Fakta Unik Dibalik Tenggelamnya Kapal Titanic

Kamu tentu sudah tidak asing lagi mendengar roman percintaan dalam Film Titanic yang disutradarai oleh James Cameron dan membuat nama aktor ganteng Leonardo Dicaprio serta Kate Winslet menjadi top selebritis papan atas di masa itu. Versi kisah nyatanya, Titanic adalah kapal pesiar mewah terbesar yang dilengkapi dengan fasilitas nomor satu dan  terbaik di zamannya. 
 
Kecelakaan tragis R.M.S kapal Titanic yang dijuluki sebagai ‘unsinkable’ alias takkan mungkin bisa tenggelam ini, memang masih menjadi teka-teki misteri sampai dengan sekarang. Berbagai teori dan spekulasi berbeda pun memiliki jawaban tersendiri atas pertanyaan tersebut. 
 
Apa sebenarnya yang telah terjadi dibalik peristiwa itu? dan bagaimanakah kebenaran persisnya tentang kapal itu bisa tenggelam di Samudera Atlantik Utara pada 15 April tahun 1912. Dan haruskah memakan korban tewas begitu banyak sampai 1514 jiwa. Lebih jelasnya kamu bisa menilai sendiri dari 13 fakta unik dibalik tenggelamnya kapal Titanic berikut ini:
 
1. Tidak diadakannya latihan untuk penyelamatan diri
 
Menurut rencana yang sudah dijadwalkan sebelumnya pada tanggal 14 April 1912 bahwa seluruh penumpang kapal akan diajarkan latihan penyelamatan diri atau lifeboat drill. Tapi entah kenapa sebabnya, latihan itu tiba-tiba dibatalkan oleh Kapten Edward John Smith. 
 
Dan akhirnya kenyataan berbicara lain, insiden yang tak diharapkan itu pun terjadi. Banyak pihak yang beranggapan bahwa jika latihan ini tidak dibatalkan, setidaknya akan ada banyak nyawa yang bisa tertolong.
 
Fakta Unik Dibalik Tenggelamnya Kapal Titanic
Photo: Copyright ibtimes.com
2. Kisah nyata Cinta Sejati dalam Tragedi Kapal Titanic
 
Jenazah Isidor Straus yang dikenal sebagai co-owner dari Departemen Store Marcy ditemukan sedang berpelukan dengan istrinya sambil berpegangan tangan. Menurut kesaksian orang-orang yang selamat dalam tragedi kapal Titanic, Isidor sebenarnya bisa selamat dalam bencana tersebut. 
 
Namun ia ternyata menolak kursi kosong yang berada disebelah istrinya padahal saat itu kapal sekoci yang ditumpanginya adalah kapal terakhir. Isidor rupanya lebih memikirkan nasib anak-anak kecil dan para wanita yang belum kebagian sekoci. Hingga akhirnya sang istri menyusuli Isidor, karena ia tidak mau meninggalkan dirinya sendirian.
 
Dalam moment terakhir yang sangat menyedihkan itu, mereka melihat jelas Isidor berpelukan erat dengan istrinya sambil memandangi kapal sekoci mereka pergi. Diketahui juga usia perkawinan Isidor dengan istrinya yang bernama Ida, sudah berjalan 41 tahun lamanya, wow!
 
Itulah kisah nyata cinta sejati yang benar-benar pernah terjadi dalam tragedi kapal Titanic dan bukanlah seperti cerita fiksi tentang Jack dan Rose yang kita tonton di film Titanic. 
 
 
3. Adanya surat kabar khusus Titanic
 
Fakta tenggelamnya kapal titanic lainnya, ternyata kapal ini memang benar-benar luar biasa loh. Bayangkan saja fasilitas kapal mewah ini telah menyediakan surat kabar khusus. 
 
Penumpang yang menggunakan Kapal Titanic dapat menemukan surat kabar yang dicetak secara up to date setiap hari bahkan saat berada di atas kapal. Surat kabar ini memuat berita, hasil pacuan kuda, iklan, gosip, menu makanan hari ini hingga harga saham. Wew, luar biasa bukan? 
 
Selain surat kabar tersebut, ada juga fasilitas mewah lainnya yang tersedia di Kapal Titanic ini. Khusus dalam koridor kelas satu tempat orang-orang kaya disediakan kebun teh, cafe Parisian, perpustakaan, tempat fitness, ruangan membaca dan menulis, tempat potong rambut, elevator, kandang anjing, kolam renang yang bisa dipanaskan dan lain sebagainya. 
 
Itulah mengapa kapal Titanic pernah tercatat sebagai salah satu kapal pesiar termewah yang pertama kali dibuat dalam sejarah.
 
4. Satu-satunya kapal uap terbesar di dunia yang menabrak gunung es
 
Fakta unik lainnya tentang tragedi tenggelamnya Titanic adalah bahwa kapal super mewah ini merupakan satu-satunya kapal yang pernah menabrak gunung es. 
 
Sampai saat ini belum ada temuan peristiwa lain dimana kapal menabrak gunung es. Fakta ini menjadi unik karena Kapal Titanic menjadi satu-satunya kapal uap terbesar di dunia yang pernah tenggelam akibat menabrak bongkahan es, lebih tepatnya gunung es.
 
kapal unik

5. Tidak terisi penuhnya sekoci yang ada

 
Sebenarnya jika diperhitungkan, jumlah sekoci yang ada di atas kapal mewah Titanic ini lebih dari cukup untuk bisa menyelamatkan semua orang yang berada di dalam kapal. Hanya saja, setiap sekoci yang ada ternyata tidak terisi dengan penuh. 
 
Misalnya, sekoci pertama disebut-sebut hanya membawa 24 orang saja padahal bisa memuat sampai 65 orang. Bahkan disebutkan juga bahwa satu sekoci ada yang berisi 12 orang saja. Konon ini semua disebabkan keegoisan orang-orang kaya yang tak ingin duduk berdesakan dengan penumpang dari kelas ekonomi.
 
6. Kapal Californian yang tak sempat menyelamatkan
 
Saat mengirim sinyal bahaya, Titanic ternyata berada lebih dekat dengan Kapal Californian dibanding dengan Kapal Carpathia. Akan tetapi, saat Titanic mengirimkan sinyal tersebut, Kapal Californian tidaklah merespons hingga akhirnya kapal tersebut tidak sempat atau terlambat untuk membantu. 
 
Padahal diketahui bahwa ada awak kapal Californian yang melihat tanda bahaya yang dikirimkan Titanic dan kemudian berencana membangunkan kapten kapal untuk memberitahukan hal tersebut. Sayangnya, operator nirkabel dari kapal Californian tersebut sudah tidur. 
 
Dan akhirnya, kapal tersebut tidak tahu bahwa tanda bahaya yang dikirimkan tersebut berasal dari Titanic. Sampai pagi hari ketika mereka tahu dan kapal Carpathia ikut membantu proses evakuasi korban Titanic yang masih bisa diselamatkan. 
 
Rumor yang berkembang saat itu, banyak beranggapan jika saja kapal Californian segera menanggapi sinyal bahaya yang ada tentu tidak akan ada banyak sekali korban dari tragedi tenggelamnya Titanic ini. 
 
7. Titanic hanya memiliki tiga cerobong asap saja
 
Jika kamu melihat tampilan kapal Titanic, kamu akan menemukan kapal ini memiliki empat cerobong asap dengan warna krem dan hitam. Ada tiga cerobong asap yang berfungsi untuk mengeluarkan uap dari ruang boiler dan kemudian cerobong asap keempat hanya digunakan sebagai pemanis saja. 
 
Saat itu, desainer kapal mewah ini percaya bahwa empat cerobong asap yang ada pada Titanic akan membuatnya terlihat lebih elegant dan berkesan mewah. Oleh karena itu, dibuatlah empat cerobong asap pada Titanic, padahal yang satunya abal-abal.
 
8. Penggambaran pemain musik yang terus bermain saat Titanic mulai tenggelam pada film Titanic ternyata nyata
 
Jika kamu sudah melihat film Titanic, kamu tentu akan menemukan adegan dimana para pemain musik terus memainkan alat musik mereka bahkan saat kapal mulai tenggelam. Adegan yang mengharukan dan mengesankan ini sebenarnya bertujuan untuk menenangkan penumpang yang berada di dalam kapal agar tidak terlalu panik. 
 
Faktanya, kejadian yang digambarkan dalam film tersebut benar-benar pernah terjadi. Pada saat itu, pemain musik yang ada di atas kapal Titanic diharuskan memainkan alat musik mereka selama waktu satu jam mulai dari kapal menabrak bongkahan es.
 

9. Bongkahan es yang ditabrak Titanic sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu

 
Fakta tentang Titanic lainnya adalah bongkahan es yang ditabrak kapal tersebut di Samudra Atlantik adalah bongkahan es yang sudah ada sejak 1000 tahun lalu sebelum masehi. 
 
Bongkahan es yang fenomenal ini memang disinyalir telah mengapung di samudera sejak lama. Namun belum pernah dilaporkan ada kapal laut lain yang mengalami kecelakaan akibat keberadaan bongkahan es tersebut, terkecuali kapal Titanic satu-satunya.
 
10. Milton Hershey tidak jadi naik Titanic dan Kisah Peminum Whiskey yang Selamat
 
Jika kamu mengenal pencipta coklat yaitu Milton Hershey, ternya ia juga memiliki tiket yang digunakan untuk menaiki kapal Titanic. Pada saat itu, Hershey memang memegang tiket yang bisa ia gunakan untuk menaiki kapal yang sangat mewah itu. Namun, ada suatu hal yang terpaksa harus ia lakukan dan kemudian memilih untuk membatalkan rencana untuk naik kapal Titanic. Bayangkan kalau seandainya ia jadi berangkat. 
 
Kisah keberuntungan Milton tentu saja tidak hebat jika dibandingkan dengan kisah nyata yang dialami oleh Charles Joughin, seorang kepala juru masak yang bekerja di Kapal Titanic. Diceritakan nyawanya dapat selamat setelah berenang lebih dari 2 jam di air es laut Atlantik Utara. 
 
Dan saat ia dijemput oleh kapal penyelamat, Charles bercerita bahwa ia bisa bertahan hidup karena sebelumnya ia sudah banyak minum Whiskey, sehingga ia tidak mati kedinginan karena tubuhnya sudah dihangatkan oleh minuman alkohol tersebut.
 
11. Penumpang Terkaya yang Tewas dalam Kecelakaan Kapal Titanic
 
John Jacob Astor IV adalah seorang penumpang kelas VVIP di kapal Titanic. Diketahui, jumlah harta kekayaannya mencapai 85 juta dollar, jumlah uang yang sangat fantastis dimasa itu. Sayangnya, maut tak bisa dibayar dengan uang, Aston pun harus bernasib naas dan ikut menjadi korban tewas dalam tenggelamnya kapal Titanic.
 
 
12. Ramalan Tentang Kapal Titanic dalam Novel Wreck of Titan (Futility)
 
Entah ini apakah hanya sebuah kebetulan saja. Dalam novel wrek of Titan terbitan tahun 1898, menceritakan tentang sebuah kapal pesiar besar bernama Titan yang tenggelam di Atlantik Utara setelah sebelumnya menabrak gunung Es. Anehnya, Novel karangan Morgan ini jauh sudah ada 14 tahun sebelum bencana terbesar sepanjang masa itu terjadi. Beberapa kemiripan kisahnya dapat kamu simak dibawah ini:
 
– Titanic dan Kapal Titan mempunyai nama yang sangat mirip
– Dalam novel Morgan, Kapal Titan juga memiliki kehebatan yang sama yakni anti tenggelam
– Kapal Titanic buatan Inggris dan Titan juga buatan Inggris
– Waktu kecelakaan yang sama, Titan disebutkan dalam kisah novelnya mengalami kecelakaan pada     bulan April, dan anehnya Titanic juga dibulan yang sama tepatnya 14 April dan kandas tenggelam       seluruhnya pada 15 April.
– Baling-baling pada kapal Titan dan Titanic sama-sama berjumlah 3 buah.
– Ukuran Panjang kapal Titan mencapai 800 kaki, sedangkan Titanic sendiri 882 kaki 6 inci.
-Kapasitas jumlah penumpang Titan 2500 orang, sementara Titanic sanggup mengangkut 2224  penumpang.
-Bagian kapal yang hancur ketika kecelakaan sama-sama mengalami kerusakan pada bagian kanan  depan
-Tak hanya menceritakan jumlah kapal sekoci yang kurang, dalam Novel Wrek of Titan, jumlah korban yang tewas diceritakan berjumlah ribuan persis seperti tragedi kapal Titanic. 
 
Apakah bencana paling mematikan dalam sejarah maritim ini hanya sebuah kebetulan? ataukah pembuat Kapal Titanic terinspirasi dari Novel Wrek of Titan karya Morgan?. Mari kita tanyakan saja pada bulu ketek yang bergoyang.
 
fakta tenggelamnya kapal titanic

13. Dibuatnya Film Titanic dengan biaya fantastis

 
Salah satu yang membuat Titanic begitu melegenda adalah film Titanic yang menggambarkan tentang tragedi paling mengerikan dalam sejarah pelayaran tersebut. Dan tahukah kamu, ternyata film yang disutradarai oleh James Cameron ini mengeluarkan biaya yang tidak sedikit loh. Bisa tebak berapa kira-kira biayanya? 
 
Yap, biaya pembuatan film tersebut ternyata mencapai angka 290 juta dolar setelah inflasi. Faktanya biaya tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan biaya pembuatan kapal Titanic yang hanya menghabiskan dana sampai 176 juta dolar saja. 
 
Gimana, seru bukan? Kesimpulannya seberapa pun mewah dan kuatnya sebuah kapal yang diklaim tidak akan tenggelam pun tetap bisa mengalami kecelakaan. Seperti pepatah bilang maut tak dapat dihindari dan ia tak mengenal arti kata kompromi. Ok sahabat kejadiananeh.com, itulah beberapa fakta menarik dan unik yang bisa saya sampaikan tentang tragedi tenggelamnya Kapal Titanic.