, di Indonesia sendiri biasanya nasihat atau petuah dari peninggalan leluhur masih diyakini penuh untuk kita wajib mentaatinya. 
Padahal yang harus didengarkan nasehatnya adalah Dokter dan bukan katanya katanya orang. Jadi jangan pernah lagi percaya dengan pantangan, fakta dan mitos seputar kehamilan yang gak masuk akal biar gak salah kaprah lagi.