Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

Cara Cepat Menghilangkan Cegukan dengan Mudah

09 Jul 2016

Istilah cegukan atau sendawa tentunya bukanlah hal yang asing lagi pada masyarakat Indonesia. Semua orang pasti pernah mengalami, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Cegukan sendiri adalah sebuah kondisi umum dimana terdengar bunyi 'hik..hik..pooh' pada saat difragma mengalami kontraksi.

Padahal tiap kontraksi organ tersebut memiliki fungsi yang penting untuk pernapasan kita, oleh karena itu akan membuat pita suara kita menutup secara tiba-tiba dan kemudian akan menghasilkan suara khas cegukan. Cegukan biasanya hanya berlangsung selama beberapa menit.

Ini merupakan hal yang normal dan tidak usah dikhawatirkan. Biasanya cegukan terjadi karena beberapa hal misalnya minuman panas, minuman soda, minuman yang beralkohol, makanan makanan yang pedas, merokok, asam lambung naik atau juga bisa disebabkan stres. Lalu bagaimana mengatasinya?

Begini cara cepat menghilangkan cegukan dengan mudah yang bisa kamu lakukan, mulai dengan cara yang alami sampai cara-cara yang terbilang unik dan nyeleneh.

Bikin Kaget

Percaya gak percaya, ketika teman kita sedang mengalami cegukan cukup mengagetkan saja tanpa sepengetahuan dia. Dan jauh lebih efektif jika memberikan terapi kaget ini sambil bersuara keras 'woi asyuuu' dan menepuk punggung belakangnya.

Ingat jangan keras-keras menepuknya, nanti malah pingsan lagi anak orang hehehe.

Menekan Langit-Langit Mulut

Solusi lain untuk meredakan cegukan bisa dengan cara menekan langit-langit mulut. Cukup memijatnya, boleh dengan tangan ataupun lidah kita. Pijatlah pelan-pelan, gak usah nafsu sampai merasakan cegukan mulai mereda. 

Menekan Lubang Hidung Rapat-Rapat

Seperti dalam pelatihan Yoga, menekan lubang hidung pernapasan merupakan langkah efektif untuk menyembuhkan cegukan. Caranya sangat mudah cukup mengambil nafas melalui mulut sedalam-dalamnya.

Lalu rekatkan mulut rapat-rapat termasuk kedua lubang hidung. Tahan nafas lebih dari 1 menit, kemudian jangan lupa bernapas kembali. Lakukan hal ini berulang kali sampai merasa cegukan sudah hilang.

menghilangkan cegukan

Campuran madu dan air

Menggunakan campuran antara air dengan madu, adalah campuran alami yang dapat meredakan atau menghilangkan cegukan.

Campuran alami ini dapat melemaskan otot diafragma. Dan juga dapat melegakan tenggorokan pada saat kontraksi yang menimbulkan adanya cegukan.

Meminum banyak air putih

Cara ini adalah paling umum dilakukan ketika seseorang mengalami cegukan. Cara ini dianggap sebagai langkah paling mudah dan sederhana.

Caranya cukup meminum banyak air putih, sampai cegukan tersebut mulai dirasakan mereda. Dapat dipastikan lambat laun cegukan akan segera hilang.

Menarik nafas

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan cegukan adalah dengan menarik nafas dalam-dalam. Kemudian menghembuskannya kembali secara perlahan. Lakukanlah langkah ini setidaknya selama sepuluh menit.

Atau sampai cegukan yang dialami benar-benar hilang. Biasanya banyak orang cegukannya hilang pada sekitar sepuluh menit.

Bernafas di dalam kantung plastik

Masih sama dengan teknik pernafasan diatas, kali ini menggunakan sebuah kantung plastik. Cobalah untuk bernapas sepuasnya di dalam plastik.

Setelah plastik menggelembung penuh, lalu meletuskannya. Banyak orang yang sudah berhasil menerapkan metode tersebut.

Meletakkan kaki lebih tinggi dari kepala

Memposisikan letak kaki lebih tinggi atau lebih tepatnya kaki berada di atas kepala juga terbukti ampuh mengatasi cegukan. Hal ini karena bisa membuat peredaran darah menjadi lancar.

Cobalah untuk tiduran terlentang diatas tempat tidur (masak iya trotoar) kemudian angkat kaki bersandar pada tembok. Dan tunggulah sampai cegukan tersebut menghilang dengan sendirinya.

Minum air tanpa bernafas sambil menutup hidung

Minum air tanpa bernafas memang sudah terbukti manjur untuk menghilangkan cegukan dengan cepat. Caranya cukup meminum segelas air sambil menutup rapat-rapat kedua lubang hitung.

Akan jauh lebih efektif jika menggunakan segelas air hangat/air dingin.

Membungkuk badan sambil menyentuh kedua jempol kaki

Khusus buat kamu yang sedang berpuasa, gak mungkin banget kalau minum air kan. Ada cara unik mengatasi cegukan ketika kamu sedang berpuasa yakni cukup membungkuk kan badan sambil kedua tangan menyentuh jempol alias ibu jari kaki.

Hal tersebut karena membuat perut serta diafragma menjadi tertekan, dan cegukan kapok untuk datang kembali.

Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dipercaya ampuh menghilangkan gangguan impuls saraf vagus. Sehingga pernafasan bisa distimulasi dengan penggunaan jeruk nipis sebagai salah satu solosi mengatasi gangguan cegukan dengan mudah.

Makanan yang manis

Cara cepat untuk menghilangkan cegukan berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang manis. Makanan manis ini dapat dijadikan sebagai penangkal cegukan dan juga dapat mengatur ulang kembali kondisi atau keadaan tenggorokan.

Kamu dapat mengkonsumsi berbagai makanan yang manis seperti gula jawa, permen, atau juga berbagai jenis makanan manis yang lainnya. Dengan mengkonsumsi makanan yang manis maka cegukan kamu akan segera hilang.

cara cepat menghilangkan cegukan

Memakan selai kacang

Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi setidaknya dua sendok selai kacang, maka cegukan yang dialami akan dapat disembuhkan dengan cepat. Bahkan bisa dalam hitungan satu menit cegukan yang dialami akan hilang.

Kamu dapat mengkonsumsi lebih dari dua sendok selai kacang jika cegukan yang kamu alami mulai membuat kamu merasa tidak nyaman dan tidak kunjung hilang.

Mengunyah Es Batu

Sensasi segar dari es batu dipercaya ampuh untuk mengatasi cegukan, cobalah untuk mengunyah es batu berukuran kecil. Hancurkan sampai halus kemudian silahkan telan. Awas jangan asal main telan saja, terutama buat es batu yang masih berukuran utuh alias besar. Nanti kalau nyangkut, malah matek :)

Berkumur dengan menggunakan air yang dingin

Berkumur dengan menggunakan air dingin (air es) sambil menahan nafas sejenak kemudian meminum air tersebut adalah solusi lain jika kita tidak mempunyai es batu.

Dengan cara ini biasanya cegukan yang muncul bisa hilang dengan mudah. Lakukan langkah ini minimal sebanyak 3 kali.

Related Article