Awal Mula Tradisi Tukar Cincin Pertunangan Dikenal

Apakah kamu pernah melakukan prosesi acara tukar cincin? Prosesi acara tukar cincin saat pertunangan, merupakan suatu acara yang wajar dilakukan setiap pasangan sebelum melangkah ke pelaminan perkawinan. Mulai dari emas, perak, intan bahkan berlian, marak digunakan sebagai bahan baku pembuatan cincin ini. Hal ini cukup beda dengan zaman dulu ,dimana rumput yang dianyam pun bisa digunakan sebagai cincin pengikat. 
Cincin pertunangan merupakan cincin yang hanya dikenakan oleh wanita saja. Berbeda dengan cincin pernikahan, yang biasanya dikenakan oleh pria maupun wanita. Tradisi penggunaan cincin pertunangan di jari manis wanita sendiri, memiliki tradisi unik yang panjang dan yang pasti menarik untuk disimak. Sahabat kejadiananeh.com beginilah sejarah awal mula tradisi bertukar cincin pertunangan yang kita kenal sampai kini.
Perlu kamu ketahui, tradisi tukar cincin pertunangan, diawali pada zaman Mesir kuno dan masa Yunani kuno. Di jaman tersebut, bukan hanya wanita saja, melainkan laki- laki juga mengenakan cincin pertunangan. Di zaman mesir kuno, umumnya seorang pria mengenakan cincin sebagai lambang kekayaan yang mereka miliki.

Awal Mula Tradisi Tukar Cincin Pertunangan
Photo: Copyright pinterest.com

Penggunaan cincin pertunangan pada pasangan masing-masing, merupakan sebuah tanda jika sang pria akan membagikan kekayaannya pada sang pujaan hati. Beda mesir, beda pula Yunani Kuno, mereka yang tengah di mabuk cinta, akan memberikan pasangan mereka cincin emas pada masing- masing pasangan. 

Penggunaan cincin emas merupakan tanda resmi ikatan cinta, jika pasangan tersebut akan menikah secepatnya sekaligus biar gak garuk sana garuk sini lagi hahaha. Sedangkan di zaman romawi kuno, tukar cincin, juga dilakukan bahkan dengan orang tua dari masing-masing calon mempelai pasangan.

Pada abad 11, pihak gereja menyatakan jika penggunaan cincin memiliki arti yang penting dalam sebuah ikatan berpasangan. Inilah kenapa memasuki abad ke 16, penggunaan cincin resmi dilakukan sebagai bagian dari suatu upacara pernikahan. 
Berdasarkan tradisi dari gereja katolik, penggunaan cincin tunangan, hanya dikenakan bagi wanita saja sementara laki-laki tidak mengenakannya.
Di masa lampau, “sejarah cincin pertunangan”, hanya dilakukan pada raja dan ratu saja. Cincin pertunangannya pun menggunakan jenis batuan yang berharga. Sementara rakyat biasa umumnya hanya menggunakan cincin pertunangan yang berasal dari bahan emas atau pun besi. 
Cincin pertunangan yang dimiliki oleh Ratu Victoria Inggris, terlihat indah dengan hiasan batu berharga dan warna warni yang menyenangkan. Batuan berharga, yang ditemukan pada era tersebut, awalnya hanya digunakan oleh kalangan bangsawan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan cincin pertunangan dari mata berlian, akhirnya populer juga di masyarakat.
Penggunaan berlian sebagai cincin tunangan dan pernikahan, semakin populer setelah De Beers, yang pada era 30an, menyewa agensi iklan di New York untuk mempromosikan berlian sebagai penghias cincin. Keberadaan iklan tersebut membuat mata berlian menjadi sangat laku di pasaran bahkan dijadikan sebagai cerminan cinta setia untuk sepanjang masa.

sejarah cincin pertunangan

Jargon yang membuat iklan tersebut makin tersohor dan sukses, adalah ‘A diamond is forever’ berlian adalah abadi. Penggunaan jargon dari De Beers, sebenarnya digunakan untuk memberi kesan jika berlian merupakan bebatuan indah yang langka dan cocok digunakan sebagai investasi jangka panjang.

Meski jargon yang digunakan, menyimpang dari artian cinta yang abadi, namun nyatanya, cincin pertunangan tersebut sangat laku di pasaran hingga saat ini. 
Setelah pertunangan, akan tiba saatnya menikah. Pasangan juga akan menggunakan cincin pernikahan. Penggunaannya menandakan jika kedua orang yang tengah menjalin kasih tersebut telah resmi menjadi pasangan. 
Beda dengan dulu, kini cincin pertunangan dan pernikahan telah mengalami banyak perkembangan dengan bentuk yang beragam dan warna yang menawan. Bukan hanya sekedar memilih, namun kamu dan pasangan juga bisa memesannya secara langsung untuk dibentuk sesuka hati.