Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

8 Stasiun Kereta Api Paling Angker di Indonesia

18 Aug 2016

Khusus buat kamu yang sering berpergian menggunakan transportasi kereta api, tentu sudah banyak menemukan berbagai macam tempat stasiun kereta api. Namun dibalik kemegahan stasiun kereta yang keadaannya sekarang sudah jauh lebih bagus, ternyata 'pernah' menyimpan kisah horor yang super menyeramkan di masa lalu.

Penasaran dengan cerita kelanjutannya? Berikut 8 stasiun kereta api paling angker di Indonesia, destinasi wisata mistis favorit buat yang Bernyali!

1. Stasiun Manggarai Jakarta

Stasiun Manggarai berada di wilayah Jakarta Timur. Stasiun ini sudah ada sejak 1 Mei tahun 1918. Di stasiun ini terdapat tumpukan gerbong-gerbong yang sudah tidak dipakai.

Ada yang memang karena sudah tua, dan ada juga yang karena kecelakaan termasuk kereta yang mengalami kecelakaan di Bintaro yang menewaskan ratusan orang juga ada disitu.

Nah, hal inilah yang menyebabkan stasiun ini menjadi angker. Warga setempat dan petugas kereta api katanya sering melihat penampakan anak-anak kecil yang bermain tengah malam di tengah rel kereta api, serta suka terdengar jeritan tangis seorang waria.. maaf wanita maksudnya. Hiii seraamm!

stasiun kereta api paling angker di Indonesia

2. Stasiun Kota Lama di Malang

Dahulu di stasiun Kota Lama pernah terjadi kecelakaan hebat antara kereta dan bus yang sangat mengerikan. Kecelakaan yang terjadi pada tahun 1879 ini membuat 50 orang meninggal dunia seketika di tempat.

Kecelakaan tersebut terjadi saat kereta berangkat dari stasiun menabrak bus hingga menyeret bus beberapa meter.

Dan saat dilangsungkan evakuasi ada mayat yang ditemukan di dalam WC umum yang jaraknya beberapa meter dari rel. Konon, di tempat WC umum itu sekarang menjadi angker dan sering mengganggu orang-orang yang lewat di WC tersebut.

Selain itu ada juga kisah mistis yang tak kalah seramnya, kereta api sering terlihat berjalan sendiri tanpa masinis dan merusak rumah-rumah warga yang berlokasi di sekitar stasiun.

3. Stasiun Ketanggungan Barat di Brebes

Kamu masih ingat nggak tentang kecelakaan yang pernah terjadi di stasiun Ketanggungan Barat pada tahun 2002 lalu? Kecelakaan yang menyebabkan 45 orang meninggal ini terjadi karena adanya tabrakan antara kereta Empu Jaya dan Kereta Gaya Baru.

Kecelakaan kereta ini konon disebabkan oleh hal mistis, walaupun ada juga yang bilang human eror dan alasan teknis yang dikemukakan oleh pihak kereta api Indonesia.

Masyarakat disekitar stasiun tersebut mengatakan bahwa setelah kejadian tersebut sering terjadi hal-hal aneh seperti suara minta tolong dan penampakan-penampakan mahkluk halus menakutkan.

Kabarnya sehari sebelum kejadian tersebut ada sosok wanita 'misterius' yang menampakkan dirinya di lintasan rel kereta api. Dan masyarakat percaya bahwa penyebab kecelakaan maut tersebut ada hubungannya dengan kejadian aneh itu.

Saat proses evakuasi banyak bagian tubuh korban yang belum ditemukan dan diduga penampakan yang terjadi di stasiun ini karena adanya arwah penasaran yang sedang mencari bagian tubuhnya yang hilang.

4. Stasiun Poncol Semarang

Di stasiun Poncol Semarang, terdapat beberapa kisah mistis yang membuat bulu kuduk berdiri. Waktu itu pernah ada gerbong kereta api yang sedang di perbaiki jalan sendiri padahal tidak ada orang didalamnya.

Hal ini disaksikan secara langsung oleh beberapa petugas. Dan juga pernah ada sepasang suami istri yang melihat sekumpulan orang berbaju warna putih melintas di jalur rel saat tengah malam dan wajah mereka pucat tak berekspresi.

Konon katanya itu adalah arwah orang yang meninggal saat kecelakaan kereta yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

5. Stasiun Purwakarta

Stasiun di Purwakarta ini memang pada siang hari tidak terlihat menyeramkan, namun pada malam hari sering ada penampakan sosok tanpa kepala atau bagian tubuh lainnya.

Konon katanya dulu pada tahun 1988 ada segerombolan pemuda yang mabuk-mabukan dan terseret kereta api yang melintas karena tidak mendengar ada kereta yang lewat. Katanya tubuhnya terbelah belah dan tidak semua bagian tubuhnya ditemukan.

6. Stasiun Kaliwedi, Desa Kaliwedi Lor Kabupaten Cirebon

Momok stasiun ini sudah lama dikenal sebagai stasiun kereta api paling angker di Cirebon. Disini memang sudah terkenal menakutkan dan tidak ada masyarakat yang berani dekat-dekat dengan lokasi bangunan bekas stasiun Kaliwedi meskipun sudah berhenti beroperasi sejak tahun 2007.

Tapi kisah horornya masih ada dan perlintasannya yang disebut kentrung budeg ini sering memakan korban jiwa.

Dinamai kentrung budeg karena saat orang melewati rel ini akan tidak mendengar peringatan akan ada rel kereta api dari menara stasiun. Oleh karena itu jika akan melewati lintasan rel ini harus ekstra hati-hati.

Peristiwa kelam yang masih membekas di benak masyarakat yakni insiden kecelakaan yang terjadi pada 15 November tahun 2011.

Saat itu kereta api Argo Jati menabrak minibus APV tepat di tengah perlintasan rel tanpa palang pintu di desa Ujungsemi, 500 meter dari Stasiun Kaliwedi dan menyebabkan lima orang tewas terlindas di tempat.

7. Stasiun Cirebon

Masih seputar kota cirebon, dibalik indahnya bangunan kuno stasiun cirebon yang cocok buat kamu jadikan latar belakang berfoto selfie ternyata menyimpan masa lalu yang sangat kelam.

Konon dahulu kala tempat ini pernah terjadi insiden tabrakan antara kereta api Empu Jaya dengan gerbong lokomotif yang sedang parkir. Akibat tabrakan tersebut, banyak korban tewas dengan tubuh hancur berantakan. Dan tubuh mereka dikubur begitu saja dekat dengan lokasi Stasiun Cirebon.

8. Stasiun Sedayu Bantul Yogyakarta

Stasiun Sedayu memang sudah tidak beroperasi lagi dan sekarang sisa-sisa bangunannya sudah rata dengan tanah. Namun, kisah horornya masih selalu ada dan mengganggu masyarakat sekitar.

kereta hantu

Warga sekitar mengatakan bahwa sering pada malam hari akan terdengar suara pengumuman keberangkatan kereta ataupun kedatangan kereta dan itu masih menggunakan bahasa Belanda. Hal ini sering terdengar sampai kini meskipun stasiun tersebut sudah lama rata dengan tanah.

Usut punya usut, keberadaan Stasiun Sedayu memang sudah ada sejak jaman pemerintahan Belanda, namun saat pecahnya agresi militer anti Belanda para pejuang kita menghancurkannya dan kemudian setelah kemerdekaan, membangunnya kembali dengan infrastuktur bangunan yang berbeda.

Diperiode tahun 90an, stasiun sedayu sudah non aktif dan satu-satunya sisa bangunan yang masih dapat dijumpai sampai sekarang adalah rumah mess, tempat tinggal para pegawai stasiun kereta api.

Related Article