9 Senjata Perang Paling Aneh Tapi Nyata

Kalau ngomongin senjata, biasanya tuh yang terbayang di otak kita serem-serem kaya pistol atau bom. Tapi, tahu nggak kalau ternyata ada juga senjata yang sengaja diciptain aneh-aneh alias bikin kita gagal paham. Konyolnya, penemuan senjata aneh tersebut sempat menjadi populer dari jaman kuno,  perang dunia ke 1 dan ke 2, dan beberapa diantaranya sempat booming di masa kini. 
Mau tahu seperti apa penampakannya? Sahabat kejadiananeh.com berikut 9 senjata perang paling aneh tapi nyata yang pernah diciptakan dan dipakai oleh para pasukan militer di dunia. 
1. Senjata Skunk Bau Busuk Ciptaan Militer Israel
Skunk Weapon diciptakan oleh sebuah perusahaan asal Israel, namanya Odortec perusahaan yang bekerja sama untuk tentara Israel dalam mengembangkan teknologi militer terbaru. Penggunaan senjata ini populer pertama kalinya waktu pihak militer Tel Aviv mengusir para demonstran Palestina di tahun 2008. 
Senjata yang diterjemahin sebagai hewan sigung ini dirasa ampuh terus dikembangkan oleh Angkatan Pertahanan Israel buat pengontrol massa. Dan jangan salah, senjata ini nggak mematikan sama sekali kok! Senjata ini bentuknya cairan yang dibuat dari bahan-bahan alami yang aman dan bebas bahan kimia. 
9 Senjata Perang Paling Aneh Tapi Nyata
Adapun bahan yang dipakai untuk membuat senjata skunk ini diantaranya baking powder, ragi dan air. Biarpun begitu, cairan yang dihasilkan baunya minta ampun dan bikin kita pengen tobat, pokoknya kalah deh bau kentut pacar kamu. Lebih kejam dari bau tokai, air comberan ataupun bangkai hewan sekalipun. 
Cara menggunakan senjata skunk disemprotkan lewat meriam air (water canon) yang fungsinya buat membubarkan kerumunan massa, terutama para pengunjuk rasa alias demonstran. Biarpun senjata ini terbilang aman dan gak berbahaya jika dibandingkan sama peluru karet, gas air mata atau senjata lain. 
Tapi jangan senang dulu, nyatanya senjata ini bau banget makanya terbilang ampuh buat mengusir paksa yang namanya manusia. Lalu, kenapa sih Militer Israel harus memakai senjata aneh model beginian? 
Nah, ceritanya dulu Israel sering make senjata yang dianggap membahayakan biarpun cuma sekedar mengusir massa. Gara-gara itu, Polisi Israel jadi sering diprotes karena dianggap pelanggaran HAM. Makanya senjata aneh ini diciptakan dan dianggap sebagai solusi terbaik. 
Biarpun aneh, yang penting manjur dan efektif. Nggak tanggung-tanggung loh, kalau kepala sampai badan kita kena semprot meriam air tersebut, bau busuknya bisa bertahan sampai berhari-hari meskipun sudah mandi berkali-kali dengan sabun.
2. Animal-Borne Bom Attacks (Bom Hewan)
The Animal-Borne Bom Attacks atau bom hewan pernah dipakai di beberapa negara dunia. Ada bom kelelawar, bom tikus, dan ada juga bom anjing. Ketiga bom hewan itu dipake selama masa Perang Dunia II. Bom kelelawar dipake militer Amerika Serikat buat ngancurin kota-kota di Jepang waktu Perang Dunia II. 
Sebenarnya, bom kelelawar ini masih tahap uji coba waktu itu. Rencananya, kelelawar spesies Mexican free-tailed ini bakal dipasangin bom kecil yang bakal dilepas di langit-langit kota Jepang terus kelelawarnya diharapkan bakal nyari tempat hinggap sendiri begitu ngelepasin bom. 
Tapi, proyek ini gagal maning lantaran banyak fasilitas Angkatan Darat AS yang hancur gara-gara ulah si kelelawar sendiri, karena mereka terlalu liar untuk dikendalikan, ya semacam bom makan tuan.
Gak kalah konyol dengan bom kelelawar, ada juga yang menggunakan bom anjing (Anti Tank Dogs). Bom anjing ini dipakai tentara Uni Soviet buat ngancurin tank-tank pasukan tentara Jerman. Anjing-anjing itu rencananya cuma dilatih buat datang ke bawah tank musuh terus ngelepasin bom. 
Tapi karena susah buat ngelepasin bom dari tubuh si anjing, jadilah bomnya diledakin bareng sama anjingnya. Wahh tega benerr, kalau dijaman sekarang pasti sudah dikecam keras oleh para dog lovers di seluruh dunia.
Nah, bom tikus ini lain lagi. Bom tikus diciptakan oleh pasukan khusus Inggris alias British Operation Executive (SOE) semasa Perang Dunia II. Tujuannya buat menghancurkan fasilitas milik militer Jerman. Nah, SOE ini ceritanya beli 100 tikus, masukin bom ke dalam tubuh tikus, terus tikusnya dijahit. 
Taktik militernya sih keren, SOE bakal menyebarkan bom-bom biologis tersebut ditumpukan batu bara dekat fasilitas Jerman seperti lokomotif, pembangkit listrik, sama pabrik. Harapannya, tikus-tikus berisi bom ini bakal dibuang dan dibakar sama tukang yang nyekop batubara, endingnya fasilitas Jerman bakal meledak deh. 
Sayang seribu sayang, bom tikus udah ketahuan pasukan
Jerman sebelum berhasil meledak. Tapi, rencana SOE setidaknya tetap berhasil kok, soalnya sumber daya manusia Jerman alias para prajurit jadi dikerahkan semua buat nyari bom-bom tikus itu.

3. Bom Balon
Bom balon ini pernah dipakai pasukan militer Jepang waktu Perang Dunia II. Saat Jepang menyerang Amerika Serikat memakai 9.000 balon yang di dalamnya sudah dikasih bom seberat 15 kg. Proyek bom balon ini sendiri benar-benar sangat rahasia, yang direncanain bakal bikin kepanikan besar karena bom balon ini berarti serangan jarak jauh Jepang terhadap Amerika. 
Singkatnya, bom balon ini sengaja dilepas di pantai-pantai Jepang biar ngikutin alur subtropical jet sampai di Amerika. Bom ini sempat memakan 6 nyawa penduduk sipil di Oregon. Mereka menemukan bom balon itu di hutan dan nggak sengaja ketololan mereka menarik sumbu bom sampai meledak. 
Dan fakta sebenarnya, sekitar 1.000 dari bom balon yang dilepas Jepang sampai di daratan Amerika. Tapi sayangnya, bom balon ini jadi nggak efektif karena Amerika benar-benar menjaga kerahasiaan soal bom balon ini dari media, agar tidak melemahkan mental prajurit mereka. Ternyata Amerika gak mudah kecele, rencana Jepang bikin terapi shock buat mereka jadi gagal deh.
4. Penangkap Manusia (Man Catcher)
Senjata perang paling aneh berikutnya adalah Man Catcher atau Penangkap aka perangkap manusia, history dari pemakaian senjata ini sendiri nggak tau siapa yang nemuin atau siapa orang yang ngembangin, tapi senjata ini mulai dipakai selama abad pertengahan di Eropa sampai dengan abad ke 18. 
Senjata kuno ini bentuknya tiang yang punya dua cabang dari logam. Nah, bentuk cabangnya ini setengah lingkaran yang ditambahin perangkap dibagian depannya. Senjata ini konon dipakai buat menarik orang dari kuda secara paksa. Dan senjata ini juga punya peranan penting di masa-masa abad pertengahan loh! 
Untuk dipakai buat menangkap atau menahan tahanan yang dianggap berbahaya sebagai pengganti borgol. Dan yang gak kalah aneh, senjata ini juga ternyata ada versi Jepangnya. Namanya sasumata, Biarpun namanya beda, tapi di Jepang senjata ini di pakai semasa zaman Edo bahkan variasi terbarunya sampai sekarang masih tetap dipakai oleh pihak Polisi anti huru-hara di Jepang. Wow..!
5. Pistol Matahari Tentara NAZI
Kebengisan tentara Nazi Hitler tidak akan pernah terlupakan dalam sejarah dunia, begitupun teknologi canggih militer milik pasukan sang fuhrer tersebut. Adalah sebuah fakta kejahatan yang pernah terungkap oleh majalah Life pada tahun 1945, bahwa Militer Nazi pernah melakukan eksperimen aneh untuk membuat pistol matahari. 
Mereka akan meletakkan sebuah kaca pembesar raksasa (satelit) di luar angkasa, diarahkan langsung ke matahari dan bisa dikendalikan lewat bumi. Sahabat kejadiananeh.com kamu tahu jika kaca pembesar terkena sinar matahari dan dihadapkan pada sebuah kertas apakah yang terjadi kemudian, bisa ditebak kertas itu akan terbakar. 
Mirip fungsinya seperti itu, Pistol Matahari buatan Nazi ini bisa membakar kota dan membuat air lautan mendidih. 
Untungnya saja eksperimen aneh ini tidak sempat diteruskan, sebab Jerman sudah terlebih dahulu mengalami kekalahan perang. Tak dapat dibayangkan kengeriannya, jika senjata pembunuh massal tersebut benar-benar berhasil diciptakan, umat manusia bisa digoreng hidup-hidup.

6. Rudal Merpati
Rudal merpati asalnya dari Proyek Pigeon atau Proyek Orcon yang sebenarnya hasil eksperimen Burrhus Frederick Skinner. Burrhus Frederick Skinner ini adalah seorang psikolog dan analis perilaku asal Amerika Serikat. 
senjata aneh
Tujuan dari eksperimennya tak lain untuk mengembangkan rudal buatan yang bisa diarahkan alias di guide oleh burung merpati waktu jaman perang dunia II. Konsep utamanya cukup sederhana. Bagian rudal yang bentuknya kerucut dibagi jadi tiga bagian alias kompartemen yang bakal memproyeksikan gambar target ke layar di bagian depan. 
Nah, di setiap kompartemen ini dimasukin seekor burung merpati. Kalau target udah pas dan terlihat, si merpati yang sebelumnya udah dilatih bakal mematuki layar, kasihan si burung ): Untungnya proyek ini dibatalkan gara-gara masalah biaya pendanaan dan kurangnya pelatih burung merpati. 
7. Puckle Gun
Inilah cikal bakal senapan mesin pertama di dunia. Dijuluki Puckle Gun dan diciptakan oleh seorang penemu asal Inggris sekaligus penulis dan pe
ngacara yang bernama James Puckle. Puckle gun ini dirancang buat mencegah kapal musuh berlabuh. 
Kehebatan senjata jadul tersebut bisa melontarkan peluru sampai 63 tembakan dalam waktu 7 menit, sebuah prestasi senjata yang sangat canggih dan dianggap mengerikan pada tahun 1718. Lho, terus apa yang aneh dari senjata Puckle ini? 
Keanehan senjata ini adalah bisa menembakkan dua jenis peluru, yaitu peluru bulat dan peluru persegi. Peluru bulat diperuntukkan bagi pasukan Kristen dan Peluru persegi untuk Pasukan Muslim Turki. Untungnya, senjata yang pernah dianggap rasis ini sudah tidak diproduksi lagi karena kerumitan komponennya. 
8. Lantern Shield
Lantern shield merupakan senjata aneh unik dari zaman Reinassance. Emang udah jadul, tapi senjata yang dijuluki lentera perisai ini punya keunikan tersendiri yang bikin kamu gagal paham. Enggak diketahui secara pasti siapa orang yang menciptakan senjata ini, tapi konon mulai dipakai pertama kali di Italia waktu abad ke 16. 
Kehebatan dari lentera perisai mempunyai fungsi sebagai defensif sekaligus ofensif loh, canggih yah! Singkatnya, senjata ini berupa tameng kecil perlindungan yang ditambahin pisau bergerigi, pisau panjang serta paku untuk menyerang balik. 
Biarpun nggak mirip senjata pasukan militer, tapi lantern shield sangat berguna bagi masyarakat sipil untuk melindungi diri dari para penjahat, terutama kalau lagi keluar pas malam hari di zaman itu.

9. Motor Scout, Tank Lapis Baja pertama di dunia
Inilah nenek moyang dari kendaraan tempur lapis baja alias Tank, Panser, Altileri, Infanteri Tank dan sejenisnya. Diciptakan oleh seorang penemu asal Inggris bernama FR Simms pada tahun 1899. Tapi jangan pernah meremehkan kemampuan tank jadul yang mirip sekali bentuknya dengan mesin penjahit keliling ini. 
senjata paling aneh
Sang pengemudi dilindungi dengan tameng lapis baja serta dibekali senapan mesin yang sanggup menembakkan 1000 peluru dan kehebatan lainnya, Motor Scout ini juga mampu untuk berlari dengan kecepatan maksimal 1,5 tenaga kuda, ya namanya juga sepeda hahaha. 
Sahabat kejadiananeh.com sekian dulu artikel tentang senjata perang paling aneh tapi nyata yang pernah diciptakan. Jangan salah, meskipun penampakan senjata-senjata konyol tersebut bikin kita gak nafsu makan, tapi eksistensi mereka sempat menjadi momok paling menakutkan dalam sejarah militer dunia.