Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

Sejarah Sinar X, Penemuan Penting yang Tak Disengaja

10 Jul 2016

Di dunia ini ada banyak penemuan yang sangat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Manusia memang merupakan makhluk yang dikaruniai akal dan rasa ingin tahu tinggi, sehingga dalam setiap nafas kehidupannya selalu berusaha menemukan sesuatu yang baru.

Namun bagaimana jika sesuatu ditemukan secara tidak sengaja? Ya, ternyata ada suatu penemuan penting yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia namun ditemukan melalui ketidaksengajaan yaitu Sinar X (X-Ray, Sinar Rontgen). Ketidaksengajaan disini bukanlah suatu kebetulan yang terjadi begitu saja.

Cerita berawal dari seorang ilmuwan yang tengah meneliti atau melakukan percobaan dengan sinar katoda (Cathode Ray). Ilmuwan tersebut bernama Wilhelm Conrad Rontgen. Seorang ilmuwan dari jerman yang telah memiliki reputasi yang baik.

Sinar X menjadi penemuannya yang semakin membuat tersohor namanya. Pada saat itu beberapa anggota timnya membuat rekayasa sinar katoda dan menyorotkannya ke sebuah kaca berlapis beberapa bahan kimia, ternyata terjadi hal diluar dugaan.

Sinar hasil rekayasa tersebut ternyata bisa menembus lapisan kaca berlapis beberapa bahan kimia tadi. Padahal seharusnya cahaya tidak mampu menembusnya. Sinar cathode merupakan sinar yang terdiri dari arus elektron.

Arus ini diproduksi menggunakan voltase tinggi antara elektrode yang ditempatkan di masing-masing ujung tabung gelas dengan udaranya yang hampir dikosongkan. Rontgen telah sepenuhnya menutup tabung sinar tersebut dengan kertas hitam tebal.

Seharusnya tak ada cahaya yang bisa terlihat dari tabung walaupun sinar listrik telah dinyalakan. Inilah awal sejarah Sinar X, penemuan penting yang tak disengaja.

sejarah sinar x

Setelah kejadian tersebut kemudian Wilhelm Conrad Rontgen meningalkan penelitian awalnya. Ia akhirnya fokus terhadap gelombang jenis elektromagnetik baru yang telah ditemukannya secara tidak sengaja. Rontgen menuliskan kertas kerja pertamanya pada bulan Desember 1895.

Laporan ini tak membutuhkan waktu lama untuk menggugah minat dan perhatian para ilmuwan lainnya. Maka kemudian hanya dalam waktu beberapa bulan saja, beratus ilmuwan melakukan penyelidikan terhadap sinar yang ditemukan oleh Wilhelm Conrad Rontgen.

Sinar yang ditemukan oleh Rontgen dikenal dengan nama “Sinar X”. Nama Sinar X cukup mewakili sinar tersebut karena keberadaannya memang awalnya misterius. Sesuatu yang tidak terduga dan tidak diketahui. Dalam dunia matematka, X biasanya memang menjadi lambang untuk sesuatu yang belum/tidak diketahui.

Hanya dalam waktu setahun, sekitar 1000 kertas kerja tentang Sinar X telah diterbitkan. Bahkan ada cerita lain dibalik penelitian terhadap Sinar X oleh ilmuwan lainnya yaitu dari Antoine Henri Becquerel.

Pada prosesnya meneliti Sinar X, Becquerel juga menemukan fenomena penting lainnya yaitu tentang radioaktivitas. Sungguh dunia keilmuwan selalu memunculkan sesuatu yang mampu merubah dunia. Penelitian terhadap satu hal dapat memunculkan berbagai penemuan lainnya. Bahkan kadang penemuan penting terjadi secara tak disengaja.

Kembali pada Sinar X, Sinar X hingga saat ini dimanfaatkan dalam berbagai hal seperti bidang kesehatan, industri, security, pertanian, riset laboratorium dll. Tapi umumnya paling sering digunakan untuk mendiagnosis gambar medikal dan kristalografi sinar-X pada bidang medis kesehatan.

Tentu kita sering mendengar kata ‘Rontgen’ dari dunia medis. Ya, sinar X yang ditemukan oleh Wilhelm Conrad Rontgen inilah yang dimanfaatkan dalam kegiatan Rontgen atau lebih kita ketahui yaitu untuk melihat bagian dalam dari tubuh manusia. Sinar X juga dikenal sebagai Sinar Rontgen.

penemuan sinar x

Ya, nama ini memang berasal dari nama penemunya. Selain memiliki kemanfaatan, Sinar X pada kenyataannya perlu diwaspadai pula. Sinar X dapat menimbulkan bahaya secara biologis dari radiasi ion sinar X, terutama bila digunakan terlalu berlebihan.

Contohnya penurunan produksi sel darah, pneumonia dan gangguan paru-paru, kemandulan, kerusakan genetik, kebutaan, infeksi serta kanker kulit dan berbagai gangguan fungsi tubuh lainnya.

Kadang memang suatu penemuan selain memiliki manfaat bagi kehidupan disisi lain memiliki bahaya besar yang dapat menimbulkan kerugian. Bukan hanya pada Sinar X saja. Beberapa penemuan lain juga seperti itu.

Tinggal bagaimana kita memilah dalam kegiatan penggunaannya agar suatu penemuan selalu digunakan dalam hal positif dan bermanfaat. Dan terlepas dari itu semua, kita harus mengakui bahwa Sinar X adalah penemuan penting yang tidak disengaja namun mampu merubah dunia.

Related Article