Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

13 Desain Rumah Minimalis Unik Tapi Keren

25 May 2016

Ingin membangun rumah dari awal? Tapi bingung gak punya ide dan mau mengikuti contoh model rumah seperti apa yang sedang trend saat ini. Siapa tahu, 13 desain rumah minimalis unik paling keren ini bisa dijadikan inspirasi untuk membuat rumah idaman kamu. 

 
1. Rumah Transparan di Jepang
 
Dibangun diatas tanah seluas 914 kaki persegi, Sou Fujimoto seorang arsitek terkenal dari Jepang mendesain sangat unik tampilan rumah minimalisnya. Menggunakan rangka pondasi logam ringan serta seluruh bagian sisi bangunannya sebanyak 21 ruangan terbuat dari kaca transparan. Rumah yang ditempati bersama keluarganya tersebut sudah ditempati sejak tahun 2012 kemarin. 
 
Terinspirasi dari sebuah rumah pohon, ditempat ini kita tak perlu berteriak untuk memanggil seseorang, karena setiap kamar/ruangan sudah terhubung dengan teknologi canggih yang bisa saling mendengarkan antara penghuni satu dengan penghuni lainnya. Mulai dari  atap, tangga serta dinding tembok semuanya transparan.

Desain Rumah Minimalis Unik Tapi Keren
Photo: Copyright Sou Fujimoto
Seru bukan membayangkan punya rumah unik seperti ini, kita bisa melihat orang lain di kamar sebelah sedang melakukan aktivitas apa. Tapi tidak enaknya, orang-orang yang lewat di depan rumah juga bisa melihat semua penghuni rumah beserta isi rumahnya. 
 
Dikatakan juga rumah yang diberi nama Tokyo's House NA ini sangat irit listrik, sebab untuk disiang hari tidak perlu menyalakan lampu lagi. Dan untuk malam hari sudah disediakan tirai otomatis untuk menutupi suasana rumah.
 
2. Upside Down House, Polandia
 
Tak kalah unik dengan desain rumah minimalis ciptaan So Fujimoto. Di desa Szymbark, negara Polandia kita juga bisa melihat bentuk rumah terbalik yang dibuat oleh Daniel Czapiewski, seorang pengusaha bisnis terkenal di negeri Polandia tersebut. 
 
 
Awalnya pembangunan rumah terbalik ini ditujukan sebagai simbol perlawanan terhadap pelanggaran kemanusiaan, untuk menyindir kediktatoran komunis Uni Soviet di masa itu. 
 
Namun sekarang rumah pribadi milik Daniel tersebut sudah beralih fungsi menjadi objek wisata. Banyak para wisatawan lokal ataupun manca negara mengagumi bentuk unik rumah minimalis ciptaan Daniel itu, tapi merekapun juga mengaku merasa pusing setelah memasukinya.
 
3. Rumah Sepatu
 
Sudah bosan tinggal di rumah yang bentuknya begitu-begitu saja alias mainstream, membuat seorang pria tua kaya raya asal Pennsylvania meminta bantuan kepada seorang Arsitek rumah bernama Mahlon N Haines, agar ia mau membuatkan rumah berbentuk Sepatu. 
 
Meski luas bangunan rumah sepatu itu tidak seberapa, namun sudah terdapat tiga kamar tidur, satu dapur tempat masak, ruangan kecil keluarga serta dua toilet yang berada di dalam kamar dan di luar ruangan.
 
4. Rumah Tersempit di Dunia
 
Kalau saat ini kamu merasa rumah kamu sempit banget gak ada halaman ataupun garasi mobil. Bersyukurlah, jika dibandingkan tinggal di rumah yang dijuluki Keret House ini. Mau tahu seberapa luasnya? 
 
Lebih kecil dari kuburan, yakni hanya seluas 1,2 meter saja. Gak tahu alasan apa yang melatar belakangi Arsitek bernama Jakub Szczesny membuat rumah tersempit di dunia ini. Berawal dari permintaan seorang seniman Cerpen, hingga Jakub pun merancang dan mendekorasi rumah yang berlokasi di Warsawa, Polandia.
 
 
Meski ukurannya sangat kecil, tapi Keret House terdiri dari dua tingkat yang mencapai tinggi 9,14 meter. Meskipun ukurannya sangat tidak layak untuk dihuni tapi jangan pernah remehkan fasilitas berlebih pada desain rumah minimalis aneh tersebut.
 
Untuk pengaturan sirkulasi udara, Jakub Szczesny merancang sistem tembok kaca dan atap transparan dengan sedikit lubang agar sinar matahasi bisa masuk secara alami. Dan udara pun bisa bebas masuk yang membuat penghuninya tidak merasakan kegerahan.
 
Untuk bagian Interior rumah minimalis 2 lantai ini pun sudah dilengkapi dengan dapur, kamar mandi, ruang tamu serta kamar timur. Bingungkan bagaimana bisa sedangkan ukurannya saja hanya seluas 1,2 meter. Yups tapi kan tingginya 9,14 meter masih bisa untuk meletakkan perabotan-perabotan lainnya.
 
5. Rumah Piano di China
 
Seorang mahasiswa arsitektur jurusan desain rumah minimalis berhasil mendirikan Rumah piano yang terletak di Kota Huainan, China pada tahun 2017 kemarin, kemarinnya lagi. Sebenarnya rumah unik tapi keren ini bukanlah digunakan untuk hunian pribadi melainkan untuk kepentingan umum, sebagai tempat latihan kesenian para pelajar sekolah musik.
 
desain rumah keren
 
Mengambil konsep rumah berbentuk bangunan biola transparan pada bagian pintu depannya. Sedangan bangunan dalam sampai atap rumah berbentuk piano raksasa. Untuk memasuki akses rumah keren tersebut kita dapat melalui tangga ataupun eskalator kaca yang bentuknya menyerupai senar gitar biola tersebut.
 
6. Pieree Cardin's Bubble House (Palace of Bubbles, France)
 
Bubble House atau Istana/Rumah Gelembung ini berada di Theoule sur mer Kota Cannes, Perancis. Dibuat oleh Desainer kenamaan asal Perancis bernama Antti Lovag pada tahun 1989. 
 
 
Awal penggunaan istana gelembung ini adalah sebagai tempat pertemuan dan pesta pora para kaum elit borjuis dan sosialita elit yang berasal dari Eropa. Namun seiring waktu berjalan, Bubble House sudah berganti fungsi sebagai tempat wisata para turis, festival nasional dan tempat berlangsungnya perayaan tahunan rakyat Perancis.
 
Satu hal yang menambah nilai plus "gambar rumah minimalis" bubble house ini adalah sudut ruangannya bisa menyaksikan langsung keindahan pemandangan laut Mediterania serta pelabuhan kapal laut Cannes yang sangat cantik dan mengagumkan.
 
7. Rumah Keren Japan's Slide House
 
Kembali lagi ke Tokyo, Jepang. Selain rumah kaca transparan disana juga ada Rumah Perosotan yang diberi nama Japan's Slide House. Model desain rumah tiga lantai tersebut memiliki tangga dan sebuah papan prosotan panjang di bagian sisi lainnya. 
 
Untuk menaiki setiap lantai memang harus manual dengan menaiki tangganya, tapi untuk turunnya kita bisa bermain dengan papan perosotan panjang tersebut.  Rumah minimalis sederhana tersebut memang diperuntukkan untuk keluarga dan bukanlah sebagai sketsa rumah pameran.
 
8. New Mexico's Spaceship House
 
Mengambil konsep kehidupan luar angkasa. New Mexico's Spaceship House ini dibangun pada tahun 1983 oleh Pangeran bernama Bart Prince. Berada di Albuquerque, Meksiko semua interior dan eksterior rumah elegant ini sangat unik untuk kita melihatnya. 
 
 
Mulai dari ruang tamu, kamar studio serta di halaman depan rumahnya terdapat beberapa patung dinosaurus raksasa. Masyarakat meksiko sendiri yang tinggal berdekatan dengan rumah unik tersebut menyebutnya sebagai Kapal Luar Angkasa.
 
9. Everingham Rotating House
 
Saat melihat pertama kali rumah Everingham Rotating ini seperti tak ada keunikan sama sekali, mirip seperti desain rumah sederhana pada umumnya. Tapi siapa yang menyangka jika kita tinggal didalam rumah tersebut, akan dibuat pusing pala barbie. 
 
 
Pasalnya, rumah ciptaan Lukas dan Debbie Everingham itu bisa berputar 360 derajat. Ini semua karena pada bagian pondasi rumahnya ditanamkan teknologi 2 buah mesin listrik berkekuatan 500 watt serta 32 outrigger wheels. Keren bukan? Kita bisa mengatur semaunya, hari ini dan esok mau dibawa kemana arah rumah tersebut.
 
10. Rumah Lubang 3 Dimensi Hole House di Texas
 
Di penghujung tahun 2005, terdapat bangunan unik yang dijuluki sebagai Hole House. Penampakan houle house ini mirip sekali dengan gambaran lorong waktu masa depan. Dibuat oleh pematung terkenal Dan Havel dan Dean Ruck. Secara resmi proyek pembuatan rumah lubang tiga dimensi Hole House ini dinamakan Inversion.

 
Awalnya hanya untuk sekedar pameran karya seni mereka saja. Namun masyarakat yang tinggal di Willard Street di Houston, Texas sangat mengaguminya. Hingga proyek pameran itu selesai tidak jadi dibongkar dan sampai kini pun Hole House dijadikan sebagai tempat berkunjung para wisatawan lokal. Begitu uniknya kita pun bisa memasuki lorong waktu buatan tersebut.
 
11. Rumah Cubic
 
Seorang Arsitek belanda bernama Piet Blog merancang perumahan minimalis sederhana tapi dengan view yang sangat unik. Berlokasi di Helmon dan Rotterdam Belanda. Ia membangun perumahan tersebut dengan konsep unik sebagai atap pohon perkotaan, dimana setiap desain bangunan rumah memiliki kemiringan sudut sampai 45 derajat, sedangkan tiang atap rumah berbentuk kotak kubus.

Saking kerennya desain perumahan minimalis buatan arsitek Piet Blog ini membuat gambar-gambar rumahnya diabadikan di seluruh dunia.
 
12. Crooked House


Rumah mewah tingkat tiga menyerupai bangunan gedung ini adalah buatan seorang Arsitek bernama Szotynscy Zalesk yang dibangun pada tahun 2004 lalu. Ada berbagai tempat pub dan restoran yang terdapat di rumah berlantai tingkat tiga tersebut. Ide desain ini sendiri didapat dari ilustrasi dongeng anak-anak yang menceritakan tentang rumah-rumah melengkung.
 
13. Rumah Ripley, Believe it or Not
 
Sesuai dengan konsepnya Believe it or Not milik Ripley. Rumah ini memang disengaja dibangun dengan bentuk bangunan yang sangat unik. Sudah berdiri sejak tahun 2003 lalu yang bertempat di Ontario, Kanada. 
 
Untuk pembuatan rumah minimalis unik itu pun, Robert Leroy Ripley sendiri yang merancangnya. Kebetulan doi juga dikenal sebagai arsitek rumah terkenal selain gemar melakukan pameran tentang hal-hal yang aneh dan unik di dunia.

gambar rumah minimalis
Pada saat pertama kali melihatnya kita mungkin menyangka rumah ripley tersebut terkena bencana gempa bumi, sebab seluruh bagian sisi rumahnya retak dan seolah-olah sedang terbelah. 
 
Tapi ada benarnya juga, menurut Robert Leroy Ripley, rumah miliknya tersebut sebagai gambaran akibat fenomena gempa hebat berkekuatan 8,0 skala richter yang pernah terjadi di Kanada pada tahun 1812. Sahabat kejadiananeh.com itulah contoh model rumah-rumah minimalis unik yang sangat mengagumkan. Kamu tertarik untuk membuat desain rumah keren seperti diatas?  

Related Article