Bahaya Pokemon Go yang Harus Diwaspadai

Sejak pertama dirilis, game augmented reality pokemon go menjadi viral di seluruh dunia, termasuk juga Indonesia. Tapi dibalik keseruan bermain game pokemon go, akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu bahaya-bahaya apa saja saat memainkan game yang menggunakan teknologi smart GPS tersebut.

Sahabat kejadiananeh.com berikut 3 bahaya pokemon go yang harus diwaspadai

1. Waspada dari Bahaya Perampokan

Saat kita memainkan pokemon go, kita diharuskan ke luar rumah untuk memburu keberadaan pokemon-pokemon yang sedang bersembunyi. Tentu saja dengan cara berjalan kaki atau menggunakan kendaraan seperti motor.

Tapi untuk penggunaan kendaraan ini sangat tidak disarankan oleh Nintendo dan Niantic sendiri, selaku pembuat game tersebut.

Karena tak hanya rentan terjadi kecelakaan di jalan raya, tapi juga bisa menjadi korban perampokan, penjambretan, termasuk juga Hp Smartphone yang sedang kamu pegang. Di negara Amerika Serikat, sudah beberapa kali terjadi aksi perampokan yang korbannya rata-rata para pemain pokemon.

Dan tahukah kamu, di Indonesia baru-baru ini pun sudah terjadi loh aksi penjambretan saat bermain pokemon go, tepatnya di Halte Transjakarta daerah Karet, Jakarta Selatan.

Modus pelaku perampokan tersebut ternyata memanfaatkan game pokemon itu sendiri sebagai umpan untuk mengelabui para korban-korbannya. Ketika kita sendirian berburu Pokemon dan berada di sebuah tempat sepi, disanalah para perampok juga sedang menunggu kedatangan kita.

Mereka tanpa segan berani menggunakan senjata tajam. Apalagi buat kamu para wanita, bisa-bisa para penjahat berani bertindak lebih dari itu, misalkan saja aksi pemerkosaan. Mengerikan bukan?

Solusinya, jika kamu ingin tetap memainkan game pokemon go, sangat disarankan untuk tidak sendirian. Ajaklah beberapa teman atau saudaramu, lebih banyak jumlahnya lebih baik. Terlebih buat anak-anak kecil wajib ditemani oleh orang dewasa.

bahaya pokemon go

2. Kecelakaan

Main pokemon go sambil naik motor, itu artinya sama saja cari penyakit. Kebayang bukan lagi asyik-asyik memperhatikan radar pokemon, tiba-tiba ada mobil atau motor dibelakang kita yang sedang melaju kencang. Masih untung kalau cuma di marahin sama pengguna jalan lainnya, kalau sampai ketabrak gimana?

Lagian sudah tahu kan di Indonesia ini jalanannya rata-rata banyak berlubang, kalau sampai ban motor terperosok bagaimana tuh endingnya.

Belum lagi kelakuan para pengendara lain yang suka seenaknya main belok tanpa memberi lampu sen. Ditambah lagi mobil-mobil angkot yang suka ngerem mendadak seenak udelnya.

3. Potensi Malware (Virus)

Ada baiknya bersabar dulu sampai game pokemon benar-benar resmi dirilis di Indonesia. Sebab aplikasi game pokemon yang tersedia saat ini masih menggunakan pihak ketiga alias bukan pemilik hak paten resminya.

Dan itu sangat berpotensi membahayakan, misalkan saja serangan Virus seperti Malware, Trojan, Brontok dan kawan-kawannya, saat kita mendownload serta meng install file aplikasi tersebut.

Masih mending kalau ponsel yang kita gunakan hanya dibuat lemot sistemnya, kalau sampai data-data rahasia di hack orang bagaimana coba? Pasti gak mau kan semua hal-hal yang berbau privasi, dari email, password penting sampai foto-foto panas kamu dengan si ayang tercinta tersebar luas di jagad maya, hehehe.

bahaya game pokemon go

Jadi solusi satu-satunya tunggu saja sampai Pokemon Go sudah dirilis di Goole Playstore wilayah Indonesia. Ingat! INDONESIA bukan playstore milik wilayah negara lain yah. Sebab dengan mengunduh melalui akun resmi Playstore Indonesia, Google sudah menonaktifkan parsing otomatis dari pesan multimedia yang bisa kelacak lewat Messenger ataupun Google Hangouts.

Dan aktivitas normal dari Pokemon Go Resmi biasanya hanya meminta akses ke kamera, lokasi GPS, serta kontak saja, tidak meminta akses-akses lainnya yang sama sekali tidak berhubungan dengan game apalagi kalau sampai dapat pesan, ‘tolong kirim mama pulsa, mama sedang di kantor polisi 😀