Manfaat Buah Pepaya untuk Mengatasi Nyeri Haid

Banyak wanita yang mengeluhkan rasa nyeri di kala haid datang. Hal ini cukup wajar terjadi karena hampir semua wanita di dunia ini, tentu pernah mengalami yang namanya nyeri haid yang jadi langganan bulanan. 
Hal yang menyusahkan adalah ketika nyeri haid mengakibatkan terganggunya ragam aktivitas harian. Alhasil pekerjaan yang seharusnya lekas selesai malah harus mengalami penundaan. Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak cara mengatasi nyeri haid dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar,
Salah satu bahan alami yang bisa diperoleh dengan harga murah dan mudah adalah buah pepaya. Buah ini kaya akan kandungan vitamin A, B, C serta zat baik lainnya seperti magnesium dan potasium yang memiliki banyak kegunaan. 
Buah pepaya dikenal sebagai buah yang bagus untuk melancarkan pencernaan yang tengah mengalami gangguan dan menyebabkan terjadinya susah BAB. Hal ini dikarenakan buah pepaya mengandung serat yang cukup tinggi. 
Buah pepaya memiliki manfaat yang luar biasa terutama bagi kaum hawa karena mampu mengurangi rasa nyeri saat datang bulan. Buah pepaya mengandung zat baik yang mampu merangsang hormon estrogen dalam tubuh. Estrogen yang muncul dalam jumlah normal, membuat siklus haid  menjadi lebih lancar.

Manfaat Buah Pepaya untuk Mengatasi Nyeri Haid
Photo: Copyright wellnessmp3.dk

Untuk melancarkan datang bulan, sebaiknya konsumsi pepaya yang masih setengah matang atau yang belum merah. Buah pepaya yang masih setengah matang nyatanya lebih baik dan lebih manjur untuk digunakan.

Munculnya rasa nyeri di kala haid memang cukup menyusahkan. Meski demikian ada banyak cara untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul dan bukan hanya menggunakan buah pepaya saja. 
Manfaat Buah Pepaya untuk Mengatasi Nyeri Haid Kamu
1. Kunyit asam
Kunyit asam merupakan salah satu jenis jamu tradisional yang hingga kini, masih populer digunakan dalam mengatasi rasa nyeri di kala haid datang. Jamu kunyit asam cukup mudah untuk dibuat sendiri atau bisa pula dengan membelinya secara langsung di toko jamu.

2. Kompres dengan air hangat
Meski tergolong sebagai cara sederhana, namun nyatanya mengompres perut dengan menempelkan botol berisi air hangat cukup manjur digunakan untuk mengurangi rasa nyeri. Kompres air hangat membantu tubuh dalam melancarkan aliran darah dan membuat otot sekitar perut menjadi lebih rileks.
Selain mengompres perut dengan air hangat, kamu juga bisa mandi air hangat untuk mengurangi rasa nyeri akibat haid.

3. Perbanyak konsumsi zat besi
Saat menstruasi, tidak jarang wanita mengalami yang namanya anemia atau kekurangan darah. Inilah kenapa sebaiknya kamu memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi di dalamnya. 
Ada banyak sekali makanan yang mengandung zat besi dan bisa kamu manfaatkan sebagai makanan sehat untuk haid seperti hati ayam, ubi merah, kacang-kacangan dan lain sebagainya.
Konsumsi pula buah-buahan serta perbanyak air minum untuk menghindarkan tubuh dari yang namanya dehidrasi. Hindari konsumsi kopi dan soda karena hanya akan membuat nyeri bertambah parah.

4. Menungging
Menungging merupakan gerekan ringan untuk membantumu dalam menghilangkan munculnya rasa nyeri di kala haid. Menungging dapat membuat rahim tergantung ke bawah dan membantu tubuh untuk lebih rileks.
5. Istirahat yang cukup
Beristirahat merupakan langkah terbaik untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul. Beristirahat juga membuat tubuhmu menjadi lebih bugar begitu kamu bangun. Cukupi kebutuhan istirahat dan berhentu memaksa tubuhmua untuk terus bekrja dalam keadaan kurang nyaman.
Ada begitu banyak cara menggunakan bahan alami yang bisa kita pilih dalam mengurangi rasa nyeri di kala haid. Langkah-langkah tersebut di atas bisa kamu praktekkan dan buktikan sendiri keampuhannya.