11 Hantu yang Tidak Terkenal di Indonesia

Bicara tentang hantu-hantu di Indonesia, pasti yang terpikirkan tak jauh dari sosok pocong yang suka melompat, kuntilanak yang suka tertawa meringkik seperti keledai, Tuyul si Bogel, Suster Ngepet dan sebangsanya. Eksistensi mereka memang harus kita akui begitu melegendanya, sampai-sampai mereka banyak mendapatkan kontrak sebagai pemeran utama dalam film layar lebar, yang tentu saja setiap aksi horor terbaru mereka selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. 
 
Terlepas dari hal itu juga, sebenarnya masih banyak jenis-jenis hantu kurang terkenal di negeri kita ini. Entah akibat kemajuan Instagram yang semakin merajai, ataukah gara-gara pergaulan bebas, nama-nama mereka semakin tenggelam saja dan dilupakan oleh banyak orang. Siapa sajakah mereka? Mari kita kenalan dengan 11 hantu yang tidak terkenal di Indonesia berikut ini.

Ohh iya kelupaan, berhubung mereka malu-malu asu untuk diajak foto selfie bersama, saya ganti saja dengan foto teman-temannya 🙂

 
Jurig Gonggo
 
Banyak kisah hantu yang diyakini berdasarkan kepercayaan warga setempat salah satunya adalah Jurig Gonggo, dimana sosoknya begitu melekat di hati orang Sunda. Jurig itu dalam bahasa sunda artinya setan dan gonggo sendiri sebutan untuk jembatan kecil yang ada kolong gotnya. 
 
Nah itulah awal mulanya dijuluki sebagai Jurig Gonggo oleh orang sunda, karena si Jurig Gonggo ini tinggal dibawah jembatan yang gelap gulita.
 
Konon, si Jurig Gonggo katanya senang banget gangguin anak-anak muda yang lagi pacaran hot di atas jembatan. Bagi pasangan yang apes, mereka akan mendengar suara gemericik air dibawah jembatan. Karena bikin penasaran, mereka pun akhirnya memberanikan diri untuk melihat apa yang sebenarnya sedang terjadi dibawah sana.
 
Awalnya hanya sekelebat bayangan hitam saja, namun semakin lama diperhatikan mereka pun melihat dengan jelas, sosok makhluk hitam legam sedang asyik nongkrong dibawah jembatan. Cerita selanjutnya sudah bisa kita tebak, si cowok lari ketakutan terbirit-birit ampe EE dicelana. Dan bukan hanya motornya saja yang ditinggalin, ceweknya pun ikut ketinggalan.
 
Padahal belum tentu itu penampakan dari si Jurig Gonggo, bisa jadi itu Mang Dadang yang sedang kebelet boker. Jadi, pesan moral yang ingin disampaikan oleh si Jurig Gonggo adalah jangan pacaran kalau gak punya modal, masak kencan diatas jembatan 😀

Hantu yang Tidak Terkenal di Indonesia

Pesugihan Nyi Mas Centring Manik

 
Hantu lokal asli Indonesia yang tidak terkenal berikutnya adalah Centring Manik nama lengkapnya Nyi Mas Centring Manik, memiliki wujud nenek-nenek atau wanita tua renta yang selalu mengenakan pakaian merah, jangan tanya kenapa si nenek ini suka banget warna merah. 
 
Pada waktu tertentu, kadang Centring Manik suka berubah wujud menjadi ular buntung. Konon berdasarkan mitos yang beredar, Centring Manik masih ada kaitan dengan Prabu Siliwangi (istri mudanya).
 
Dan menurut rumor masyarakat Bandung sendiri. Sampai sekarang masih ada orang yang melakukan praktik pesugihan Nyi Mas Centring Manik, bagi siapa saja pria yang melakukan ngalap berkah kepada Nyi Mas Centring Manik, ia akan dipenuhi dengan harta kekayaan melimpah meskipun ia tak bekerja, wahh curiga jangan-jangan dia tukang jualan online.
 
Si pria tersebut cukup menyediakan sebuah kamar khusus untuk kehadiran arwah Nyi Mas Centring Manik. Dan ada jadwal khusus dimalam-malam tertentu, untuk pria itu harus melakukan hubungan ohh yees oh noo semalam suntuk dengan Nyi Mas Centring Manik.
 
Hantu Lulun Samak
 
Hantu Lulun Samak atau disebut juga hantu Tikar dan umumnya ada di sungai. Mitosnya saat masih kecil kalau renang di sungai dan melihat tikar mengapung maka biarkan saja, sebab kalau diambil malah kita yang akan tenggelam. 
 
Hantu ini kabarnya sudah tak eksis lagi, entah karena banyak sungai tercemar akibat serangan bom biologis alias tongki manusia, atau karena anak sekarang senangnya renang di kolam renang. Gak tahu kenapa si Hantu Lulun Samak ini bukannya migrasi saja ke kolam renang, mungkin saja doski alergi berat sama air kaporit.

Hantu Kapuk Kamalintong
 
Mungkin ini nama lainnya pocong ya, karena wujudnya mirip dan beraksi dari rumah ke rumah pada malam hari dengan mengetuk pintu dan saat pintu dibuka. hantu ini akan mengeluarkan suara paraunya sambil berkata, Bagi uit cibu om buat beli pulsa..Sorry typo, maksudnya ‘tolong bukain kapas dimuka saya, ah elah segitunya hahaha.

 
Hantu Jurig Lauk
 
Jurig Lauk atau biasa disebut juga Hantu Ikan umumnya beroperasi di kolam ikan dan pemancingan, bantu jaga kolam mungkin yaa. Hantu ini umumnya banyak dilihat oleh para pemancing dan memperlihatkan diri dengan wujud cahaya terbang menyerupai api di atas kolam.
 
Konon kata orang, asal usul  Hantu Jurig Lauk adalah arwah ikan yang telah meninggal dan umurnya sudah tua sekali, lebih tua dari Nyonya Meneer berdiri sejak tahun 1919. Selain berwujud cahaya, Jurig Lauk terkadang juga sering menampakkan diri dengan wujud ikan pancingan besar yang ditangkap pemancing. 
 
Dan rata-rata para pemancing juga tahu, kalau menangkap ikan lalu matanya bisa berkedip-kedip maka diyakini kalau ikan itu genit ehh jelmaan ikan hantu maksudnya. Konon di daerah Saguling Cililin hantu ini masih banyak dijumpai.
 
Oreng Pote
 
Hantu yang kurang populer di Indonesia berikutnya berada di daerah pulau Bawean, sebuah pulau kecil yang berada di laut Jawa dan bisa kamu tuju ke arah utara kota Gresik. Walaupun kecil, Bawean ditinggali oleh beragam suku bangsa dan bahkan banyak warga yang telah bekerja ke luar negeri hingga ke Singapura, Singaraja, Malaysia, Vietnam dan Australia. 
 
Bawean tidak hanya dikenal akan panorama pantainya yang indah. Konon disana ada banyak hantu yang menakutkan (wuuu…) seperti Ilung Lanjang, Pancong maaf maksudnya Pocong, Matianak, Mata Mera dan Oreng Pote. Spesial buat Hantu bernama Oreng Pote ini, dia ditakuti warga Bawean karena konon diyakini sebagai pembawa malapetaka. 
 
Oreng Pote merupakan hantu yang menyerupai manusia dengan bentuk wujud kulit putih pucat seperti mayat. Konon, bagi siapapun yang apes berjumpa dengan kemunculan Orang Pote ini. Dirinya akan mengalami musibah atapun bencana beserta dengan orang-orang yang tinggal dekat dengannya.

 
Di Sumatera Selatan alias Palembang, kisah tentang Hantu Antu Banyu begitu populernya bagi masyarakat asli disana. Berdasarkan cerita turun-temurun, Antu Banyu dikatakan senang menempati sungai Musi dan Muara Dua. Wujud Antu Banyu sendiri berupa sosok entah cowok atau cewek berambut panjang, keras serta berat dan tajam (mungkin hantu ini mantan rocker). 
 
Tak mengherankan jika Antu Banyu mampir di perahu para nelayan, maka seketika perahu itu dapat tenggelam. Yang lebih mengerikan, setelah si Nelayan apes tersebut jatuh tenggelam ke dalam sungai, dirinya akan dimangsa sebagai bahan cemilan Antu Banyu.
 
Dan keesokan harinya, jasad si korban akan ditemukan oleh masyarakat dalam keadaan terapung dengan kondisi ubun-ubun kepala sampai punggungnya berlubang. Ohh No,, udah kaya sup sumsum tulang ayam.

 
Suanggi
 
Dipercaya secara turun temurun oleh warga Papua dan Maluku. Konon hantu mengerikan bernama Suanggi ini, dimasa hidupnya dulu dikenal sebagai penyihir atau dukun dengan ilmu hitam tinggi. 
 
Dikatakan juga ia punya wujud dengan mata merah dan gigi tajam. Hobi aneh dari Suanggi sendiri gemar menyantap daging manusia yang dilakukan dari jauh, mirip-mirip metodenya seperti teluh santet. 
 
Saat mengincar mangsa, Suanggi akan terbang menggunakan pelepah daun dan masuk ke rumah korban. Setelah korban tewas Suanggi akan menjilati bekas luka gigitannya dan sembuh secara ajaib tanpa meninggalkan bekas sedikitpun. 
 
Bahkan katanya juga, sering ditemukan kasus beberapa korban Suanggi diyakini bisa hidup kembali, namun selang beberapa minggu kemudian, akhirnya mereka ditemukan tewas secara mengenaskan.

Hantu Ndhas Nggluntung
 
Awas salah Eja! Ini bukanlah Ndasmu melainkan Ndhas Nggluntung, sosok hantu yang selalu menampakkan dirinya dengan wujud kepala mengelinding, serem banget cuma kepala saja tanpa dada dan bokong sama sekali.
 
Cerita tentang hantu Ndhas Nggluntung ini sangat fenomenal bagi warga Pemalang, Jawa Tengah. Ia sering muncul ketika tengah malam, di jalanan menurun dan sepi. 
 
Saat menampakkan wujudnya, kamu akan mendengar suara benda jatuh dengan keras seperti Gwedheebuggg kemudian bersambut bunyi POOHH. Lebih baik jangan didekati, bisa-bisa nanti kamu pingsan melihat wujud menyeramkan Ndhas Nggluntung, tanpa dada dan tanpa bokong.
 
Jerangkong 
 
Nama bekennya Jerangkong, artinya tulang belulang manusia, sebab hantu ini wujudnya memang tulang manusia lengkap dengan tengkorak, ceker dan suka berjalan sendiri di tengah malam, sunyi dan kesepian.
 
Karena wujudnya tulang belulang semua, suara jerangkong ketika muncul sangat mengerikan, persis seperti bunyi gemeletuk tulang sedang encok berat. 
 
Diyakini jerangkong muncul pada lingkungan sepi yang banyak dari warganya beternak ayam. Katanya juga, si Jerangkong ini keluar dari dalam kuburannya sambil mengeluarkan asap tebal, beuhh mungkinkah dulunya semasa hidup doi adalah seorang tukang sate.
 
Hantu Ilung Lanjang
 
Dari sekian daftar hantu-hantu yang tidak terkenal di Indonesia, sepertinya yang benar-benar sudah pensiun total dari dunia perhantuan adalah Ilung Lanjang. Padahal, sosok hantu ilung lanjang ini begitu fenomenal bagi penduduk pulau Bawean.

hantu kurang terkenal

Dinamakan Ilung Langjang karena burungnya panjang banget, maaf maksud saya hidungnya panjang. Sangat mudah untuk mengenali kehadiran hantu yang satu ini, ketika berjalan ia akan mengeluarkan suara seperti benda yang sedang menyeret ke tanah, hal ini disebabkan karena hidungnya yang teramat panjang. 

 
Konon menurut cerita turun temurun penduduk Bawean, semasa Hantu Ilung Lanjang ini masih berusia remaja dan masih segar-segarnya, ia sering digunakan oleh dukun sakti untuk menjaga desa dari serangan para perampok jahat. 
 
Namun ketika ia sudah berusia tua renta, tubuhnya tidak lagi kuat seperti dulu. Jalannya pun sekarang sudah membungkuk seperti udang. Dan pada suatu hari, Hantu Ilung Panjang pernah berkelahi dengan sekelompok pria yang sedang mabuk-mabukan. 
 
Tragis! karena dikeroyok Ilung panjang pun kalah dalam pertarungan, dan hidungnya pun harus patah. Semenjak peristiwa itu juga penampakan Hantu Ilung Panjang sudah jarang terlihat. 
 
Tapi alasan sebenarnya bukan itu, konon Ilung Panjang tidak mau muncul lagi karena jalanan di Pulau Bawean sudah beraspal semua, dan gara-gara itulah ia takut untuk melintasi, karena tidak mau lagi hidung panjangnya patah. Hadehh aneh bener 😀