Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

Jalanan Aspal di India Meleleh Akibat Suhu Panas 51 Derajat Celcius

24 May 2016

Sudah beberapa pekan negeri India mengalami gelombang udara aneh, yang saking panasnya mencapai 51 derajat Celcius, terutama di kota Phalodi, Negara bagian dari Rajasthan. 

 
Peringatan ini sebelumnya memang sudah diberitahukan oleh Badan Meteorologi India, yang menyarankan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati akibat dampak buruk gelombang panas tersebut, karena banyak dilaporkan masyarakat mengalami dehidrasi tinggi sampai menyebabkan kematian. 
 
Tak hanya berbahaya bagi kesehatan saja, beberapa jalanan aspal di India meleleh akibat suhu panas yang mencapai 51 derajat celcius tersebut. Terlebih bagi para penduduk kota Valsad di Gujarat mereka harus berjuang hebat untuk menyeberangi jalanan aspal yang sudah meleleh akibat panas tersebut. 
 
Padahal di kota Valsad sendiri panasnya hanya mencapai 36 derajat celcius tidak seperti di Kota Phalodi yang mencapai suhu panas 51 derajat celcius.

jalanan aspal di india meleleh
Mengutip dari independent.co.uk, Dalam rekaman video dari Stasiun televise local NDTV menayangkan jelas kerumunan orang yang terjebak di tengah-tengah jalan raya. Sepatu yang mereka pakai langsung melekat di aspal yang meleleh. 
 
Fenomena mengerikan ini pun juga berlangsung di berbagai tempat  wilayah yang rata-rata mencapai suhu 50 derajat celcius. Yang pertama mencapai suhu tertinggi berlangsung di Kota Alwar yang masih Negara Bagian Rajashtan yakni sampai 50,6 derajat celcius.
 
Menurut BP Yadav, kepala pusat prakiraan cuaca Departemen Meteorologi India. Keadaan iklim cuaca di negaranya jika memasuki bulan Mei dan Juni merupakan bulan-bulan terpanas yang keadaan suhunya bisa mencapai 40 derajat Celcius. 
 
Tapi itupun biasanya disertai hujan lebat yang terkadang turun. Ini sungguh mengerikan, sudah mencapai 51 derajat hujan pun tak pernah turun, ditambah lagi angin panas yang bertiup dari Pakistan serta Afghanistan, semakin menambah kengerian suhu esktrim ini, ungkap Yadav.
 
Kejadian aneh jalanan aspal meleleh ini bukanlah untuk pertama kalinya, sebelumnya juga pernah dilaporkan ratusan orang tewas akibat gagal panen melanda, dalam dokumentasi statistic tersebut tercatat ada 13 negara bagian di India yang memaksa puluhan ribu para petaninya untuk meninggalkan lahan ladang mereka dan bermigrasi pindah ke kota-kota.

Video Aspal Jalanan Meleleh di India

Tak hanya melanda pedesaan saja, setiap sungai, danau serta bendungan pun langsung seketika mongering, seperti dilanda kemarau panjang.  Hampir semua wilayah mengalaminya terutama yang berlokasi di bagian barat India seperti Gujarat, Maharashtra dan Rajashtan.
 
Neeraj Kumar, seorang pemuka masyarakat india berkomentar, Ini adalah cobaan besar yang melanda negeri kami, bila panas ekstrim terus berkepanjangan bagaimana dengan nasib rakyat India sebanyak 330 juta orang yang sampai sekarang masih bertahan hidup dari kekeringan. 
 
Kami akan terus berdoa dan melakukan ritual khusus agar Tuhan menurunkan Hujan sehingga kami bisa terlepas dari penderitaan suhu panas yang sangat menyiksa ini. Tak hanya jalanan saja yang meleleh, seluruh ladang,   sawah dan hewan ternak kami satu persatu mulai musnah, ungkapnya.

Related Article