Enam Tanda Bahwa Kamu Orang Cerdas

Dunia memiliki begitu banyak rahasia dan fakta yang tidak bisa diungkap secara jelas dan gamblang. Salah satu fakta yang masih juga menjadi misteri adalah tingkat kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang. Banyak dari mereka yang tidak sadar jika di dekatnya terdapat orang yang cerdas atau mungkin kamu sendiri tidak tahu secara pasti jika nyatanya, kamu adalah orang yang cerdas.
Lantas apa saja tanda-tanda yang secara umum dimiliki oleh orang yang cerdas? Berikut ini merupakan enam tanda orang cerdas. Siapa tahu kamu adalah salah satunya. 
1. Cenderung melakukan pekerjaan di malam hari
Penelitian menyebutkan, jika mereka yang memilih waktu malam untuk  beraktivitas, serta bisa memberikan kemampuan terbaik mereka di malam hari, merupakan tipe dengan IQ tinggi. 
Begadang memang bukan pilihan tepat untuk belajar atau mencerdaskan otak, namun bagi orang pintar, umumnya lebih suka bekerja di malam hari dan lebih sulit untuk cepat tidur. Mereka yang demikian itu, biasanya memiliki keterampilan yang mampu membuat orang lain terkejut.
2. Tidak Pernah Merasa Berpuas Hati Dengan Prestasi Sendiri
Salah satu kegagalan terbesar dalam mempertahankan kesuksesan adalah ‘terlena’ dengan kemampuan atau prestasi yang sudah kita miliki saat ini. 
Bagi orang cerdas, mereka tidak pernah merasa puas hati dengan hasil yang mereka sudah raih saat ini, berpuas hati dalam arti positif disini adalah mereka akan selalu mencari terobosan atau inovasi baru agar semakin berkembang dan semakin sulit disusul oleh para pesaingnya.

Enam Tanda Bahwa Kamu Orang Cerdas
Photo: Copyright xavierquerathement.fr

3. Pendiam

Orang dengan sifat pendiam, umumnya mudah disalah pahami. Mereka umumnya dijuluki sebagai orang introvert dan kurang bisa bergaul dengan sekitar. Nyatanya, hal ini tidaklah selalu benar. 
Mereka dengan IQ yang cerdas, umumnya cenderung menahan diri untuk berbicara  karena ingin membaca situasi dengan baik. Setelahnya, mereka akan berbicara di waktu yang tepat. Mereka merupakan tipe orang yang berpikir terlebih dahulu sebelum mengucapkan sesuatu. 
Setelahnya mereka akan merespon pembicaraan dengan inti bicara yang memadai. Inilah kenapa, pembicaraan mereka umumnya berkualitas alias berbobot. 
Mereka yang pendiam, akan lebih diperhatikan saat berbicara. Banyak orang yang akan menaruh hormat, sehingga ide yang mereka ungkapkan pun biasanya akan selalu diprioritaskan dan dipertimbangkan.
4. Mampu menghadapi masalah dengan baik
Tiap orang sudah tentu memiliki masalahnya masing-masing. Namun yang paling penting adalah bagaimana cara mereka bisa lepas dari masalah tersebut. Bisakah mereka menemukan solusi atas masalahnya atau malah terkurung dalam masalah tanpa solusi. 
Mereka yang cerdas, umumnya tahu bagaimana cara memprioritaskan serta menangani masalah yang muncul. Mereka bisa mencari jalan keluar dengan baik sebelum masalah mulai membesar dan menjadi sulit untuk dikendalikan. 
Jika kamu merupakan tipe orang yang menghadapi masalah dengan baik serta menyambut tantangan, ada kemungkinan jika kamu adalah orang yang cerdas. Mereka dengan IQ cerdas, biasanya akan berpikir dulu sebelum melakukan tindakan. 
Mereka juga akan memikirkan segala sesuatu dengan baik sehingga mampu menjadi seorang perencana yang cukup handal. Slogan paling terkenal bagi orang-orang cerdas adalah, Jalan Keluar Terbaik dari Masalahmu adalah MENGHADAPINYA.

5. Menyukai Seni dan Bermain Game
Hampir disetiap negara maju, janin bayi dalam kandungan Ibu selalu didengarkan musik klasik. Konon, musik ini bagus untuk perkembangan janin karena memiliki tempo dan struktur nada yang teratur, sehingga bisa memberikan sebuah penggambaran tersendiri bagi otak si calon bayi. Selain musik, kita juga bisa melihat contoh dari seorang anak kecil yang menyukai bermain video game. 
Fakta unik dari video game adalah mengajarkan anak untuk berpikir cerdas dalam menaklukan lawan. Mereka akan selalu berpikir kreatif dalam hal menyusun strategi atau perencanaan agar menang. Dan ini sangat berguna untuk menyelesaikan masalah jika nanti mereka hadapi dalam kehidupan nyata. 
Selain itu, bermain game juga bisa mengajari mereka arti bekerja sama dalam tim (multiplayer), konsep ini akan melatih pola pikir mereka jika nanti bekerja di dunia nyata, mereka pasti bisa berinteraksi dan bekerja sama dengan tim kerjanya untuk meraih kesuksesan.

tanda orang cerdas
Photo: Copyright pinterest.com

6. Bergaul dengan Orang yang Pintar biar Ketularan

Pergaulan mempunyai dampak yang begitu besar dalam kehidupan sehari- hari. Pergaulan seseorang nyatanya menunjukkan bagaimana cerminan  kepribadian dari orang tersebut. Jika kamu cenderung memilih bergaul dengan orang pintar dan kreatif, maka kamu akan punya banyak ide atau inspirasi agar masa depanmu lebih baik, bahasa gaulnya ketularan pinter!
Bergaul dengan orang yang pintar merupakan pilihan yang tepat. Kamu bisa bertanya mengenai hal apapun yang membuatmu penasaran. Seorang yang cerdas, identik dengan rasa ingin tau yang luar biasa bahkan pada hal yang terbilang remeh sekalipun. 
Tanyakan apa yang ingin kamu ketahui, karena dengan bertanya, maka akan banyak hal yang bisa kamu mengerti. Tingkat kecerdasan, nyatanya tidak bisa hanya dilihat dari segi penampilan semata. Bukan berarti mereka yang memakai kacamata atau yang berpenampilan esmod tentu memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. 
Faktanya orang-orang cerdas yang berhasil meraih kesuksesan dalam hidupnya, kebanyakan berasal dari keluarga biasa-biasa saja dan bukan keluarga kaya raya. Tahu penyebabnya? Karena mereka tidak biasa hidup selalu dituruti oleh orang tuanya alias dimanja. Dan jika mereka ingin meminta sesuatu harus menunjukkan prestasinya terlebih dahulu.