Cara Memanggil Hantu yang Terbukti Jadi Kenyataan

Hantu! berbicara soal hantu tentu saja tidak bisa terlepas dari hal mistis yang menyeramkan. Di berbagai tempat di belahan dunia, hampir setiap masyarakatnya mengenal fenomena hantu ini, sebagai sesuatu ‘makhluk astral’ yang tidak terlihat, jahat dan mengerikan. Dengan adanya persepsi ini, tentu banyak orang yang takut untuk melihat apalagi bertemu hantu.

Kemudian, dengan berkembangnya mitos-mitos dan kisah misteri tentang keberadaan hantu, sebagian kecil orang yang penasaran dengan sosok hantu tersebut sampai melakukan berbagai macam ritual aneh untuk mengundang kehadiran hantu.

Dan tak hanya ingin membuktikan kebenaran cerita saja, tapi mereka juga menjadikannya sebagai ajang uji nyali dari permainan memanggil hantu tersebut. Untuk kamu yang penasaran dan ingin tahu informasi lebih lengkap, berikut 13 cara memanggil hantu dari seluruh dunia yang terbukti jadi kenyataan

1. Papan Oija

Berasal dari cerita urban Eropa dan Amerika, permainan ini dipercaya bisa mendatangkan roh dari orang yang telah meninggal. Dalam permainan yang satu ini, hal yang harus disiapkan adalah papan oija, koin, lilin atau boleh digantikan dengan lampu redup.

cara memanggil hantu

Biasanya dimainkan oleh tiga orang atau bisa juga lebih. Cara memainkannya sangat mudah, cukup baca mantranya sampai koin terasa berat dan bergerak sendiri, yang menandakan jika hantu tersebut sudah datang.

Berikut mantranya, ‘Spirit, spirit of the coin. Spirit, spirit of the coin. Spirit, spirit of the coin. Please come out and play with us!

2. Jelangkung

Permainan jelangkung adalah permainan khas dari Indonesia yang bertujuan untuk memanggil arwah-arwah orang yang telah meninggal atau mati penasaran dengan menggunakan media bantuan boneka batok (boneka jerami).

Cara memainkannya sederhana, kamu cukup sediakan sebuah boneka yang terbuat dari jerami, batok kelapa, kain putih, spidol serta kertas. Dan jangan lupa siapkan segelas kopi plus roti kebab, biar nanti kamu gak kelaparan tengah malam.

Jika semua telah siap, ucapkan saja mantra jelangkung berkali-kali sampai merasakan ada ‘arwah’ yang masuk ke boneka batok tersebut. Tanda-tanda keberhasilannya, boneka itu akan bergerak sendiri.

Mantera Jalangkung yang asli dari berbagai bahasa

Bahasa Indonesia

‘Jalangkung Jalangset disini ada Pesta Kecil-Kecilan, Jalangkung Jalangset Datang Ga Di Jemput Pulang Tak Di Antar’

Bahasa Jawa

‘Hong Hiyang Ilaheng Hen Jagad Alusan Roh Gentayangan Ono’e Jaelangkung Jaelengsat siro Wujud’e Ning kene Ono Bolon’e Siro Wangsul Angslupo Yen Siro Teko Gaib Wenehono Tondo Ing Golek Bubrah Hayo Enggalo Teko Pangundango Hayo Ndang Angslupo Ing Rupo Golek Wujud..Wujud..Wujud’

Bahasa Sunda

Jaelangkung, Jalangset Ka Sungsang Judah Mulang Balik Sung Sang Sang Sida Mulang Nu Goreng Ka pulang wereng aya maung pundung dating ampun badak goreng datang nyembah, jaelangkung jaelangse upih buruk ngarumpuyuk patulakan sia ku awak aing, asal ti wetan malik ka wetan, asal ti kulon malik ka kulon, asal ti kaler malik ka kaler, asal ti kidul malik ka kidul, asal tihandap malik ka handap, asal ti cai malik ka cai.

Pesan Penting :
Kerasukan setan atau terkena serangan angin duduk, penulis tidak bertanggung jawab. Dan ritual ini tidak efektif jika digunakan untuk memanggil mantan kamu yang telah membuat hancur hatimu ­čśÇ

3. Kokkuri

Lain di Indonesia, lain pula kepercayaan di Jepang. Di negeri sakura ini, ada sebuah cara memanggil makhluk halus bernama Kokkuri yang biasa dimainkan oleh para remaja Jepang.

Untuk memulai permainan, hal yang harus kamu siapkan adalah sebuah papan yang bertuliskan huruf tertentu dan juga sebuah koin 10 Yen.

Biasanya permainan ini dilakukan oleh 2 remaja atau lebih untuk menanyakan kepada si hantu tentang masa depan, kesuksesan dan masalah jodoh serta percintaan.

Kemudian mereka akan meletakkan satu jari bersama-sama diatas koin 10 Yen tersebut sambil bertanya apakah Kokkuri-san sudah hadir. Pertanyaan ini terus diulang-ulang sampai koin itu bergerak ke huruf Ya, dan akhirnya mereka boleh bertanya apa saja. Dan jawaban dari Kokkuri akan bergerak sendiri mencari rangkaian katanya.

Konon asal usul kokkuri sendiri diyakini dia adalah siluman anjing mix rubah, enggak tahu kenapa mungkin saja dulu ibunya si siluman anji*g selingkuh dengan tetangganya siluman rubah :D.

Ada aturan keras yang harus ditaati dalam permainan memanggil hantu ini, bahwa siapapun yang meninggalkan papan Kokkuri begitu saja tanpa pamit atau mengucapkan selamat tinggal kepada arwah tersebut, ia akan mengalami kesialan dan nasib buruk beruntun.

4. Charlie Charlie

Hampir mirip dengan jelangkung, cara memanggil hantu ala Spanyol yang dijuluki Charlie ini menggunakan 2 buah pensil hitam atau sumpit. Cara memainkannya adalah kamu dan teman kamu buat bentuk kotak persegi panjang diatas kertas dengan pensil tersebut bertuliskan kotak Yes No Yes No…bukan oh yess oh nohh yah!

Kemudian tumpang tindih dua pensil tersebut membentuk tanda plus atau salib, sambil membacakan mantera ‘Charlie, Charlie, apa kau di sana? (Charlie, Charlie are you there?) atau katakan, ‘Charlie, Charlie, apakah kau nyata? (‘Charlie, Charlie are you real ? dan mantera terakhir Charlie, Charlie can we play?

Tanpa perlu dipegang sama sekali, jika berhasil pensil tersebut akan bergerak sendiri menunjuk kata Yes. Setelah itu boleh bertanya apa saja kepada si hantu Charlie. Ingat! Jika ingin mengakhiri permainan ini, kamu harus mengucapkan kata Charlie Charlie, bolehkan saya mengakhiri permainan?

game hantu

Jika yang hadir roh jahat tentu kamu tidak akan dibiarkan pergi begitu saja, ia akan selalu menjawab NO. Agar tidak mengalami kejadian tragis seperti diikuti oleh roh jahat. Segera patahkan kedua pensil dan bakar kertas tersebut.

Awas ini bukan main-main, permainan hantu Charlie ini sangat mengerikan dan tidak disarankan untuk mencobanya. Sebab pada tanggal 9 Juli 2016 kemarin sudah terjadi kesurupan massal sebanyak 22 siswi SMP berusia 12-15 tahun di sekolah Kolombia akibat melakukan permainan hantu tersebut.

Mereka berteriak histeris sambil menangis ketakutan dan setelah itu pingsan dan dilarikan kerumah sakit. Kejadian aneh ini bukanlah yang pertama kalinya, pada tahun 2013 dan 2015 kemarin juga pernah terjadi kesurupan massal.

5. Bloody Mary

Cara memanggil hantu yang sudah terbukti bisa jadi kenyataan lainnya adalah Bloody Mary. Permainan hantu yang berasal dari Amerika ini sangat terkenal disana. Menurut kisah nyata di zaman dahulu, ada seorang wanita bernama Mary Worthington yang meninggal di depan cermin dan arwahnya terperangkap di dalamnya.

Tahu benar atau tidak, konon katanya orang-orang yang nekat memanggil arwah penasaran Bloody Mary, akan diambil matanya karena ia sendiri memang dikenal sebagai hantu mengerikan yang sering bertindak diluar batas.

Untuk memainkannya cukup sediakan kaca cermin di dalam kamar mandi, kemudian matikan lampu serta panggil namanya 3 kali. Jika Bloody Mary terlihat ingin mencelakakan kita, segera hancurkan kaca cermin tersebut.

6. Devil Face

Selanjutnya, permainan memanggil roh ala Spanyol yang konon telah banyak memakan korban, sebagian besar meninggal dan yang beruntung hidup mengalami cacat tubuh serta gangguan kejiwaan.

Dalam permainan ini, barang yang harus dipersiapkan adalah lilin berwarna hitam sebanyak 12 buah dan jam lonceng. Untuk melakukannya pun sederhana. Masuk ke kamar mandi sebelum jam 12 malam dan siapkan sebuah cermin besar.

Kemudian berdiri menghadap cermin, matikan lampu kamar mandi, tutup mata sambil menunggu jam 12 tepat, ditandai dengan jam lonceng yang berdentang. Setelah itu buka mata, dan lihatlah di depanmu ada penampakan devil face di dalam cermin.

7. Baby Blue

Hal penting yang harus diperhatikan saat memulai permainan memanggil hantu Baby Blue adalah kita harus tetap tenang. Langkah pertama carilah kamar mandi yang ada kaca toiletnya (biasanya buat cuci tangan), kemudian matikan lampu.

Setelah itu berdiri di depan kaca sambil mengulurkan tangan, persis seperti sedang menggendong bayi. Lalu ucapkanlah kata Baby Blue sebanyak 13 kali perlahan-lahan. Tanda-tanda kehadiran Baby Blue, diawali dengan tangan mulai terasa berat kemudian dari bahu sampai pundak seperti sedang menggendong setan.

Jika sudah merasakan hal itu bergegaslah membuang Baby Blue ke dalam Toilet, sebab kalau sampai terlambat akan muncul sesesok bayangan wanita tua yang sangat menyeramkan dengan wajah rata. Dan ia akan berteriak, kembalikan bayiku mang dadang.

8. Candy Man

Ada juga permainan memanggil hantu lainnya yang disebut dengan Candy Man. Untuk melakukan permainan ini, kamu harus ke kamar mandi yang memiliki cermin. Di depan cermin sebutkan kata ‘candy man’ sebanyak 5 kali.

Setelah candy man terlihat di cermin dengan penampakan sepasang mata berwarna merah, segara nyalakan lampu dan pergilah ke tempat terang agar candy man tidak mencelakakan kamu.

9. Card Game

Cara memanggil penampakan hantu yang tidak kalah menegangkan adalah Card Game. Dalam permainan ini, yang harus disiapkan kartu remi, lilin dan garam. Caranya adalah kamu buat lingkaran dengan garam di dalam kamar yang gelap.

Pastikan semua orang yang ikut bermain ada di dalam lingkaran. Jejerkan kartu remi secara berbaris atau membentuk lingkaran (dalam keadaan tertutup) dan sisakanlah 3 kartu. Lalu letakkan satu lilin ditengah-tengah kamu dan mulailah permainannya.

Pilih seorang dari temanmu untuk dijadikan media berkomunikasi dengan roh yang akan dipanggil. Bagi roh yang terdeteksi kehadirannya, kartu akan terasa panas berbeda dengan kartu-kartu disampingnya.

Kemudian silahkan bertanya apa saja, jika kartu yang terbuka adalah Waru itu artinya tidak, jika hati itu ya, keriting artinya tidak tahu dan wajik adalah mungkin.

10. Closet Game

Closet Game atau permainan lemari ini memang dilakukan di dalam sebuah lemari pakaian. Jika kamu ingin memainkannya, kamu harus pertimbangkan lagi sebab si hantu akan tinggal di lemari kamu selamanya.

Cara memainkannya ialah kamu harus masuk ke dalam lemari pakaian. Pastikan lampu kamar telah mati sehingga semua dalam keadaan gelap. Letakkan korek api di depan muka kamu dan baca mantranya berkali-kali, ‘show me the light or leave me in darkness’.

Jika terdengar suara seperti bisikan, segera nyalakan korek api agar jiwa kamu tidak dibawa ke alam ghaib oleh si hantu jahat. Setelah itu keluar dari lemari dan tutup pintunya.

Ada aturan yang harus disepakati sebelum memulai permainan ini. bahwa jika membuka lemari wajib dalam keadaan lampu kamar mati. Karena pernah terjadi, seseorang yang sudah melakukan ritual tersebut dan membuka lemari tapi lampu kamar dipadamkan, ketika tidur ia mengalami mimpi buruk atau ketindihan setan.

11. Lady in White

Asal usul permainan memanggil hantu Lady In White ini sebenarnya ditujukan untuk melihat orang yang kita cintai tapi meninggal akibat kecelakaan, pembunuhan atau roh nya mati penasaran. Untuk melakukannya pergi ke dalam kamar mandi dan matikan lampu.

Putar badan sebanyak 5 kali sambil ucapkan ‘lady in white’. Selanjutnya Putar badan ke arah berlawanan dan katakan nama almarhum yang ingin kamu panggil. Biasanya, si ‘almarhum’ akan muncul di dalam cermin agar bisa berkomunikasi dengan kamu.

12. Petak Umpet Hantu, Hitori Kakurenbo

Hitori Kakurenbo berasal dari Jepang yakni sebuah permainan petak umpet bersama dengan arwah-arwah gentayangan. Permainan ini dikenal sangat mengerikan karena konon ceritanya bisa berujung pada kematian hingga di ikuti seumur hidup jika si pemain tidak bisa selesaikan permainan tersebut.

Permainan ini dilakukan seorang diri dengan menggunakan media perantara boneka, beras, potongan kuku, segelas air garam, bak kamar mandi serta benang merah. Dan ini harus dilakukan pada sebuah rumah kosong, tidak ada penghuni lain.

Boneka tersebut harus dinamai, kemudia dirobek perutnya untuk memasukkan potongan kuku dan beras lalu dijahit dengan benang merah. Setelah semua siap matikan semua lampu rumah, kemudian sebut nama kamu sendiri dan bilang, ‘saya yang jaga pertama’ sambil menusuk boneka tersebut.

Bergegaslah mencari tempat persembunyian untuk menunggu penampakan hantu-hantu yang akan mencari kamu.

Konon menurut orang-orang yang sudah melakukan ritual tersebut, mereka mendengar suara serak parau basah, terkadang TV menyala sendiri dan terdengar jelas suara langkah kaki yang berat. Terkadang juga mereka pernah mendengar suara mengancam, agar kita takut dan keluar dari persembunyian.

Disinilah awal mula kengerian dimulai, bila kita mengakhiri permainan begitu saja karena merasa ketakutan, hantu tersebut bisa mencelakakan sampai mengikuti seumur hidup.

Untuk mengakhiri permainan, jika bunyi suara sudah mulai tidak terdengar lagi bergegaslah ke tempat boneka tersebut sambil menyemburkan air garam dari mulut dan ucapkan ‘aku menang’ sebanyak tiga kali.

Kemudian bakarlah boneka itu sampai habis. Konon katanya, boneka itu seringkali berpindah tempat sendiri yang membuat kita kesulitan untuk mengakhiri permainan ini. Gilakk horor bener!

13. The Midnight Man

Sejak zaman kuno dahulu kala, orang-orang pagan juga sering melakukan ritual pemanggilan hantu. Mereka biasa menjulukinya sebagai The Midnight Man.

Dilakukan pada tengah malam sehabis jam 2 malam. Caranya menuliskan nama kita diatas selembar kertas. Teteskan darah sebanyak 3 kali diatas nama dan tempelkan di luar pintu.

permainan memanggil hantu

Setelah itu matikan lampu dan nyalakan sebuah lilin lalu ketuklah pintu dari arah dalam sebanyak 22 kali. Kemudian buka pintu dan tutup kembali. Ingat, dikatakan hantu sudah berada di dalam rumah.

Kemudian peganglah lilin, kalau sampai lilin padam dengan sendirinya segera nyalakan kembali sambil berpindah-pindah tempat, karena kita bisa mengalami halusinasi atau teror dari hantu-hantu jahat. Permainan hantu ini akan berakhir jika sudah memasuki subuh atau tanda dari suara ayam menggonggong.