Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

6 Manfaat Buah Kurma untuk Ibu Hamil

02 May 2016

Kurma merupakan buah yang berbentuk kecil dan berasal dari negara Arab. Walaupun bentuknya kecil, tetapi buah ini sangat banyak lho manfaatnya buat kesehatan. Dan di antara banyak manfaat dari buah ini, salah satunya sangat baik untuk Ibu hamil.


Oke langsung aja ya, saya share manfaat- manfaatnya tersebut. Saya yakin sahabat semua, terutama yang saat ini sedang hamil membutuhkan informasi cukup penting ini.


1. Melancarkan Buang Air Besar

Ketika sedang hamil, kamu sangat dianjurkan untuk banyak makan makanan yang mengandung serat serta minum air putih. Tak lain tujuannya adalah melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Selain buah-buahan, sayur, dan air putih, makan buah kurma juga terbukti melancarkan buang air besar.

Frekuensi buang air besar yang lancar akan mengurangi resiko terjadinya ambeien sehingga proses persalinan yang akan kamu hadapi juga dapat berjalan dengan lancar.

2. Meningkatkan Pengeluaran ASI

Persiapan pengeluaran ASI sangat dianjurkan sejak masa kehamilan. Sehingga ketika usai proses persalinan, pemberian ASI dapat langsung kamu berikan, tanpa harus menggunakan tambahan susu formula.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ASI memiliki sejuta kandungan yang sangat baik untuk kondisi bayi sejak baru lahir. Dan sangat dianjurkan untuk memberikan ASI tersebut minimal sampai 6 bulan lamanya.

Nah, untuk persiapan yang sangat penting tersebut, sebaiknya kamu rutin memakan buah kurma selama masa kehamilan. Karena makanan yang berasal dari Arab ini juga sudah disampaikan khasiatnya oleh Rasulullah SAW.

manfaat buah kurma
Photo: Copyright teamsugar.com
3. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Tidak hanya dalam susu, buah kurma juga terbukti memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Dan kebutuhan kalsium untuk tubuhmu yang sedang mengandung juga semakin meningkat.

Sebab, kalsium yang masuk ke dalam tubuh harus dibagi dengan janin yang sedang berada di dalam kandunganmu, yaitu sebagai persiapan pembentukan tulang pada janin.

Dampak yang akan terjadi jika ibu hamil kekurangan kalsium adalah terjadi pengeroposan tulang dan gigi secara drastis.

4. Mencegah Anemia

Salah satu penyakit yang harus dihindari ketika kamu sedang hamil adalah anemia, yaitu keadaan dimana kadar hemoglobin (zat merah darah) berada di bawah batas normal.

Salah satu kandungan gizi pada kurma adalah adanya zat besi yang cukup tinggi. Jika makan buah kurma dilakukan secara rutin selama masa kehamilan, maka kadar hemoglobin di dalam tubuhmu akan senantiasa dalam batas normal dan mengurangi resiko terjadinya Anemia.

Sebab, Anemia yang tidak tertangani akan berdampak buruk pada proses persalinan, salah satunya adalah terjadi perdarahan dengan jumlah sangat banyak. Jadi, selain mengonsumsi tablet penambah darah yang diberikan oleh tenaga kesehatan, kamu juga dapat memperoleh zat besi alami dari buah kurma.
5. Persiapan Tenaga untuk Melahirkan

Melahirkan merupakan proses alami yang membutuhkan perjuangan serta tenaga tambahan untuk mengeluarkan janin di dalam rahim. Tambahan tenaga tersebut sangat dipengaruhi oleh banyaknya glukosa dan fruktosa yang masuk ke dalam tubuhmu.

Kandungan gula tersebut sangat banyak ditemukan di dalam buah kurma. Jadi bagi kamu yang sedang hamil, sebaiknya rutin mengonsumsi buah penuh khasiat ini sejak awal masa kehamilan. 

6. Merangsang Pertumbuhan Saraf pada Janin

Janin di dalam tubuh sangat membutuhkan nutrisi yang sehat untuk persiapan pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.  Kurma mengandung banyak kalium yang dapat meningkatkan daya ingat serta kecerdasan anak.

Jadi, apabila kalian rutin makan buah kurma sejak awal kehamilan, maka persipan perkembangan saraf dan otak anak sudah kalian persiapkan dalam waktu yang sangat tepat.

Oke, itulah beberapa manfaat buah kurma buat ibu hamil, yang dapat saya sampaikan. Terimakasih, dan semoga bermanfaat. 

Related Article