Cara Minum Kopi Paling Aneh dan Unik dari Berbagai Negara

Begitu terkenalnya Kopi, sebagai minuman legendaris yang dapat dijumpai hampir di seluruh penjuru dunia. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar yang sudah sejak zaman dahulu kala terkenal dengan cita rasa kopinya yang khas. Dan hal yang paling bikin kita bangga. Kopi asli dari Indonesia menjadi peringkat pertama kopi termahal di dunia, melalui penjualan kopi luwak.
Kembali ke cerita kopi, karena rasanya yang sedikit pahit namun tak sepahit kisah cintamu :), masing-masing orang biasanya memiliki cara unik sendiri untuk menikmati kopi kesukaannya. 
Baik dengan cara dicampur gula, kremer, atau bahkan dibiarkan tanpa gula agar rasa pahitnya yang khas lebih dapat dinikmati. Saat ini tercatat setiap harinya terdapat sampai 3,28 miliar cangkir kopi diminum oleh seluruh penduduk di dunia. Sebuah jumlah statistik yang luar biasa!
Hal ini rasanya cukup membuktikan bahwa minuman yang berasal dari biji tanaman kopi ini amat digandrungi hampir setiap orang. Selain rasanya yang nikmat, kopi juga cocok untuk dinikmati kapan saja dan dalam segala suasana. 
Dan banyak hal-hal menarik saat kita melihat gaya minum para pecinta kopi di seluruh dunia. Mau tahu seperti apakah 10 cara minum kopi paling aneh dan unik dari berbagai negara, lebih jelasnya simak dibawah ini.

1. Jepang
Yang pertama adalah gaya minum kopi ala penduduk Jepang. Kalau kamu adalah tipe orang yang simpel dan nggak mau ribet sama sesuatu, mungkin cara minum kopi yang satu ini bisa jadi yang paling cocok buat kamu. Orang Jepang dengan kesibukan yang tinggi dan aktivitas yang segudang, memiliki kebiasaan minum kopi dari vending machine. 
Hal ini dipilih karena vending machine tergolong simpel, praktis dan mampu menyajikan kopi dengan lebih cepat. Kalau kamu lagi berkunjung ke Negeri Samurai Jepang, nggak ada salahnya untuk mencoba membeli kopi dari vending machine disana. Kamu bisa pilih jenis kopi yang hangat atau dingin sesuai selera. 
Cara Minum Kopi Paling Aneh dan Unik
Photo: Copyright worldofdiets.com
2. Vietnam
Berbeda dengan orang Jepang yang cenderung minum kopi dengan cara yang simpel, di Vietnam orang-orang menikmati kopi dengan cara yang unik dan penuh tahapan. Yang membuat Vietnam memiliki cara minum kopi paling unik adalah perbedaan pada gelas kopinya. 
Orang vietnam meminum kopi menggunakan cangkir yang memiliki filter yang terletak di bagian dalamnya. Filter ini sering disebut dengan Vietnam Drip. Ketika kamu mau mulai minum kopi, hal pertama yang kamu lakukan adalah menuangkan sedikit demi sedikit bubuk kopi melalui filter yang ada. 
Lalu kamu tekan-tekan filter kopi tadi sampai tetesan-tetesan kopi mulai muncul dan ampasnya tersaring. Agar rasa kopi lebih nikmat, orang-orang sana punya kebiasaan untuk menambahkan susu pada kopinya. 
3. Ehiopia
Proses minum kopi yang butuh kesabaran yang lebih ekstra datang dari negara Ethiopia. Kalau kamu termasuk orang yang nggak sabaran, lebih baik pikir-pikir dulu sebelum mencoba kopi ini. kenapa? Karena prosesnya lama sampai memakan waktu berjam-jam. Ethiopia sendiri menjadi salah satu negara produksi kopi terbesar. 
Jadi jangan heran kalau kopi menjadi minuman favorit bagi seluruh masyarakatnya. Tapi cara minum kopi disini unik, karena kita harus benar-benar mengikuti prosesnya dari awal. Mulai dari memanggang biji kopinya, kemudian menggiling sampai pada tahap peneduhannya.
4. Brazil
Kalau kamu adalah tipe orang yang suka minum kopi manis, maka wajib hukumnya untuk coba jenis kopi dari Brasil ini. berbeda dengan penikmat kopi yang lebih memilih minum kopi tanpa gula agar rasa asam pahitnya lebih terasa, maka penikmat kopi di Brasil lebih menyukai kopi dnegan tambahan gula yang banyak. 
Brasil sendiri juga termasuk pemasok kopi terbesar di dunia hingga mencapai 40%. Untuk itu minum kopi di mata orang-orang Brasil sudah seperti tradisi yang tak bisa dihilangkan. Bahkan anak sekolah sekalipun memiliki kebiasaan minum kopi susu setiap pagi sebelum berangkat. 
Salah satu minuman kopi khas disana disebut dengan nama Cafezhino. Ini merupakan jenis kopi dengan ciri-ciri aromanya yang kuat, diseduh dalam suhu yang amat panas, berwarna pekat, dan rasanya yang manis.
5. Yunani
Pernah dengar kopi Frappe? Ini merupakan salah satu jenis cara minum kopi paling unik lainnya yang berasal dari negara Yunani. Kopi Frappe sendiri merupakan kopi dengan yang racikannya terdiri dari kopi, susu, dan gula yang dicampur rata. 
Cara penyajiannya memang menggunakan teknik khusus yang membuat kopi menjadi lebih berbusa di bagian atasnya. Suhu penyajiannya sendiri tidak terlalu panas, melainkan hangat. Kalau kamu lebih suka minum kopi dingin, kamu bisa campurkan dengan es batu sesuai selera.
6. Indonesia
Tidak ada yang memungkiri lagi bahwa kebiasaan minum kopi orang Indonesia memang unik sekaligus nikmat. Yaitu dengan dibarengi hidangan gorengan hangat yang menggoda. 
Si
apa sih yang nolak minum kopi sore-sore sambil bercengkerama terlebih ditambah dengan sajian pisang goreng, bakwan, tempe mendoan dan singkong goreng? Dengan jenis penyajian seperti ini membuat cita rasa kopi menjadi semakin terasa nikmat pisan dan sempurna.

7. Kanada
Kamu lebih suka kopi panas atau kopi dingin? Masyarakat Kanada punya cara sendiri buat menikmati keduanya lho. Kalau kamu suka minum kopi hangat, disini dikenal istilah kopi hot brewed, atau kopi yang disajikan di suhu yang sangat panas. Sebaliknya, kalau kamu suka kopi dingin, coba deh kopi cold brewed yang disajikan pada suhu yang sangat dingin.
8. Meksiko
Kalau kamu bosan dengan sajian kopi yang Cuma dicampur gula atau kremer, kamu coba deh kopi ala Meksiko yang namanya Cafe De Olla. Ini merupakan jenis kopi yang dicampur dengan gula yang citarasanya karamel banget. 
Selain itu ditambah lagi dengan kayu manis yang bikin kopi lebih sedap. Kebayang kan gimana nikmatnya minum kopi dengan gula karamel ditambah kayu manis? Kalau penasaran dan belum pernah, bisa coba sendiri di rumah.
cara unik minum kopi
Italia memang nggak Cuma terkenal dengan pizzanya saja. Tapi juga terkenal dengan cara minum kopinya yang unik. Yaitu dengan cara standing di depan bar. Atau istilah Italinya adalah un caffee. Ngopi-ngopi santai sambil ngobrol di dekat bar memang asyik, apalagi kalau dibayarin teman 🙂
10. Kuba
Di Kuba sendiri kopi itu ada banyak jenisnya. Mulai dari Colado, Cafeito,  dan Corcadito. Cara penyajiannya juga unik, yaitu memakai gelas-gelas kecil. Biasanya ini digunakan untuk menjamu tamu. Jadi pengen coba untuk bertamu disana dan mencicipi sajian kopi yang unik?
Setelah mengetahui uniknya cara aneh menikmati kopi di berbagai belahan dunia, buat kamu khususnya para pecinta kopi  pasti jadi  penasaran. Tenang aja, nggak perlu jauh-jauh ke negaranya langsung, kalau kamu penasaran ingin mencobanya. Saat ini sudah banyak cafe yang menjual berbagai macam jenis kopi di dunia. Atau kamu juga bisa coba bikin sendiri di rumah dengan membeli bahannya lewat belanja online.