10 Mafia Terkaya di Dunia

Intelegensi yang cakap, keberanian dan ahli mengatur strategi menjadi ciri khas bagi seorang Mafia, sang pemimpin gangster di dunia hitam. Sayangnya, keahlian yang dimiliki oleh mereka begitu melekat dengan tindak kriminal.

Sering kita temukan organisasi kejahatan yang dipimpin oleh mafia selalu bergumul dengan bisnis terlarang seperti jual beli narkoba, human trafficking, penjualan senjata ilegal, hingga bisnis perjudian.

Jadi tak aneh bila sindikat organisasi kriminal semakin besar maka semakin sukseslah bos mafia tersebut. Hidup glamour dikelilingi wanita-wanita cantik dan berfoya-foya menghabiskan uang seakan menjadi hal lumrah bagi profesi pekerjaan mereka. Berikut 10 mafia terkaya di dunia dengan jumlah harta kekayaan mereka yang fantastis

1. Jose F. Agosto

Dengan jalur perdagangan meliputi daerah Republik Dominika menuju ke Puerto Rico, Jose Figueora Agosto berhasil masuk dalam daftar mafia paling kaya di dunia dengan menjalankan bisnis obat-obatan terlarangnya alias Narkoba, narik kolor babeh.

mafia terkaya

Laki-laki yang lahir pada tanggal 28 Juni 1964 ini merupakan seorang mafia dengan track record kejahatan yang sangat buruk karena berbagai aksi kekejaman yang pernah dilakukannya. Tak hanya sebagai bos pengendali bisnis narkoba, Jose juga pernah melakukan beberapa kali aksi pembunuhan keji.

Dan anehnya, seakan kebal hukum ia bisa bebas begitu saja dengan mudah dari jeratan hukum. Tahukah kamu jumlah harta kekayaan yang di milikinya ? Lebih dari 100 juta dolar Amerika Serikat, dan itu pun masih diragukan karena menurut FBI kekayaan Jose 2 kali lipat dari jumlah tersebut.

2. Meyer Lansky

Awal mula bisnis ilegal yang di jalani oleh mafia bernama Meyer Lansky bergerak di bidang perampokan, pencurian hingga pada penyelundupan minuman alkohol.

Setelah pria keturunan Yahudi Polandia ini namanya semakin disegani di dunia kriminal, karena mendapat perlindungan penuh dari sindikat Mafia terbesar Masseria, Lansky mulai mengembangkan sayapnya dengan terjun di bisnis prostitusi, narkotika, perjudian kasino dan pencucian uang.

Tak salah jika Majalah Forbes yang biasa memuat daftar orang-orang terkaya di dunia, memasukkan nama Lansky sebagai salah satu orang terkaya di Amerika Serikat dengan jumlah kekayaan mencapai 600 juta dollar.

Nilai yang sangat fantastis bukan?, dipakai buat beli pecel ayam setiap hari juga tidak akan habis sepertinya.

3. Franks Lucas

Lahir pada 9 September 1930, Frank Lucas adalah mantan agen heroin terbesar di Amerika Serikat yang memulai bisnis ilegalnya di Kota Harlem. Saat itu Frank Lucas melihat adanya peluang bisnis yang sangat besar di bidang penjualan obat-obatan terlarang semasa perang Vietnam dengan Amerika Serikat berlangsung.

Dengan melakukan beberapa hal yang sangat kejam, Lucas berhasil menguasai jalur perdagangan narkotika di New York dan New Jersey hingga meraih kekayaan yang sangat tinggi pada waktu itu. Salah satu trik licik yang pernah di jalaninya untuk mengedarkan narkoba terlarang miliknya yaitu dengan menyelundupkan heroin ke dalam peti mati prajurit AS yang diterbangkan dari Vietnam ke Amerika Serikat.

Selama sindikat jaringannya beroperasi, Lucas berhasil mendapatkan keuntungan bersih 300 ribu dollar perhari hingga mencapai 52 juta dollar sebelum ia berhasil tertangkap oleh FBI.

Tahukah kamu apa yang jadi inspirasi dalam kehidupan Franck Lucas? Ia mengatakan ingin sukses dan menjadi kaya raya seperti Donal Trump, jika ingin tahu lebih jelas tentang kehidupan unik Frank Lucas, kamu bisa menontonnya dalam film American Gangster yang pernah booming pada tahun 2007 lalu.

4. Al Capone

Al Capone adalah seorang mafia yang berasal dari jalur keluarga terhormat. Namun karena desakan dan godaan yang datang dari seorang bernama Johnny Torno membuat Al Capone kemudian bergabung dengan gangster Torno yang mengantarkannya menjadi salah satu mafia terkaya di dunia.

Saat itu, Al Capone berhasil menjadi pimpinan dari gang Torno setelah masa jabatan Johnny Torno berakhir. Al Capone juga berambisi tinggi untuk menguasai kekuasaan gengster lain sehingga siapa pun yang menghalangi jalannya akan langsung di musnahkan.

Tak salah jika sosok Al Capone juga mendapat julukan sebagai mafia paling kejam di dunia. Keuntungan dari bisnis haramnya mendapatkan 60 juta dollar perbulan, dan terakhir harta kekayaannya tercatat mencapai 1,3 miliar dollar..Wow!

5. Joseph P. Kennedy

Tahukah kamu mafia yang satu ini memiliki kekayaan yang membuat mata kita terbelalak kagum. Kekayaan sebesar 300 juta dolar Amerika merupakan jumlah yang fantastis untuk di miliki seorang mafia bernama Joseph Kennedy.

Dan hebatnya lagi Kennedy meraihnya dalam usia yang masih sangat muda yaitu masih berusia 30 tahun, sangat jauh berbeda dengan uang jajan kita yang hanya kurang dari 50 ribu per hari hehehe.

Joseph Patrick Kennedy bergerak dalam bisnis haram minuman keras. Pada saat itu minuman keras masih dianggap legal dan ada izin penjualannya, sehingga Kennedy berhasil menjadi salah satu pebisnis minuman keras paling sukses, sayangnya penjualan minuman keras dikemudian hari sudah dilarang beredar oleh pemerintah Amerika Serikat, mengingat dampak buruknya yang sering menimbulkan tindakan kriminalitas.

Tak ingin kerajaan bisnisnya bangkrut begitu saja, membuat Kennedy tak kurang akal, dia kemudian menyogok mafia Berkeley alias pejabat pemerintahan, polisi korup yang berkuasa di Kota New York dan Chicago agar mendapatkan perlindungan hukum untuk menjalankan bisnis ilegalnya.

Diketahui jumlah kekayaan yang didapatkan oleh Joseph mencapai lebih dari 300 juta dollar, jumlah yang sangat luar biasa di era 80-90an.

6. Griselda Blanco

Mafia wanita yang terkenal dengan julukannya sebagai The Godmother, Black Widow, La Madrina, serta Ratu Kokain ini lahir pada tahun 1943 dan matek di tahun 2012.

Sekilas kamu tidak akan pernah menyangka kalau wanita dengan penampilan keibuan ini adalah seorang mafia wanita terkaya di dunia kelas ikan kakap.

Di ketahui ia memiliki bisnis yang sangat sukses di bidang narkotika dibawah perlindungan sindikat narkoba terbesar Medellin Cartel Kolombia.

Dan demi memuluskan perdagangan ilegalnya, Griselda ternyata telah membunuh lebih dari 200 orang selama masa menjual obat terlarang jenis kokain dari Kolombia ke Amerika Serikat dan Miami ke California. Adapun jumlah kekayaan yang berhasil ia peroleh sebesar U$D 2 miliar.

7. Amado Carrillo Fuentes

Mendapat julukan sebagai Lord Of The Skies karena kebiasaannya menggunakan pesawat terbang sebagai sarana perdagangan kokain yang di jalaninya. Amado Sambalado memiliki pesawat jet pribadi yang digunakan sebagai alat transportasi bisnis haramnya sebanyak 27 pesawat.

Sebagai bos mafia dari Kartel Fuentes, bisnis kokainnya mempunyai kekuasaan penuh tanpa saingan dari sindikat narkoba lainnya dengan jalur peredaran Kota Manhattan yang dilakukan setiap bulan, mencapai penjualan berton-ton heroin. Di puncak kesuksesannya Amado meraih keuntungan sebanyak 2 miliar dolar Amerika Serikat.

8. Joaquín Guzmán, Joaquín Archivaldo Guzmán Loera

Memiliki seorang ayah yang menghidupi keluarganya dengan berternak sapi, Joaquin berasal dari kondisi keluarga yang amat sangat miskin. Bahkan dia berusaha membantu perekonomian keluarganya dengan berjualan buah pada masa itu.

Kemudian Joaquin berinisiatif untuk belajar menanam bunga poppy yang di gunakan untuk membuat opium dan ganja untuk bisa memberikan penghasilan baru baginya. Kemudian dia bergabung dengan seorang pebisnis narkoba jenis sabu-sabu yang kemudian membawanya menjadi seorang mafia paling kaya di era kepemimpinannya.

Joaquín Guzmán yang dijuluki sebagai Raja Obat Bius dari Kartel Sinaloa, Meksiko ini berhasil mengekspor 500 ton kokain ke Amerika Serikat dengan keuntungan bersih 1 miliar dollar.

Dan terakhir harta kekayaannya yang terkumpul menurut majalah Forbes mencapai lebih dari 6 miliar dollar.

9. Carlos Lehder

Carlos Enrique Lehder Rivas adalah salah satu pendiri sekaligus orang paling berpengaruh di Medellin Cartel dan menjadikan Pulau Bahama sebagai Markas penjualan Kokain miliknya yang dikirim dari Kolombia ke Amerika Serikat. Sebagai keturunan Kolombia Jerman, Carlos sangat mengidolakan sosok John Lennon dan Adolf Hitlers sang pemimpin ditaktor Nazi.

Sebelum terjun ke bisnis narkoba, Carlos memulai karirnya di dunia kriminal sebagai penadah mobil-mobil curian, penculikan dan pembunuh bayaran.

Dan akhir petualangannya, Carlos tertangkap CIA dan dijatuhi hukuman penjara selama 135 tahun. Namun karena ia mengadakan kesepakatan dengan pemerintah untuk mau bersaksi melawan tokoh mafia Manuel Noriega, hukumannya dikurangi menjadi 55 tahun.

Diketahui jumlah kekayaan yang terkumpul dari bisnis kokainnya senilai 3,8 miliar dollar.

10. Pablo Escobar

Ini dia sang Raja Mafia dari seluruh gangster berbahaya di seluruh di dunia. Pablo escobar yang memiliki nama lengkap Pablo Emilio Escobar Gaviria adalah orang nomor satu paling disegani di Medellin Cartel, kartel narkoba terkaya di dunia.

Lahir pada 1 desember 1949 dari keluarga petani miskin. Mulai terjun di dunia kriminal dengan beraksi menjadi pencuri mobil sampai terlibat kasus penculikan. Aksi kejahatan Pablo Escobar semakin bertambah nekat di awal tahun 1970 dengan merintis usaha narkoba yang ia dapatkan dari Bolivia dan Peru.

Setelah itu menjualnya kembali ke kawasan Amerika Serikat. Dimasa itu tahun 1975 ada seorang Bos Mafia terkenal yang bernama Fabio Restopo terbunuh. Dan dalang pembunuhan tersebut adalah Pablo Escobar untuk mengambil ahli kekuasaannya.

Di tahun 1982 Pablo Escobar berhasil masuk menjadi anggota Kongres Parlemen Kolombia dan ia semakin berani memperluas usaha narkobanya. Dan konyolnya, perbuatan Pablo Escobar seperti di dukung oleh rakyat Kolombia, karena sosok Pablo sudah dianggap seperti Robin Hood.

Ia sering memberikan bantuan uang kepada rakyat miskin. Hati masyarakat seolah terhipnotis karena kebaikan Escobar yang tak pernah pelit memberikan hartanya kepada mereka.

Pernah ada kejadian unik, pada saat itu ada 60 polisi yang sebenarnya sudah mengepung Escobar, namun tidak ada satupun dari mereka yang berani menangkap pria tersebut. Hingga akhirnya Pablo Escobar pun lolos dari kejaran mereka. Dan cacatan kriminal dari aksi pembunuhan Pablo Escobar mencapai 600 korban tewas dari anggota polisi dan ratusan pejabat pemerintah Kolombia.

Namun akhir petualangan kejahatan Pablo Escobar harus berakhir sejak campur tangan Amerika Serikat. Para pasukan elit gabungan berjumlah 500 orang dari tentara dan polisi yang diterjunkan, berasal dari Navy Seal dan Delta Force untuk menangkap bos kartel narkoba tersebut di Medellin.

Perang hebat pun terjadi, antara pasukan elit dan gangster Medellin yang sama-sama memiliki senapan serbu Assault Rifles.

mafia paling kaya di dunia

Tapi peperangan yang berlangsung selama berhari-hari tersebut akhirnya dimenangkan pihak Amerika Serikat. Pablo Escobar terkena tembakan pada bagian perut, leher dan beberapa bagian tubuh lainnya diatas atap. Seketika itu juga Pablo Escobar meninggal, dia meninggal tepat satu hari setelah ulang tahunnya yakni 2 Desember 1992.

Uniknya, pemakaman Pablo Escobar dihadiri hampir seluruh rakyat Kolombia. Bagi mereka sosok Pablo Escobar bukanlah penjahat dan mereka tetap menganggap dirinya sebagai pahlawan yang selalu memperhatikan nasib rakyat kecil.

Tidak diketahui pasti berapa jumlah harta kekayaan sebenarnya dari bos mafia terkaya di dunia ini. Saat ia tewas, jumlah rekening banknya diketahui 30 miliar dolar. Padahal jumlah uang tersebut diperkirakan belum seberapa, mengingat semasa hidupnya Pablo Escobar mendapatkan keuntungan bersih 60 juta dollar per bulan dari hasil bisnis narkobanya.