25 Patung Terbesar dan Tertinggi di Dunia

Keajaiban Patung tak hanya mampu memancing perasaan orang yang melihatnya, namun patung juga bisa sebagai lambang (simbol), monumen peringatan ataupun menceritakan tentang peristiwa dalam sejarah yang pernah terjadi. Sahabat kejadiananeh.com, khusus buat kamu para pecinta arsitektur patung sebagai karya seni 3 dimensi yang sudah diwariskan dari jaman nenek moyang kita. 
Kali ini kita akan berkeliling dunia melihat foto-foto penampakan 25 patung terbesar dan tertinggi di dunia. Dijamin, kamu pasti akan berdecak kagum melihat pemandangan fenomenal dari patung-patung raksasa yang luar biasa ini. Ok langsung saja kita Kemon!

Laykyun Setkyar – Monywa, Myanmar

Patung Terbesar dan Tertinggi di Dunia
Copyright pinterest.com

Menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan saat kita melihat patung raksasa Laykun Setkyar yang berada di atas bukit Po Kaung di desa Khatakan Taung, Monywa, Myanmar. Patung Lakyun Setkyar menjadi lambang ikonik bagi umat Buddha Myanmar dan tepat di depannya ada patung Buddha berbaring yang tak kalah keren dan mengagumkannya. 

Tinggi patung ini sendiri mencapai 116 meter dan tempat singgasana ia berdiri 13,5. Total dari keseluruhan adalah sekitar 129,5 meter dengan berisikan 31 lantai didalam patung tersebut. Setiap lantainya berisikan lukisan dinding yang melambangkan kehidupan alam semesta. Keren banget pokoknya, cobain deh berlibur ke tempat ini.

Guan Yu of Yuncheng, Shanxi Cina

Copyright craiglotter.co.za

Patung Guan Yu of Yuncheng yang berada di Shanxi Cina mengisahkan tentang Legenda Jenderal Tersohor Guan Yu (Guan Hong) yang masih saudara angkat dari Kaisar Liu Bei dari Dinasti Shu. Sosok Guan Yu sendiri bagi masyarakat Cina melambangkan moral, kesetiaan serta kebenaran. 

Lebih lengkapnya kamu bisa membaca kisah dalam novel Romance of The Three Kingdom. Patung ini dibangun pada tahun 2010 dengan tinggi 61 meter dan podium tempat ia berdiri memiliki tinggi 19 meter.

Spring Temple Buddha, Henan, Cina

Copyright richieast.com

Dengan tinggi patung 128 meter beserta lotus dan semua sanggaan tempat berdirinya menjadi total 153 meter, Spring Temple Buddha mencetak rekor sebagai salah satu patung terbesar dunia. Sebagai penggambaran tokoh spiritual umat Buddha, patung ini setiap harinya selalu mendapat kunjungan dari wisatawan local maupun mancanegara yang ingin melihat betapa menakjubkannya patung tersebut.

The Motherland Calls, Volgograd Rusia

Copyright reddit.com

Ada kisah tragis yang pernah tercatat dalam sejarah jika kita melihat keberadaan patung The Motherland Calls yang berada di kota Volgograd, Rusia. Dibangun sebagai monument penghormatan atas tragedi berdarah dalam pertempuran Stalingrad pada waktu era perang dunia 2. 

Yaitu peperangan antara pasukan Nazi Jerman dengan sekutunya melawan Uni Soviet untuk menguasai kota Stalingrad, sekarang berganti nama menjadi Volgograd dan sampai sekarang menjadi Ibu kota Oblast Volgograd, Rusia. The Motherland Calls pada tahun 1967 pernah menjadi patung tertinggi di dunia di era tersebut yang mencapai 87 meter.

Patung Raksasa Bunda Maria (Virgen de la Paz) di Venezuela

Copyright telesurtv.net

Seniman asal Spanyol Manuel de La Fuente adalah perancang “patung raksasa” Virgen de la Paz (Bunda Maria) yang memiliki tinggi 46,7 meter. Berada diatas bukit kota Trujillo. Beratnya sendiri berat banget, dijamin pacar kamu gak bisa ku
at ngangkatnya hehehe yakni 1200 ton.


Peter The Great, Rusia

Copyright 3yearsinmoscow.blogspot.com

Inilah yang menggeser peringkat tertinggi patung The Motherland Calls yang sama-sama berada di Rusia. Peter The Great, dibuat oleh Arsitek terkenal Georgia Zurab Tsereteli yang diresmikan pada tahun 1997 lampau. 

Tujuan dari pembuatan monumen patung Peter The Great sendiri untuk memperingati ulang tahun 300 Angkatan Laut Rusia di kala itu. Meski terlihat jelek di siang hari, ada suasana magis saat menyaksikan patung Peter The Great yang lengkap dengan kapalnya saat di malam hari.
Leshan Giant Buddha di Cina
Leshan Giant Buddha menjadi salah satu patung tertua di dunia, sudah ada sejak abad ke 8. Yang luar biasa dari pembuatan patung ini adalah dipahat langsung dari sebuah tebing raksasa oleh para biksu di jaman tersebut dan menggunakan konsep canggih sistem irigasi anti hujan agar tidak merusak keindahan patung.

patung raksasa tertinggi

Tragisnya, pada awal-awal pembuatan patung Leshan Giant Buddha diceritakan bahwa lantai dasar hingga lantai 13 dalam ruangan patung tersebut terbuat dari kayu berlapis emas namun sudah dijarah oleh para pasukan Mongol. Sekilas tampak luar patung ini hanya terlihat bagian bahunya saja, padahal aslinya begitu luas kalau dilihat dari bawah. 
Menghadap langsung ke arah Gunung Emei dan tiga sungai, jika kita melihatnya di malam hari nampak bayangan spritual yang dikeluarkan oleh patung Leshan Giant Buddha yang berasal dari kabut. Memiliki tinggi 71 meter dan sampai sekarang menjadi salah satu tempat suci bagi seluruh umat Buddha di dunia.
The Merlion of Sentosa, Singapura
Saat melihat patung The Merlion of Sentosa ini pasti kamu sudah tidak asing yah? Bahkan duplikatnya juga ada di Indonesia tepatnya di Singapore Cafe, Bontang Kalimantan Timur.

Kembali ke cerita awal mula pembuatan patung bersejarah The Merlion of Sentosa di Singapura. Patung setinggi 37 meter ini sendiri menggambarkan seekor Merlion yakni makhluk mitologi berwujud setengah singa dan setengah ikan.

Dalam cerita legenda Merlion melambangkan sebagai kemakmuran dan Negara Singapura sendiri mengartikannya sebagai icon pelindung kemakmuran. Dan konon dalam legenda rakyat, Sang Hewan Mitologi Merlion akan selalu melindungi pulau Sentosa di Singapura. 
Sebab dikatakan pernah terjadi badai besar yang menghantam pulau-pulau lain dan hanya pulau Sentosa yang tidak mengalami kerusakan apa-apa. Entalah benar atau enggaknya cerita tersebut hehehe.

Lord Murugan Statue di Malaysia

Sahabat kejadiananeh.com, siapa yang menyangka negara tetangga kita Malaysia, juga mempunyai patung tertinggi di dunia. Berada di Gua Batu bukit kapur 13 km dari sebelah utara Kuala Lumpur. Berwarna Emas dan ketinggian 42,7 meter dan selesai dibangun pada tahun 2006 lalu. Gua ini adalah satu Kuil Umat Hindu di Malaysia yang didedikasikan kepada Dewa Murugan.

Mount Rushmore Monument, South Dakota-USA

Empat wajah heroik terpahat di Gunung Rushmore, patung setinggi 18,3 meter ini menggambarkan sosok empat kepala presiden Amerika Serikat yakni George Washington (1732-1799), Thomas Jefferson (1743-1826), Theodore Roosevelt (1858-1919) dan Abraham Lincoln (1809-1865). 
Dirancang oleh Doane Robinson dan tidak mudah dalam pembuatan patung terbesar dunia tersebut. Butuh waktu 14 tahun lamanya dan memperkerjakan 400 orang pekerja yang memahat langsung patung tersebut.

Patung Yesus Kristus (Christ The Redeemer) di Rio de Janeiro, Brazil

Kota Rio de Janeiro di Brazil juga mempunyai salah satu patung menakjubkan di dunia yakni Christ The Redeemer (Christo Redentor) adalah patung raksasa yang menggambarkan Tuhan Yesus Kristus dalam kepercayaan umat Nasrani. 
Memiliki ukuran tinggi 39,6 meter terhitung dari alas berdirinya.Yang menjadikan patung ini sangat populer dibandingkan dengan patung Yesus dari negara lain adalah memiliki panorama sangat Indah bila dilihat dari pelabuhan Guanabara dan Lagoa Rodrigo de Freitas.
Patung Liberty di New York Amerika Serikat
Statue of Liberty (Liberty Enlightening the World) atau kita mengenalnya sebagai patung liberty adalah patung berukuran raksasa 46 meter (jika dihitung dari alas total 93 meter) yang terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat.

Patung sendiri ini dihadiahkan oleh Negara Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke 19 dan sebagai  simbol selamat datang untuk para pengunjung, imigran dan orang-orang Amerika yang telah kembali pulang ke negaranya. 
Berbahan dari Perunggu dan resmi didirakan pada tanggal 28 Oktober 1886 sebagai hadiah 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan masuk daftar situs warisan dunia UNESCO. Salah satu makna penting dari Patung Liberty itu sendiri adalah melambangkan kemerdekaan serta kebebasan dari tekanan (perbudakan).
Great Sphinx of Giza (Sphinx), Mesir
Tak kalah terkenalnya dengan patung terbesar yang ada di berbagai negara. Great Sphinx of Giza atau yang dikenal juga dengan nama Sphinx merupakan salah satu peninggalan peradaban paling penting bagi Mesir. Dikatakan dalam legenda, sosok Sphinx sendiri adalah makhluk mitologi yang mempunyai tubuh singa dengan kepala manusia sebagai salah satu penjaga makam kerajaan di jaman Kuno.

Patung raksasa ini berada di dataran tinggi Giza, tepatnya diwilayah pinggiran kota Kairo yang kebetulan masih bagian dari kompleks piramida kuno Giza. Memiliki ukuran panjang 73,5 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 20 meter. Konon, patung ini sudah berusia sangat tua yaitu sudah dibangun lebih dari 4.600 tahun yang lampau.

Guan Yin of the South Sea of Sanya (Dewi Kwan Im), China
Lebih dari 108 orang biksu terkemuka dari berbagai kelompok Buddha di Taiwan, Hongkong, Macau dan Cina ikut berpastisipasi dalam pembuatan patung paling besar Guan Yin of the South Sea of Sanya. Menggambarkan Bodhisattva Avalokitesvara yakni Dewi Kwan Im.

Berdiri menghadap ke arah Sanya dan Laut Cina Selatan sambil menggenggam sutra di tangan kiri, menggenggam tasbih dan tangan bersimpuh ke arah Vitarka Mudra. 
Ada pesona yang begitu magis saat kita melihat patung ini yang beralaskan daun teratai berwarna emas. Diabadikan pada tanggal 24 April tahun 2005 dengan tinggi patung 108 meter sedangkan jika dihitung dari bawah total ketinggian mencapai 135 meter.
Emperors Yan and Huang, China
Masih diseputar negara Tirai Bambu Cina tepatnya di kota Zhenghuo. Bila kita mengunjungi atas bukit ini akan menemukan patung raksasa Emperors Yan dan Huang yang dipahat seperti patung presiden AS di Gunung Rushmore.

Ukuran patung ini sendiri lumayan besar banget, mencapai 106 meter dan proses pembangunannya sendiri memakan waktu lebih dari 20 tahun. Makna simbolis dari kedua patung ini sendiri menggambarkan dua pemimpin pertama kerajaan Cina Kuno yakni Dinasti Yan Di dan Dinasti Huang Di.

Dai Kannon di Sendai dan Ashibetsu, Jepang
Tak hanya Cina saja yang mempunyai patung suci Dewi Kwan Im. Di negeri Sakura Jepang, Dewi Kwan Im dijuluki dengan nama Dai Kannon yang . 
Panjang patung ini sendiri mencapai 100 meter dan kita bisa memasuki ‘tubuh’ patung tersebut dengan menggunakan eskalator untuk mencapai bagian atas kepalanya). Didirikan sejak tahun tahun1991 di Kota Sendai, dengan penggambaran manifestasi Dewi Buddhist Bodhisattva Kannon.

Eitss jangan pergi dulu, masih ada satu lagi patung Dai Kannon di Jepang. Kali ini tidak berada di Sendai, melainkan di Ashibetsu. Patung dewi pelindung ini menjulang tinggi di tengah bukit dan taman cantik.
Sayangnya, tempat ini jarang didatangi turis. Patung berwarna putih ini memiliki tinggi 88 meter dan bisa didatangi gratis karena toh tidak ada yang menjaga dan tidak dikenakan tarif masuk sama sekalipun. Bagaimanapun, ada taman sakura di sekelilingnya yang membuat patung ini terlihat lebih cantik di bulan-bulan tertentu, khusunya saat musim bunga Sakura bermekaran ataupun berguguran.

Qianshou Qianyan Guanyin, Cina
Kembali lagi mengunjungi Cina. Sosok Dewi Kwan Im sang dewi welas asih juga terdapat di kota Weishan, Changsa. Na
mun ada perbedaan mencolok dengan patung Dewi Kwan Im yang ada di Sanya.

Patung setinggi 99 meter ini seluruh tubuhnya berwarna emas dan memiliki puluhan tangan. Satu lagi yang menambah keindahan patung ini yaitu tempatnya sangat bersih dan berlokasi di tengah jalur taman lengkap dengan pepohonan yang berbaris rapih, ditambah lagi dengan udara yang sangat sejuk.
Kailashnath Mahadev di Nepal

Patung Kailashnath Mahadev yang terletak di Saanga, perbatasan antara Kavre dengan Nepal Bhaktapur ini menjadi salah satu simbol agama Hindu terbesar di dunia. Tinggi patung ini sendiri mencapai 43,5 meter.
Veera Abhaya Anjaneya Hanuman Swami, India

Veera Abhaya Anjaneya Hanuman Sami adalah penggambaran Hanoman salah satu Dewa Suci dalam kepercayaan Agama Hindu. Patung Hanoman raksasa ini sendiri berada di Paritala, India dan menjadi patung paling besar dan paling tinggi di India dengan ukiran 41 meter.
Genghis Khan Equestrian Statue, Mongolia

Siapa yang menyangka sosok kejam pembunuh massal Genghis Khan juga dibuatkan patung monumennya. Berada di Ulan Bator, tepi sungai Tuul dekat Ibu Kota Mongolia. Dibuat dari bahan besi stainless steel dengan ketinggian 40 meter.
African Renaissance Monument, Senegal

Desain perancang monumen peringatan African Renaissance di Senegal ini didatangkan langsung dari Insinyur Korea Utara dalam rangka ulang tahun Negara Senegal ke 50. Tingginya lumayan juga sampai 48 meter.

Great Standing Maitreya Buddha, Taiwan

The Great Standing Maitreya Buddha yang berada di atas pantai Danau Emei, Taiwan adalah penggambaran Sang Buddha yang akan kembali untuk berbagi pencerahan ke seluruh umat manusia dunia. Dengan posisi duduk meditasi, patung ini sendiri memiliki ketinggian 72 meter.
Great Buddha of Thailand

Sahabat kejadiananeh.com jika kamu berkunjung ke Thailand jangan melewatkan tempat ajaib yang satu ini. Great Buddha berada di Biara Wat Muang tepatnya di Propinsi Ang Thong. Kita bisa melihat Sang Buddha raksasa yang berukuran 92 meter. Wow seru bukan! bisa berfoto selfie dengan latar belakang patung raksasa Sang Buddha.

Rodina Mat, Ukraina

Patung bertubuh Raksasa Rodina Mat yang berlokasi di Kiev, Ukraina adalah sebuah simbol negara yang menceritakan kisah mobilisasi rakyat Ukraina selama jaman perang dunia ke dua tepatnya di era Uni Soviet. Berbahan asli Titanium dengan tinggi 62 meter diatas Museum dengan total keseluruhan 102 meter dan memiliki berat 560 ton. Resmi didirikan pada tahun 1981.
Ushiku Daibutsu (Amitabha Buddha, Ushiku Arcadia)

patung terbesar di dunia

Ushiku Daibutsu yang berada di kota Ushiku, Jepang juga menjadi salah satu patung paling tinggi dan paling besar di seluruh dunia. Dibangun pada tahun 1995, dengan ketinggian bangunan patung mencapai 120 meter dan dasarnya didesain dari bunga raksasa sebesar 10 meter. 
Terbuat dari bahan perunggu asli
yang menggambarkan Amitabha Buddha (Ushiku Daibutsu kalau di Jepang mengenalnya) dan para wisatawan dapat menikmati pemandangan indah atas kota dengan menaiki lift yang terdapat didalam badan patung Ushiku Daibutsu tersebut. 
Ok sahabat kejadiananeh.com, sekian dulu artikel tentang 25 patung raksasa terbesar dan tertinggi di dunia, semoga informasi ini dapat menambah wawasan kamu.