Penemuan Planet Aneh di Luar Angkasa

Dunia antariksa adalah dunia yang penuh dengan kejutan luar biasa. Ada banyak sekali objek benda dan kehidupan di luar angkasa yang masih menyimpan teka-teki misterius sampai sekarang. Seperti halnya planet, bahwa di luar angkasa ada banyak sekali jumlahnya. Di Galaksi Bima Sakti sendiri seperti bumi yang kita tempati ini, ada lebih dari triliunan planet baru misterius yang belum berhasil teridentifikasi. 
 
Itu baru di galaksi bima sakti saja, bagaimana dengan galaksi-galaksi lainnya yang jauh lebih besar. Meskipun para ahli astronomi belum dapat menyimpulkan berapa jumlah pastinya, namun dalam pengamatan mereka sampai saat ini sudah terdapat 10 penemuan planet aneh di luar angkasa, khususnya di lingkup tata surya kita.
 
1. Gliese 436 b
 
Salah satu penemuan planet aneh yang mengambil banyak perhatian para ilmuwan di dunia ini adalah planet Gliese 436 b. Planet baru ini menjadi salah satu planet teraneh di angkasa luar karena memiliki hukum kimia yang sangat berbeda dengan yang di tunjukkan di bumi. 
 
Di bumi, terdapat hukum kimia, jika air bertemu dengan api maka air akan memadamkan api. Namun di planet ini kamu akan mendapatkan sebuah keanehan, di mana ada api abadi yang terus menerus menyala di atas es tanpa henti.

Penemuan Planet Aneh di Luar Angkasa
Photo: Copyright ibda3world.com

Planet Gliese 436 b ini juga dijuluki sebagai planet pembunuh karena merupakan planet yang sebenarnya memiliki keistimewaan layak huni seperti halnya bumi sehingga mendapatkan sebutan Bumi  Super. Namun planet yang tidak bisa berotasi ini, terus menerus di tempa cahaya merah dan inframerah yang berasal dari bintang Katai Merah. 

 
2. TrES-2b
 
Planet TrES-2b di identifikasi sebagai salah satu planet misterius yang berada di luar tata surya kita, memiliki jalur orbit pada bintang GSC 03549-02811 dan memiliki sebutan planet yang paling gelap di antara planet planet lainnya. 
 
Planet ini memiliki jarak tempuh dari bumi sejauh 750 tahun cahaya. Hal teraneh yang di miliki planet TrES-2b adalah memiliki suhu yang sangat tinggi yaitu 1100 derajat celcius, aneh bukan padahal planet ini sangat gelap tanpa ada cahaya sedikit pun.

Photo: Copyright vk.com

Para ahli ilmu astronomi meneliti bahwa penyebab kemungkinannya planet ini di penuhi oleh gas yang memiliki kemampuan untuk menyerap cahaya yang di pantulkan ke planet tersebut, padahal cahaya yang di pantulkan oleh planet TrES-2b hanya berkisar 1 persen saja. 

 
3. Planet Alien Mirip Bumi, Kepler 438b
 
Tak kalah aneh dengan planet-planet baru diatas. Kepler 438b awal mulanya di temukan lewat penelitian astronom dari Harvard Smithsonian Center for Astrophysics. Memiliki jarak tempuh sejauh 470 tahun cahaya dari bumi yang mengorbit bintang di konstelasi Lyra, sebagai planet ekstrasolar.

Photo: Copyright trinitynewsdaily.com

Dan planet ini memiliki keanehan yang berbeda dengan yang lainnya. Kepler 438b di klaim memiliki tingkat kemiripan dengan bumi dengan rasio perbandingan 1:0,88, artinya hampir 100 persen mirip dengan  bumi. 

 
Menurut hasil penelitian para astronom, Kepler 438b juga memiliki sumber kehidupan yang sama dengan bumi yaitu keberadaan oksigen dan terdapatnya air. Apakah mungkin ada kehidupan Alien disana?

4. Planet Baru dengan Kekayaan Berlian, 55 Cancri e
 
Para ilmuwan dari Universitas Yale telah menemukan tambang berlian yang sangat besar di luar angkasa sana. Disebut-sebut planet 55 Cancri e ini sebagai planet berlian yang hampir 1/3 massa planet terdiri dari batu mulia berlian. Wow, luar biasa bukan?

Photo: Copyright technobezz.com

Planet ini memiliki ukuran sebesar 2 kali lipat dari planet bumi dan memiliki suhu udara mencapai 3.900 derajat Fahrenheit. Sedangkan permukaan planet 55 Cancri e setelah dilakukan penelitian lebih lanjut mempunyai komposisi planet yang terbuat dari karbon yang kemudian mengalami perubahan menjadi berlian serta grafit. 

 
Berbeda dengan kondisi planet-planet lainnya, yang rata-rata permukaan bebatuannya lebih banyak ditutupi dengan komposisi air dan granit. Wahh bisa bahaya ini ceritanya kalau sampai terdengar tukang berlian, mereka pasti akan segera migrasi ke sana.
 
5. Planet Biru HD 189773b
 
Jika kamu mengetahui apa yang terjadi di planet HD 189773b, bisa dipastikan kamu tidak akan mau hidup di planet aneh tersebut. Planet HD 189773b sebenarnya memiliki warna yang sangat cantik yaitu berwarna biru cerah. Namun tahukah kamu kalau warna biru itu berasal dari atmosfer planet yang di penuhi oleh partikel-partikel silikon.

 
Photo: Copyright youtube.com

Partikel  silikon ini kemudian menjadi padat seperti kaca yang meluncur dengan bentuk seperti angin yang memiliki arah membujur di karenakan suhu permukaan yang di miliki planet ini sangat tinggi. Kecepatan dari silikon yang berubah menjadi kaca tersebut sangat tinggi yaitu mencapai 4000 mil setiap jamnya. 

 
Oleh karena itu secara kasat mata bisa di lihat bahwa di planet ini hampir terjadi secara terus menerus hujan kaca yang bergerak cepat secara  horizontal, terlebih suhu udara di planet biru ini mencapai 900 derajat celcius. Menakutkan bukan?
 
6. WASP-17b
 
Penemuan planet baru misterius paling aneh lainnya adalah WASP-17b, sebuah eksoplanet dalam konstelasi Scorpius yang mengorbit bintang WASP-17. Memiliki keanehan di mana jalur orbit yang di lalui oleh planet ini bertolak belakang dengan matahari, alias anti mainstream seperti jalur lintasan orbit pada planet-planet umumnya.

Meskipun begitu planet WASP-17b memiliki ukuran yang sangat mencengangkan, yaitu 1,9 kali lipat lebih besar dari ukuran planet Jupiter sebagai planet terbesar di sistem tata surya kita.

 
Yang tak kalah mengejutkan, pada 3 desember tahun 2013 lalu, para ilmuwan antariksa yang bekerja dengan teleskop ruang angkasa Hubble pernah melaporkan bahwa mereka mendeteksi keberadaan air di atmosfer planet WASP-17b tersebut. Mungkinkah ini pertanda ada kehidupan makhluk lain di luar angkasa, selain manusia di muka bumi?

7. HD 188753 Ab, Planet Teraneh dengan Sistem Tiga Bintang
 
Apakah kamu pernah mendengar cerita rakyat tentang fenomena aneh alam yang mengkisahkan kemunculan beberapa matahari di bumi. Di planet yang diberi nama HD 188753 Ab, kamu bisa melihat langsung adanya penampakan 3 matahari. Keajaiban ini pertama kali ditemukan oleh astronom Maciej Konacki setelah menganalisis data spektroskopi rinci dari Observatorium Keck.

Photo: Copyright nasa.gov

Benarkah hal ini benar-benar terjadi? Jika kamu penasaran, datang saja ke planet ini dan temukan keunikan di mana ada bayangan tubuh kamu yang bisa berjumlah tiga. Pasti menyenangkan bukan? Apalagi jika kamu berkesempatan melihat sunrise dan sunset dari planet ini (mudah-mudahan gak gosong), pasti menjadi pemandangan yang sangat langka di alam semesta. 

 
8. WASP-12b, Planet Terpanas di Jagat Raya
 
Menyimak tentang fenomena Planet Biru sebelumnya, sudah sangat menakutkan bukan? Tapi tunggu sampai kamu membaca apa yang terjadi di planet mengerikan yang satu ini. 
 
Planet WASP-12b memiliki jalur orbit yang sangat dekat dengan matahari, hingga yang terjadi bisa kamu bayangkan, begitu mengerikannya. Secara perlahan namun pasti planet WASP-12b mulai terpengaruh oleh panas dari matahari saking dekatnya jarak mereka.

Photo: Copyright nasa.gov

Bahkan jika di lihat dengan seksama, bentuk planet yang nyaris sebesar ukuran planet Jupiter ini sudah tidak berbentuk bulat atau utuh lagi, melainkan berbentuk lonjong karena bagian sisinya sudah terbakar oleh dahsyatnya panas matahari. Mau tahu berapa tingkat ketinggian suhu dalam Planet WASP-12b? 

 
Yaitu 2.200 derajat Celcius, dan mengorbit bintangnya hanya dalam waktu sehari saja, karena jaraknya hanya sekitar 3,4 juta kilometer dengan matahari. Sebagai perbandingan, planet di tata surya kita yang paling cepat mengorbit Matahari adalah Merkurius, ia mengorbit Matahari dalam waktu 88 hari sekali. Itulah sebabnya WASP-12b, disebut-sebut sebagai planet terpanas di jagat raya.
 
9. GJ 1214b
 
Dijuluki sebagai dunia air yang berada di luar angkasa, merupakan sebutan bagi planet paling aneh di antariksa ini. Ada keanehan apa sebenarnya di planet ini hingga mendapatkan julukan seperti itu? 
 
Pertama kali ditemukan pada tahun 2009 dan berjarak sekitar 40 tahun cahaya dari Bumi. Planet GJ 1214 b terletak di rasi bintang Ophiuchus dan merupakan planet luar surya kedua yang memiliki massa dan jari-jari lebih kecil daripada raksasa gas di Tata Surya.

Ia dikatakan memiliki atmosfer yang sangat tebal, hampir seluruh permukaannya ditutupi oleh air dalam bentuk uap air. Begitupun bebatuannya yang tercipta dari hidrogen. Tak salah jika para ahli astronom menjulukinya sebagai Waterworld, atau dunia air tempat samudera raksasa yang tak kan pernah bisa habis.
 
Jadi, sempatkan diri kamu untuk mengunjunginya pada akhir liburan tahun nanti :D, dan dapatkan sensasi segar di mana kamu menemukan pemandangan unik melihat samudera air tanpa ujung. Ya, di planet ini hampir keseluruhan planet tertutup oleh samudera air yang tidak bertepi. Bayangkan jika kamu harus hidup di sana dan tanpa ada pacar yang menemani, suram benerr 🙂

10. PSR B1620-26 b (Metusalah), Planet Paling Tua di Alam Semesta
 
Seperti yang kita tahu waktu pelajaran di sekolah, bahwa alam semesta dan seisinya ini bisa ‘tercipta’ setelah terjadinya ledakan dahsyat Big Bang. Dari saat itulah mulai terbentuk planet-planet seperti yang kita kenal sekarang, salah satunya PSR B1620-26 b. 
 
Planet ini dikenal sebagai planet paling tua karena memiliki usia sebanyak 3 kali lipat usia yang di miliki oleh bumi. Wah, planet yang sangat tua ya? Padahal bumi aja sudah tua, dan ini ada yang lebih tua lagi? Emang dasar tua-tua keladi.

planet aneh
Ok seriuss, jadi menurut para ilmuwan Planet PSR B1620-26 b sudah berusia lebih dari 13,7 miliar tahun, hanya berselang satu miliar tahun setelah terjadinya fenomena big bang. Kalau dibandingkan dengan umur bumi yang kita tempati saat ini sangat jauh, bumi sendiri diperkirakan hanya berusia 4,5 miliar tahun. 
 
Engga tahu hubungannya dari mana, hingga penemuan planet aneh PSR B1620-26 b ini dijuluki juga sebagai Planet Metusalah oleh para Ilmuwan, konon pemberian nama ini diambil dari nama kakek Nabi Nuh sebagai orang tertua di muka bumi dalam sejarah Alkitab. Walahh padahal masih banyak yang lebih tua, salah satunya adalah Henokh sebagai orang tua dari Metusalah, hehehe 🙂