Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Ingin cepat hamil? Ketahui masa subur kamu terlebih dahulu! Ada begitu banyak wanita yang langsung mendapatkan kehamilan setelah menikah. Namun, tidak jarang pula mereka harus menunggu bertahun-tahun lamanya untuk mendapatkan kehamilan. Dalam hal ini diperlukan pengetahuan yang tepat, supaya kamu dan pasangan bisa mendapatkan kehamilan segera setelah menikah. 
 
Yaitu salah satunya dengan mengetahui kapan masa subur kamu, dan tentunya kamu harus melakukan “perhitungan masa subur” sebelum melakukan hubungan eng ing eng pada masa itu. Perlu diketahui juga, setiap bulannya, kesempatan untuk sperm4 dalam membuahi sel telur terbatas. Begitu sel telur lepas dari ovarium dan memulai perjalanannya melewati tuba falopi dan akhirnya berovulasi, sel telur hanya hidup sekitar 2 jam saja. 
 
Jika sel telur yang telah menuju rahim tidak segera dibuahi maka peluang kehamilan akan hilang. Dalam hal ini, sel sperm4 harus menunggu bulan depannya lagi dalam memulai pembuahan.
 
 
– Hari pertama sampai dengan hari kelima, kamu akan mengalami menstruasi. Penting bagimu untuk mencatat kapan hari kamu mengalami menstruasi untuk pertama kalinya.
 
– Untuk hari keenam hingga kesebelas, kamu yang telah selesai menstruasi berada dalam kondisi tidak subur. Karena pada tahap ini tubuh tengah mempersiapkan pelepasan telur.
 
– Selanjutnya, hari keduabelas hingga hari kedelapan belas, inilah hari-hari subur bagi wanita. Pada hari-hari tersebut tubuh akan melepaskan telur pada salah satu dari tujuh hari tersebut. Pada hari-hari inilah pembuahan akan sangat baik dilakukan karena presentase kehamilan juga akan semakin meningkat. 
 
– Hari 19 hingga 32, bisa dibilang presentasi kehamilan mungkin nyaris nol.

Cara Menghitung Masa Subur
Photo: Copyright bubhub.com
Ciri fisik wanita yang tengah mengalami masa subur
 
1. Air seni
 
Salah satu cara mengetahui apakah kamu dalam keadaan subur atau tidak adalah dengan menggunakan alat tes uji kehamilan. Cara penggunaannya juga cukup mudah yaitu dengan meneteskan air seni pada alat uji kehamilan pada pagi hari. 
 
Setelahnya tunggu beberapa saat, jika kamu berada dalam masa subur, maka alat tersebut akan menunjukkan tanda jika kamu dalam masa subur. Jika sudah demikian, maka waktu tersebut akan menjadi waktu tepat bagimu dan pasangan untuk melakukan hubungan intim. 
 
Penggunaan alat ini, memiliki tingkat keakuratan yang cukup tinggi namun sayangnya hanya bisa digunakan sekali saja.

2. Air liur
 
Satu lagi alat tes kehamilan yang bisa digunakan untuk mengecek masa subur kamu adalah dengan menggunakan mikroskop mini. Alat ini memiliki bentuk layaknya lipstik. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan memasukkan air liur ke dalam gelas teropong. Setelahnya tunggu selama kurang lebih 5 menit. 
 
Untuk menggunakannya kamu bisa menyalakan lampu lalu putar-putar lensa ke kiri ataupun ke kanan sampai kamu temukan tampilan yang jelas. Air liur yang berada di dalam lensa, nantinya akan menunjukkan sesuatu yang berbeda. Hal ini juga menjadi cara untuk mengetahui apakah kamu tengah berada dalam masa subur atau tidak. 
 
Jika yang terlihat adalah gambar kosong atau bintik-bintik yang tidak jelas, ini artinya, kamu tengah berada dalam kondisi tidak subur. Namun jika yang terlihat adalah gambar berstruktur dengan bebatuan dan beberapa tulang daun, maka kamu tengah berada dalam kondisi ovulasi hingga 3 hari kedepan. 
 
Alat-alat kehamilan, membantumu dalam mengetahui apakah kamu tengah dalam masa subur atau tidak. Sehingga akan lebih baik jika kamu dan pasangan memilikinya di rumah untuk keperluan persediaan. Jika kamu tengah merencanakan kehamilan, sebaiknya segera cari tahu kapan kamu berada dalam masa subur.