Foto Biarawati Cantik yang Meninggal Sambil Tersenyum

Senyum indahnya seakan tak pernah bisa hilang, meski tubuhnya terbujur kaku dalam peti jenazah, meninggalkan kehidupan yang tak bersahabat untuk selama-lamanya. Jika kita pertama kali melihat sosok biarawati cantik asal Santa Fe, Argentina bernama Cecilia Maria ini, mungkin kita akan menyangka ia orang yang selalu bahagia dan tak pernah merasakan kesusahan sedikit pun.

Padahal dibalik itu semua, ia menderita penyakit kanker mematikan yang kapan saja siap untuk merenggut nyawanya.

Itulah karakter unik yang dimiliki oleh biarawati yang akrab dipanggil dengan Suster Cecilia ini. Semasa hidupnya Cecilia Maria mengabdikan hidup sepenuhnya di Biara Karmelit sejak tahun 2003 lalu. Semua sahabat dan para jemaat Gereja mengenal kepribadian Cecilia Maria sebagai wanita yang ramah, baik hati dan murah senyum kepada siapapun.

Biarawati Cantik Meninggal Sambil Tersenyum

Namun maut seakan iri dengan kebahagiaannya, sejak 6 bulan yang lalu ia didiagnosis oleh Dokter mengidap penyakit kanker lidah. Berbagai terapi pengobatan sudah ia coba tapi tak membuahkan hasil, dan penyakit kanker itu mengganas sampai menyebar ke paru-parunya. Meski ia tahu hidupnya hanya tinggal menghitung hari, Suster Cecilia tak pernah mengeluh akan penyakit yang ia derita.

Setiap hari ia tak pernah berhenti berdoa dan mengucapkan syukur. Sampai hari itu tiba, ketika ia tengah melayani para jemaat Gereja Katolik, Cecilia Maria terjatuh dan pingsan. Ia pun segera dilarikan ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan.

Foto Biarawati Cecilia Maria yang Meninggal Sambil Tersenyum

Kondisi fisiknya semakin hari semakin memburuk, tak ada harapan untuk sembuh. Namun diatas ranjang tempat tidur pesakitan, Suster Cecilia masih tetap mampu untuk melakukan doa dan sering ia menyanyikan lagu pujian untuk kebesaran Tuhan, meski dengan suara lirih yang nyaris tak terdengar.

Ia pun sempat menuliskan permintaan terakhirnya di selembar kertas, ‘Aku sedang membayangkan jika aku mati, bagaimanakah suasana pemakamanku nanti. Mungkin yang pertama dilakukan oleh banyak orang adalah mengadakan doa khusyuk, kemudian perayaan bersama sambil menyanyikan lagu pujian.

‘Jikalau Tuhan sudah menjemputku, tetaplah berdoa, jangan terus menangisi kepergianku. Karena suatu hari nanti kita akan berkumpul bersama di kerajaan Tuhan, ungkap Suster Cecilia Maria.

foto biarawati cantik

Detik-detik menjelang kematian biarawati cantik ini, ia masih terus mengagungkan nama Tuhan. Dan saat menghembuskan nafas terakhirnya, ia tersenyum penuh kemenangan karena berhasil menaklukkan maut yang ditakuti oleh seluruh makhluk hidup bernyawa di dunia. Cecilia Maria meninggal dunia pada tanggal 23 Juni 2016, tepat diusianya yang ke 42 tahun.