Situs Mencari Bahan Skripsi Lengkap untuk Referensi Penelitian Kamu

Pusing? kuliah gak kelar-kelar hanya karena belum menyelesaikan skripsi, padahal tinggal selangkah lagi kelulusan sudah di depan mata. Memang, saat hari-hari terakhir kuliah ini, kamu bakalan banyak disibukkan dengan penyusunan skripsi terkait dengan pengumpulan data, penelitian yang tentu saja bikin kita jenuh dan menguras pikiran. 
 
Daripada capek nanya sini nanya sana atau mencari sumber referensi lewat perpustakaan, mending kamu lihat daftar 10 situs mencari bahan skripsi lengkap untuk referensi penelitian kamu di bawah ini. Dan tak hanya untuk bahan skripsi saja, makalah tugas semester, jurnal ilmiah, contoh judul skripsi sampai bahan tesis sebagai salah satu syarat lulus sarjana magister S2 juga bisa kamu dapatkan disini.
 
1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia – www.perpusnas.go.id
 
Kita mulai dari mencari referensi bahan skripsi lengkap lewat situs web Perpustakaan Nasional milik pemerintah Indonesia. Tak perlu jauh-jauh untuk datang ke tempat ini jika kamu tinggal di luar Jakarta. Cukup mengaksesnya secara online saja melalui alamat surel www.perpusnas.go.id. 
 
Ada banyak contoh-contoh judul skripsi, jurnal penelitian ilmiah atau rujukan bahan skripsi apapun yang kamu perlukan tentunya semua bisa di download secara gratis, alias tidak dipungut bayaran sama sekali. Namun untuk bisa mendownloadnya kamu wajib terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri jadi anggota. Dan cukup registrasi melalui website  ini juga, mudah bukan. 
 
2. Delpher – www.delpher.nl
 
Khusus bagi kamu para mahasiswa jurusan ilmu sejarah, sangat direkomendasikan untuk mampir ke situs Delpher ini. Banyak sekali jurnal tentang kepemerintahan masa hindia belanda termasuk sejarah di Indonesia mulai dari abad 17 sampai abad ke 21. 
 
Tak hanya dokumentasi tulisan saja, foto-foto bersejarah, koran lama Belanda pun juga termuat di website ini. Sayangnya bagi kamu yang gak mengerti bahasa Belanda akan sedikit kesulitan, karena semua bahasa yang digunakan adalah bahasa belanda.

 
Situs Mencari Bahan Skripsi Lengkap untuk Referensi Penelitian
Photo: Copyright pinterest.com

3. ResearchGate – www.researchgate.net

 
Tak hanya dijadikan rujukan oleh para calon sarjana dari seluruh dunia. Research Gate juga dikenal sebagai sarana media sosialnya para peneliti akademik. Lewat situs ini kita bisa mendapatkan informasi lengkap tentang bahan-bahan skripsi dan tesis. Melalui situs web ini juga kita bisa saling berdiskusi dengan sesame membernya melalui forum. 
 
Jadi jika kamu menemui kesulitan dalam tugas akhir karya ilmiah kamu, jangan malu-malu untuk mengajak diskusi dengan mereka. Karena mereka tak pernah pelit untuk memberikan jawaban atas pertanyaan kamu, kecuali lagi laper 😀

4. Indonesian Publication Index – id.portalgaruda.org
 
Selain perpustakaan nasional milik Pemerintah, ada juga IP Indonesian Publication Indek. Situs ini khusus untuk memberikan hasil pencarian jurnal berbahasa Indonesia. Data yang disajikan sangat lengkap dan terjamin dengan referensi keasliannya. 
 
Tapi sayangnya, di situs ini kita tidak bisa saling berdiskusi dengan para member lain atapun adminnya. Karena memang dikhususkan sebagai index pencarian jurnal saja. Tertarik untuk mencobanya?
 
5. Google Scholar – scholar.google.co.id
 
Google memang sudah lama dikenal sebagai rajanya pencarian, terbukti dengan fitur Google Scholar memudahkan para mahasiswa untuk cepat menyusun tugas skripsinya. 
 
Disini banyak sekali jurnal-jurnal online yang mudah dan gratis untuk kita dapatkan. Untuk mencari kata kunci judul yang kamu inginkan pun bisa lebih spesifik alias detail. Jangan lupa yah kalau sudah dapat, untuk mencantumkan sumber pembuatnya.
 
6. Indonesia OneSearch – www.onesearch.id
 
Satu lagi referensi situs dari Indonesia untuk mencari bahan skripsi, tesis maupun disertasi yang penting sekali untuk kamu bookmark. Jauh lebih lengkap dibandingkan dengan Indonesian Publication Index dan Perpustakaan Nasional Online. Di Indonesia OneSearch ini tak hanya memuat jurnal online dari seluruh dunia. 
 
Berbagai macam jenis buku, dokumentasi, literatur kurang lebih jutaan jumlahnya bisa kamu dapatkan disini. Dan mereka pun juga mendokumentasikan alamat link situs-situs web apa saja yang memuat skripsi online dari negara Indonesia, Asia sampai seluruh Eropa.
 
7. Academia – www.academia.edu
 
Berbeda dengan situs-situs referensi mencari bahan skripsi diatas. Academia hanya mempertemukan para akademisi di seluruh dunia, lebih tepatnya sebagai jaring sosial saja. Ditempat ini bahan skripsi bukan disediakan oleh adminnya, melainkan sesama member situs tersebut. Sang penulis jurnal yang sudah mengunggah dokumennya, bisa diajak berkomunikasi langsung oleh kita. 
 
Seperti memberikan pertanyaan yang tidak dimengerti, pesan khusus kepada sang penulis atau meminta jurnal yang sudah ia publikasikan. Dan tidak semua penulis jurnal mengizinkan bebas para member lainnya untuk menggunggah dokumen penelitian mereka, terkecuali dengan meminta izin terlebih dahulu.
 
8. Microsoft Academic – academic.microsoft.com
 
Microsoft Academic jauh lebih lengkap dibandingkan dengan Indonesia OneSearch sebab hampir seluruh dokumen penelitian dari berbagai macam bahasa dan seluruh penjuru dunia tersedia disini, kurang lebih 80 juta jurnal yang sudah dipublikasikan. 
 
Untuk mengaksesnya pun sangat mudah, karena sudah dilengkapi dengan fitur filter yang sangat membantu kita dalam pencarian, contohnya mencari referensi penelitian berdasarkan penulis, tahun publikasi penerbitan, dan afiliasi tempat bernaungnya penelitian yang sedang kita cari.

referensi bahan skripsi lengkap

9. Wiley Online Library – www.onlinelibrary.wiley.com

 
Lebih dari 7,8 juta artikel, ribuan jurnal serta 38 ribu buku dan dokumentasi online bisa kamu akses bebas di situs skripsi wiley online library ini. Untuk pencariannya pun tak ribet, cukup memasukkan keyword apa yang sedang kamu butuhkan saat ini. 
 
10. Project Gutenberg – www.gutenberg.org
 
Khusus bagi kamu para mahasiswa jurusan sastra, sains, fabel sampai sejarah. Jangan lupakan situs referensi online satu ini, siapa tahu sangat kamu butuhkan nanti menjelang penyusunan skripsi kami. 
 
Tersedia lebih dari 58 judul buku, ebooks gratis dari berbagai ciptaan pengarangnya. Situs yang dimiliki oleh Micheal Hart ini memang sudah lama dipercaya oleh para mahasiswa dunia sebagai daftar rujukan sejak tahun 1971 lalu.
 
Sahabat kejadiananeh.com, selain 10 situs referensi bahan skripsi lengkap diatas, sebenarnya masih banyak lagi yang belum saya sebutkan seperti Library Genesis, OAPEN Library, Science Direct, Open Library, Literature dan seterusnya dan seterusnya, silahkan kamu tambahkan sendiri hehehe:)