Peringkat Kekuatan Militer Seluruh Dunia Terbaru

Dalam sebuah negara, memiliki kekuatan militer merupakan harga mati. Kekuatan militer adalah ujung tombak negara dalam menjaga kedaulatan negara yang bersangkutan. Mulai dari belahan bumi bagian utara hingga yang bagian selatan pun, berlomba-lomba membangun kemampuan militer mereka baik dari sisi jumlah personil pasukan, teknologi militer, maupun alutsistanya.
Peringkat Kekuatan Militer Seluruh Dunia Terbaru
Photo: Copyright bbc.com
Militer juga disebut sebagai harga diri suatu bangsa sebagai pertahanan terakhir. Suatu negara yang memiliki kekuatan militer yang kuat, cenderung memiliki pengaruh yang kuat pula di mata dunia. Bukan hanya mampu menggertak dunia, namun juga disegani dan mampu membela negaranya jikalau sampai pihak asing berani mengintervensi atau menginjak-injak kehormatan tanah air kita.
Sahabat kejadiananeh.com, tahukah kamu siapa negara terkuat nomor satu saat ini, dan kira-kira Indonesia masuk peringkat berapa ya? Yuk langsung aja kita kemon. Berikut daftar peringkat kekuatan militer seluruh dunia terbaru Tanggal 16 Bulan Mei 2016.

Dari data di atas, Indonesia sendiri masuk dengan kekuatan militer nomor 14 yang awalnya 12 dibawah Israel, dan sekarang keduanya tergeser oleh Mesir dan Pakistan, paling apes malahan Korea Selatan dari nomor 7 kepleset ke peringkat 11. Namun tidak menutup kemungkinan peringkat tersebut akan naik seiring dengan pengembangan kemampuan negara dalam hal militer. Ya itu juga mudah-mudahan kalau gak makin ambless hehehe.
Padahal waktu jaman almarhum kakek buyut saya Presiden Soekarno 🙂 kekuatan militer Indonesia menjadi salah satu kekuatan militer terbesar dan terhebat di dunia. Indonesia kala itu memang sangat hebat karena mendapatkan sokongan dari pemerintah Uni Soviet yang sekarang dikenal dengan nama Rusia.

Tidak heran jika hal ini sempat membuat negeri Adidaya Mamarika cukup khawatir dibuatnya, sampai akhirnya meletus pemberontakan G3 dan Bung Karno lengser.

Tak lama setelah itu, lahirlah UU Penanaman Modal Asing dan habislah kita pelan-pelan oleh tangan Asing sampai sekarang. Ini semua ulah dan campur tangan siapa? Gak mungkin jargon lokal bisa mengalahkan kehebatan Bung Karno kalau tidak ada yang membekingi, ahh sudahlah nanti saya salah-salah ngomong lagi hahaha.

peringkat kekuatan militer
Photo: Copyright Facebook Indonesia Military Power
Ok kembali ke topik, Perlu kamu ketahui juga beberapa komponen untuk melakukan penilaian menurut Global Fire Power, situs website yang menyediakan data statistik, analisis perkembangan dari militer di seluruh dunia. Mereka akan menilai kekuatan militer suatu negara seperti berikut ini.
– Personil Pasukan
– Angkatan darat
– Kekuatan udara
– Kekuatan laut
– Logistik
– Sumber daya alam
– Geografi
– Anggaran Militer
– Jumlah Peralatan Militer
– Populasi Penduduk yang bisa menjadi Personil Militer
– Utang Luar Negeri dan masih banyak lagi
Semakin kuat kekuatan militer suatu negara, maka akan semakin disegani pula mereka. Peringkat kekuatan militer di atas, bisa berubah-ubah karena tiap negara tentu mengembangkan kekuatan militernya masing-masing seiring dengan berjalannya waktu. Btw soal perubahan data sudah pasti bikin gondok, kaya saya udah tinggal posting artikel eh tahunya update data terbaru hahaha asyuuu.
  • Untungnya waktu itu Indonesia termasuk negara non-blok (netral) jadi tidak rawan perang. Seandainya waktu itu indonesia memihak uni soviet wah ngeri, bisa-bisa ikutan jadi negara komunis :3