Awal Mula Tusuk Gigi Makan Pertama Kali Digunakan

Penemuan yang bemanfaat bagi kehidupan manusia tak hanya terbatas pada penemuan-penemuan besar seperti penemuan lampu, telepon, radio, sinar rontgen, mikroskop dan sebagainya. Penemuan sederhana pun sangat memberikan manfaat pada kehidupan manusia.

Salah satunya adalah tusuk gigi. Tusuk gigi mungkin terkadang kita anggap sebagai sesuatu yang sepele. Namun bagaimana jika tak ada yang menemukan tusuk gigi dan penggunaannya? Bisa jadi saat kamu makan ayam kemudian tersisa di gigi, bisa membuat kamu tak bisa tidur.

Tentu kamu pernah merasakan hal seperti itu, ada sisa makanan seperti daging ayam terselip di gigi. Bagaimana rasanya? Ya, tentu sangat tidak nyaman.

Ilmu, pengetahuan, dan penemuan memang selalu ditunjukkan untuk memudahkan hidup manusia. Lalu bagaimana awal mula tusuk gigi makan pertama kali digunakan?

Sebenarnya penggunaan tusuk gigi sudah ada sejak jaman pra sejarah. Hal tersebut dibuktikan melalui tengkorak gigi manusia Neanderthal dan Homo sapiens. Tengkorak gigi manusia tersebut menunjukkan bukti-bukti penggunaan alat untuk menusuk gigi.

Menurut dokumentasi sejarah dari waktu ke waktu, pada masa pra sejarah digunakan ranting pohon untuk menjadi tusuk gigi. Sementara pada jaman perunggu, tusuk gigi mulai dibuat dari logam dengan pembuatan yang masih manual.

Selain melalui tengkorak manusia jaman pra sejarah, bukti penggunaan tusuk gigi dari logam juga berasal dari penemuan tusuk gigi diantara barang-barang yang dikuburkan dalam makam-makam prasejarah di Italia dan Alpen Timur.

sejarah tusuk gigi

Memang awal mula penggunaan tusuk gigi sebenarnya telah ada sejak jaman pra sejarah, namun orang yang dianggap berjasa memperkenalkan tusuk gigi pertama kali ke masyarakat adalah Charles Foster.

Pada saat itu ia merupakan seorang remaja yang bekerja menjalankan bisnis ekspor-impor di Brazil. Ia melihat penduduk Brazil memiliki gigi yang rapi dan bersih. Maka ia pun mencari tahu apa penyebabnya.

Akhirnya ia mengetahui bahwa penduduk Brazil menggunakan tusuk gigi yang terbuat dari kayu. Penduduk Brazil membuat tusuk gigi dari kayu secara manual. Sementara di tempat lainnya, digunakan tusuk gigi dari logam yang merupakan warisan kebudayaan zaman perunggu.

Memang Foster memiliki otak bisnis yang cemerlang. Melihat peluang bisnis dari tusuk gigi yang terinspirasi dari penduduk Brazil maka kemudian ia berpikir untuk membuat tusuk gigi dari kayu dalam jumlah banyak dan waktu singkat menggunakan mesin.

Untuk melakukan hal tersebut, kemudian ia berpikir untuk membuat mesin. Namun ia bukanlah seorang insinyur yang mampu membuat mesin sendiri. Dan ia pun meminta bantuan kepada seorang bernama Benjamin Franklin Sturtevant untuk menciptakan mesin pembuat tusuk gigi.

Akhirnya berhasil diciptakan mesin pembuat tusuk gigi yang mampu menghasilkan jutaan tusuk gigi dalam satu hari. Sturtevant seorang ahli mesin dari Boston memang merupakan seorang ahli mesin yang mumpuni, sebelumnya ia telah menciptakan mesin pembuat sepatu dengan alas kayu.

Foster merupakan pemegang paten pertama untuk pembuatan tusuk gigi dari kayu. Dialah yang bisa disebut sebagai orang yang mengawali Tusuk Gigi Makan Pertama Kali Digunakan secara luas.

Awal Mula Tusuk Gigi Makan Pertama Kali Digunakan

Namun ada masalah lain yang harus diatasi yaitu bagaimana memasarkan tusuk gigi yang telah dibuatnya karena penduduk Boston sendiri belum terbiasa dengan tusuk gigi kayu. Untuk mengatasi masalah tersebut awalnya Foster menjual tusuk gigi ke toko-toko dengan sistem konsinyasi (menjual barang dengan cara menitipkan).

Selain itu ia juga menawarkannya ke restoran dan tempat makan namun hanya sedikit yang merasa tertarik.

Foster yang dikenal sebagai orang pertama yang memperkenalkan tusuk gigi bukan hanya berjasa dalam hal tersebut. Ia juga berjasa dalam dunia pemasaran. Pada akhirnya ia menyewa beberapa orang dan meminta mereka makan kemudian menanyakan tusuk gigi pada pemilik restoran.

Sungguh ide cerdik yang briliant, sehingga para pemilik restoran percaya bahwa tusuk gigi merupakan fasilitas yang harus disediakan. Kini tusuk gigi semakin populer dan sering kita temukan di berbagai tempat makan. Itulah sejarah bagaimana awal mula tusuk gigi makan pertama kali digunakan.