Tradisi Aneh Berguling di Kotoran Sapi Agar Anak Kecil Sehat

Adik kecil kamu gampang sakit-sakitan? Sudah rajin berobat ke Dokter tapi tak kunjung sembuh. Cobalah cara unik satu ini, tidur dan berguling-gulingan diatas kotoran (tahi) sapi. Di India, metode bikin sehat secara ajaib ini sangat terkenal, agar bayi dan anak-anak kecil terlindung dari berbagai macam penyakit.

Diadakan setiap tahun sekali, tradisi aneh berguling di kotoran sapi biasanya dilangsungkan sehari setelah festival keagamaan Hindu Diwali (Festival Cahaya), tepatnya di desa Betul, wilayah Madya Pradesh.

Tradisi umat Hindu India yang masih tetap dilestarikan lebih dari ratusan tahun ini, selalu ramai dikunjungi ribuan masyarakat dan para wisatawan. Mereka rela mengantri panjang agar bisa diikutkan dalam tradisi tersebut.

Dan seminggu sebelum perayaan dimulai, masyarakat desa Betul akan mengambil kotoran-kotoran sapi di rumahnya untuk dikumpulkan ke satu wadah ditengah lapangan, hingga menjadi gundukan besar. Tapi tradisi ini tidak sembarangan ada syarat khusus yang harus dilakukan.

Karena sebelum acara bergulingan dan tidur diatas kotoran tahi sapi dimulai. Mereka biasanya akan melakukan ritual pemujaan terhadap dewa-dewa terlebih dahulu agar memberkati kotoran sapi tersebut. Yups di India sendiri, umat hindu disana sangat mensucikan hewan kaki empat satu ini.

Dan tak hanya bisa membawa kesembuhan saja, konon kotoran sapi yang sudah diberkati oleh dewa-dewa, juga bisa mendatangkan keberuntungan, penolak bala serta nasib baik di masa depan anak-anak kecil tersebut.

Unik banget yah, cobain saja ke teman atau pacar kamu yang lagi sakit, siapa tahu aja langsung sembuh 😀

Tradisi Aneh Berguling di Kotoran Sapi

Btw lain di India lain juga kebudayaan di Indonesia, kalau disana kotoran sapi dipercaya bisa mendatangkan kesehatan, di negeri kita sendiri tahi sapi justru dijadikan sebagai rumah tempat tinggal.

Contohnya pada Suku Sasak, suku asli yang mendiami Pulau Lombok. Berbekal peninggalan ajaran leluhur, mereka pandai membuat rumah bagus tanpa harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli semen, pasir, batu bata dan sebagainya.

Cukup mengandalkan tahi sapi ajaib yang dicampur dengan sekam dan tanah liat, jadilah tembok, pondasi bangunan sampai lantai ubin yang terbuat dari kotoran sapi. Kira-kira kebauan gak ya kalau kita tinggal dirumah tersebut?

Owh tenang saja, dijamin bau menyengat dari kotoran sapi tidak akan muncul lagi. Benar-benar mirip seperti tembok bangunan pada umumnya.

Dan untuk perawatannya sangat mudah, kalau sampai tembok atau ubin mengalami keretakan, kita cukup mengepel atau mencat ulang dengan kotoran sapi. Kemudian didiamkan kurang lebih selama 1 jam dan dibersihkan sisa-sisanya.

Aneh tapi nyata! Saat itu juga tembok dan ubin yang sudah retak akan terlihat mulus kembali 😀