Video Iklan Lucu Paling Rasis yang Menuai Kritik Tajam Dunia

Dalam pembuatan iklan baik bentuk gambar ataupun video, para jasa pemasangan iklan pasti akan berusaha se kreatif mungkin, agar iklan yang disajikan bisa menarik dan tentunya membuat produk yang dipromosikan menjadi laris penjualannya. Tapi sayangnya, seringkali iklan menarik yang ditayangkan malah menimbulkan kontroversi seperti video iklan lucu tapi dianggap rasis ini. 
 
Entah karena ketidaktahuan/ faktor ketidaksengajaan para pembuat iklan ini hingga iklan unik buatan mereka menyebabkan permasalahan sosial di masyarakat. Sahabat kejadiananeh.com berikut 8 video iklan lucu paling rasis yang menuai kritik tajam dunia. Oh iya untuk cuplikan video selengkapnya, kamu cari sendiri aja yah di youtube hehehe.
 
Iklan sabun deterjen Qiaobi China yang dinilai Rasis
 
Tayangan iklan sabun deterjen merek Qiaobi baru-baru ini menuai kontroversi dunia. Pasalnya dalam produk iklan sabun deterjen Thailand tersebut menggambarkan diskriminasi terhadap orang berkulit hitam. Bermula saat seorang wanita cantik bertubuh seksi sedang berada di sebuah mesin pencuci baju. Lalu datanglah seorang pria kulit hitam, yang memberikan siulan menggoda. 
 
Selanjutnya wanita cantik tersebut memberikan sebuah gestur/isyarat tangan, memanggil pria tersebut untuk menghampirinya. Seolah ingin diajak bercumbu, ternyata wanita itu malah memberikan sebungkus kecil sabun cuci ke mulutnya dan ia pun memasukkan pria hitam tersebut kedalam mesin cuci.

video iklan lucu
Yang terjadi kemudian, setelah dicuci muncullah seorang pria china berkulit putih bersih dan berwajah tampan mempesona. Hal ini sesuai dengan slogan sabun deterjen Qiaobi, yaitu mampu membersihkan noda membandel sesulit apapun, termasuk membuat orang berkulit hitam menjadi putih bersih. Benar-benar rasis bukan?
 
Iklan Hosting Web dan Domain GoDaddy
 
Perusahaan Hosting Web dan Domain GoDaddy semakin terkenal saja. Namun bukan karena promosi website gratis mereka, melainkan karna kecaman dari seluruh aktivis pecinta hewan khususnya para dog lovers sedunia yang meminta tayangan iklan dari GoDaddy segera dicekal.

Berawal dari tayangan iklan video mereka yang menampilkan seekor anak anjing Golden melarikan diri dari sebuah mobil bak terbuka. Ketika ia berhasil melompat, ia pun berusaha untuk menemukan jalan pulang ke rumah majikannya.

Sahabat kejadiananeh.com, kamu pasti terharu dan sedih banget melihat perjuangan anak anjing ini mencari jalan pulang kerumah majikannya. Dengan kaki yang sedikit pincang ia menempuh perjalanan panjang sampai ia pun kehujanan. 
 
Tapi cerita selanjutnya bikin kita jengkel berat. Setelah esok harinya ia berhasil sampai ke rumah dan saat sang majikan memeluk anak anjingnya yang hilang tersebut, ia berkata saya sangat senang akhirnya kamu bisa pulang kembali ke rumah, karena saya sudah memasang iklan untuk menjualmu, melalui website GoDaddy. Dan endingnya anak anjing malang itu dijual kembali, Ngehekk bener!
 
Iklan Burger Carl’s Jr
 
Menggambarkan kenikmatan sepotong makanan burger dengan wanita seksi sangatlah tidak pantas, hal ini sama saja merendahkan martabat kaum wanita. Tapi inilah yang terjadi, sebuah iklan televisi yang mempromosikan Burger Carl’s Jr berani menampilkan seorang model cantik bernama Charlotte McKinney.

Dalam video tersebut, Charlotte tampak berjalan santai di sebuah pasar dan tanpa menggunakan busana sama sekali. Penampilannya benar-benar terlalu seksi dan hanya disensor dengan buah-buahan saja. 

 
Atas perbuatan nyeleneh makanan cepat saji tersebut, masyarakat tak hanya dibuat marah saja. Mereka pun membuat tren di media sosial melalui Twitter dan Instagram dengan tagar #WomenAreMoreThanMeat.
 
Iklan produk kecantikan kulit merek Snowz yang mendapat kritik keras
 
Tak hanya iklan sabun saja yang pernah menimbulkan kontroversi, sebuah iklan yang mempromosikan produk kecantikan wanita juga mendapat kritik tajam dari para netizen Thailand. Merek kosmetik Snows buatan thailand ini memiliki slogan, kulit putih membuat anda jadi pemenang! 
 
Dan dalam video iklan gak lucu tersebut diperankan oleh Cris Horwang, artis wanita papan atas Thailand. Ia menjelaskan bahwa kesuksesan karir yang sudah ia raih berasal dari kulit putih bersih yang ia miliki. Jika ia malas merawat kebersihan tubuh dan wajah putihnya, bisa dipastikan semua investasi dalam karirnya akan menghilang.
 
Tayangan video berlanjut, seketika tubuh dan wajah Cris Horwang menjadi hitam legam dan ia memandang iri seorang artis wanita pendatang baru disebelahnya, sebab kulitnya jauh lebih putih dan bersih dibandingkan Horwang.
 
Ia pun berkomentar, artis pendatang baru ini telah menggantikan ketenaran saya dan merubah saya menjadi seorang ‘bintang gelap’, ungkapnya.

iklan paling rasis
Sejak iklan pemutih kulit Snowz beredar, tak hanya masyarakat di Thailand saja yang merasa geram dengan tayangan tersebut. Hal ini juga memancing kemarahan seluruh netizen di dunia. Melalui media sosial, netizen meluapkan kritik tajam terhadap tayangan iklan Snowz. 
 
Dan mereka mengatakan, kalau iklan tersebut dianggap rasis dan berotak dangkal, karena mereka telah salah menilai arti kecantikan wanita sebenarnya, yang berpikiran sempit bahwa memiliki kulit putih bersih adalah nilai kecantikan satu-satunya bagi seorang wanita.
 
Setelah mendapatkan protes dari masyarakat, Perusahaan kecantikan Seoul Secret selaku produsen Snows, mendapatkan tuntutan agar meminta maaf kepada seluruh publik dan menarik iklan kontroversial tersebut yang dianggap terlalu rasis.
 
RoboVac, Iklan Malaysia yang Menyinggung Indonesia
 
Sentimen berlebihan Malaysia terhadap Indonesia tak hanya sekali dua kali saja pernah dilakukan. Pada kasus terakhir, iklan RoboVac produk robot pembersih pernah memasang banner/ gambar iklan di sebuah jalanan Kuala Lumpur. 
 
Bunyi iklan dalam banner tersebut mengatakan Leading RoboVac Specialist, Fire Your Indonesian Maid NOW, yang artinya pecat pembantu rumah tanggamu asal Indonesia sekarang, ganti dengan produk RoboVac
 
Dan Konyolnya tulisan kata ‘Indonesian’ ini pun sampai digaris bawahi, padahal para pekerja di Malaysia bukan hanya berasal dari negara Indonesia saja, banyak juga yang berasal dari India, Sri Lanka dan Filipina. Ini jelas-jelas mereka benar-benar merasa sentimen berat dengan Indonesia, tidak tahu alasannya KENAPA?

 

Temuan iklan  yang menyinggung Indonesia ini bukanlah pertama kalinya, sebelumnya pada tahun 2012 lalu pernah juga muncul iklan rasis terhadap TKI yang berbunyi, Indonesian maids now on sale. Fast and easy application. Now your housework and cooking come easy. You can rest and relax. Deposit only RM 3,500! Price RM 7,500 nett.
 
Iklan tersebut menawarkan diskon 40 persen bagi orang yang mau mengambil pembantu rumah tangga (TKI) asal Indonesia. Iklan itu tak hanya dipasang melalui Banner saja, namun juga dicetak dalam lembaran kertas yang dibagi-bagikan kepada publik Malaysia.
 
Sedih bercampur jengkel bukan? Fenonema iklan ini seakan menganggap para TKI tak ubahnya seperti ‘barang’ yang diperdagangkan. Dan ini bukan hanya melukai serta merendahkan martabat bangsa Indonesia tapi juga seluruh umat manusia di dunia atas perlakuan rasisme, yang bisa menjadi faktor pendorong timbulnya diskriminasi sosial.
 
Iklan Seragam Sekolah Seksi TWICE
 
Buatlah tubuhmu lebih langsing dengan rok ini! Shading skirt, dan kencangkan saja dengan jaket ini, Corset Jacket! adalah sebuah slogan iklan pembodohan yang dianggap tak mendidik para remaja sekolah oleh para guru pengajar.
 
Dalam tayangan iklan seragam sekolah seksi itu juga menampilkan foto Park Jin Young yang seakan-akan sedang menilai penampilan seragam seksi anak sekolah dengan member girl grup TWICE yang melakukan pose seksi sambil memamerkan pinggul dan membusungkan dada mereka.

Para guru pun melayangkan sebuah protes atas iklan yang diperankan oleh TWICE tersebut. Mereka berkomentar, apa hubungannya mengenakan rok ketat dan jaket korset saat bersekolah dapat membuat penampilan tubuh mereka terlihat lebih kurus. 
 
Akibat dampak buruk dari iklan tersebut, kini banyak para remaja perempuan yang mencoba untuk melakukan diet ekstrim agar bisa mirip seperti bintang idola mereka. Padahal umur mereka masih sangat muda, dan masih dalam masa pertumbuhan. 
 
Kami sangat khawatir kalau mereka terus-terusan melakukan diet ekstrim, bisa membahayakan kesehatan mereka seperti terkena penyakit tuberkulosis ataupun anoreksia.
 
Maskapai penerbangan Jepang All Nippon Airways (ANA)
 
Awalnya, maskapai penerbangan Jepang All Nippon Airways (ANA) hanya ingin membuat sebuah iklan video menarik untuk mempromosikan rute baru penerbangan mereka kota Vancouver, Kanada, dan Ibu Kota Hanoi, Vietnam. Namun gara-gara iklan ini justru kepopularitasan maskapai mereka menjadi menurun.
 
Dalam rekaman video iklan lucu tersebut memperlihatkan 2 orang pria entah pramugara atau Pilot ANA sedang membicarakan rute baru penerbangan maskapai mereka. Di akhir perbincangan seorang pramugara ingin memeluk rekan kerjanya.

Namun temannya menolak dengan mengatakan itu adalah tradisi mainstream yang sering dilakukan oleh masyarakat Jepang, padahal mereka sendiri orang Jepang 🙂 Dan ia pun berkata mari kita berganti citra orang Jepang. Tiba-tiba tubuh mereka berubah menjadi sepasang pria bule dengan hidung mancung serta berambut pirang.

 
Atas tayangan video iklan rasis tersebut, Maskapai penerbangan Jepang All Nippon Airways dinilai kurang ajar dan tak menghargai Jepang sebagai negaranya sendiri. Tak hanya mendapat kecaman dari Pemerintah Jepang saja, banyak para pengguna setia maskapai ANA merasa kecewa dan mereka pun membatalkan keanggotaan klub maskapai ANA, yang sebelumnya pernah mereka banggakan.
 
Dianggap rasis, iklan kontroversi Dunkin Donuts menuai kecaman Sedunia
 
Kembali ke negeri Thailand, sebuah gambar iklan unik dari produk makanan terkenal Dunkin Donuts juga pernah menuai kecaman tajam. 
 
Sebab, gambar iklan unik tersebut menampilkan sosok wanita kulit hitam legam yang berdandan lipstik warna pink menyala sambil membawa Dunkin Donuts. Donat yang dibawanya tersebut adalah produk baru Dunkin Donuts yang bernama Charcoal Donut atau donat arang.

Video Iklan Lucu Paling Rasis yang Menuai Kritik Tajam Dunia
Produk donat tersebut sebenarnya tidak menjadi masalah, namun gambar wanita dalam iklan itu seakan mengingatkan pada stereotip warga kulit hitam pada akhir abad 19 dan awal abad ke 20. Human Right Watch, melalui juru bicara Phil Robertson, terkejut melihat penayangan gambar tersebut dan menganggap jika iklan Dunkin’ Donuts sudah berlaku rasis.
 
Ia pun memberikan sebuah teguran keras agar Dunkin Donuts segera menarik iklan rasis ini, meminta maaf pada publik dan memastikan hal ini tidak akan terulang lagi. Hal ini tidak bisa disepelekan, kalau saja sampai ditayangkan di Amerika Serikat bisa memancing kemarahan Publik, terlebih perusahaan Dunkin Donuts memang berasal dari sana. 
 
Sahabat kejadiananeh.com sebenarnya masih banyak banget tayangan iklan menarik tapi gak lucu dan dianggap rasis ini, termasuk juga di tanah air kita Indonesia. Contohnya seperti iklan kontroversial Indosat yang pernah menyinggung warga Bekasi, Iklan Lifebuoy yang diprotes masyarakat NTT, iklan hibaj halal yang pernah menghebohkan Indonesia dan masih banyak lagi 🙂