Nikmatnya Bir Kotjok Bogor, Halal dan Menyehatkan Tubuh

Mungkin inilah satu-satunya minuman Bir yang tidak memabukkan di dunia. Dijamin halal, tidak mengandung alkohol sedikit pun dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Sebagai minuman tradisional khas Bogor, Bir Kotjok memang sudah lama dikenal sejak tahun 1948 disekitar kawasan pecinan Bogor.
Dimasa itu Bir Kotjok juga dijuluki sebagai bir pengantin dan sering digunakan dalam acara perkawinan kaum etnis tiongha, rapat-rapat pemerintahan serta acara perpisahan.
Mengutip dari Kompas.com,  Eman  sang generasi penerus ketiga Bir Kotjok menjelaskan, asal mula minuman kesehatan “Bir Kotjok Bogor si Abah” dikenal saat mendiang kakeknya berjualan keliling di sekitar kawasan Surya Kencana sampai Pasar Bogor.

Dan usaha bir unik itu kemudian diteruskan oleh bapaknya yang berjualan di sekitar gerbang depan Kebun Raya Bogor. Hingga di tahun 2008 resep tradisional warisan keluarganya diturunkan kepada Eman sendiri.

Bir Kotjok Bogor
Photo: Copyright travel.kompas.com

Adapun bahan-bahan penggunaan dalam Bir Kotjok Bogor ini sangat aman dan baik bagi kesehatan tubuh kita. Hanya memakai campuran kayu manis, jahe merah, cengkeh, gula pasir, kayu manis dan aren. Dan jahe merah sendiri sudah terkenal khasiatnya yang bagus buat kesehatan sirkulasi darah.

Untuk rasanya sendiri lebih pedas dan jauh lebih hangat dibandingkan dengan jahe biasa. Dan Bir Kotjok si Abah juga tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, itulah sebabnya ia hanya bisa bertahan selama kurang lebih dua hari saja.
Tapi hati-hati minuman bir Kotjok ini juga bisa ‘memabukkan’, kerena bisa bikin kita ketagihan, pokoknya gak puas kalau cuma minum sekali saja .

Cara penyajian bir kotjok ini pun terbilang unik, sebelumnya Eman si pedagang akan mengaduk sari-sari rempah bir kotjok di dalam wadah alumunium sampai keluar buih/busa putih dari airnya. Setelah mendapatkan buih yang dirasa cukup, ia pun kemudian menuangkan ke sebuah gelas besar untuk disajikan kepada para pembeli.

Bir Kotjok
Photo: Copyright travel.kompas.com

Sekilas melihatnya, kita pasti menyangka ini minuman bir sungguhan, sebab mirip banget penampakannya mulai dari gelas besar yang digunakan, buih pada airnya sampai logo yang menyerupai.

Tapi tenang saja, minuman ini benar-benar halal untuk dikonsumsi karena tidak ada sedikitpun bahan yang digunakan mengandung fermentasi alkohol. Semuanya berasal dari rempah-rempah asli yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Dan untuk rasanya nikmat pisan, soalnya disajikan dingin dengan es batu.
Hayoo tunggu apalagi segera kunjungi jajanan tradisional Bir Kotjok Bogor si Abah milik Pak Eman ini, harganya juga murah bangett cuma 5 ribu rupiah.